Anda punya rencana untuk merancang kamar mandi modern? Tentunya, salah satu komponen yang harus tersedia adalah shower mandi. Alat ini memperkuat kesan kekinian sekaligus menjadikan kamar mandi tampak lebih artistik.

Dengan memakai shower, tubuh lebih segar karena memperoleh banyak ion negatif. Selain itu, shower mampu menghemat air hingga sepertiga kali jika dibandingkan memakai gayung. Dari sisi waktu, menggunakan shower membutuhkan waktu hanya 8-10 untuk mandi. Sementara mengisi bak mandi, memerlukan waktu 7,5 menit—lebih lama, bukan?

Jadi, Apa Sih, Shower Mandi Itu?

shower mandi

idfdesign.com

Shower atau pancuran mandi merupakan sebuah alat bantu untuk mandi yang memiliki efek seperti hujan dengan tekanan semprot tertentu. Biasanya, shower dilengkapi pengaturan suhu panas dan dingin. Melalui pengaturan tersebut, Anda bisa menentukan—ingin mandi air hangat atau dingin.

Shower pertama kali dipakai oleh kaum Yunani kuno. Mereka memiliki saluran air yang dapat dipompa sehingga memunculkan efek percikan seperti shower. Berdasarkan konsep tersebut, pada tahun 1767, William Feetham—penemu kompor asal London, Inggris—mematenkan shower mekanik pertama di dunia.

Sistem kerja shower tersebut memakai pompa untuk mendorong air naik ke atas kepala. Penggunanya harus menarik rantai agar percikan air keluar dari shower. Karena masih memiliki kelemahan, shower ini terus diperbarui. Hingga akhirnya, pada tahun 1870-an, barak tentara di Perancis memasang shower modern pertama. Penemunya adalah François Merry Delabost, dokter asal Perancis

Shower modern pertama adalah communal shower. Sistem kerjanya saling terhubung sehingga dapat digunakan oleh beberapa orang. Pada shower ini sudah ada pengaturan suhu panas dan dingin. Untuk mencapai suhu panas, butuh waktu sekitar 5 menit.

Tahun 1879, shower tersebut juga dipasang di asrama tentara di Prussia. Lalu, tahun 1887, shower dipasang di pemandian umum kawasan Wina, Austria. Selanjutnya, dari masa ke masa, shower terus berinovasi hingga muncul beragam model yang disesuaikan dengan tipe kamar mandi.

Hal-Hal yang Harus Diperhatikan sebelum Membeli Shower Mandi

shower mandi

rona.ca

Banyak shower dijual di pasaran, tetapi Anda harus pandai memilihnya. Hal itu karena shower memiliki kelebihan dan kekurangan yang mungkin tidak cocok dengan keinginan Anda.

  1. Shower Mandi Banyak Jenisnya; Ketahui Kelebihan dan Kekurangan Masing-Masing
shower mandi

theplumbette.com.au

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, pancuran mandi memiliki beragam jenis. Setiap jenis shower pasti mempunyai kekurangan dan kelebihannya. Sebagai acuan, simak beberapa macam shower berikut ini.

  • Single spray shower head. Keunggulan shower single spray, yakni memiliki harga murah. Anda bisa mendapatkannya dengan biaya Rp50 ribu sampai Rp500 ribu. Namun, untuk mengubah bentuk percikan air, harus dilakukan secara manual. Caranya dengan memutar kepala pancuran ke kanan atau kiri.
  • Rain shower head. Kelebihan pancuran mandi ini adalah mampu menyebarkan air secara merata. Alirannya juga deras walaupun memiliki tekanan kecil. Proses mengubahnya pun sudah otomatis melalui handle shower di dinding. Namun, Anda harus menyiapkan bujet Rp1-5 juta untuk memilikinya.
  • Handheld shower head. Anda akan merasa lebih nyaman mandi dengan shower ini karena bisa dilepas dari tempatnya. Bagian tubuh yang ingin disiram air dapat diatur sendiri menggunakan gerakan tangan. Meski begitu, semprotan airnya tidak seberapa deras dibandingkan rain shower head.
  • Multiple shower head. Bentuk pancuran ini merupakan pengembangan dari single spray shower. Jadi, ada dua shower head yang ditempelkan di dinding. Anda bisa mengatur sendiri besar percikan air dari masing-masing shower. Jika tertarik untuk membeli, siapkan saja bujet sekitar Rp2-4 jutaan.
  • Ceiling shower head. Kelebihan pancuran ini adalah memiliki percikan mirip air hujan sehingga langsung mengenai tepat di atas kepala. Namun, shower tersebut sulit dibersihkan karena terpasang di langit-langit kamar mandi. Selain itu, sebaran percikannya kurang merata.
  • Ultra slim rain shower. Konsep pancuran ultra slim mirip ceiling shower. Namun, ukurannya lebih kecil dan memiliki gagang. Pemasangannya tergolong mudah karena dapat ditempelkan di dinding.
  • Slimround hand shower. Kelebihan slimround shower, yakni bisa digenggam. Bentuk gagang yang digenggam menyerupai traffic baton sehingga cara memegangnya lebih fleksibel. Kekurangan slimround shower, aliran airnya kurang deras.
  • LED hand shower. Pancuran ini lebih modern daripada jenis sebelumnya karena dipadukan dengan teknologi LED. Adanya LED menjadi indikator percikan air yang keluar dari lubang shower. Gagang shower juga bisa digenggam sehingga lebih nyaman ketika menyemprotkan air ke bagian tubuh.
  • Shower enclosure. Sebenarnya, shower enclosure adalah sebutan untuk pancuran mandi yang dikelilingi sebuah kotak. Biasanya, kotak tersebut terbuat dari bahan transparan dengan pintu di salah satu sisinya. Fungsi kotak itu, yakni sebagai pembatas air supaya tidak keluar dari area shower. Anda bisa menemukan shower enclosure di kamar mandi berkonsep kering dalam kamar hotel atau vila.

Nah, lalu apa kelebihannya? Pertama; shower enclosure mudah dipasang. Anda dapat membelinya dalam bentuk jadi—tinggal pasang saja. Kedua; pancuran bisa dipindahkan karena menggunakan sistem bongkar pasang.

Selain itu, shower enclosure mudah dibersihkan karena berbahan kaca, akrilik, atau ice glass. Dijamin tidak ada lumut ataupun jamur yang menempel di dinding kotak.

Terakhir, dari sisi desain, shower enclosure tergolong menarik—cocok dipadukan dengan berbagai desain interior. Shower enclosure juga sangat tepat dipasang di kamar mandi berkonsep minimalis modern. Kesannya lebih artistik dan futuristik.

  1. Air dari Shower Mengalir dengan Cepat; Saluran Harus Bebas Hambatan
shower mandi

easydrain.co.uk

Aliran air dari shower yang sangat cepat bisa menjadi kelebihan sekaligus kekurangannya. Ketika air mengalir deras, Anda mungkin merasa lebih nyaman dan segar setelah mandi. Namun, untuk mendukung aliran tersebut, dibutuhkan saluran bebas hambatan.

Nah, kendalanya, sering kali saluran mampat akibat kebocoran pipa atau pompa air yang tidak bekerja. Pun bisa karena ada benda-benda asing tertinggal di saluran air. Supaya hal itu tidak terjadi, pastikan Anda melakukan tindakan berikut.

  • Ketinggian tangki air harus mencukupi. Gunakan teori gravitasi saat mengukur posisi tangki. Jika posisinya terlalu rendah, aliran air dari shower pasti kecil sebab tekanannya rendah. Jadi, pasang tangki di tempat yang tinggi agar debit air shower semakin deras.
  • Kapasitas dalam tangki air. Biasanya, aliran air shower terhambat karena volume air terlalu sedikit. Semakin kecil daya tampung air di tangki, tekanan juga semakin rendah.

Contohnya begini, sebuah tangki dengan daya tampung 1000 liter dipasang di ketinggian 1 meter. Kemudian, diberikan lubang sekitar 3/4 inci. Satu tangki lagi berkapasitas hanya 700 liter dengan kriteria pemasangan dan besar lubang yang sama.

Shower dari tangki manakah yang lebih deras alirannya? Tentu saja tangki pertama karena volume air lebih besar sehingga menghasilkan tekanan tinggi. Untuk membuktikan secara matematika, Anda bisa gunakan rumus debit air.

  • Luas penampang pipa. Masih terkait hukum fisika; luas penampang berbanding lurus dengan tekanan air yang mengalir dari tangki ke shower. Jadi, pilihlah ukuran pipa berdiameter besar.
  • Upayakan pipa tidak bocor. Ketika pipa bocor, udara akan masuk ke saluran yang menuju sumber air. Aliran udara ini bisa menyumbat pergerakan air ke shower. Untuk mengeceknya, coba lihat ujung shower. Jika mengalir lancar, berarti tidak ada kebocoran di pipa.
  1. Bentuk Shower Memang Unik, tetapi Jangan Abaikan Percikan Airnya
shower mandi

windsordermatology.com

Memiliki bentuk beraneka ragam merupakan salah satu kelebihan shower. Namun, Anda juga harus pandai memilih pola percikannya. Hal itu karena percikan bisa memengaruhi kualitas kesehatan dan keamanan saat mandi. Jadi, pilihlah shower dengan fasilitas pengaturan sehingga Anda dapat mengatur sendiri seberapa besar semprotan air yang diinginkan.

Lalu, bagaimana pengaruh percikan terhadap kesehatan tubuh manusia? Pertama; mandi menggunakan shower dipercaya mampu mengembalikan energi secara sempurna. Tekanan air yang jatuh ke tubuh memberikan efek relaksasi berupa pijatan.

Kedua; percikan air shower bisa meluruhkan kotoran secara sempurna jika diatur secara tepat. Kotoran tersebut akan larut bersama titik-titik air yang mengalir dari tubuh. Dibandingkan dengan mandi di bathtub, air shower jelas lebih efektif dalam membersihkan badan.

Ketiga; percikan air pancuran memungkinkan tubuh lansia tetap prima usai mandi. Hal ini juga disarankan oleh dokter di RS Royal Taruma Jakarta, dr. Andra Azwar, SpPD. Ia mengatakan bahwa, orang lanjut usia sebaiknya menghindari bathtub, tetapi mengutamakan penggunaan shower dengan percikan halus. Begitu pula dari sisi efektivitas saat mandi, memakai shower memudahkan mereka untuk mendapatkan siraman air lebih cepat.

Keempat; pancuran air hangat mampu mengatasi sakit otot maupun pegal di punggung. Kelima; mandi di bawah percikan shower hangat juga diyakni bisa meringankan beban kecemasan dan stres. Dengan demikian, mood Anda akan semakin meningkat.

Keenam; percikan air shower mencegah kulit kering, memicu penurunan berat badan, meningkatkan imun, dan membantu merelaksasi otot. Ketujuh; percikan dari pancuran mandi mengandung uap yang berfungsi sebagai dekongestan alami. Karena itu, gejala flu dan hidung tersumbat menjadi reda usai mandi di bawah shower air hangat.

  1. Shower Mandi Menawarkan Kepraktisan, sedangkan Anda Menghendaki Kepuasan ketika Mandi—Pertimbangkan Hal Ini
shower mandi

furniture-magazine.us

Mandi merupakan kebutuhan bagi tiap orang agar tetap bersih dan segar sepanjang hari. Namun, saking sibuknya beraktivitas, Anda sering kali mengabaikan mandi. Bagi Anda, mandi bisa menyita waktu bekerja atau beraktivitas. Nah, masalah tersebut dapat diatasi dengan memanfaatkan shower saat mandi.

Shower merupakan solusi praktis bagi Anda yang memiliki sedikit waktu untuk mandi atau membersihkan diri. Jika menggunakan bathtub atau bak mandi, mungkin harus menunggu beberapa lama sampai air penuh. Ditambah lagi menunggu air sampai mencapai suhu hangat.

Sebaliknya, kalau menggunakan shower, Anda tinggal tekan tombol air panas. Biasanya, pemasangan shower air hangat dilakukan oleh teknisi. Atau bisa melakukannya sendiri dengan acuan sebagai berikut.

  • Menentukan titik keran. Hal pertama yang harus dipastikan adalah titik keran untuk aliran air panas. Setelah menentukan titik keran, Anda dapat menghitung kebutuhan pipa.
  • Memilih jenis pipa yang tepat. Mengingat air yang mengalir nantinya bersuhu tinggi, pastikan pipa berbahan PERT (Polyethylene Of Raisedd Temperature Resistance). Jenis ini memiliki ketahanan terhadap suhu 95 derajat celcius. Bobotnya juga ringan dan tahan korosi.
  • Perhatikan jenis alat pemanas. Alat pemanas terdiri dari dua macam, yakni tunggal dan terpusat. Jika Anda menggunakan shower di dua kamar mandi, pakailah alat pemanas terpusat. Namun, kelemahannya, pipa yang dibutuhkan lebih panjang. Otomatis biaya instalasi semakin mahal.

Selain itu, panjangnya pipa memengaruhi panas yang dialirkan. Semakin panjang sambungan pipanya, suhu panas semakin kecil. Karena itu, disarankan memilih pemanas tunggal untuk satu kamar mandi.

  1. Shower dengan Arus Deras Bisa Membengkakkan Tagihan Air; Begini Trik Mengatasinya
shower mandi

axor-design.com

Penggunaan shower yang tidak tepat sering kali membuat tagihan air membengkak. Mengapa bisa demikian? Pertama; arus shower terlalu tinggi sehingga air lebih cepat habis. Solusinya, hindari menggunakan wall shower atau pancuran berbentuk persegi dengan banyak lubang.

Sebagai gantinya, Anda dapat  menggunakan shower water saving. Dengan desain pancuran yang sudah mengalami inovasi, shower ini bisa menghemat air hingga 35%.

Di Swedia, ada shower OrbSys yang diklaim paling hemat air. Sebuah sumber menyebutkan, alat ini mampu menghemat pemakaian air sampai 90% sekaligus menghemat energi. Paket shower tersebut sudah dilengkapi penampung khusus, penyaring, dan pompa.

Shower OrbSys sudah diuji oleh pakarnya di pemandian terbuka Ribersborg. Hasil uji coba tersebut membuktikan, bahwa shower OrbSys mampu menghemat hingga 100 ribu liter air selama empat bulan.

  1. Shower Menjadikan Kamar Mandi Tampak Lebih Modern; Pilih Model yang Sesuai Kebutuhan Anda
shower mandi

homedepot.com

Menata kamar mandi cenderung lebih sulit daripada ruang tidur—terutama bagi jika ukurannya sempit. Posisi shower, bak mandi, serta perabot pendukung harus tepat dan tidak terlihat sesak. Pun untuk menampilkan kesan modern, Anda perlu menyesuaikan model shower dan interior kamar mandi.

Semisal, Anda ingin membuat kamar mandi tampak lapang; berarti harus menghilangkan bak mandi. Cukup gunakan shower box berukuran minimalis. Untuk memberikan ilusi lebih luas, pakailah pintu kaca pada shower box.

Sementara itu, untuk kamar mandi mewah, bathtub dan shower bisa diletakkan berdampingan. Sebagai contoh, shower enclosure diposisikan di ujung kamar mandi, sedangkan bathtub di sisinya. Kemudian, lakukan pengecatan ulang pada shower head sesuai pola warna interior kamar mandi Anda.

  1. Shower Membutuhkan Perawatan Intensif agar Tetap Sehat dan Aman Digunakan
shower mandi

bigdealhq.com

Seperti yang dijelaskan di poin sebelumnya, shower sangat praktis digunakan untuk mandi. Namun, shower juga memiliki kekurangan jika tidak dirawat dengan baik. Kekurangan tersebut, yakni mudah terkontaminasi bakteri Nontuberculous mycobacteria (NTM). Bakteri ini bisa menyerang paru-paru.

Paru-paru yang terinfeksi bakteri NTM memerlukan waktu lama untuk proses pemulihannya. Karena itu, pastikan Anda selalu menjaga kebersihan shower, terutam shower head. Sebagai pedoman, begini cara merawat shower agar terhindar dari kontaminasi bakteri.

  • Pertama; carilah wadah khusus untuk merendam kepala shower. Sebelumnya, lepaskan kepala shower dari tangkai atau selangnya.
  • Langkah kedua, tuangkan cuka putih ke dalam wadah. Lalu, tuangkan juga 5 sendok makan soda kue. Catatannya, setiap 5 sendok makan soda kue dicampurkan dengan 240 ml cuka.
  • Kalau sudah, pastikan larutan tersebut memunculkan gelembung udara. Selanjutnya, Anda tinggal merendam kepala shower di dalam wadah. Rendam sampai seluruh bagian shower head Lama perendaman minimal satu jam.

Itulah artikel seputar shower mandi, kelebihan, kekurangan, dan hal-hal yang tidak boleh luput ketika memilih shower. Akses terus informasi tentang pemasangan shower, jenis terbaru, serta update harga melalui situs web tepercaya. Jika Anda membutuhkan pancuran mandi sekarang juga, bisa menghubungi link WA di http://bit.ly/62811158309. Tung

Komentar

Please rate this