Bagi yang awam mungkin sulit membedakan antara decosit dan HPL. Karena memang sekilas penampilanya hampir mirip. Namun keduanya memiliki kualitas yang berbeda. Karena itu perlu untuk memahami perbedaannya. Penting juga mengetahui harga decosit per lembar, sebagai pembanding dengan produk HPL berkualitas.

Mengapa Memilih HPL Sebagai Pelapis Furnitur?

High Pressure Laminate atau biasa disingkat HPL adalah bahan finishing yang biasanya diaplikasikan pada produk furnitur atau mebel dan permukaan interior. Keberadaan material ini memang sudah sangat dikenal, sehingga sangat mudah di pasaran.

Tidak hanya sekelas pabrikan furnitur saja yang bisa mendapatkannya. Karena sekarang ini siapa saja bisa membelinya dalam ukuran kecil sekalipun. Bentuknya lembaran dengan ketebalan beragam. Motif dan warnanya juga bervariatif, sehingga mudah menemukan desain sesuai keinginan.

Hampir setiap produk furnitur bisa dipercantik tampilannya menggunakan HPL. Sebagai contohnya adalah kitchen set, kabinet, rak buku, meja kantor, meja komputer, meja televisi, dan masih banyak lagi kreasi lainnya. Furnitur dengan desain minimalis dan modern sangat cocok menggunakan bahan finishing tersebut.

Penggunaan HPL tidak hanya mengubah tampilan lebih menawan, tetapi juga ikut melindungi furnitur dari berbagai risiko. Sebab furnitur juga rentan terpapar air, minyak, bahan kimia, goresan, benturan dan sebagainya. Namun, kalau permukaannya sudah dilapisi dengan produk HPL, maka lebih tenang dan aman. Sebab, lapisan tersebut tidak mudah rusak oleh berbagai gangguan tersebut.

Pemakaian bahan berupa plastik keras PVC menjadikan pelapis HPL sangat bisa diandalkan. Proses pengerjaan finishing tempel ini juga relatif praktis dan cepat. Dengan begitu, lebih hemat waktu, tenaga dan pastinya hemat biaya.

Supaya tampilan furnitur lebih cantik, pabrikan HPL meluncurkan sangat banyak kreasi. Sehingga saat ini sangat mudah menemukan HPL bermotif kayu eksotis, motif marmer, motif batu granit, motif metalik, motif warna solid dan sebagainya. Semua motif yang tersedia bisa diaplikasikan sesuai selera pengguna.

Konsultasikan dengan desainer interior, jika Anda ingin memilih furnitur berlapis HPL. Termasuk jika ingin membeli lembaran pelapis HPL. Supaya pemilihan desainnya bisa disesuaikan dengan konsep interior. Dengan begitu, kehadiran furnitur bisa menyegarkan dan mempercantik ruangan.

Apakah Decosit Layak Digunakan Sebagai Pelapis Furnitur?

harga dekosit termurahSelain HPL, terdapat juga produk decosit yang bisa juga dimanfaatkan sebagai bahan finishing furnitur. Decosit dikenal juga dengan sebutan deco sheet. Sekilas material pelapis furnitur ini mirip tampilannya dengan HPL. Sehingga bagi yang masih awam dengan produk tersebut akan menganggapnya sebagai produk yang sama. Padahal keduanya berbeda, terutama dari kualitas dan harga decosit per lembar.

Pelapis furnitur ini dibuat dari material plastik yang lebih tipis dari bahan baku pembuatan HPL. Dengan tingkat ketebalan yang lebih tipis memang semakin memudahkan dalam proses pemasangannya. Karena lebih lentur atau fleksibel. Sehingga produk finishing ini bisa diaplikasikan di banyak model furnitur. Salah satunya adalah kitchen set dengan tipe kering.

Lalu, apa perbedaan signifikan dari HPL dan decosit? Salah satu yang paling mencolok adalah terkait dengan tingkat keawetannya. Kalau dilihat dari bahan bakunya, sangat jelas HPL lebih handal. Sebab terbukti lebih awet dan tahan lama dibandingkan dengan decosit.

Decosit relatif tipis sehingga sangat rentan mengalami robek atau rusak. Paparan udara panas juga sangat mudah merusak keindahan dan keawetan dari decosit. Karena itu, material finishing tersebut tidak cocok diaplikasikan pada furnitur di ruangan terbuka atau sering terpapar sinar matahari.

Decosit didesain memiliki tinggi tertentu, biasanya berkisar 12 centimeter. Namun dengan panjang yang tidak terbatas. Karena itu, sangat cocok diaplikasikan pada perabotan yang cukup panjang. Berbeda dengan produk HPL yang bentuknya lembaran mirip plywood atau kayu lapis. Ukuran standar dari pelapis HPL adalah dengan panjang 244 centimeter dan lebar 122 centimeter.

Nah, salah satu kelebihan dari decosit jika dibandingkan dengan produk HPL adalah dari segi harganya. Harga decosit per lembar lebih murah daripada harga HPL. Namun, hal itu sangat sepadan dengan kualitas, keunggulan dan ketahanan yang diberikan oleh pelapis HPL.

Jadi, bagusnya memilih bahan pelapis decosit atau HPL? Keputusan ada di tangan Anda. Kalau anggaran terbatas, maka menggunakan decosit bisa menjadi solusinya. Namun harus menerima segala kekurangan pada bahan finishing tersebut.

Namun, jika prioritas Anda pada kualitas prima dan daya tahannya, maka produk HPL adalah pilihan terbaiknya. Sebenarnya harga HPL tetap masih terjangkau, apalagi terdapat berbagai pilihan ketebalan. Sehingga bisa disesuaikan juga ketersediaan anggarannya.

Tips Agar Furnitur Berlapis HPL Lebih Awet

harga dekosit premiumPerawatan adalah cara penting, agar menjaga furnitur berlapis decosit atau HPL lebih awet serta tahan lama. Tanpa tindakan yang tepat dan teratur, maka bisa merusak penampilan dan kualitasnya. Maka dari itu, jangan pernah melupakan rutinitas tersebut. Berikut ini tips yang bisa diterapkan.

  1. Rutin membersihkan furnitur seminggu sekali

Aktivitas bersih-bersih tidak harus menunggu terlihat banyak tumpukan debu, noda atau kotoran. Karena kalau sudah menumpuk tebal lebih sulit untuk disingkirkan. Vacuum cleaner, kain lap atau kemoceng bisa diandalkan sebagai alat pembersihannya.

Supaya lapisan HPL atau decosit tidak mudah rusak harus menghindari pemakaian cairan kimia. Sebab bisa saja merusak warna dan kualitas pelapisnya.

  1. Tempatkan furnitur di area kering

Biasanya furnitur yang dilapisi dengan decosit atau HPL berbahan kayu olahan. Jenis bahan baku furnitur ini terkenal sangat rentan terhadap paparan air. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk tidak menaruh perabotan di tempat yang lembab. Tujuannya supaya mencegah kerusakan pada partikel kayu dan tumbuhnya jamur.

Meskipun sudah menempatkan furnitur tersebut di tempat kering, tetap disarankan untuk memberikan alas. Dengan tujuan agar mencegah air meresap ke dalam lapisan kayu. Kalau sampai furnitur terpapar air, sebaiknya segera mengeringkannya dengan kain lap. Jangan sampai airnya masuk ke dalam pori-pori lapisan kau. Meskipun lapisan HPL cukup anti air, namun tidak ada salahnya menerapkan saran tersebut.

  1. Tidak menaruh furnitur di area dengan bidang datar

Umumnya furnitur berbahan kayu olahan menerapkan sistem bongkar pasar. Sehingga lebih rentan terlepas atau mengalami kerusakan. Oleh karena itu, harus tepat saat merakit furnitur kayu olahan. Saat akan menggeser, mengangkat atau memindah furnitur ini harus ekstra hati-hati. Agar tidak terjadi kerusakan atau patah pada sambungannya.

Nah, itulah setidaknya beberapa tips penting yang akan menambah masa pemakain furnitur berlapis HPL atau decosit. Dengan cara pemasangan dan perawatan yang tepat serta rutin, maka sangat efektif memperpanjang usia pemakaiannya. Furniturnya tidak gampang rusak dan selalu terlihat enak dipandang.

Anda tertarik untuk menggunakan pelapis HPL atau decosit? Anda bisa update seputar harga decosit per lembar melalui IsiBangunan.com. Telah tersedia juga produk pelapis HPL berkualitas global, aman digunakan, banyak pilihan motif cantik dan harga tetap bersaing.

Please rate this