10 Keuntungan Menggunakan Pipa Baja Ringan untuk Instalasi Pipa Air

Pipa baja ringan menjadi jenis pipa yang serbaguna. Dapat digunakan di bidang industri ataupun rumah tangga. Jenisnya dan ukurannya beragam, disesuaikan dengan kegunaannya. Tidak heran kalau pemakaian pipa jenis ini pun terus meningkat. Salah satunya adalah digunakan sebagai pipa air.

Penggunaan pipa baja ringan sebagai pipa air pun lebih efektif dibandingkan jenis pipa lainnya, misalnya pipa PVC. Jenis baja ringan yang sering dipakai sebagai pipa air adalah pipa galvanis. Pipa ini terbuat dari baja ringan yang pada proses akhirnya dilapisi dengan seng sebagai pelindung.

Proses Galvanisasi Pipa baja ringan

Pipa Baja Ringan - indotrading.com

Pipa Baja Ringan – indotrading.com

Lalu, bagaimana proses pelapisan seng pada baja ringan dilakukan? Ada 3 proses yang terjadi dalam proses pelapisan ini, yakni:

  • Tahap persiapan

Dalam proses ini, pipa baja yang ingin dilapisi terlebih dahulu dibersihkan dari berbagai kotoran. Kotoran yang bisa saja muncul pada permukaan baja pun beragam. Termasuk di antaranya adalah karat, cat, minyak, dan lain-lain.

Tahap persiapan ini dilakukkan dalam 3 langkah, yakni degreasing, pickling, dan rinsing. Proses degreasing berguna untuk menghilangkan lemak, cat, atau kotoran padat dari pepi baja. Dalam tahapan ini, larutan NaOH dipakai sebagai larutan pembersih.

Selanjutnya, proses pickling dilakukan dengan menggunakan asam klorida atau asam sulfat. Tujuannya adalah untuk menghilangkan lapisan karat ada pada permukaan pipa baja ringan.

Terakhir, rinsing merupakan proses pembersihan larutan pembersih yang bisa saja masih tersisa pada pipa baja. Proses rinsing biasanya dilakukan dua kali, setelah proses degreasing dan setelah pickling.

  • Fluxing

Proses berikutnya adalah fluxing yang bertujuan untuk mencegah terjadinya oksidasi saat proses galvanisasi dilakukan. Setelah proses fluxing dilakukan, pipa baja dikeringkan dan proses galvanisasi siap dilakukan.

  • Galvanisasi atau pencelupan
Read More :   Pipa Baja Galvanis – Spesifikasi, Fungsi, dan Kelebihan

Galvanisasi dilakukan dengan mencelupkan pipa baja ringan ke cairan seng yang murni. Biasanya, proses galvanisasi dilakukan pada suhu dengan rentang antara 445 derajat hingga 465 derajat Celcius.

Setelah itu, pipa baja yang telah melalui proses galvanisasi tinggal didinginkan dan melalui proses finishing. Kedua tahap tersebut dilakukan untuk memungkinkan pipa baja hasil galvanisasi memiliki tampilan yang bersih dan tidak ada lapisan seng yang meruncing.

Keuntungan Penggunaan Pipa baja ringan dengan Galvanisasi

Pipa Baja Ringan - alicdn.com

Pipa Baja Ringan – alicdn.com

Lalu, apa saja keuntungan yang bisa diperoleh dari penggunaan pipa baja ringan galvanis? Ada 10 manfaat yan bisa didapatkan, yakni:

  1. Lebih murah

Proses galvanisasi pada pipa baja ringan membutuhkan biaya yang relatif lebih ringan dibandingkan pelapisan lain. Apalagi, kebutuhan tenaga kerja dalam proses galvanisasi tidak terlalu banyak. Hal ini pun berdampak pada harga pipa baja galvanis secara keseluruhan.

  1. Perawatan mudah

Pipa baja ringan galvanis lebih menguntungkan karena tidak butuh perawatan khusus. Apalagi, proses galvanisasi pada pipa baja memungkinkannya untuk bereaksi dengan berbagai jenis senyawa di lingkungan. Termasuk di antaranya adalah logam, garam, asam, serta berbagai senyawa kimia lain.

Cara membersihkan berbagai senyawa tersebut pun sangat mudah. Tinggal menyemprotkan air alkalin ke permukaan pipa. Proses pembersihan ini bisa bisa dilakukan sekali dalam setahun.

  1. Tahan lama

Pipa baja ringan merupakan campuran antara besi dengan karbon. Logam jenis ini memiliki ketahanan yang lama. Apalagi, setelah melalui proses galvanisasi. Pipa baja galvanis dapat dipakai dalam berbagai kondisi lingkungan. Mulai dari lingkungan dengan udara yang panas, lembab, daerah pingiran, hingga daerah dekat pantai.

Read More :   Pintu Baja Tahan Api

Saat dipakai di daerah yang kering, perlindungan lapisan seng pada pipa baja ringan hasil galvanisasi bisa bekerja secara optimal. Dalam kondisi terus terpapar sinar matahari, lapisan seng memiliki sifat yang stabil.

Demikian pula saat ditempatkan di area yang lembab. Lapisan seng oksida yang muncul akibat kondisi lembab, secara cepat akan diubah menjadi seng hidroksida. Selain itu, karbon dioksida yang ada di udara akan bereaksi dan membentuk seng karbonat. Hal ini akan memberikan perlindungan lebih kuat pada pipa baja.

Sementara itu, saat berada di daerah terpencil, pipa baja ringan galvanis diperkirakan mampu bertahan hingga 50 tahun. Kalau ditempatkan di area dekat pantai dan sering terkena air laut, performanya agak sedikit menurun. Diperkirakan bisa tahan antara 20 hingga 25 tahun.

  1. Terstandar

Pipa baja galvanis juga memiliki standar tersendiri, baik standar nasional ataupun internasional. Dalam standar tersebut,pipa galvanis yang dijual di pasaran pun harus memenuhi kriteria khusus. Termasuk di antaranya adalah ketebalan lapisan seng. Dengan begitu, kualitas pipa galvanis bisa diketahui dengan mudah.

  1. Memberikan proteksi 360 derajat

Proses galvanisasi pada pipa baja ringan juga memberikan proteksi secara menyeluruh. Tidak ada bagian yang terlewati selama proses galvanisasi. Hal inilah yang memberikan perbedaan mencolok antara galvanisasi dengan proses pelapisan logam yang lain.

  1. Perlindungan terhadap korosi secara otomatis

Hal menarik lain dari pipa baja ringan galvanis adalah kecenderungan lapisan seng melindungi baja. Lapisan seng pada pipa baja galvanis punya kecenderungan berkarat lebih tinggi dibandingkan pipa baja. Oleh karena itu, kalaupun ada pipa baja yang terekspos, tidak akan mengalami korosi.

Berbeda dengan pelapisan lain. Saat ada bagian baja yang terekspos, memungkinkan terjadinya korosi. Untuk mengatasinya, biasanya dilakukan pelapisan ulang. Hal ini tentu saja membutuhkan biaya tambahan.

  1. Pelapisan yang kokoh
Read More :   Tips Memilih Karpet Vinyl Sesuai Dengan Desain Rumah Anda

Lapisan seng yang ada pada pipa baja ringan galvanis juga memberikan perlindungan kokoh. Pipa pun tidak akan mudah rusak saat proses pengiriman barang ataupun pemasangan. Bahkan, proses galvanisasi kerap disebut sebagai salah satu metode perlindungan logam terkuat yang ada di pasaran.

Bahkan, sebuah pipa baja yang melalui proses galvanisasi jauh lebih kuat dibandingkan pipa tanpa galvanis. Apalagi, tingkat kekerasan lapisan seng pada pipa galvanis ternyata lebih tinggi dibandingkan pipa baja yang ada di bawahnya.

  1. Kemudahan dalam proses inspeksi

Pipa baja ringan dengan galvanisasi juga memberi kemudahan saat proses inspeski. Bahkan, proses inspeksi bisa dilakukan cukup dengan pandangan mata. Kalau permukaan pipa galvanis terlihat mulus dan tidak ada lubang, maka pipa tersebut benar-benar dalam kondisi bagus. Tidak ada hal tersembunyi di baliknya.

  1. Kemudahan dalam pemakaian

Pipa baja ringan galvanis dapat secara langsung digunakan. Saat pipa dikirim dan diturunkan dari truk, pipa-pipa tersebut tidak perlu lagi memperoleh perawatan tambahan. Anda tinggal memasangnya pada lokasi yang diinginkan dan pipa pun siap dipakai.

  1. Ramah lingkungan

Proses galvanisasi dikenal sebagai proses yang ramah lingkungan. Hal ini tentunya sangat penting, terutama untuk menjaga kelangsungan alam. Dalam proses galvanisasi, cairan seng yang digunakan dapat dipakai secara berulang-ulang. Sampah yangdihasilkan juga sedikit. Di waktu yang sama, ketahanan pipa galvanis yang mencapai 50 tahun membuatnya berkontribusi kecil dalam produksi sampah dunia.

Dengan berbagai keuntungan tersebut, tidak heran kalau pipa baja ringan kerap menjadi pilihan utama. Tidak hanya digunakan sebagai pipa air, tapi juga pipa fluida lainnya, termasuk gas dan minyak.

Leave a Reply