Perabotan atau furnitur berbahan kayu masih menjadi favorit masyarakat. Tidak hanya yang menggunakan material kayu solid saja, tetapi yang berbahan kayu olahan juga semakin diburu. Apalagi tampilannya yang semakin unik dan cantik, dengan balutan pelapis HPL. Harga HPL glossy cukup terjangkau menjadi salah satu daya pikatnya.

HPL Cocok untuk Bahan Dekorasi Interior

High Pressure Laminate atau HPL berbentuk lembaran tipis yang terdiri atas beberapa lapisan. Setiap lapisan memiliki fungsinya masing-masing, seperti sebagai lapisan anti air, anti gores dan sebagai lapisan dekoratif. Semuanya menyatu menghasilkan produk pelapis dengan tampilan menawan.

Kualitas HPL layak diperhitungkan, sebab lembaran sintetis ini tidak mudah menyerap air dan kelembaban udara. Karena itu sangat cocok bila digunakan untuk melapisi furnitur berbahan kayu lapis, particle board, MDF dan sejenisnya. Bahkan bahan finishing ini juga dimanfaatkan untuk menghias elemen interior bangunan lainnya, seperti pelapis dinding, plafon dan lantai.

Tingkat ketebalan produk pelapis ini bermacam-macam. Biasanya mulai dari 0,5 mm hingga 1,5 mm. Dengan begitu, tidak hanya cocok sebagai pelapis furnitur saja. Bahkan bisa juga dimanfaatkan sebagai bahan dekoratif eksterior bangunan, seperti wall cladding. Tentunya kualitas dan ketebalannya lebih tinggi, daripada yang dimanfaatkan untuk ornamen interior.

Meskipun merupakan produk sintetis, tapi bahan finishing tempel ini tidak menguapkan zat-zat kimia yang berbahaya bagi kesehatan manusia. Oleh karenanya, pemakaiannya untuk interior rumah relatif aman. Jadi, Anda tidak perlu meragukannya dan aman diaplikasikan di berbagai perabotan.

Bicara durabilitas atau daya tahannya juga bisa diandalkan. Sebab bisa bertahan hingga belasan sampai puluhan tahun. Tentunya jika didukung oleh produk berkualitas tinggi, tepat dalam instalasi dan rajin dalam perawatannya. Untungnya lagi, produk HPL ini dibanderol dengan harga ekonomis.

Nah, untuk tampilan permukaan finishing tempel ini bisa berupa doff dan glossy. Laminasi glossy menampilkan keunikan yang sangat kentara. Tampilan pelapis ini terlihat terang dan berkilau. Apalagi jika terpapar cahaya sinar matahari atau lampu. Sebab, finishing glossy bisa menyerap warna dan memantulkan cahaya. Ketika Anda meraba permukaannya, maka akan terasa licin seperti kaca.

Sedangkan kalau HPL dengan laminasi doff, pada bagian permukaannya terasa lebih kasar. Laminasi ini tidak mampu memantulkan cahaya. Tampilannya nampak lebih lembut atau soft dan lebih elegan. Kalau Anda meraba permukaannya akan terasa lebih kasar mirip kulit buah jeruk. Dengan teksturnya itu, maka HPL berlaminasi doff dapat memberikan perlindungan dari paparan kotoran atau bekas sidik jari.

Manakah finishing HPL yang lebih bagus? Tentunya sangat tergantung dari penggunanya. Kalau ingin permukaannya terlihat cemerlang atau berkilau, maka yang berlaminasi glossy adalah pilihannya. Sedangkan jika ingin furnitur terlihat lebih lembut dan elegan, maka yang berlaminasi doff lebih tepat dipilih.

Selain kedua jenis laminasi di atas, sebenarnya masih ada satu lagi yakni bertekstur. Jadi permukaan HPL tersebut terasa lebih kasar jika diraba. Karena terdapat bentukan tekstur tertentu mengikuti motif yang ditampilkan.

Harga HPL glossy, doff dan bertekstur biasanya ditawarkan dengan harga yang bervariatif. Meskipun masih satu merek atau brand. Apalagi jika sudah berbeda mereknya, maka sudah pasti akan berbeda juga banderol harganya.

Pilihan Motif HPL Terfavorit

varian motif HPLMasih ada satu lagi keunikan dari material finishing kayu ini. Pilihan warna dan coraknya sangat beragam. Setidaknya ada delapan motif HPL yang diminati pasar. Apa sajakah pilihan corak tersebut?

  1. Motif Kayu. Biasanya menampilkan tekstur kayu cherry, walnut, mahoni, jati dan sebagainya. Kesan natural dan menenangkan sangat terlihat dari coraknya. Motif ini cocok untuk melapisi produk furnitur dan pelapis dinding.
  2. Motif Polos atau Warna Solid. Motif ini sangat tepat diaplikasikan untuk permukaan furnitur dan berbagai elemen interior. Sangat ideal digunakan pada desain minimalis dan modern untuk rumah maupun perkantoran. Gaya interior shabby chic (khususnya warna baby blue, pink dan putih), vintage dan kontemporer sangat manis dihiasi HPL berwarna solid.
  3. Motif Batu Alam. Kesan antik, natural, tradisional dan dingin terpancar dari penggunaan HPL bermotif batu alam. Dinding ruang tamu dan mebel sangat cocok mengaplikasikannya. Kabinet dapur juga bisa dilapisi dengan motif ini. Coraknya menampilkan keunikan batu granit, marmer dan bebatuan alam cantik lainnya.
  4. Motif Floral. Corak ini cocok untuk mempercantik furnitur dan dinding, seperti dinding rumah, toko, kafe hingga salon kecantikan. Material finishing ini bisa menambah estetika meja salon. Motif ini menampilkan keindahan beraneka ragam bunga nan cantik.
  5. Motif Alami atau Natural. Motif HPL ini menampilkan pola gambar berupa beragam benda alami. Sebagai contoh gambar hewan, dedaunan dan bunga yang realistis. Corak ini sangat ideal diaplikasikan pada restoran, kafe, hotel, apartemen, rumah dan sebagainya. Penggunaan di area perkantoran kurang dianjurkan, sebab terlihat tidak formal. Kecuali untuk kantor yang mengelola produk kecantikan atau herbal.
  6. Motif Abstrak. Ragam motif ini relatif bisa digunakan di area rumah atau perkantoran. Pilihan motifnya sangat beragam. Ada corak yang menampilkan pola garis-garis, berbagai aksen yang memadukan warna yang cantik, dan sebagainya.
  7. Motif 3 Dimensi. Jika ingin menampilkan sentuhan yang berkelas, HPL bermotif tiga dimensi tepat digunakan. Sebagai contoh untuk diaplikasikan di rumah mewah, kafe, hotel, ruang kantor, ruang pertemuan dan sebagainya. Harga jualnya memang relatif mahal, dan motif ini terbilang sulit dijumpai di pasaran.
  8. HPL Custom. Anda bebas memesan motif HPL dengan desain sendiri. Sebagai contoh, motifnya menampilkan foto keluarga, jika diaplikasikan di ruangan rumah. Namun, jika akan dipasang di dinding kantor, maka bisa menampilkan logo perusahaan, produk unggulan dan sebagainya. Sehingga bisa sebagai identitas atau ciri khas dari interior kantornya. Karena dipesan secara custom, maka Anda harus menyiapkan anggaran lebih besar.

inspirasi model furnitur HPLNah, itulah beberapa motif produk HPL yang beredar di pasaran. Pabrikan pelapis kayu ini selalu melakukan inovasi dan kreasi atas produknya. Karena itu, akan muncul berbagai motif cantik dan elegan lainnya. Agar bisa menjadi idola baru bagi para konsumennya.

Penting saat akan membeli produk HPL adalah memastikan kualitas dan daya tahannya. Ada banyak merek yang sudah beredar luas di pasaran. Ketebalan, motif dan harga yang ditawarkan sangat beragam. Jangan mudah terpukau dengan harga sangat murah. Anda harus perhatikan spesifikasi produk dan kualitasnya. Jika memang kualitas terjamin, aka layak menjadi pilihannya.

Membeli produk HPL bermutu bagus tidak harus langsung ke toko atau kantor distributornya langsung. Anda juga bisa memesannya secara online. Seperti layanan yang ditawarkan oleh IsiBangunan.com. Importir dan distributor HPL ini menyediakan aneka motif cantik dan elegan. Kualitasnya sangat handal dengan daya tahan panjang.

Jangan khawatir dengan harga HPL glossy yang disediakan. Banderol harganya sangat bersaing daripada merek HPL lainnya. Konsultasikan keinginan Anda langsung dengan tim handal dari IsiBangunan, sekarang juga!

Please rate this