HPL menjadi bahan finishing terpopuler saat ini. Karena memang menawarkan berbagai keunggulan. Motif kayu adalah salah satu yang menjadi idolanya. Sebenarnya motifnya sangat beragam, tidak hanya menampilkan keunikan tekstur kayu saja. Enaknya lagi, harga HPL Taco motif kayu tetap ramah di kantong. Tertarik menggunakan HPL untuk semua furnitur dan interior?

Bahan Laminasi Favorit Segala Jenis Furnitur

Anda pastinya sudah sering melihat furnitur dengan tampilan seperti kayu asli. Padahal sebenarnya terbuat dari kayu olahan yang dilapisi dengan pelapis HPL atau High Pressure Laminate. Tampilannya memang mirip dengan kayu sungguhan. Sehingga bagi yang awam akan mengiranya sebagai kayu solid.

Material pelapis kayu ini biasanya diaplikasikan pada furnitur, seperti lemari pakaian, kitchen set, meja rias, meja belajar, partisi ruangan dan ornamen interior lainnya. Jadi sangat banyak media yang bisa dipercantik dengan finishing tempel ini.

Secara umum kelebihan produk HPL terlihat pada harga yang lebih ekonomis, tahan terhadap goresan, anti air, tahan panas, anti jamur, gampang dibersihkan, mudah diaplikasikan, pilihan warna dan motifnya melimpah serta daya tahannya yang lama.

Jika bagus kualitas produknya, memakai perekat bermutu, tepat dalam pemasangannya dan rajin dirawat, maka masa pakainya bisa mencapai belasan tahun.

Sedangkan kekurangan dari bahan finishing ini terlihat dari tingkat kelenturan atau elastisitas yang rendah. Karena memang memiliki karakteristik yang kaku dan keras. Sehingga cukup menyulitkan saat pemasangan di bagian sudut atau bagian yang melengkung. Material pelapis ini juga tidak bisa diaplikasikan pada furnitur klasik.

Sebab, furnitur klasik lebih tepat mengaplikasikan cat semprot duco. Hanya saja Anda harus merogoh kocek lebih dalam untuk membeli bahan finishing tersebut. Kebutuhan waktu pengerjaan juga lebih lama. otomatis kebutuhan tenaga dan biayanya lebih tinggi, daripada ketika mengaplikasikan pelapis HPL.

HPL berbentuk lembaran, sehingga lebih mudah dalam pemasangannya. Cukup mengoleskan lem atau perekat pada kedua sisi, yakni bagian bawah pelapis dan permukaan furnitur. Pastikan lem diaplikasikan secara merata, agar hasil pemasangan HPL lebih sempurna. Karena bisa meminimalisir munculnya gelembung udara, yang akan mengurangi keindahan lapisan furniturnya.

Penggunaan bahan finishing ini semakin marak. Produsen furnitur juga semakin inovatif dalam menghasilkan kreasi produknya. Sehingga hampir segala kebutuhan mebel rumahan bahkan perkantoran bisa ditemukan. Harga HPL Taco motif kayu yang ekonomis, maka harga furniturnya juga tetap terjangkau.

Panduan Memilih Motif HPL

motif kayu HPL laminateKalau Anda sedang bingung memilih produk finishing dekorasi interior rumah, HPL adalah pilihan yang tepat. Kualitasnya yang sudah terjamin, aman digunakan dan daya tahan cukup lama, pastinya bisa menjadi alasan untuk memilih material tersebut. Apalagi banderol harganya cukup ekonomis. Sebagai panduan dalam pemilihan produknya, berikut ini beberapa aspek yang penting diketahui.

  1. Ketahui Pilihan Tekstur HPL

Tekstur permukaan pelapis kayu ini bervariatif. Anda bisa menyesuaikan pemilihannya berdasarkan selera atau kesan yang ingin disuguhkan. Dengan catatan, jangan melupakan keserasian dengan ornamen interior lainnya. Terdapat empat pilihan tekstur HPL, seperti suede, matte atau doff, glossy dan texture.

Permukaan dari HPL bertekstur suede agak terasa kasar dan berpasir saat Anda merabanya. Namun masih tetap cocok diaplikasikan pada furnitur dengan permukaan halus, seperti meja kerja atau meja belajar. Laminasi matte menampilkan kesan lembut dan eksotis, sehingga menampilkan nilai artistik tersendiri bagi furnitur.

Kesan cemerlang, mengkilap dan mewah sangat terpancar dari furnitur dengan finishing glossy. Sedangkan untuk HPL dengan finishing texture menghadirkan tekstur layaknya objek nyata. Semisal motifnya kayu, maka akan menampilkan serat kayu yang lebih realistis.

  1. Pahami Pilihan Motif atau Corak HPL

Setiap produsen menawarkan motif dan warna berbeda-beda untuk produk HPL-nya. Secara umum, terdapat beberapa motif yang menjadi kesukaan konsumen. Semisal, motif kayu, motif floral, motif batu alam, motif natural dan motif warna solid. Desain lainnya yang tidak kalah menawan adalah motif tiga dimensi dan motif custom.

Motif HPL tiga dimensi relatif masih sulit ditemukan di pasaran. Lagipula harga yang ditawarkan juga lebih tinggi. Namun sangat sebanding dengan kualitas, keunikan dan keindahan yang disuguhkan. Sedangkan kalau Anda ingin tampilan desain HPL yang unik atau berbeda, maka bisa memesan secara custom.

  1. Pilih Ketebalan yang Sesuai

Pabrikan HPL meluncurkan beragam pilihan ketebalan. Tujuannya supaya bisa dimanfaatkan sesuai dengan kebutuhan. Secara umum, HPL mudah ditemukan dengan ketebalan mulai dari 0,5 mm sampai 1,5 mm. Ketebalan ini sudah ideal untuk diaplikasikan pada furnitur dan ornamen interior lainnya.

Ada juga produk dengan yang lebih tebal mencapai 2,5 mm. Pemanfaatan produk pelapis ini lebih diandalkan pada area luar ruangan atau outdoor. Biasanya digunakan dalam pembuatan wall cladding. Jadi, produk HPL tidak hanya bisa untuk area dalam ruangan saja, tetapi juga luar ruangan. Tentunya dengan pemilihan produk lebih unggul.

Semakin tebal pelapis ini maka akan dibanderol dengan harga lebih tinggi. Jadi sebagai pertimbangan, bisa mengecek harga HPL Taco motif kayu langsung di distributor resminya.

  1. Pilih Produk yang Sudah Teruji Kualitas dan Ketahanannya

Varian merek HPL di pasaran sangat banyak. Pasar produk pelapis furnitur ini tidak hanya dibanjiri produk lokal saja, akan tetapi juga oleh produk impor. Semuanya menawarkan keunikan dari segi desain dan harga yang bersaing. Manakah yang layak dipilih? Sudah pasti yang sudah terbukti kualitas dan daya tahannya. Selain itu, pastikan sudah memiliki sertifikasi kelayakan pakai, seperti sertifikasi SNI.

Dari sekian banyak pilihan merek HPL, produk yang disediakan oleh IsiBangunan.com sangat layak menjadi pilihannya. Importir bahan dekorasi bangunan ini menawarkan produk HPL berstandar internasional. Jadi tidak perlu meragukan kualitas dan daya tahannya. Pilihan corak dan warnanya juga bervariatif. Sangat bisa memenuhi keinginan setiap konsumen.

Pengerjaan Tepat Agar Hasilnya Sempurna

distributor HPL BandungJika Anda ingin mengaplikasikan pelapis HPL pada area dinding, plafon dan lantai, maka pastikan mempelajari teknik instalasinya dengan benar. Supaya hasil pemasangannya lebih sempurna. Khususnya jika Anda akan melakukan pemasangan secara mandiri.

Sediakan berbagai kebutuhan dalam proses pemasangan HPL. Seperti lem, cutter jika diperlukan pemotongan, penggaris dan sebagainya. Khususnya untuk pemilihan perekat atau lem juga tidak boleh sembarangan. Sebab kalau lemnya bermutu rendah, maka daya rekatnya juga lemah. Makanya lapisan HPL akan mudah terlepas, walaupun baru digunakan beberapa tahun saja.

Akan tetapi jika waktu Anda terbatas, dan ingin mendapatkan hasil pengerjaan lebih sempurna, maka menggunakan tukang pasang profesional sangat dianjurkan. Sekarang ini sudah banyak penyedia jasa tersebut. Pastikan juga sudah berpengalaman, sehingga lebih bisa diandalkan.

Segera dapatkan informasi akurat terkait harga HPL Taco motif kayu hanya di IsiBangunan! Konsultasikan dengan tim marketingnya, agar Anda mendapatkan produk terbaik dengan harga lebih bersaing.

 

Please rate this