Pilihan Jenis Lantai Kayu Untuk Tangga Rumah Anda

Pilihan Jenis Lantai Kayu Untuk Tangga

Ada banyak hal yang bisa kita lakukan untuk membuat rumah lebih nyaman. Mulai dari membeli furniture mahal, menyewa jasa interior, sampai mengecat dinding dan memasangi wallpaper. Ada satu lagi cara yang sering dilakukan untuk membuat rumah lebih nyaman yakni dengan meng-upgrade tangga rumah.

Hal ini karena kita sering kali tak menyadari bahwa lantai kayu untuk tangga sudah saatnya diganti. Jika tidak, maka bukan hanya segi estetikanya yang akan berkurang, namun juga bisa membahayakan untuk keluarga tercinta.

Banyak yang menggunakan material kayu untuk lantai tangga. Untuk itulah, perlu diperhatikan benar bagaimana kita menjaga dan merawatnya. Lantai ini tidak akan bertahan selamanya, bisa jadi karena usia atau karena faktor cuaca dan kelembab udara, lantai kayu untuk tangga ini bisa rentan rusak dan menuntut perbaikan. Ada beberapa hal yang menandakan bahwa lantai tangga perlu segera diperbaiki atau diganti.

Hal Yang Mungkin Terjadi Pada Tangga Rumah Anda

1. Lapuk

Lantai kayu pada tangga bisa saja lapuk karena dimakan usia, oleh karena itu, jika kontruksi bangunan rumah Anda sudah termasuk tua, maka tidak ada salahnya untuk mengecek kondisi tangga rumah. Hal ini penting karena menyangkut masalah keamanan keluarga ketika menggunakannya. Lantai kayu yang lapuk harus segera diganti.

Read More :   Mengenal ACP, Alternatif Material untuk Dinding Luar Bangunan Anda

Jika bosan dengan lantai kayu, maka bisa diganti denga keramik marmer atau keramik, hanya saja, resikonya, kedua jenis lantai ini akan membuat tangga lebih licin dan  menimbulkan resiko tergelincir kecuali dilapisi dengan karpet.

2. Retak

Material kayu untuk lantai pelais tangga juga rentan terbelah, atau ada bagian yang retak. Hal ini bisa karena pengaruh usia atau bisa saja ketika memilih jenis kayu untuk tangga, kita tidak memilih yang berkualitas.

3. Berdernyit

Jika lantai kayu untuk tangga mulai berdernyit, atau menimbulkan suara tertentu ketika dipijak, itu artinya, kita harus mulai waspada. Karena bisa jadi, lantai tangga sudah mulai tak layak pakai. Solusinya adalah segera menggantinya dengan yang baru.

4. Tergores

Jika Anda sangat memperhatikan penampilan rumah, maka lantai tangga yang tergores permukaannya menjadikannya tidak sempurna lagi. Jika sudah demikian, maka kita bisa melapisi permukaan lantai kayu untuk tangga ini dengan pelapis yang bisa menjadikannya tampak baru.

Perlu diingat juga bahwa untuk menjadikan tangga tetap awet, berhati-hatilah ketika membawa barang melewati tangga, karena benda keras rawan membuat tangga menjadi mudah tergores permukannya.

Jenis Lantai Untuk Tangga

1. Lantai keramik

Seperti yang sudah disinggung di atas bahwa material lantai untuk tangga bisa  berupa keramik.    Material inilah yang paling umum dan populer digunakan karena harganya yang paling murah, jika dibanding material kayu, granit, atau material lainnya. Namun kelemahannya adalah kurang nyaman dipijak dan cenderung licin.

Read More :   Mengenal Lebih Dekat Aluminium Composite Panel (ACP)

2. Lantai kayu parket

Jenis lantai ini adalah yang paling nyaman dipijak oleh kaki. Permukaannya tidak licin, dan juga tidak sedingin lapisan keramik. Corak dan ragamnya yang terkesan natural, menjadikan tangga menjadi bagian yang mempercantik desain interior setiap rumah.

Lantai kayu untuk tangga ini juga termasuk jenis lantai yang ringan, dan memberi kesan lebih longga pda ruangan hingga menjadikannya tidak terlalu penuh sesak. Aplikasinya cocok untuk rumah minimalis, dan juga bangunan komersial.

3. Lantai kayu dari kayu jati

Kayu jati merupakan kayu solid yang jadi alternatif sebagai pijakan untuk tangga rumah. Jenis kayu ini sering dimanfaatkan dalam berbagai jenis lantai, seperti parket, papan FJL, atau papan tangga jati sambung.

Seperti yang semua orang tahu bahwa kayu jati adalah salah satu kayu keras terbaik yang harganya cukup mahal, oleh karenanya, aplikasi kayu ini untuk tangga rumah juga akan memakan budget yang lumayan.

Jenis lantai kayu untuk tangga ini bisa pula dijadikan material untuk tangga layang, dimana setidaknya ketebalan kayu harus minimal 3,8 cm. kita bisa mendapatkan lantai tangga ini dengan membelinya perlembar. Siap-siap merogoh kantong yag sedikit dalam untuk mendapatkannya, namun hasilnya juga tak akan mengecewakan.

Read More :   Pilihan Material Yang Tepat Untuk Pelapis Anak Tangga

4. Karpet

Karpet adalah salah satu alternatif yang bisa membuat lantai tangga menjadi lebih aman dan nyaman ketika dipijak. Beberapa jenis lantai mungkin tak akan menampilkan keindahan yang diinginkan, oleh karenanya, penerapan karpet untuk tangga ini benar-benar bisa menjadi cara mudah mempercantik tampilan desain interior rumah, khususnya untuk tangga.

Mulai dari corak hingga warna, jenis karpet beraga, berikut pula dengan bahnnya. Jika ikita menggunaka karpet ini, maka untuk perawatannya, maka jangan lupa untuk selalu dibersihkan secara rutin, karena karpet  lebih rentan dan dan mudah menyimpan debu dibanding permukaan lantai keramik atau kayu.

Demikianlah beberapa jenis material untuk anak tangga. Lantai kayu menjadi salah satu bagian dari lantai tangga yang populer, meskipun harus merogoh kocek yang dalam.

Namun, ada solusi lain jika ingin tampilan tangga seindah ketika menggunakan lantai kayu, namun dengan ahrga yang murah, yakni dengan menerapkan jenis lantai layu vinyl. Lantai ini cukup ekonomis dan menjadi incaran bagi mereka yang ingin rumah nampak lebh mewah, namun dengan material yang ekonomis.

Leave a Reply