Tahapan Memasang Lantai Kayu Parket

Menjadikan rumah tampil lebih menawan adalah impian semua orang. Banyak yang menginginkan bahwa rumah bukan sekedar tempat tinggal dan tempat istirahat. Namun lebih dari itu, rumah juga bisa menjadi sebuah item untuk meningkatkan prestise seseorang.

Oleh karena itu, tidak heran jika banyak diantara mereka yang sibuk merombak dan merenovasi hunian mereka. Salah satu yang tak boleh terlewat ketika melakukan proyek ini adalah meng-upgrade tampilan lantai rumah. Bukan hanya fungsinya yang perlu dimaksimalkan, namun juga keindahannya yang akan membuat rumah nampak indah dan lebih nyaman.

Jika bingung mencari pilihan jenis lantai terbaik untuk tampilan rumah impian, maka lantai parket bisa jadi solusinya. Kenapa lantai ini?

Jawabannya adalah karena lantai ini memiliki banyak ragam mulai dari corak, warna, harga, dan bahannya. Mulai dari parket kayu hingga vinyl, semua bisa menyesuaikan dengan budget renovasi rumah yang ada. Jika budget terbatas, maka parket vinyl bisa jadi pilihannya.

Terlepas dari keunggulan itu semua, lantai parket juga banyak dipilih karena ia unggul dalam kemudahan pemasangannya. Tidak heran jika banyak yang memasang sendiri lantai ini untuk hunian mereka. Jika ingin menghemat biaya, maka aplikasi lantai ini bisa dilakukan sendiri, asal tahu langkah-langkah yang tepat. Cukup mudah dan tidak perlu keahlian khusus, hingga siapa saja bisa memasangnya.

Read More :   Ubah Interior Rumah Anda Dengan Lantai Kayu Murah

Cara Memasang Lantai Kayu Parket Yang Bisa Diterapkan

1. Persiapkan alat dan bahan

Sebelum kita memulai proyek pemasangan lantai kayu parket, maka terlebih dahulu, persiapkan alat dan bahannya terlebih dahulu. Untuk alatnya, meliputi: palu karet, meteran untuk mengukur, bor listrik, jig saw, palu dari besi, masker untuk melindungi hidung dari debu, pull bar, obeng, cutter untuk memotong, dan juga guillotine.

Setelah itu, selanjutnya, ukur dengan teliti luas ruangan untuk memastikan ukuran parket yang dibutuhkan. Hitung kebutuhan parket ini dengan seksama. Jika perlu, konsultasikan dengan perusahaan yang menjual parket kayu ini, agar akurat dalam pemasangannya.

2. Pastikan lantai dalam kondisi yang layak

Beberapa hari sebelum pemasangan dimulai, terlebih dahulu kita harus memastikan bahwa keadaan lantai benar-benar layak untuk diaplikasikan lantai parket di atasnya. Lantai ini haruslah rata dan halus, tidak ada retakan, tidak ada lubang, dan harus mulus.

Jika lantai dalam kondisi di plester, maka gunakanlah kayu panjang untuk membantu meratakan plesteran lantai. Lalu perlu juga digosok dengan penggosok kayu hingga permukaannya menjadi rata dan halus.

3. Pasang lis parket

Apabila kondisi plesteran lantai telah kering betul selama beberapa hari, maka pasang plastic yang lebar. Kita harus membentangkan plastic ini secara merata ke semua bagian dari pemukaan lantai yang akan dipasangi lantai kayu parket. Bentangan plastik ini harus disisakan kurang lebih 12 cm dari lantai yang akan dipasangi lis parket.

Read More :   Tips Sederhana Membersihkan Lantai Kayu

4. Pasang foam

Lapisan foam adalah lapisan sejenis busa. Lapisan ini perlu dipasang di atas pelsteran sebagai lapisan terakhir di bawah lantai kayu parket yang akan dipasang. Lapisan ini membuat lantai lebih nyaman ketika dipijak nantinya. Ratakan lapisan ini pada lantai, dan tidak perlu disisakan atau dilebihkan ketika kita memasang plastic di atas permukaan lantai.

5. Periksa semua produk lantai parket yang dibeli

Jika semua sudah siap, maka saatnya membuka produk yang kita beli. Buka satu persatu kotak pembungkus parket kayu yang ada. Kita harus memeriksan semua bagian parket. pastikan tidak ada cacat sedikitpun. Periksa bagian sudut, permukaan atas dan bawah, hingga kita yakin tidak ada yang rusak.

6. Pasang sudut ruangan terlebih dahulu

Langkah memasang lantai kayu parket harus teliti dan hati-hati. Untuk hasil yang sempurna, maka perlu memasang lantai ini terlebih dahulu pada bagian sudut ruangan, baru kemudian pemasangannya diteruskan ke sisi kanan dan kirinya. Pemasangan ini hampir sama dengan memasang puzzle, mudah dan juga simpel. Sifat dari parket adalah saling mengunci atau interlocking.

7. Menentukan pola pemasangan

Read More :   Mengenali Jenis Dinding Untuk Aplikasi WallPaper

Ada berbagai macam pola pemasangan lantai kayu parket. Kita bisa memilih sesuai dengan selera. Salah satunya yang bisa diterapkan adalah pola brickwork, yakni berbentuk pasangan bata yang unik. bisa juga menerapkan pemasangan pola lainnya yang diminati.

8. Gunakan jig saw

Saat memasang lantai kayu parket ini, perhatikan pula pemasangan pada area pinggir. Pada bagian ini, kita harus mengukurnya dan memotongnya dengan jig saw untuk memastikan penampilannya rapi dan indah. Jika sudah rampung, maka saatnya meneruskan pemasangan dengan menerapkan lis yang tegal pada bagian pinggir dinding.

9. Perapian dan penguncian

Tahap terakhir dari pemasangan lantai parket ini adalah memastikan bahwa lantai ini sudah rapi dan terkunci dengan sempurna. Terutama penguncian bagian pinggir yang berbatasan dengan ruang lain dalam rumah yang harus mendapat perhatian lebih.

Hal ini untuk memastikan bahwa lantai ini akan bisa tahan lebih lama, dan memastikan bahwa tidak ada  debu yang bisa masuk ke lapisan lantai.

Untuk memastikan penguncian sudah tepat, maka gunakan lis yang terbuat dari plastic atau jenis lainnya seperti alumunium. Berilah lubang pada bagian yang akan dipasang, lalu bor dengan mata bor. Kencangkan dengan obeng yang sudah dipersiapkan. Dan lantai parket sudah terpasang rapi dan siap untuk digunakan sebagai alas rumah.

Leave a Reply