Menata perlengkapan mandi sama pentingnya dengan membenahi perabot di ruangan lain dalam rumah. Peralatan yang tertata rapi akan memudahkan Anda saat ingin menggunakannya. Tidak hanya itu, tata letak peralatan juga mengesankan kamar mandi tampak lebih bersih dan terasa nyaman.

Lalu, bagaimana cara menata peralatan mandi agar terlihat rapi? Simak tips-tipsnya berikut ini.

  1. Buang Perlengkapan Mandi yang Sudah Tidak Terpakai

perlengkapan mandi

Liputan 6

Tips pertama; pastikan Anda menyingkirkan semua barang bekas, sampah kemasan, ataupun wadah kosong dari kamar mandi. Periksa kembali rak penyimpan peralatan—buang seluruh produk kedaluwarsa. Lalu, kumpulkan benda-benda yang kiranya masih bisa dipakai; lap atau cuci sampai bersih.

  1. Menggantungkan Handuk Secara Vertikal di Balik Pintu

perlengkapan mandi

lakeland camel scene7

Tips berikutnya; buatlah gantungan berbahan besi stainless di belakang pintu kamar mandi. Bentuk gantungan memanjang, dengan ukuran hampir menyamai lebar pintu. Biasanya, didominasi warna perak atau keemasan.

Anda bisa membeli gantungan tersebut di toko bangunan atau pesan secara online. Pasang gantungan secara vertikal sebanyak 2-3 buah; sesuai kebutuhan. Setelah terpasang, handuk dapat diletakkan dengan cara dibuka lebar.

Agar handuk tidak tertukar, Anda bisa menambahkan nama pemilik handuk di masing-masing gantungan. Tulislah nama menggunakan stiker atau cat khusus besi stainless.

  1. Meletakkan Peralatan Mandi di Rak Dinding

perlengkapan mandi

Rooang

Ukuran kamar mandi Anda tergolong minimalis? Tenang saja; atasi dengan menata peralatan mandi di rak dinding. Supaya tampak kekinian, buatlah rak bergaya rustic. Model rak ini menggunakan bahan kayu yang dipoles warna putih, cokelat tanah, atau abu-abu muda. Jangan lupa, tambahkan pembatas di sisi depan rak untuk mencegah benda terjatuh.

Lantas, di bagian mana rak dinding itu bisa dipasang? Anda dapat memilih area di dekat jendela kamar mandi. Dengan begitu, kamar mandi terkesan lebih luas. Atau pasang rak di atas bathtub agar lebih mudah menjangkaunya saat mandi.

Di rak dinding, Anda bisa menaruh berbagai peralatan. Dari mulai sampo botol, pembesih wajah, pembalut wanita, popok, sampai silet dan foam cukur. Tata semuanya secara apik dalam posisi vertikal supaya menghemat space dinding.

  1. Pasang Gantungan Tambahan

perlengkapan mandi

niko lable

Saat hendak mandi, pastinya Anda membawa pakaian ganti atau jubah ke kamar mandi. Jika sembarang meletakkan, tentu kamar mandi terlihat berantakan. Bahkan, bisa saja benda-benda tersebut terkontaminasi kuman karena tidak ditaruh dengan benar.

Solusinya, pasanglah rel besi tambahan sebagai gantungan. Fungsinya tidak hanya untuk meletakkan pakaian, tetapi juga mengaitkan shower puff. Dengan demikian, kamar mandi tetap rapi dan shower puff terjaga kebersihannya.

  1. Buat Rak di Bawah Wastafel

perlengkapan mandi

The spurce crafts

Sama halnya dengan space kosong di balik pintu, bagian bawah wastafel sering kali terlewatkan. Padahal, di bawah wastafel bisa dibuat rak sederhana untuk menyimpan produk dan peralatan kamar mandi. Jika memungkinkan, Anda juga dapat menaruh gulungan handuk kering di rak tersebut.

Bentuk rak wastafel beragam; Anda dapat merancang rak model U berbahan besi stainless. Atau buatlah rak kayu bergaya laci dengan model pintu geser. Bagi rak menjadi dua buah supaya ruang penyimpanan lebih banyak. Selain itu, pastikan rak tersebut mudah dibongkar dan dipasang.

Demikian cara menata perlengkapan mandi yang efektif untuk berbagai model kamar mandi. Anda ingin tahu lebih banyak tentang perlengkapan wajib di kamar mandi sekaligus desainnya? Silakan mengakses web isibangunan.com dan hubungi  customer service dengan klik link WA http://bit.ly/62811158309. Tunggu apa lagi?

Komentar