Kamar mandi merupakan interior rumah yang harus dibersihkan secara rutin. Pasalnya, ruangan tersebut menjadi tempat membuang kotoran, debu, serta keringat dari kulit tubuh. Jika perawatannya diabaikan, kamar mandi bisa terkontaminasi bakteri dan virus berbahaya.

Lantas, peralatan kamar mandi apa saja yang wajib dirawat? Bagaimana cara membersihkannya? Berikut ulasan lengkapnya.

  1. Wastafel

    peralatan kamar mandi

    compostela24horas.com

     

Membersihkan wastafel harus dilakukan setiap hari. Pasalnya, wastafel kerap dipenuhi sisa odol, sabun wajah, dan foam cukur. Jika sisa material tersebut mengendap, lambat laun bisa menjadi sarang bakteri.

Solusinya, gunakan kain lap yang dibasahi air panas untuk menghilangkan sisa sabun, kerak, serta lemak di permukaan wastafel. Anda juga bisa menambahkan cairan cuka sebagai pembersih di bagian sudut. Sementara itu, aroma tidak sedap dapat dilenyapkan dengan menaburkan bubuk soda kue.

  1. Shower

    peralatan kamar mandi

    homeadvicez.com

     

Shower merupakan perlengkapan kamar mandi yang mudah ditumbuhi jamur karena cenderung lembap. Karena itu, Anda harus merawat shower dengan membersihkannya menggunakan cairan pemutih. Sebanyak 10 sendok pemutih dilarutkan dalam air. Setelah larut, siramkan cairan ke shower Anda.

Anda juga bisa memakai cairan cuka putih untuk membersihkan shower head. Jika shower head dapat dilepas, celupkan ke dalam larutan cuka putih. Atau tanpa harus melepasnya, gunakan plastik berisi cuka. Kemudian, letakkan di kepala shower selama 20-30 menit.

  1. Cermin

    peralatan kamar mandi

    thriftyfun.com

     

Setelah digunakan beberapa hari, cermin kerap terlihat kotor. Akibatnya, bayangan di cermin menjadi buram atau berembun. Untuk itu, bersihkan cermin secara teratur dengan kain microfiber. Agar makin kinclong, Anda bisa memakai air dan alkohol yang diusapkan ke permukaan cermin menggunakan kain katun.

  1. Perlengkapan Mandi

    peralatan kamar mandi

    muxo.info

Perlengkapan mandi juga tidak boleh luput dari perawatan. Ada tiga jenis perlengkapan yang harus dibersihkan 1-3 hari sekali. Pertama; bersihkan shower puff setiap hari. Caranya dengan menggunakan air panas plus lemon untuk merendam shower puff selama kurang lebih 15 menit.

Peralatan mandi berikutnya yang wajib dicuci maksimal 3 hari sekali adalah handuk. Mencuci handuk harus memakai disinfektan agar aroma tidak sedap menghilang. Kemudian, jemur handuk di bawah sinar matahari langsung.

Selain handuk, sabun juga perlu dirawat—jika Anda menggunakan sabun batang. Hal itu karena sabun batang rentan terkontaminasi bakteri. Solusinya, simpan sabun batang di tempat kering, hindarkan dari air, serta pastikan permukaannya tidak basah.

  1. Bathtub

    peralatan kamar mandi

    curatenieincasa.ro

     

Anda memasang bathtub di kamar mandi? Jangan lupa membersihkannya minimal 2 hari sekali. Untuk membersihkan bathtub, sesuaikan dengan bahan pembuatnya.

Kalau bahan bathtub dari porselen, gunakan baking powder untuk membersihkan. Namun, sebelumnya campurkan baking powder dengan air. Setelah tercampur, siramkan secara merata ke seluruh bagian bathtub. Pastikan noda kotoran di bathtub hilang dengan cara menggosoknya menggunakan sikat khusus.

Untuk bahan bathtub acrylic, campuran kimia polimer merupakan pembersih yang tepat. Teknik pembersihannya sama dengan bathtub porselen. Siramkan cairannya; gosok bagian yang kotor; lalu bilas sampai tuntas.

Lain lagi jika memakai bathtub fiberglass, Anda bisa menggunakan cairan pencuci piring atau deterjen cair. Pun dapat memakai pembersih kamar mandi nonabrasif, baking soda, air. Oleskan campuran tersebut ke permukaan bathtub sambil menggosok perlahan. Mudah, bukan?

Itulah beberapa cara membersihkan peralatan kamar mandi yang bisa Anda terapkan. Kamar mandi merupakan bagian vital di dalam rumah. Karena itu, rawat kamar mandi dengan cara yang tepat. Untuk mengetahui tips selengkapnya, Anda dapat mengakses situs isibangunan.com. Atau kontak customer service melalui link WhatsApp http://bit.ly/62811158309. Semoga bermanfaat.

Please rate this