Decon atau decosheet atau decosit merupakan salah satu coating sintetis, yang cara pemasangannya dengan cara ditempelkan pada permukaan papan kayu. Sekilas bentuknya memang mirip dengan HPL (High Pressure Laminate). Harga decosit per meter juga terbilang ekonomis, tapi bagaimana dengan kualitasnya?

Keunggulan dan Harga Decosit Per Meter

Sesuai dengan penamaannya, bentuk bahan finishing furnitur ini juga lembaran seperti halnya HPL. Produk pelapis kayu ini juga dibuat dari bahan sintetis atau non organik. Pabrikan meluncurkan beragam warna dan motif menarik. Sebagai pilihannya, sudah tersedia juga pilihan grade kualitasnya. Oleh karena itu, rentang harga yang ditawarkan berbeda-beda.

Walaupun terlihat mirip dengan produk HPL, sayangnya kualitasnya belum bisa melampaui HPL. Terutama kalau dilihat dari segi keawetan dan daya tahannya. Daya tahan terhadap kondisi panas lebih rendah, bila dibandingkan dengan HPL. Inilah alasannya kenapa harga lembaran decosit lebih murah, jika dibandingkan dengan produk HPL.

Pelapis HPL dipasarkan dalam bentuk lembaran, biasanya seluas 120 cm x 240 cm. Sedangkan kalau decosit dijual dengan bentuk gulungan atau roll. Nah, untuk setiap roll decosit biasanya memiliki lebar 120 centimeter. Dengan tingkat ketebalan berkisar 1 milimeter.

Secara umum produk decosit memiliki kelebihan dari segi harga, karena lebih ekonomis dibandingkan bahan finishing lainnya. Pelapis kayu ini juga tidak mudah terkelupas, dan pilihan coraknya cukup banyak. Sehingga banyak pilihan desain yang bisa diaplikasikan. Ketebalannya juga cukup elastis, sehingga mendukung kemudahan dalam pemasangannya.

Sayangnya, di balik semua keunggulan tersebut masih terdapat kekurangan. Kelemahan itu antara lain kurang tahan terhadap paparan panas, dan relatif mudah robek. Karena itu, harus ekstra hati-hati saat pemasangannya.

Berapa harga decosit per meter di pasaran. Hal ini sangat tergantung dari berbagai faktor yang meliputinya. Faktor tersebut bisa karena merek, kualitas, ukuran dan distributor atau penjualnya. Oleh sebab itu, agar mendapatkan produk berkualitas lebih bagus dengan harga lebih bersaing, Anda harus melakukan survei terlebih dahulu.

Contoh Penggunaan Decosit

daftar harga dekosit terbaruPada dasarnya fungsi dan penggunaan decosit sama dengan HPL. Produk decosit juga bisa digunakan untuk melapisi papan kayu olahan. Mengingat harga kayu solid yang semakin mahal, sehingga permintaan furnitur berbahan kayu olahan semakin besar. Nah, sebagai pemanis penampilannya digunakan lapisan decosit.

Beberapa produk mebel atau furnitur yang bisa dilapisi dengan decosit, antara lain meja belajar, meja kerja, kabinet dapur atau kitchen set, buffet, lemari pakaian, rak buku, jendela, pintu, aneka mebel kantor, elemen bangunan tertentu dan sebagainya.

Cara pemasangan decosit didukung oleh penggunaan lem atau perekat. Semakin berkualitas lem yang diaplikasikan, maka sangat berpengaruh terhadap kekuatan dan keindahan decosit. Karena pelapis kayu tersebut tidak mudah terlepas. Sehingga sangat mendukung pemakaian lebih lama.

Jadi Anda harus ekstra selektif dalam pemilihan produk lemnya. Sebagai panduan dalam memilih lem decosit berkualitas, Anda harus memerhatikan beberapa kriterianya.

Kriteria yang dimaksud adalah tingkat daya rekat atau ketahanan lemnya. Penting juga untuk mengetahui pengaruh lem terhadap keamanan produk. Sangat disarankan untuk menghindari menggunakan lem yang mengandung toksik terlalu tinggi atau melebihi ambang batas yang diperbolehkan.

Anda bisa konsultasikan pemilihan produk decosit dengan perekat yang sesuai dengan tenaga ahlinya. Dengan begitu, hasil pemasangan lebih sempurna dan memuaskan.

Keunggulan HPL Sebagai Coating Furnitur

Seperti diulas di atas tampilan decosit begitu mirip dengan HPL. Material ini sedang menjadi primadona sebagai bahan pelapis furnitur dan elemen interior. Permintaan pasar sangat besar dan terus mengalami peningkatan. Inilah kenapa semakin banyak merek di pasaran, dengan kreasi corak dan varian harga yang menggoda.

HPL merupakan material yang diciptakan secara khusus sebagai pelapis aneka produk furnitur berbahan kayu olahan. Tujuannya supaya tampilan mebel terlihat lebih halus dan bertekstur. Material tersebut terdiri atas sejumlah lapisan yang dilaminasi atau dikompresi di bawah suhu dan tekanan sangat tinggi. Dengan begitu, tercipta lembaran yang keras, padat dan bertekstur cantik.

Secara mudah bisa dijelaskan kalau HPL adalah sebuah material sintetis untuk ditempelkan pada papan kayu olahan, seperti blockboard, particle board, multipleks, MDF (Medium Density Fiberboard) dan sebagainya. Papan kayu tersebut nantinya dimanfaatkan sebagai bahan dasar pembuatan furnitur atau mebel.

Penempelan material ini dengan bantuan lem kuning, dengan tujuan sebagai pelapis papan kayu olahan. Dengan demikian, penampilannya lebih menarik dan sekaligus sebagai pelindung dari paparan panas, air, zat kimia, benturan dan goresan.

Karena terbukti sangat unggul dan cantik penampilannya, maka sangat banyak furnitur berlapis HPL di pasaran. Wajar saja kalau banyak rumah dan kantor yang menggunakan jenis furnitur tersebut.

Sangat banyak jenis furnitur yang dilapisi HPL sebagai bahan finishingnya. Beberapa produk furnitur tersebut adalah lemari baju, kabinet, panel dinding sebagai backdrop televisi atau belakang kasur, perangkat dapur (kitchen set), nakas atau meja di samping tempat tidur, rak buku, dan lain sebagainya.

Ketika proses produksi, seluruh lapisan dikompresi atau dipress di bawah suhu dan tekanan tinggi. Termoset adalah resin yang digunakan dalam pembuatan HPL. Dengan begitu, resin akan berubah menjadi keras karena paparan panas tersebut.

Melalui proses kompresi tersebut, lapisan HPL akan dipadatkan sehingga teksturnya keras dan padat. Karena itu, lapisan teratasnya sangat padat dan keras. Nah, itulah alasannya kenapa paparan sinar matahari dan kelembaban tidak mampu menembus ke dalam lembaran HPL.

harga dekosit terkiniPemakaian produk HPL semakin diminati masyarakat, sebab tidak merepotkan dalam pemasangannya. Bahan finishing ini bisa langsung direkatkan pada permukaan papan kayu. Perusahaan interior semakin banyak yang menggunakan produk HPL, karena dianggap lebih ideal digunakan daripada cat melamik atau cat semprot duco.

HPL memang sangat unggul, karena terbukti anti statis, tahan terhadap paparan panas, anti noda, lebih higienis, resistensi infiltrasi, tahan gores, kuat, aman bagi kesehatan manusia dan mudah dibersihkan. Dari segi harga juga tetap terjangkau. Sangat menghemat anggaran dan tahan lama.

Jadi, Anda akan memilih furnitur dengan lapisan decosit atau HPL? Tentunya hal itu sangat tergantung dari kebutuhan dan anggaran Anda. Kalau pertimbangannya adalah dari segi harga, maka decosit bisa menjadi pilihannya. Namun, kalau kualitas lebih diprioritaskan maka pilihan tepatnya adalah HPL.

Saat ini terdapat banyak merek, motif dan kualitas dari kedua bahan finishing kayu tersebut. Cermat dalam pemilihannya sangat penting, untuk memastikan kualitas produknya. Jika pilihan Anda jatuh pada produk HPL, bisa langsung memesan melalui IsiBangunan.com.

Importir dan distributor terpercaya ini menyediakan produk HPL berkualitas dengan harga bersahabat. Pilihan warna dan coraknya sangat banyak, sangat ideal sebagai pemanis dan pelindung furnitur dan elemen interior lainnya. Staf berpengalaman akan melayani konsultasi terkait produk HPL dan informasi harga decosit per meter.

Please rate this