HPL adalah juara finishing furnitur. Karena sangat cantik tampilannya, tahan air, goresan dan zat kimia, sehingga lebih awet dan tahan lama. Harganya pun tetap ramah di kantong. Itulah kenapa material pelapis kayu ini semakin menjadi primadona. Banyak sekali merek yang bisa ditemukan di pasaran, termasuk TACO HPL harga terjangkau.

Kualitas HPL (High Pressure Laminate) yang mumpuni, menjadikan produk ini semakin marak digunakan untuk segala produk furnitur dan elemen interior lainnya. Sebagai pendukung estetika interior, HPL memang sangat layak diandalkan. Terutama untuk finishing akhir furnitur berbahan kayu, supaya tampilannya semakin mewah, kuat dan lebih awet.

Pelapis HPL dibuat dari material plastik sintetis dengan bentuk lembaran. Proses pembuatannya mengandalkan suhu dan tekanan sangat tinggi. Oleh karena itu, setiap lapisan pembentuknya bisa menyatu dengan sangat kuat.

Material finishing furnitur ini terdiri atas sejumlah lapisan. Beberapa diantaranya adalah Kraft Paper (Lapisan Kraft), D├ęcor Paper (Lapisan Dekoratif) dan Overlay Paper (Lapisan Laminasi Bening). Seluruh lapisan tersebut memiliki fungsinya tersendiri.

Sehingga saling mendukung fungsi, keindahan dan kekuatan HPL. Dengan begitu, produk pelapis ini layak guna sebagai penunjang estetika, dan sekaligus pelindung kayu atau furniturnya.

HPL seringkali diandalkan sebagai material utama finishing furnitur, karena memang memiliki berbagai keunggulan, yang bisa saja tidak ditemukan pada produk sejenis. Jadi, tidak hanya TACO HPL harga ekonomis, tetapi juga banyak kelebihannya. Sehingga menggunakan HPL terbilang sangat menguntungkan.

Pertama, KETAHANAN HPL SANGAT PRIMA.

hpl termurah berkualitasMaterial finishing ini adalah jenis kertas tebal yang memiliki tekstur dan motif menawan, seperti motif warna polos, metal, kayu, batu alam dan sebagainya. Ragam motif HPL ini sangat cocok untuk mempercantik penampilan luar kayu olahan, seperti blockboard, MDF, particle board, multipleks dan sejenisnya.

Setiap lapisan dari HPL direkatkan dengan teknologi mutakhir menggunakan suhu dan tekanan sangat tinggi. Dengan begitu, tercipta produk pelapis furnitur berbentuk lembaran berukuran besar. Dengan proses produksi seperti itu, menjadikan material finishing ini memiliki daya tahan sangat baik. Karena itu, sangat kuat untuk penggunaan jangka panjang.

Ukuran standarnya adalah 120 cm x 240 cm. Selain ukuran tersebut, ada pula pabrikan yang meluncurkan variasi ukuran lain. Agar bisa disesuaikan dengan ukuran papan kayu, Anda bisa menggunakan alat potong sederhana seperti cutter.

Kedua, TERBUKTI ANTI GORES DAN ANTI AIR

Bahan utama dalam pembuatan produk HPL adalah plastik keras PVC. Oleh karena itu, matetial finishing ini memiliki kekuatan yang bisa diandalkan dari paparan benturan, goresan, hawa panas dan air. Inilah rahasianya kenapa HPL tidak mudah pudar warnanya, tidak mudah tergores dan tidak mudah rusak.

Ketiga, TEKNIK PEMASANGAN RELATIF CEPAT DAN RAPI

cara pasang pelapis HPLAnda bisa saja memerlukan waktu lebih lama ketika melakukan finishing furnitur menggunakan pelapis lain. Cara pengerjaan yang lebih sulit dan harus melalui berbagai tahapan, tentunya semakin memperlama prosesnya.

Sangat berbeda dengan cara pemasangan HPL yang relatif praktis, cepat, murah, dan bisa mendapatkan hasil tampilan lebih rapi. Karena tahapan finishing cukup dengan merekatkan pelapis HPL pada permukaan kayu. Hanya mengoleskan lem atau perekat pada kedua bidang tersebut.

Metode pemasangan material HPL begitu mudah untuk diterapkan. Bahkan bagi yang masih pemula dalam pemasangan bahan finishing kayu tersebut. Secara singkat, inilah beberapa langkah praktis yang bisa diaplikasikan dalam proses pemasangannya.

  1. BERSIHKAN PERMUKAAN PAPAN KAYU. Amplas bisa digunakan agar hasilnya lebih rata dan halus. Jangan lupa membersihkan papan dari debu halus. Bila tidak akan mengurangi daya rekat lem yang digunakan.
  2. POTONG LEMBARAN HPL SESUAI UKURAN YANG DIBUTUHKAN. Cutter khusus HPL atau mesin potong bisa digunakan dalam proses pemotongan pelapis kayu ini. Pastikan ukurannya presisi, dan rapi hasil pemotongannya.
  3. OLESKAN LEM PADA PERMUKAAN KAYU DAN LEMBARAN HPL. pengolesan lem atau perekat harus dilakukan dengan merata, agar setiap bagian dapat menempel dengan kuat dan rapi.
  4. REKATKAN PELAPIS HPL DENGAN PERMUKAAN PAPAN KAYU. Terapkan dengan perlahan dan teliti, agar tidak terdapat gelembung udara. Sebab adanya gelembung udara tersebut akan merusak keindahan tampilan pelapisnya.
  5. RAPIKAN TEPIAN PELAPIS HPL AGAR RATA DAN RAPI. Amplas kasar atau alat potong bisa digunakan untuk merapikan hasil pemasangan pelapis tersebut.
  6. TERAPKAN PROSES EDGING YANG TEPAT. Langkah tersebut dengan cara memberikan finishing di tepian papan dengan pelapis HPL. Anda bisa menerapkan cara manual atau yang lebih praktis dan rapi hasilnya adalah dengan mengandalkan mesin edging.
  7. RAPIKAN HASIL PROSES EDGING MEMAKAI CUTTER. Kalau ternyata masih terdapat bagian yang kurang rapi, maka bisa menggunakan cutter untuk merapikannya. Sedangkan kalau terdapat cacat minor, Anda bisa menyamarkan tampilannya dengan memakai spidol khusus HPL. tentunya gunakan spidol yang sewarna dengan warna dari bahan HPL tersebut.
  8. BERSIHKAN PAPAN KAYU YANG SUDAH DILAPISI HPL. Jika semua permukaan papan kayu tertutup oleh pelapis HPL, maka selanjutnya adalah membersihkannya dari paparan debu dan kotoran selama proses pemasangan.
  9. PAPAN FURNITUR SIAP DIGUNAKAN. Setelah berbagai langkah di atas, Anda bisa menggunakan material tersebut untuk dirangkai ke berbagai bentuk furnitur sesuai rencana.

Keempat, MENAMBAH NILAI ESTETIKA

motif HPLFurnitur dengan finishing HPL identik dengan tampilan minimalis dan modern. Dengan begitu, segala jenis perabotan bergaya modern minimalis sangat cocok menggunakan bahan pelapis tersebut. Pilihan warna dan motif HPL sangat beragam. Karena itu, Anda memiliki banyak pilihan corak HPL untuk diaplikasikan.

Keindahan tampilan HPL sangat efektif untuk menambah nilai estetika setiap furnitur. Jadi meskipun perabotan atau mebel tersebut terbuat dari bahan kayu olahan, tetap bisa tampil mewah dan elegan. Secara anggaran pun lebih hemat, karena harga furnitur tersebut lebih ekonomis.

Dengan TACO HPL harga lebih terjangkau, tapi bisa memberikan keunggulan dan keuntungan tersebut, pastinya sangat layak menjadi pilihan setiap orang. Anda bisa mengaplikasikan produk HPL pada kitchen set, furnitur ruang keluarga, partisi dinding, dinding interior, dan masih banyak lagi.

Bagaimana dengan Anda, sudah menggunakan HPL sebagai pemanis furnitur dan dekorasi interior?

Masih bingung mendapatkan produk HPL berkualitas dengan harga bersaing? Tidak perlu bingung, karena sudah ada IsiBangunan.com, yang menyediakan produk HPL berkualitas tinggi dengan harga bersahabat. Stok produknya selalu melimpah, dengan aneka ragam warna dan motif menawan.

IsiBangunan adalah importir dan distributor bahan dekorasi interior ternama dan terpercaya di Indonesia. Karena setiap produk yang didatangkan terjamin kualitas dan daya tahannya sangat bagus. Karena itu, produk dekorasinya bisa lebih awet dan tahan lama untuk pemakaian bertahun-tahun.

Masih memerlukan penjelasan terkait produk dan TACO HPL harga? Segera tanyakan dengan staf handalnya, untuk informasi lebih akurat dan terkini. Anda bisa konsultasikan terlebih dahulu keinginan Anda, agar hasilnya sesuai dengan harapan.

Please rate this