Furnitur berbahan kayu olahan juga bisa tampil secantik kayu asli. Karena dilapisi dengan bahan finishing yang tepat, seperti takon atau takosit atau taco sheet. Keuntungan lainnya adalah Anda bisa menikmati harga furnitur jauh lebih murah. Sebab bahan mebel dan harga takosit per meter relatif ekonomis.

Kelebihan dan Kekurangan Takosit

Sebagai salah satu produk finishing tempel, takosit juga hadir dalam tampilan warna dan corak memukau. Salah satu desain yang sangat diminati masyarakat adalah motif aneka serat kayu. Penampilannya begitu mirip dengan serat kayu solid. Karena itu, sanggup menghadirkan keindahan furnitur berbahan kayu sungguhan.

Mebel berbahan kayu berkualitas, seperti kayu jati, kayu sungkai, kayu nyatoh, kayu merbau, kayu ulin dan sebagainya sangat diminati pasar. Sayangnya, harga jual beragam produk mebelnya terbilang sangat tinggi. Karena itu, untuk sebagian kalangan masih kurang terjangkau.

Untuk itulah, produk furnitur berbahan kayu olahan menjadi salah satu solusi penggantinya. Namun, penampilan material tersebut tidak seindah kayu asli. Karena itulah perlu dilapisi dengan bahan finishing yang memberikan sentuhan artistik. Sekaligus bisa menjadi pelindung, agar tidak mudah pudar warnanya dan tidak mudah rusak.

Sekilas produk pelapis kayu ini mirip dengan HPL (High Pressure Laminate). Keunggulan dari takosit adalah permukaannya yang agak bertekstur sehingga tidak terkesan monoton. Produk finishing furnitur ini diproduksi dalam bentuk lembaran dengan panjang tidak terbatas.

Karena itu sangat cocok untuk penggunaan di areal panjang dan luas. Kelebihan lainnya adalah memiliki karakter lebih fleksibel, sehingga dapat mengikuti bentuk dari media yang dilapisinya.

Takosit dipasarkan dalam bentuk roll atau gulungan dengan ketebalan sekitar 1 milimeter. Sehingga cukup fleksibel atau elastis. Sehingga memudahkan dalam proses penempelan pada permukaan kayu. Biasanya penjual menawarkan harga per roll atau per meter. Lebar setiap gulungan takosit umumnya berukuran 120 centimeter.

Pilihan warna takosit cukup banyak. Apabila produk pelapis kayu ini terpapar noda, minyak dan kotoran lainnya, maka relatif mudah dibersihkan. Sayangnya, warnanya lebih mudah berubah. Biasanya terlihat kekuningan. Jadi tampilan motifnya lebih mudah pudar, sehingga terbilang tidak tahan lama. Karena itu, penampilannya menjadi kurang menarik lagi.

Sama halnya dengan dekosit atau deco sheet, takosit juga terbuat dari plastik. Kelemahan lain dari material ini adalah tidak tahan terhadap paparan panas. Dengan begitu, kurang ideal untuk diaplikasikan pada furnitur yang sering terpapar hawa panas, seperti kitchen set. Dengan segala kelebihan dan kekurangannya, dari segi harga takosit per meter tetap terjangkau.

Lebih Bagus Takosit atau HPL?

update Harga triplek HPL per lembar termurahHPL terbuat dari campuran resin dan kertas. Produk finishing ini setidaknya memiliki tiga lapisan, yakni craft paper, overlay dan d├ęcor sheet. Seluruh jenis lapisan tersebut disatukan dengan cara dikompresi di bawah temperatur sangat tinggi. Sehingga tercipta bentuk lembaran tipis yang kuat, cantik dan tahan lama.

Pabrikan material ini menciptakan beragam warna dan motif sangat memikat. Pilihannya sangat banyak, sehingga bisa memenuhi selera setip penggunanya. Inilah salah satu alasannya, kenapa HPL semakin digemari konsumen.

Kemajuan teknologi semakin meningkatkan fungsi dan kualitasnya. sehingga HPL relatif aman dari paparan zat kimia, dan tidak mudah terkelupas meskipun sering terpapar terik matahari secara langsung. Anda tertarik untuk menggunakan finishing tempel HPL? Inilah beberapa keunggulan dari produk pelapis HPL

Pertama, TIDAK RENTAN TERHADAP BAHAN KIMIA

Secara umum, produk HPL mudah rusak kalau terkena zat kimia. Jadi daya tahannya terhadap paparan bahan kimia terbilang rendah. Tapi perlu diketahui kalau tidak semua produk memiliki kekurangan tersebut. Karena itu, Anda harus mengenal produk yang kualitasnya tinggi. Sebab produk tersebut terbukti lebih tahan terhadap terpaan unsur kimiawi.

Karena kehandalan tersebut, maka jenis HPL tersebut layak diaplikasikan pada perabotan di dalam laboratorium, tempat menyimpan obat-obatan, salon kecantikan, tempat menyimpan produk pembersih dan lain sebagainya. Paparan berbagai zat kimia tidak akan membuat pelapis kayu tersebut mudah rusak atau terkelupas.

Kedua, LEBIH AMAN DARI PAPARAN API

Risiko kebakaran bisa terjadi pada benda apapun, termasuk furnitur atau bangunan secara keseluruhan. Pastinya tidak ada satu orang pun yang ingin merasakan atau menjadi korbannya. Nah, untuk menekan risiko tersebut tentunya memerlukan upaya tersendiri. Sehingga merasa lebih aman dari jatuhnya korban jiwa dan kerugian ekonomi.

Salah satu langkah yang bisa diterapkan adalah dengan memanfaatkan bahan material yang terbukti lebih tahan terhadap paparan api. Anda bisa mengandalkan material finishing HPL sebagai pelapis seluruh furnitur di dalam ruangan. Sebab bahan coating tersebut terbukti relatif kuat bertahan dari jilatan api.

Anda juga bisa memanfaatkan produk HPL yang tahan api untuk pintu setiap ruangan. Dengan maksud saat kebakaran menimpa, lapisan HPL bisa menahan laju sebaran api. Sehingga penghuni rumah memiliki waktu lebih banyak untuk menyelamatkan diri dan harga berharga.

Oleh karena ketangguhan tersebut, maka HPL juga sangat cocok diaplikasikan pada ruangan yang kerap bersinggungan dengan api. Salah satu ruangan tersebut adalah dapur. Anda bisa membeli atau mengaplikasikan sendiri pelapis HPL untuk seluruh furnitur, seperti kitchen set, meja racik dan sebagainya.

Keunggulan pelapis HPL tidak hanya lebih kuat dari paparan api, tetapi juga lebih tahan gores. Oleh karena itu, tidak menjadi masalah bila dijadikan pelapis meja racik, yang berisiko terkena gesekan benda tajam.

Ketiga, PELAPIS HPL JUGA BISA DIAPLIKASIKAN UNTUK EKSTERIOR

Selama ini banyak yang beranggapan kalau produk HPL hanya layak diaplikasikan di area dalam ruangan saja. Karena dianggap tidak tahan terhadap perubahan cuaca dan terpaan sinar matahari.

Padahal ada juga produk HPL yang secara khusus didesain untuk pemasangan di area outdoor. Sehingga dapat diaplikasikan sebagai pendukung eksterior bangunan.

Tingkat ketahanan pelapis HPL ini lebih tinggi terhadap risiko gesekan, retakan dan benturan. Guna mendukung ketangguhan itu, maka lapisan ini dibuat dengan ketebalan mencapai 25 milimeter. Bagaimana, apakah Anda juga tertarik menghias area outdoor dengan produk HPL?

Anda ingin mendapatkan produk HPL berkualitas tinggi, corak menarik dan harga bersaing? Sangat mudah, dengan mengunjungi IsiBangunan.com.

Importir dan distributor bahan dekorasi bangunan ini berkomitmen mendatangkan beragam produk bermutu tinggi. Karena itu, dijamin seluruh produknya berkualitas handal, menawarkan desain cantik dan harganya lebih bersahabat.

Salah satu produk andalannya adalah pelapis HPL. Aneka pilihan warna dan motif cantik sudah tersedia dengan stok melimpah. Dengan demikian, sanggup memenuhi kebutuhan konsumen yang semakin tinggi. Anda akan menikmati harga terbaik, apalagi jika pembelian dalam jumlah besar.

Ikuti juga perkembangan harga takosit per meter, jika Anda tertarik menggunakan bahan coating tersebut. Layanan konsultasi terbuka bagi siapa saja, agar bisa memahami produk dengan baik. Sekaligus mengetahui estimasi atau kisaran anggaran yang diperlukan. Jangan ragu untuk hubungi tim IsiBangunan, sekarang juga!

Please rate this