Pengecatan bukan satu-satunya cara untuk finishing furnitur kayu. Cara lain yang bisa ditempuh adalah dengan melapisinya dengan takosit atau taco sheet. Material ini sudah lazim digunakan dalam dunia interior. Harga takosit relatif terjangkau, dan menawarkan ragam motif cantik.

Material Finishing Tempel Cantik dengan Harga Menarik

Memoles permukaan furnitur atau perabotan dengan cat duco atau melamin masih diminati masyarakat. Sayangnya tidak semuanya puas dengan penggunaannya. Sebab, kalau dihitung dari segi biaya lumayan besar. Belum lagi waktu pengerjaan yang lama, sehingga butuh banyak tenaga dan anggaran lebih. Hal ini sangat dirasakan oleh produsen atau pengrajin mebel.

Untunglah sekarang ini sudah ada solusi selain menggunakan cat semprot sebagai bahan coating furnitur. Solusi yang dimaksud adalah produk bernama taco sheet. Bentuknya lembaran tipis yang lentur, sehingga memudahkan dalam pemasangannya.

Cara memasang pelapis ini dengan ditempelkan pada permukaan kayu atau furnitur. Lem khusus akan digunakan sebagai perekatnya.

Pada umumnya, takosit lebih sering diaplikasikan pada papan kayu olahan, seperti MDF, multipleks, blockboard, particle board dan lain sebagainya. Penampilan berbagai kayu olahan tersebut memang tidak secantik kayu asli atau solid. Untuk itu, diperlukan bahan finishing yang mampu menutupi kekurangannya.

Salah satu bahan finishing yang dianggap ideal adalah takosit. Material coating ini lebih cocok digunakan pada kayu olahan, bila dibandingkan dengan finishing konvensional seperti cat duco dan melamin. Sebagai contoh kayu MDF yang memiliki karakteristik mudah menyerap air. Kalau difinishing menggunakan cat pastinya tidak cocok.

Oleh karena itu, yang paling sesuai adalah dengan menggunakan bahan finishing tempel seperti takosit. Material ini dibuat dari bahan plastik, dengan tampilan cantik. Pilihan corak atau motifnya sangat beragam. Sehingga ada banyak pilihan desain untuk memenuhi keinginan setiap penggunanya.

Penggunaan finishing tempel seakan telah menjadi tren. Karenanya material ini semakin dikenal dan banyak penggunaannya. Sangat banyak model perabot yang dihasilkan dengan sentuhan pelapis plastik ini. Biasanya furnitur-furnitur ini mengusung gaya minimalis dan modern.

Harga Takosit di Pasaran

harga decosit berkualitasProduk pelapis furnitur ini semakin mudah ditemukan, baik secara konvensional maupun online. Harga takosit yang terjangkau bagi semua kalangan menjadi salah satu keistimewaannya. Takosit umumnya dijual dalam bentuk gulungan atau meteran.

Setiap roll atau gulungan takosit memiliki panjang mencapai 100 meter. Sedangkan untuk tinggi atau lebar standarnya adalah 120 centimeter. Dengan tingkat ketebalan tidak lebih dari 1 milimeter. Biasanya toko atau distributornya menawarkan penjualan per roll dan per meter.

Jadi, konsumen bisa membeli ukuran panjang sesuai kebutuhan. Yakni dalam hitungan per meter, tidak harus selalu membeli satu gulung penuh. Cara ini tentunya sangat disukai pembeli, karena semakin hemat dalam menggunakan anggarannya. Karena pembelian takosit bisa disesuaikan dengan penggunaannya.

Harga produk takosit sangat dipengaruhi oleh ketebalan, kualitas dan mereknya. Anda bisa melakukan survei harga dengan mengumpulkan beberapa informasi dari internet. Carilah penjual yang terdekat, agar lebih hemat dan cepat pengirimannya.

Takosit dikenal fleksibel atau tingkat kelenturannya bagus. Sehingga sangat memudahkan saat proses pemasangannya. Seluruh bentuk permukaan bisa diaplikasikan lembaran takosit. Jadi tidak hanya bagian permukaan yang rata saja, tapi bisa juga untuk bidang melengkung. Bahkan bagian sulit seperti tepian atau sudut kecil juga bisa dilapisi dengan takosit.

Sayangnya, bahan finishing furnitur ini kurang tahan terhadap paparan panas. Baik panas akibat paparan api ataupun sinar matahari. Oleh karena itu, tidak dianjurkan untuk diaplikasikan pada lemari dapur atau kitchen set. Khususnya di area dekat atau sekitar kompor.

Warna takosit juga mudah memudar, sehingga terlihat kekuningan. Jika sudah seperti itu, tentunya sangat mengurangi nilai estetika furniturnya. Kondisi tersebut semakin diperparah kalau perabotan sering terpapar terik matahari secara langsung. Proses penurunan tingkat warnanya bisa berlangsung semakin cepat.

Nah, karena lembaran takosit terbilang tipis, maka harus ekstra hati-hati ketika proses pemasangannya. Sebab ditakutkan terjadi kerusakan atau robek. Jika sampai mengalami kondisi tersebut, pastinya harus mengganti dengan lembaran yang baru. Artinya Anda juga harus mengeluarkan anggaran ekstra.

Terlepas dari keunggulan dan kekurangannya, takosit merupakan bahan alternatif sebagai material finishing tempel. Para pengrajin atau produsen furnitur sudah meluncurkan beragam kreasi produk dengan sentuhan takosit. Beberapa produknya adalah furnitur kantor, kabinet dapur, lemari, rak, pintu dan sebagainya. Harga takosit sangat ekonomis, sehingga digemari pabrikan dan konsumen.

Penting Memilih Lem Berkualitas untuk Pemasangan Takosit

taco sheet lembaranPenggunaan lem atau perekat sangat penting dalam proses pemasangan finishing tempel. Jangan sampai asal pilih, karena pasti sangat berpengaruh terhadap kualitas dan daya rekatnya. Pastikan lem yang digunakan tepat sesuai fungsinya.

Produk lem takosit harus sangat kuat dan tahan lama. Sehingga ikatan perekatnya tidak mudah rusak, meskipun terpapar oleh suhu panas, air dan solvent. Lem tersebut juga tidak mengakibatkan lapisan lem tebal dan glue line. Selain itu, produk perekatnya mudah digunakan. Nah, yang tidak kalah pentingnya juga, harga lem tetap terjangkau.

Selain takosit dikenal juga material finishing tempel HPL (High Pressure Laminate). Baik takosit maupun HPL adalah bahan finishing yang sangat diandalkan untuk pelapis furnitur dan ornamen interior. Apakah perbedaan dari kedua produk pelapis kayu tersebut?

Pelapis HPL lebih tebal, sehingga terkesan kaku dan keras. Namun, terbukti lebih unggul dan tangguh. Sebab lebih tahan terhadap paparan panas, air, anti jamur, anti gores dan bahkan tahan terhadap paparan zat kimia. Pada umumnya material ini terdiri atas tiga lapisan, dengan fungsinya masing-masing.

Jadi, setiap lapisan ada yang berfungsi sebagai penahan suhu panas, penahan goresan atau benturan, paparan air dan fungsi dekoratif. Karena itu, kualitas dan daya tahannya lebih bisa diandalkan daripada taco sheet. Namun, konsekuensinya harga HPL lebih mahal dibandingkan dengan harga takosit. Tentunya hal itu sangat wajar, dan bisa sebagai pembanding.

Lalu, manakah yang lebih baik digunakan, takosit atau HPL? Pada dasarnya pemilihan produknya sangat tergantung dari selera dan kebutuhan. Jika ingin produk yang lebih kuat dan tahan lama, maka HPL bisa menjadi pilihan utamanya. Akan tetapi kalau pertimbangan harga menjadi sangat signifikan, maka pilihan utamanya adalah takosit.

Sebelum menentukan pilihan, ada baiknya untuk mengenal kelebihan dan kekurangan setiap produknya. Kemudian sesuaikan dengan penggunaan produk finishing tersebut. Kalau hanya digunakan di dalam ruangan tanpa risiko tinggi, maka bisa memilih furnitur berbalut takosit.

Akan tetapi kalau furnitur tersebut digunakan atau ditempatkan di area berisiko seperti lemari dapur, sebaiknya menggunakan pelapis yang lebih handal seperti HPL. Apalagi jika ingin menempatkan furnitur di area outdoor. Tentunya diperlukan spesifikasi produk yang lebih handal, agar lebih kuat menghadang paparan air dan panas sinar ultraviolet.

Simak harga takosit dan HPL terkini di IsiBangunan.com. Dapatkan produk berkualitas dengan harga kompetitif. Nikmati juga berbagai program promo menguntungkan dan harga lebih bersaing.

Please rate this