Penggunaan HPL sebagai pelapis furnitur kayu sangat diminati. Penampilannya yang memukau dan banyak ragamnya merupakan salah satu keistimewaannya. Kualitas dan daya tahannya sanggup diandalkan. Apalagi papan HPL harga tetap ekonomis. Sehingga harga perabotannya pun tetap terjangkau. Apakah Anda sudah memilikinya di rumah?

Keuntungan dan Manfaat HPL

High Pressure Laminate atau HPL merupakan laminasi yang diproses di bawah tekanan dan suhu tinggi. Dengan begitu, menghasilkan lembaran bahan finishing yang kuat, cantik dan tahan lama. Kemunculan produk dekoratif ini sangat digemari masyarakat. Sangat ideal sebagai pengganti cat semprot duco dan melamin. Karena itu, semakin diandalkan untuk melapisi produk furnitur dan permukaan interior.

Ketahanannya terhadap paparan air, goresan dan benturan menjadi beberapa kelebihannya. Kehandalan tersebut akibat penggunaan material utamanya berupa plastik keras PVC.

Bahan finishing kayu ini terbukti lebih handal dan awet tampilan warnanya, bila dibandingkan dengan produk sejenis seperti taco sheet dan deco sheet. Memang harganya lebih tinggi, tetapi pengguna bisa menikmati keuntungan dan manfaat lebih besar.

Hasil pengerjaan pemasangan HPL relatif lebih bersih, kalau dibandingkan dengan pemakaian sanding atau cat duco. Sebab pemasangannya dilakukan dengan cara ditempel pada permukaan kayu olahan, seperti multipleks, MDF, particle board, blockboard dan sejenisnya. Waktu yang diperlukan untuk penempelan HPL juga cukup cepat.

Khususnya bagi produsen atau pengrajin furnitur, pastinya berbagai kemudahan dan keuntungan tersebut sangatlah membantu proses produksi furnitur. Proses pengerjaan yang lebih mudah dan cepat, tentunya sangat menghemat waktu, tenaga dan biaya. Oleh karena itu, produknya tetap bisa ditawarkan dengan harga lebih bersaing.

HPL dan Melamin, Manakah yang Terbaik?

katalog harga decositAda banyak bahan coating yang biasanya diaplikasikan pada furnitur. Selain HPL, biasa digunakan juga melamin. Bahan finishing ini juga masih menjadi idola bagi sebagian orang. Penggunaannya juga marak untuk pengerjaan desain interior rumah tinggal, perkantoran dan area publik. Khususnya bagi mereka yang ingin mengusung konsep modern untuk interiornya.

Sayangnya, terkadang berbagai hal tidak dipahami oleh kontraktor, arsitek dan desainer interior. Khususnya dalam pemakaian melamin dan HPL. Memang dari segi penampilan, antara melamin dan HPL begitu mirip. Jika dilihat dari fungsi dan hasil pengerjaannya.

Akan tetapi, kalau sudah mengetahui material dasar pembuatannya, biasanya lebih memilih HPL daripada melamin. Kenapa hal itu bisa terjadi, apa yang menjadi alasannya?

  1. Harga HPL Lebih Terjangkau dan Bervariatif. Pilihan Merek HPL Di Pasaran Sangat Melimpah. Setiap merek menawarkan kualitas, spesifikasi, motif dan harga tersendiri. Oleh karena itu, sangat banyak produk yang bisa menjadi pertimbangan dan pilihannya. Sedangkan kalau melamin agak mahal harganya. Dari segi penampilan, HPL juga semakin bagus ketimbang melamin.
  2. Proses Pengerjaan HPL Lebih Cepat dan Efisien. Pemasangan material finishing ini tidak tergantung dengan kondisi suhu dan cuaca. Sebaliknya, kalau pengerjaan melamin sangat bergantung dengan kondisi tersebut. Jika kondisinya tidak cocok, maka sangat berpengaruh besar terhadap hasil finishing atau coatingnya.
  3. Pelapis HPL Lebih Mudah Saat Pemasangan dan Perawatannya. Kelebihan ini pastinya sangat menguntungkan. Bahkan bagi yang belum berpengalaman juga bisa memasangnya secara mandiri. Sangat berbeda dengan pengerjaan melamin yang hasilnya sangat ditentukan oleh keahlian dari tukang atau pekerjanya.
  4. HPL Lebih Ramah Lingkungan. Pengakuan ini tidak secara mandiri oleh pabrikan HPL. Akan tetapi dari pihak yang berwenang. Oleh karena itu, produsen HPL berlomba untuk mendapatkan sertifikasi keamanan produk tersebut. Sehingga konsumen merasa aman dan nyaman, karena produk pelapisnya tidak beracun dan ramah lingkungan. Sangat berbeda dengan melamin yang mengandung emisi berlebihan dan tercium bau sangat menyengat.
  5. Harga HPL lebih murah. Harga pastinya menjadi pertimbangan sangat penting dalam pemilihan suatu produk. Namun, meskipun lebih ekonomis dari aspek harganya, tetapi bicara kualitas tetap bisa diandalkan. Ketangguhan produk ini sudah sangat terbukti.

Kemudahan dalam proses pemasangan HPL, menjadikan material ini lebih unggul daripada melamin. Sangat ideal untuk dimanfaatkan sebagai pemanis interior ruangan. Tidak melulu diaplikasikan pada permukaan furnitur atau perabot saja. Namun juga sudah banyak digunakan untuk keperluan lain, seperti pelapis plafon, dinding, lantai dan sebagainya.

Bahkan dengan sentuhan kreatif, pelapis HPL juga dapat diaplikasikan untuk area luar ruangan atau outdoor. Terbukti sudah banyak pula yang mengaplikasikannya untuk wall cladding. Penggunaannya tidak hanya untuk dinding bangunan perkantoran saja, tetapi juga untuk rumah tinggal.

Penggunaan HPL untuk area outdoor dan indoor tentunya berbeda dari segi spesifikasinya. Pada umumnya, produk HPL sebagai pemanis interior menggunakan ketebalan 0,7 mm hingga 1,5 mm. Sedangkan untuk area outdoor lebih tebal, biasanya mencapai 2,5 mm. Tentunya dengan kualitas dan ketahanan lebih bagus. Supaya lebih handal dalam melawan paparan air, kotoran dan panas sinar matahari.

Dengan banderol papan HPL harga tetap terjangkau, ternyata material finishing ini lebih multifungsi. Tidak semata untuk meningkatkan nilai estetika saja, tetapi juga sanggup memberikan perlindungan memadai. Dengan demikian, furnitur, ornamen interior dan eksterior lebih awet atau panjang usianya.

Konsumen pun sangat dimanjakan dengan pilihan warna dan corak HPL. Pilihan desainnya sangat melimpah dan semuanya menawarkan keunikan serta keindahan tersendiri. Beberapa motif terfavoritnya adalah tekstur kayu, batu alam seperti granit dan marmer, warna solid dan motif metal.

Beli HPL di Distributor Terpercaya

harga HPL motif kayuKehadiran produk HPL benar-benar memberikan banyak perubahan signifikan pada dunia dekorasi bangunan. Nah, agar produk yang dibeli sesuai harapan, pastikan jangan hanya fokus pada harganya semata. Akan tetapi juga tetap memprioritaskan kualitas dan daya tahannya. Keliru dalam pemilihan produknya hanya akan mendatangkan penyesalan dan kerugian secara materiil.

Sekarang ini pilihan motif, merek dan harga HPL sangat beragam. Anda juga tidak hanya menemukan produk lokal saja. Karena banyak juga distributor yang menawarkan produk impor. Kualitas dan keamanan produk adalah keutamaannya. Setelah itu barulah mempertimbangkan segi harganya.

Produk berkualitas tidak selamanya dibanderol dengan harga sangat mahal. Sebab sudah tersedia produk HPL bermutu tinggi, tetapi ditawarkan dengan harga lebih bersaing. Produk tersebut sudah disiapkan oleh IsiBangunan.com.

Importir dan distributor ini sudah sangat berpengalaman dalam dunia dekorasi bangunan. Aneka produk berkualitas juga sudah disediakan dengan stok melimpah. Kualitas dan keamanan produk sangat diutamakan. Dengan begitu, produknya benar-benar sesuai ekspektasi konsumen.

Selain menyediakan pelapis HPL, terdapat pula produk dekorasi lainnya, seperti lantai vinyl, lantai SPC, wallpanel 3D, plafon PVC dan masih banyak lagi. Anda bisa mengakses website resminya dan berkonsultasi dengan tim marketingnya.

Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan informasi terbaru dan lebih akurat seputar produk. Anda juga bisa berkonsultasi mengenai biaya atau anggaran yang diperlukan. Informasi papan HPL harga akan selalu di-update, sehingga memudahkan konsumen untuk menentukan pilihan produknya.

Please rate this