Anda ingin menyulap dinding agar tampak menakjubkan? Caranya sangat mudah! Dengan memasang wallpaper dinding di ruangan yang diinginkan. Pastinya Anda harus memilih produk wallpaper berkualitas. Agar tidak hanya menunjang nilai estetika, tapi juga berumur panjang.  

Mengenal Bahan Wallpaper Dinding

Tampilan aneka motif dan warna wallpaper memang memanjakan mata. Wajar saja kalau semakin banyak orang yang mengaplikasikan material ini untuk dekorasi interior hunian, hotel, restoran, perkantoran dan sebagainya. 

Sesuai namanya pelapis dinding ini terbuat dari kertas. Namun, seiring perkembangan teknologi digunakan juga aneka bahan lainnya. Apa sajakah bahan yang dimaksud? Informasi ini tentunya bisa menjadi referensi Anda dalam memilih wallpaper sesuai kebutuhan.

  • Bahan Kertas

Saat proses pemasangan, wallpaper berbahan kertas ini gampang sobek. Setelah dilekatkan pada dinding, material ini pun mudah kotor. Hal ini karena sifatnya yang mudah menyerap kotoran dan noda di sekitarnya. Apalagi bila dinding yang sudah terlapisi wallpaper tersebut sering terkena gesekan benda keras atau tangan, maka kesan kusam akan terlihat sangat jelas. Karena itu, pelapis dinding ini tidak disarankan diaplikasikan pada kamar balita atau ruangan yang banyak digunakan orang. Nah, kelebihannya terlihat pada aneka ragam motif dan detail gambarnya. 

  • Bahan Heavy Duty Paper

Bahan wallpaper ini mulai dikembangkan pada abad 19. Material ini bersifat kuat dan mudah dibersihkan. Cukup menggunakan lap basah untuk menyingkirkan noda atau kotoran yang melekat pada wallpaper. Motif emboss atau timbul merupakan salah satu corak yang diandalkan. Bahan ini juga dilengkapi dengan lapisan lini di sisi belakangnya. Uniknya, bahan wallpaper ini bisa dilapisi cat. Jadi, Anda tidak harus melepas wallpaper bila ingin mengubah warna dinding menggunakan cat dinding. 

  • Bahan Beludru

Bila Anda ingin menciptakan nuansa kontemporer, retro atau klasik, maka bisa mengaplikasikan wallpaper dinding berbahan beludru. Bentuknya bisa berupa bahan kain atau kertas. Karena terbuat dari serat wol, maka kesan beludru akan nampak pada permukaannya. Kesan elegan dan mewah sangat terlihat saat diaplikasikan pada ruangan favorit Anda.

  • Bahan Kain

Karakteristiknya mirip dengan jenis kain secara umum, seperti linen, katun, tenun dan sutra. Warna, tekstur dan motif yang beragam menjadi kreasi unik dari wallpaper berbahan kain. Penting dipahami saat pemasangannya harus ekstra cermat supaya tidak mudah rusak. Hal ini karena sifatnya yang halus. Salah satu mengatasinya dengan memberikan alas khusus berbahan kertas khusus. 

Nah, untuk hasil terbaik sangat disarankan untuk menyerahkan tugas pemasangan wallpaper kepada ahli yang sudah berpengalaman. Kesan elegan juga ditampilkan saat dinding terlapisi dengan wallpaper berbahan kain tersebut.

  • Bahan Foil

Anda bisa mengaplikasikan wallpaper berbahan foil, kalau dinding ingin nampak mengkilap. Permukaan wallpaper ini memang dilapisi dengan kertas timah, sehingga bisa memancarkan efek kilap. Sayangnya bahan ini relatif tipis, karenanya gampang sobek dan agak merepotkan saat proses pemasangan pada dinding. Oleh sebab itu, sangat dianjurkan hanya memasangnya pada dinding berpermukaan halus saja. Jangan mengaplikasikannya pada dinding bertekstur tidak rata atau kasar. 

  • Bahan Serat Alami

Kalau Anda ingin menghadirkan suasana berkesan alami pada ruangan, maka bahan wallpaper ini bisa menjadi pilihannya. Pelapis dinding ini dibuat dari beragam serat alam, seperti daun, kelapa, kayu dan bambu. Fiber alami ini terbilang praktis untuk urusan pemasangan dan juga perawatannya.

  • Bahan Vinyl

Bahan wallpaper dinding ini paling banyak diproduksi dan digunakan. Oleh karena terbukti banyak kelebihannya, seperti tidak gampang rusak atau sobek, dan tidak mudah kotor saat terkena cipratan air, debu dan noda minyak. Bahan ini juga tahan terhadap kondisi lembab, bila dibandingkan dengan wallpaper berbahan kertas. 

Untuk urusan daya tahan juga terbukti sangat bisa diandalkan. Jadi wallpaper akan lebih awet dan berumur panjang. Sangat cocok diaplikasikan di hampir semua ruangan, seperti ruang keluarga, kamar tidur, ruang tamu, ruang kerja bahkan di ruangan dapur. Setidaknya terdapat dua jenis wallpaper berbahan vinyl berdasarkan lapisan belakangnya. Kedua pelapis tersebut adalah kain dan kertas.

 Fleksibilitas dan durabilitas tinggi terlihat pada wallpaper vinyl berlapis kertas. Fleksibilitas ini terlihat pada mudahnya bahan untuk dilipat atau dilekukkan. Dengan begitu, sangat memudahkan aplikasi pada sekitar area jendela atau pintu, yang memiliki lipatan kecil. Sedangkan bahan vinyl yang dilapisi kain memiliki sifat light duty, sehingga sangat tahan pada kondisi dinding yang lembab. 

Terdapat pula jenis lain dari wallpaper vinyl berupa medium heavy duty. Kualitasnya paling tinggi, sehingga sangat diandalkan melapisi dinding pada ruangan atau fasilitas umum. Sebagai contoh koridor, kantor, rumah sakit, hotel, restoran dan lain sebagainya.

Nah, dari beragam jenis bahan wallpaper tersebut tentunya Anda sudah bisa memiliki panduan penting saat membeli wallpaper. Sangat tepat bila Anda berkonsultasi terkait keinginan atas pemasangan wallpaper. Agar Anda mendapatkan gambaran dan saran terbaik seputar pemilihan bahan, motif, warna, merek, harga, cara pemasangan dan perawatannya. 

Mengukur Kualitas Wallpaper Dinding

Wallpaper dinding pada umumnya dipasarkan dengan hitungan per rol atau per meter. Harganya berkisar belasan ribu hingga ratusan ribu rupiah. Tentunya semakin bagus kualitasnya, maka akan dibanderol dengan harga yang sepadan. Semuanya tergantung dari keinginan dan selera Anda.

Setiap bahan, merek dan harga wallpaper pastinya memiliki kelebihannya masing-masing. Oleh sebab itu, Anda harus cermat agar bisa memilih yang paling ideal. Jangan lupa untuk memilih tema, motif atau warna yang sesuai. Agar dinding yang dilapisi wallpaper akan terlihat lebih fresh dan nyaman. Selain itu, disesuaikan dengan penggunaan ruangan atau penghuninya. 

Selain itu, sangat penting untuk membeli wallpaper pada importir atau distributor yang terpercaya. Sekarang ini sangat banyak dijumpai pemasar wallpaper, sayangnya tidak semua mutunya bisa diandalkan. Untuk itu, jangan mudah terkecoh dengan penawaran harga sangat murah. Oleh karena, pasti sepadan dengan kualitasnya yang buruk.

Distributor wallpaper yang terpercaya pastinya akan memberikan penjelasan sebaik mungkin terbaik produk yang ditawarkannya. Bahkan bisa memberikan saran atau solusi atas kebutuhan akan wallpaper. Sehingga setiap konsumennya bisa menentukan pilihan yang paling tepat. Tentunya juga sangat puas dengan produk dan pelayanan yang diberikan.

Jangan pernah ragu untuk membeli wallpaper secara online. Selama penjualnya sangat bisa diandalkan, maka Anda akan merasa tenang. Karena produk yang ditawarkan dijamin sesuai dengan aslinya. Baik dari penampilan dan ketahanan yang dijanjikan. Jadi semisal Anda masih awan dengan produk wallpaper, akan sangat terbantu dengan pelayanan yang diberikan.
Nah, kalau ingin hasil pemasangan wallpaper dinding yang rapi dan tepat sebaiknya dipasrahkan pada ahlinya. Bisa juga membeli wallpaper sekaligus dengan layanan pemasangannya. Jadi Anda tinggal menunggu beberapa waktu, maka wallpaper dinding akan terpasang dengan sempurna. Ruangan Anda pun akan disulap dengan tampilan yang sangat istimewa.

Please rate this