Selain membuat tampilan dinding semakin cantik, pemakaian wallpaper keren 3D juga lebih aman bagi kesehatan. Karena kandungan zat kimianya relatif rendah, bila dibandingkan dengan cat dinding. Banyaknya pilihan warna dan motif menjadikan ornamen ini sangat direkomendasikan untuk mempercantik interior bangunan. Tertarik mengaplikasikannya! Sejumlah tips berikut sangat penting disimak.

Selaraskan Wallpaper 3D dengan Karakter Penghuninya

Dekorasi ruangan biasanya mencerminkan penghuninya, sehingga pemilihan motif dan warnanya menjadi sangat penting. Apalagi biasanya setiap orang memiliki warna dan motif favorit. Sangat cocok diaplikasikan pada ruangan pribadi, seperti ruang tidur, ruang kerja dan sebagainya. 

Sedangkan kalau ingin diaplikasikan pada ruangan yang digunakan bersama, seperti ruang makan, ruang keluarga dan sebagainya, maka bisa sesuai kesepakatan bersama. Sebagai alternatifnya bisa menerapkan warna keberuntungan atau warna netral. Kalau interior ruangan sesuai dengan keinginan penghuninya, maka rasa nyaman dan kerasan sangat terasa. 

Sesuaikan Wallpaper dengan Kondisi Plafon

Bila Anda memiliki ruangan dengan plafon tinggi sayangnya ukurannya relatif sempit, bagaimana solusinya bila mau dipasangi wallpaper? Pada kondisi tersebut sangat cocok bila Anda menggunakan wallpaper bermotif mendatar atau horisontal, dengan ornamen yang tidak begitu ramai. Sebagai contoh kertas dinding bergaris mendatar. Bisa juga mengandalkan wallpaper bermotif floral, tapi dengan desain yang renggang. 

Alasannya adalah kalau memakai wallpaper keren 3D bermotif sangat ramai, justru menjadikan ukuran plafon bertambah sempit. Nah, untuk pemilihan warna dari wall covering tersebut cocoknya yang berpengaruh terhadap efek ilusi. Untuk itu, memilih warna terang sangat disarankan agar interior ruangan semakin enak dipandang.

Gunakan Wallpaper Berwarna Cerah untuk Ruangan Sempit

Nah, bagaimana dengan ruangan yang relatif terbatas ukurannya, tapi Anda ingin menciptakan ilusi lebih lega? Solusinya dengan mengandalkan wallpaper dengan warna terang. Sebagai contoh warna biru muda, kuning, atau putih. Sangat penting untuk menghindari penggunaan wallpaper bermotif ramai. Sebab justru akan memunculkan kesan ruangan semakin sempit.

Wallpaper yang Cocok untuk Ruangan Berukuran Luas

Kalau Anda memiliki ruangan dengan ukuran cukup lapang, maka akan sangat mudah memadukan dengan aneka warna dan motif wall covering. Oleh karena, semua motif dan juga warna wallpaper bisa diaplikasikan pada ruangan lega tersebut.

Anda bisa menggunakan wallpaper dinding dengan nuansa warna gelap, seperti ungu, biru tua dan coklat tua, apabila tidak ingin memberi sentuhan banyak dekorasi atau kurang waktu untuk menata interior. Dengan begitu, kondisi ruangan tidak begitu nampak  kosong. Sekaligus tetap memancarkan kesan hangat dan nyaman.

Nah, kalau motif wallpaper yang bisa dipilih adalah motif abstrak berukuran besar. Tujuannya adalah supaya tetap terlihat seimbang dengan luas ruangannya. Gambar panorama juga bisa diterapkan untuk tampilan wallpaper yang tetap cantik untuk ruangan berukuran besar.

Ciptakan Interior Ruangan Bergaya Vintage

Gaya vintage memancarkan kesan lembut. Nah, kalau Anda ingin menciptakan kesan tersebut, maka bisa mengusung wallpaper dinding bermotif bunga-bunga khas. Motif ini relatif mudah dijumpai di pasaran, sehingga dengan cepat Anda bisa mengaplikasikannya. Untuk warna wallpaper yang bisa diterapkan, seperti biru muda, krem, pink dan hijau telur asin. 

Ciptakan Interior Ruangan Bergaya Skandinavia

Nuansa natural sangat menonjol dari wallpaper dengan gaya skandinavia. Material kayu lebih dominan pada gaya interior ini. Nah, bagi Anda yang tidak ingin memakai material kayu sungguhan, dengan pertimbangan harga dan cara perawatannya maka sangat cocok menggantinya dengan wallpaper bergaya skandinavia. Anda tidak harus melapisi seluruh bagian dinding dengan wallpaper keren 3D tersebut. Cukup satu bidang saja agar tidak nampak berlebihan atau tetap proporsional.

Ciptakan Interior Ruangan Bergaya victorian

Interior dengan gaya Victorian sangat identik dengan hiasan berukiran rumit dan terkesan sangat mewah. Desain motif ukiran abstrak yang terlihat rumit sangat cocok disematkan pada ruangan. Nah, untuk warna wallpaper yang paling tepat diterapkan adalah yang berlatarbelakang warna putih, ungu atau merah yang beraksen emas. Bila ingin memancarkan kesan mewah bisa mengaplikasikan warna perak.

Terapkan Wallpaper Sesuai Jenis Ruangannya

Tentunya sebuah rumah dirancang dengan beragam ruangan di dalamnya. Ruangan makan dan ruang tamu termasuk yang bersifat formal. Maka dari itu, sangat tepat bila Anda menerapkan warna wallpaper akromatik, seperti abu-abu, putih atau hitam. 

Untuk ruangan yang terkesan santai, seperti ruang keluarga dan kamar tidur bisa mengaplikasikan wallpaper berwarna lembut seperti biru muda dan krem. Bila menggunakan wallpaper bermotif bisa disesuaikan dengan nuansa warna tersebut. Pilihan warna ini bisa menyatukan seluruh penghuni rumah. Sehingga tetap nyaman untuk semua orang.

Sedangkan wall covering dengan warna cerah atau dengan motif benda langit, buah-buahan, binatang, atau tokoh karakter sangat cocok diusung untuk dekorasi ruangan anak. Ketika buah hati sudah beranjak dewasa, Anda bisa mengganti wallpaper sesuai keinginannya. 

Wallpaper untuk Ruangan dengan Atap Rendah

Atap rendah pada sebuah ruangan akan memunculkan kesan atau suasana sumpek. Tapi tenang saja, karena kondisi itu tetap bisa diubah. Alternatifnya bisa dengan mengaplikasikan kertas dinding dengan motif berdiri tegak atau vertikal. Sebagai contoh motif abstrak berbentuk memanjang ke atas, motif pepohonan, atau motif bergaris vertikal. 

Pemasangan wallpaper keren 3D bermotif tersebut, maka akan menjadikan atap ruangan yang rendah bisa nampak lebih tinggi. Pemilihan warna wallpapernya juga harus dicermati. Sangat disarankan untuk menerapkan warna yang lebih tua dari penampilan langit-langit pada ruangan tersebut.

Jangan Lupakan Efek Cahaya

Saat memilih warna dan motif wallpaper jangan sampai melupakan unsur cahaya yang ada di dalam sebuah ruangan yang akan didekorasi. Sangat disarankan untuk menggunakan wallpaper bernuansa warna terang, kalau tidak banyak paparan cahaya di dalam ruangan.

Sebagai contoh kamar tidur yang cenderung minim pencahayaan, maka Anda tetap bisa menghadirkan cahaya hangat dan lembut dengan sentuhan wallpaper dengan warna terang. Anda bisa sesuaikan pencahayaan lampu ruang tidur dengan beberapa warna, seperti warna emas, kuning gading, oranye dan kuning.

Sesuaikan Furnitur dengan Wallpaper

Furnitur dan wallpaper harus tampil harmonis untuk menciptakan interior nan cantik. Kalau perabotan di dalam ruangan cenderung bermotif ramai, ada baiknya memakai kertas dinding dengan motif polos berwarna netral atau dengan motif sederhana.

Nah, kalau furniturnya mengusung gaya minimalis tanpa adanya motif, sangat tepat kalau mengaplikasikan wallpaper dengan warna mencolok atau bermotif. Dengan cara ini maka isi ruangan menjadi semakin hidup, tanpa mengesampingkan unsur keindahan dan kenyamanan. 

Cara Mengaplikasikan Wallpaper di Kamar Mandi

Pemasangan wallpaper tidak hanya cocok di ruangan yang kering saja, tetapi juga tempat yang cenderung basah seperti kamar mandi. Tentunya tidak semua wallpaper bisa digunakan, tergantung dari bahan yang digunakan. Wallpaper tersebut harus anti air dan tahan pada kondisi lembab. 
Bahan wallpaper keren 3D yang memiliki karakteristik adalah vinyl. Jadi pastikan Anda membeli kertas dinding berbahan tersebut. Sesudah itu tinggal memilih warna dan motif sesuai keinginan. Namun disarankan untuk menerapkan wallpaper dengan nuansa alam dibalut warna yang lembut. Sebagai contoh motif bebatuan, flora

Please rate this