Anda ingin mendekorasi kamar tidur dengan lebih praktis, ekonomis dan hasilnya menakjubkan? Memasang wallpaper dinding kamar adalah rekomendasi tepatnya. Supaya penampilan ruangan pribadi Anda benar-benar sempurna, sangat penting untuk memerhatikan sejumlah tips berikut ini. 

Aplikasikan Wallpaper Sesuai Ukuran Kamar Tidur

Anda bebas untuk melapisi seluruh bagian dinding atau bagian tertentu saja. Semuanya tergantung dari keinginan Anda. Karena setiap orang memiliki selera masing-masing. Langkah awal yang sangat penting sebelum memasang wallpaper adalah mengetahui ukuran ruangannya. Dengan begitu, memudahkan dalam proses pemilihan warna, motif dan menyesuaikan ukurannya. 

Jadi jangan hanya menggunakan dasar perkiraan saja atas ukuran ruangan tidurnya. Anda harus benar-benar mengukurnya dengan benar, terkait lebar, panjang dan tingginya. Kalau ketentuan tersebut sudah terpenuhi, tinggal merancang keselarasan dengan furnitur atau konsep interiornya.

Cermat Memilih Warna Wallpaper

Penting dipahami untuk pemilihan warna kertas dinding agar senada dengan warna dari plafon atau langit-langit kamar tidur. Kalau perpaduannya terlalu kontras maka akan sangat mengganggu penampilannya. Menerapkan degradasi warna bisa menjadi alternatifnya. Sehingga dengan sentuhan warna yang lembut akan menampilkan kesan selaras atau seakan menyatu warnanya.

 Sangat disarankan untuk memilih warna wallpaper sesuai dengan usia dari penghuni ruang tidurnya. Nuansa warna kalem lebih tepat diaplikasikan bagi mereka yang sudah berusia dewasa. Sedangkan warna warni yang berani dan enerjik lebih cocok bagi mereka yang masih berusia anak-anak dan usia remaja. 

Tepat Memilih Motif Wallpaper

Kalau pemilihan warna wallpaper dinding kamar lebih sederhana, yang lebih selektif lagi adalah untuk pemilihan motifnya. Sekarang ini ada ratusan motif wallpaper yang bisa mempercantik penampilan ruang tidur. Sangat penting untuk diperhatikan untuk memilih motif yang sesuai dengan jenis kelamin dan usianya.

Bila kamar tidurnya digunakan oleh orang dewasa sangat cocok untuk mengaplikasikan wallpaper bermotif garis horizontal, garis vertikal, garis abstrak, atau motif bunga. Jadi pada dasarnya pemilihan motif untuk orang dewasa mengusung nuansa yang segar.

Nah, kalau wallpaper akan dipasang di kamar tidur anak atau remaja bisa mengandalkan beragam motif yang variatif. Kamar tidur anak laki-laki sangat tepat dihiasi dengan kertas dinding bermotif superhero, seperti Superman, Batman, Spiderman, Gundala, dan sebagainya. 

Sedangkan untuk kamar tidur anak perempuan sangat cocok dihiasi dengan wallpaper bermotif karakter animasi, seperti Berbie, Hello Kitty, Frozen dan sebagainya. Nah, kalau wallpaper untuk kamar tidur remaja bisa mengusung motif ceria, tapi sebaiknya disesuaikan dengan kesenangan atau hobinya. Sebagai contoh yang bermotif Sepak Bola, Basket, Tokoh Idola, dan sebagainya.

Jadi kuncinya adalah memilih wallpaper sesuai dengan usia dan jenis kelaminnya. Baik itu untuk anak-anak, remaja dan juga orang dewasa. Kalau pemilihan motifnya tepat, maka bisa membuat penampilan kamar tidur semakin berkarakter, cantik dan pastinya sangat nyaman. 

Selektif Dalam Memilih Wallpaper Sesuai Jenis Bahannya

Ada berbagai bahan yang digunakan dalam pembuatan wallpaper, seperti kertas, vinyl, kain dan sebagainya. Tentunya setiap bahan memilih karakter masing-masing, sehingga pengguna harus memahami kekurangan, kelebihan dan penggunaannya. Dengan begitu, wallpaper lebih optimal penggunaannya dan tetap memudahkan perawatannya.

Kamar tidur adalah area pribadi, sehingga tidak banyak aktivitas orang lain di dalamnya. Untuk itu, penggunaan wallpaper dinding kamar berbahan kertas bisa menjadi rekomendasinya. Karena memang bahan wallpaper tersebut dirancang untuk ruangan dengan tingkat aktivitas rendah. Mengingat bahan kertas lebih gampang sobek dan rusak. 

Secara harga wallpaper berbahan kertas juga lebih ekonomis harganya. Dengan demikian, bisa sekaligus menghemat kebutuhan anggaran. Akan tetapi, kalau Anda menginginkan wallpaper dengan kualitas lebih bagus, bisa menggunakan yang berbahan vinyl. Bahan tersebut terbukti lebih awet dan kuat, sehingga tidak mudah sobek atau rusak. 

Kiat Merawat Wallpaper Agar Tetap Besih dan Awet

Sesudah memasang wallpaper dinding kamar tidur, jangan lupa untuk senantiasa merawatnya dengan baik. dengan cara ini wallpaper akan selalu enak dipandang, dan lebih tahan lama atau tidak gampang rusak. Secara umum, cara perawatannya tidaklah merepotkan. Waktu yang diperlukan juga tidak terlalu lama. Sehingga bisa dilakukan saat waktu lenggang tanpa menghabiskan tenaga. Nah, apa saja yang penting diperhatikan?

  • Gunakan air hangat. Apabila sudah terlihat kotoran pada wallpaper jangan menunggunya tertumpuk semakin banyak. Segera gunakan air hangat untuk membersihkannya. Anda bisa mencampur air tersebut dengan sabun. Saat menyingkirkan kotoran harus digosok secara perlahan. Selanjutnya barulah dibersihkan menggunakan air bersih, dan dikeringkan memakai handuk bersih.
  • Gunakan sabun atau deterjen. Kalau noda atau kotorannya terlihat bandel atau sulit dibersihkan, maka Anda bisa mengandalkan deterjen atau sabun cuci baju. Ketika membersihkan pastikan melakukan dengan perlahan agar tidak merusak permukaan wallpapernya. Jangan lupa untuk membersihkan lagi memakai air bersih dengan cara menggosok permukaannya. 
  • Hindari pemakaian bahan berbahaya. Jangan pernah memakai aseton atau pemutih dan kain wol dalam membersihkan wallpaper. Oleh karena sudah terbukti hanya merusak wallppernya.
  • Basmi jamur dengan cairan khusus. Jamur juga bisa muncul di permukaan wallpaper. Penyebabnya bisa karena kelembaban udara atau paparan benda lain. Tapi jangan khawatir, karena Anda juga bisa melenyapkan jamur tersebut. Caranya dengan menggunakan cairan pembersih yang sudah diformulasi secara khusus. Sehingga memiliki fungsi anti jamur dan bisa menghilangkan jamur secara cepat dan mudah.
  • Pakai kemoceng untuk membersihkan wallpaper. Peralatan lain juga bisa diandalkan untuk membersihkan permukaan wallpaper. Kemoceng atau bulu ayam relatif aman untuk digunakan. Tujuan penggunaan alat ini untuk menyingkirkan debu kering yang melekat pada wallpaper. Kemoceng yang dibuat dari bahan kain elestrotatik lebih dianjurkan, supaya lebih mudah dalam mengangkat debu. 
  • Gunakan selotip untuk mengangkat debu dan kotoran pada wallpaper. Alat ini sangat efektif untuk menghilangkan noda, bulu hewan, bahkan menghilangkan sidik jari. Supaya hasilnya optimal, pastikan Anda hanya memakai selotif berdaya rekat sangat tinggi. Dengan kelengketan yang tinggi tersebut, maka sangat memudahkan proses pengangkatan kotoran. Selain itu, tidak akan membuat wallpaper mengalami kerusakan.
  • Andalkan air perasan jeruk nipis. Jeruk nipis sangat diandalkan dalam membersihkan kotoran di berbagai barang, seperti pada peralatan makan. Akan tetapi tidak hanya itu saja kemampuannya, karena bisa juga diaplikasikan pada wallpaper. Jadi bila kertas dinding Anda terkena paparan minuman, kecap, saus, coklat dan kotoran lainnya bisa dihapus dengan kehebatan jeruk nipis. Caranya dengan mencampur air hangat dengan perasan jeruk nipis. Lalu menggosoknya dengan spons secara perlahan. Selanjutnya bisa mengeringkan wallpaper memakai handuk atau kain kering.

Pastikan Anda selalu berhati-hati ketika membersihkan wallpaper menggunakan bahan berunsur air. Agar kertas dindingnya tetap tidak terlalu basah. Dengan begitu, tidak akan membuat permukaannya menjadi lembab. Sebab wallpaper dinding kamar yang lembab sangat rentan dengan serangan jamur dan membuatnya lebih cepat rusak.

Please rate this