Wallpaper dinding merupakan salah satu elemen yang digunakan untuk mempercantik tampilan dalam suatu rumah. Energi yang ditampilkaan oleh wallpaper dinding sangat kuat sehingga mampu memberikan kesan yang mewah pada setiap hunian.

 

Tidak berbeda dari fungsi wallpaper pada umumnya, wallpaper dinding foam brick juga memiliki fungsi yang sama sebagai pelapis dan peindung dinding rumah. Hanya saja, tekstur dan bentuknya serta bahan dasar material  pembuatannya saja yang sedikit berbeda. Karena, pada wallpaper foam brick memang sengaja didesain dengan desain 3D untuk menambah keunikan rumah. Selain itu, wallpaper foam brick juga memiliki ketebalan yang berbeda dari wallpaper pada umumnya karena bahan dasarnya menggunakan busa.

 

Berikut ini kami akan memberikan sedikit penjelasan mengenai wallpaper foam brick, beserta keunggulan dan cara pemasangannya.

 

Mengenal wallpaper foam brick

 

Wallpaper foam brick dibuat dari bahan organik sehingga aman untuk anak-anak. Dengan berbagai keunggulan yang ditawarkan oleh wallpaper ini, wallpaper ini bisa tahan lama dengan perawatannya yang cukup mudah sekali.

 

Lalu, apa saja keunggulan yang ditawarkan oleh wallpaper foam brick?

 

Keunggulan wallpaper foam brick

  • Mudah dibersihkan. Cukup dengan menggunakan kain basah, Anda bisa mengusap noda dan kotoran yang melekat pada wallpaper.
  • Setiap produk dilengkapi dengan perekat. Fasilitas ini sangat memudahkan dalam proses pemasangan. Bahkan bagi yang pertama kali menggunakan wallpaper foam. Sehingga Anda bisa memasangnya sendiri, tanpa menggunakan jasa pasang wallpaper.
  • Terbuat dari bahan kedap suara. Dengan begitu, sangat efektif mengurangi suara bising yang datang dari luar ruangan. Sehingga saat berada di dalam ruangan terasa semakin nyaman. Sangat mendukung kebutuhan tempat yang nyaman untuk beristirahat atau bekerja.
  • Memiliki ketebalan memadai. Sebagian besar wallpaper foam memiliki tebal hingga 8,5 hingga 10 milimeter. Dengan ketebalan ini maka sangat efektif untuk menahan bila terjadi benturan. Tingkat ketebalan akan berpengaruh terhadap efek tiga dimensi pada wallpaper.
  • Wallpaper yang ramah lingkungan. Produk wallpaper foam terbuat dari bahan alami atau organik, sehingga sangat aman bagi anak-anak.
  • Daya tahan pemakaian yang lama. Produk kertas dinding ini setidaknya bisa bertahan hingga enam tahun. Waktu pakainya ini terbilang panjang, sehingga bisa menghemat pengeluaran sebelum menggantinya dengan komponen baru.

Cara pemasangan

 

  1. Pastikan permukaan dinding bersih

 

Sebelum Anda memasang wallpaper dinding foam ini, Anda harus pastikan permukaan dinding yang ingin Anda pasangkan wallpaper memiliki kondisi bersih. Jika kotor, Anda bisa membersihkannya terlebih dahulu dengan menggunakan kain lap basah lalu keringkan dengan mengelapnya.

 

  1. Permukaan dinding harus rata

 

Kondisi dinding yang rata dan tidak bergelombang akan mempermudah proses pemasangan wallpaper. Maka dari itu, wajib bagi Anda untuk memperhatikan kondisi permukaan dinding Anda sebelum ingin memasang wallpaper dinding foam ini.

 

  1. Perhatikan retakan pada dinding

 

Jika dinding Anda memiliki retakan entah itu kecil maupun besar, kami sarankan untuk memperbaikinya lebih dulu sebelum memasang wallpaper dinding. Kondisi seperti retakan dinding pun akan mengganggu sekali untuk ketahanan terhadap wallpaper yang akan diaplikasikan. Daripada Anda harus mengganti wallpaper untuk kedua kalinya, lebih baik Anda memperbaiki dinding Anda yang retak terlebih dahulu untuk mempermudah proses pemasangan ketika sedang berlangsung.

 

  1. Usia dinding cukup untuk diaplikasikan wallpaper

 

Setidaknya dinding yang usianya minimal tiga bulan setelah diplester sudah boleh dilapisi dengan wallpaper foam. Tujuan dari langkah tersebut adalah guna memastikan dinding sudah dalam keadaan kering. Bila kurang dari jangka waktu tersebut, dinding bisa menghasilkan uap semen. Sehingga membuat permukaan dinding terasa lembab. Akan tetapi dengan berjalannya waktu, kelembaban dinding bisa menghilang atau dindingnya sudah dalam kondisi kering dan siap diaplikasikan wallpaper.

 

  1. Jangan apliksikan pada dinding kaca

 

Pada mulanya, wallpaper dinding hanya didesain khusus untuk dinding dan tidak diperuntukan untuk kaca. Karena, hal ini sangat berpengaruh pada perekat alami yang berada pada wallpaper. Untuk kaca, Anda bisa memilih cutting sticker untuk menjadi pelapisnya. Kami sangat tidak menyarankan Anda untuk memasang wallpaper dinding jenis apapun itu pada permukaan kaca yang licin

 

  1. Dinding harus dalam kondisi stabil

 

Dinding dikatakan stabil kalau tidak terdapat sarang rayap, retakan, jamur dan kotoran lainnya. Kalau berbagai pengganggu tersebut tidak disingkirkan, maka akan sangat berpengaruh terhadap keawetan dan tampilan wallpapernya. Kertas dinding ini bisa gampang rusak, bergelembung, terdapat bercak noda karena aktivitas bintang di belakangnya, dimakan rayap dan sebagainya. Jadi pastikan semua permasalahan tersebut teratasi, agar dinding layak untuk dipercantik dengan wallpaper foam tiga dimensi.

Nah, itu adalah sedikit penjelas tentang wallpaper dinding. Anda bisa memilih wallpaper dinding jenis apapun yang sesuai dengan selera Anda. Pemilihan jenis wallpaper juga tentunya didominasi dengan budget yang Anda miliki. Memilih pelapis dinding yang berkualitas tinggi tentunya memang sangat penting, karena dinding merupakan material yang sangat sering sekali mengalami kerusakan. Dengan mengaplikasikan wallpaper dinding ini, Anda sudah meminimalisir kerusakan yang akan terjadi pada dinding rumah Anda.

 

Sebagai pertimbangan Anda, kami sarankan agar Anda berkonsultasi mengenai hal ini kepada orang yang ahli dalam bidangnya.

 

Semoga artikel ini bermanfaat.

www.isibangunan.com

Follow like dan subcribe Media Sosial Kami

Facebook Page : @isibangunancom

Instagram : @isi_bangunan

Youtube : https://www.youtube.com/channel/isibangunan

Please rate this