Ketika Anda memutuskan menggunakan keran sensor otomatis di rumah, Anda harus melakukan perawatan secara teratur. Perawatan keran jenis ini diperlukan agar aliran air tetap terjaga serta kotoran-kotoran yang terdapat di dalam saringan dapat dibersihkan.

Anda bisa lo merawat dan membersihkan keran sendiri.Dengan demikian, masalah pada keran di rumah dapat dicegah bahkan diatasi. Berikut ini adalah kiat-kiat dalam merawat keran sensor otomatis.

Aliran Air

keran sensor otomatis

hometips.com

Ada beberapa permasalahan yang sering terjadi pada keran dengan sensor otomatis. Salah satunya adalah air yang mengalir terus-menerus. Inilah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menghentikannya:

  • Mengeset Ulang Sensor

Tujuan mengeset ulang sensor pada keran yakni agar aliran air dapat berhenti ketika tidak digunakan. Caranya, putuskan atau lepaskan baterai atau aliran listrik selama 5 menit. Setelah 5 menit berlalu, pasang kembali baterai atau hidupkan aliran listrik, kemudian sensor akan bekerja kembali dengan benar.

  • Sambungan Listrik yang Terbalik

Jika cara di atas tidak berhasil, Anda harus memeriksa sambungan listriknya. Periksa apakah sambungan listriknya terbalik atau tidak. Jika terbalik, Anda harus memasang sambungan listriknya dengan benar.

  • Sambungan AlatPemasok Air Terbalik

Permasalahan lainnya yang kerap terjadi adalah sambungan alat untuk memasok air terbalik saat dipasang. Jika selang pemasok terhubung kecelah saluran pada kontrol panel, air akan terus mengalir. Apabila hal ini terjadi, segera putuskan alat pemasok air lalu sambungkan kembali. Jika masih belum benar, masalahnya mungkin terletak pada kontrol panel; Anda pun harus menggantinya dengan kontrol panel baru dan meminta bantuan profesional untuk memasangnya.

Mengatasi Air yang Bocor dari Keran Sensor Otomatis

keran sensor otomatis

AliExpress.com

Kebocoran bisa saja terjadi ketika menggunakan keran dengan sensor otomatis. Jika keran Anda bocor, Anda harus memastikan sambungan air telah dikencangkan dengan benar. Pastikan juga Anda sudah menggunakan karet air untuk keran yang sesuai.

Membersihkan Keran Sensor Otomatis

keran sensor otomatis

hansgrohe.com

Bersihkan permukaan keran agar tetap kering sehingga lebih tahan lama. Jangan rendam keran dalam air. Gunakan saja handuk basah atau kain berbahan katun untuk mengelap dengan lembut. Hindari gerakan yang kasar yang bisa menggores permukaan keran. Selain itu, hindari menempatkan keran di posisi yang terkena langsung dengan cahaya matahari. Cahaya matahari dapat menyebabkan sensor pada keran menjadi disfungsional dan tidak stabil.

Pendeteksian Sensor yang Gagal

keran sensor otomatis

lowes.com

Jika keran sensor otomatis di rumah Anda mengalami disfungsi sensor inframerah atau sensor tidak stabil, Anda bisa mencoba menggunakan beberapa cara di bawah ini.

  • Putar keran ke posisi OFF.
  • Bersihkan permukaan sensor inframerah dari debu atau uap.
  • Putar kembali keran keposisi ON untuk mengetes apakah sensor mampu mendeteksi ketika tangan diletakkan di bawah keran.
  • Jika masih belum berhasil, Anda bisa mencoba mengeset kembali sensor.

Semoga informasi tentang berbagai cara perawatan keran sensor otomatis di rumah dapat membuat keran Anda awet dan tahan lama. Jika Anda ingin mengganti keran otomatis Anda dengan desain, bentuk, dan spesifikasi yang lebih lengkap atau membeli berbagai jenis bahan bangunan impor dengan harga terjangkau, Anda bisa langsung berselancar ke situs web isibangunan.com. Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang daftar harga dari berbagai bahan bangunan dan ketersediaannya, Anda bisa menghubungi agen Isibangunan via telepon/WhatsApp.

Komentar