Harus Anda ketahui bahwa ada banyak sekali jenis vntilasi yang dapat dipasangkan pada rumah Anda dan dapat dipilih sesuka hati kalian. Mengingat peran ventilasi sangatlah penting, maka dari itu banyak sekali jenis ventilasi yang dapat Anda temui pada setiap rumah.

Salah satu manfaat ventilasi adalah memperbaiki sirkulasi udara agal lebih segar dan lebih sehat.

Hal ini tentu dapat membuat Anda sebagai penghuni rumah menjadi lebih sehat dann terhindr dari penyakit berbahaya yang mematikan sekaligus.

 

Berbicara soal ventilasi, kali ini kami akan membahas beberapa jenis ventilasi yang umumnya dapat kita jumpai pada setiap hunian yang berbeda-beda. Dari banyaknya jenis ventilasi tersebut, tentunya masing-masing jenis memiliki keunggulan dan kekurangannya sendiri-sendiri. Jadi, Anda bisa dengan mudah memilih ventilasi mana yang cocok untuk rumah Anda.

 

Banyaknya ventilasi tersebut dibedakan menadi dua yaitu ventilasi natural dan mekanik. Untuk lebih detailnya lagi langsung saja kami akan bahas tentang jenis-jenis ventilasi udara berikut ini.

 

Jenis ventilasi natural

 

  1. Ventilasi Boven

Vetilasi jenis ini sangat terbilang paling umum dan banyak sekali digunakan. Biasanya, jenis ini sudah menyatu dengan kosen atau pintu yang digunakan. Bentuknya pun beragam, ada yang bulat, persegi, persegi panjang, dan masih banyak lagi.

 

Terkait dengan materialnya, ventilasi boven terbuat dari kayu karena hal ini boven sudah menyatu dengan bahan material pintu atau kosen. Jika Anda menggunakan kayu, pastikan memilih kayu yang tidak mudah rapuh dan tidak di makan rayap.

 

Untuk ukurannya sendiri, ventilasi boven memiliki beragam ukuran. Anda hanya tinggal menyesuaikannya saja.

 

  1. Ventilasi Jalusi

Pada umumnya, jalusi adalah jendela yang mempunyai kisi-kisi dengan pemasangan horizontal atau mendata seperti sebuah tirai. Model jendela ini biasanya dipasang berlapis. Dalam artian, selain Jalusi, masih ada lapisan jendela lainnya yang berfungsi sebagai penutup.

 

Penggunaan ventilasi ini umumnya dapat kita temui pada tipe-tipe rumah jaman dulu, dan kuno. Mungkin tipikal rumah Anda termasuk demikian, Anda bisa mencoba untuk mengaplikasikan ventilasi tersebut ke dalam dekorasi rumah Anda.

 

Ventilasi Jalusi ini pun memiliki ukuran yang beragam. Selain itu, Jalusi memiliki kegunaan untuk menjaga ruangan tetap bersih dan tidak pengap. Karena, kisi pada Jalusi sudah dibuat dengan paten. Sehingga tidak bisa digerakkan ke atas bawah.

 

  1. Ventilasi Kaca/Nako

Jenis ventilasi yang satu ini bisa dikatakan mirip dengan jalusi. Hanya saja, perbedaan dasar yang dapat kita ketahui hanya dari bahan materialnya saja. Jenis ventilasi rumah ini memiliki sistem yang fleksibel sehingga ukuran bukaan sirkulasi mudah diatur sesuai dengan keinginan Anda.

 

Ventilasi ini memiliki harga tinggi karena terbuat dari bahan kaca. Jadi, jika Anda ingin mengaplikasikan ventilasi jenis ini, silakan dipikir-pikir atau Anda bisa gunakan alternatif lainnya.

 

  1. Ventilasi Loster

Jenis ventilasi yang satu ini bernaa Loster. Loster memiliki banyak desain yang sangat unik. Ventilasi jenis ini pada umumnya merupakan model ventilasi tambahan yang dipasang pada dinding di berbagai sudut.

 

Ventilasi jenis ini banyak digunakan untuk ruangan-ruangan yang luas yang banyak dicakupi oleh orang. Mungkin Anda pernah melihat ventilasi jenis ini di berbagai tempat peribadahan. Hal tersebut karena memang ventilasi jenis ini dicocokkan untuk ruangan luas. Atau Anda bisa gunakan jenis ventilasi ini sebagai penyekat antara ruang satu dengan yang lainnya.

 

ventilasi rumah mekanik

 

  1. Ventilasi pembuangan

Berbeda dari ventilasi natural, ventilasi ini bekerja dengan bantuan energi listrik. Ventilasi pembuangan hanya berfungsi satu arah yakni untuk menyedot udara dari dalam agar dikeluarkan dari ruangan.

 

Biasanya ventilasi ini digunakan pada ruangan tertutup seperti kamar mandi. Ada 2 jenis ventilasi pembuangan yaitu yang menggunakan baling-baling 20 cm dan juga baling-baling 25 cm.

 

  1. Ventilasi dinding

jenis ventilasi yang satu ini banyak digunakan di ruangan tertutup dan ruangan terbuka. Berbeda dengan bentilasi pembuangan, jenis ini hanya perlu ditempel pada bagian dinding. Dan biasanya ditambah dengan potongan strimin kawat pada bagian belakangnya.

 

Ukurannya sendiri cukup kecil dan terlihat sangat ringkas.

 

  1. Ventilasi industri

 

Jenis yang terakhir adalah ventilasi industri. Biasanya juga dikenal dengan nama Blower. Ventilasi jenis ini biasa digunakan pada ruangan yang memerlukan kapasitas udara yang besar seperti pabrik, restoran, dan dapur. Ventilasi ini hanya memiliki satu fungsi yaitu melakukan pembuangan udara dari dalam ke luar ruangan.

 

Konsumsi daya listriknya cukup besar yakni sekitar 59-74 watt.

 

Jadi, sudah tahu jenis-jenis ventilasi umum yang banyak dipakai, bukan? Anda hanya tinggal memilihnya ingin menggunakan ventilasi yang seperti apa untuk rumah Anda.

 

Jika Anda masih mengalami kesulitan dalam hal ini, Anda bisa berkonsultasi langsung dengan pihak terkait untuk mempermudah Anda dalam membangun rumah idaman Anda.

 

Demikian ulasan yang kami tulis. Kami juga menyediakan dan menjual material bangunan untuk membantu proses dekorasi rumah Anda agar lebih terlihat indah dan mewah. Produk-produk yang kamu jual pastinya memiliki standarisasi impor yang baik. Kami selalu mengutamakan kepuasan pelanggan serta mekanisme bahan dasar produk.

 

Di antaranya yang kami jual adalah lantai granit, lantai vinyl, plafon pvc, dan masih banyak lagi lainnya. Bagi Anda yang ingin melakukan dekorasi sekarang, segeralah. Pesan di toko kami untuk bahan material hanya di isibangunan.com Anda bisa mendapatkannya.

 

Anda pesan, Anda bayar, kami antar. Corona tidak menjadi masalah penting untuk mengembangkan kekreatifan Anda dalam membangun dan mendekorasi rumah hunian milik Anda pribadi.

 

Tunggu apalagi? Pesan sekarang juga.

www.isibangunan.com

Follow like dan subcribe Media Sosial Kami

Facebook Page : @isibangunancom

Instagram : @isi_bangunan

Youtube : https://www.youtube.com/channel/isibangunan

Please rate this