Triplek biasa dimanfaatkan untuk keperluan rumah tangga, seperti furnitur, kerajinan tangan, flooring, partisi dinding dan sebagainya. Supaya tampilannya lebih menarik dan lebih kuat, maka diperlukan proses laminasi. Ada banyak jenisnya di pasaran, salah satu yang terbaik adalah HPL. Harga pelapis triplek ini sangat ekonomis, sehingga semakin banyak digunakan.

Cara Mengubah Tampilan Triplek Lebih Menarik

Sangat banyak material yang dapat digunakan untuk membangun rumah. Triplek adalah salah satu yang sangat diminati. Sebutan lain dari triplek adalah pylwood atau kayu lapis. Papan pabrikan ini terbuat dari beberapa lapisan kayu veneer. Seluruh lapisan tersebut direkatkan secara bersamaan, sehingga terbentuk menjadi papan.

Material kayu olahan ini termasuk yang paling sering dimanfaatkan untuk segala keperluan. Sifatnya yang fleksibel menjadikannya sangat diminati pasar. Karena sangat mudah dibentuk sesuai dengan keinginan.

Kayu triplek begitu populer karena mudah digunakan dan banyak manfaatnya. Terutama dalam pembangunan, implementasinya sangat beragam. Triplek bisa dimanfaatkan sebagai bahan utama pembuatan partisi dinding di dalam rumah, pintu dan aneka furnitur.

Ada beragam jenis triplek yang biasanya digunakan, yang tentunya berpengaruh terhadap kualitasnya. Beda jenis maka beda juga fungsinya. Sehingga penggunaannya juga harus disesuaikan.

  1. Grade A. Jenis triplek ini merupakan yang paling tinggi tingkatannya. Ciri khasnya adalah permukaan papan sangat halus dan lembut, sehingga lebih mudah untuk diolesi cat.
  2. Grade B. Jenis triplek ini memiliki karakteristik berupa permukaan yang solid dan keras. Tetapi kualitasnya di bawah Grade A. Akan tetapi masih terlihat rapi dan halus permukaannya.
  3. Grade C. Untuk tingkatan kayu triplek ini, kualitas dan warna tekstur kayunya terlihat berbeda dengan kedua grade di atas.
  4. Grade D. Tingkatan kayu triplek ini merupakan yang paling rendah kualitasnya. Tekstur permukaannya terlihat tidak terlalu rapi dan kasar. Sehingga hanya disarankan untuk digunakan pada panel bagian dalam saja.

harga HPL updateBentuk dari triplek adalah lembaran. Ukuran standar kayu triplek yang umumnya beredar di Indonesia adalah 2400 mm x 1120 mm. Tingkat ketebalannya sangat beragam, mulai dari 3 mm sampai dengan 32 mm. Dengan begitu, Anda bisa tentukan ketebalan triplek sesuai dengan kebutuhan.

Nah, jika Anda akan menggunakan triplek impor, maka harus dipastikan ukurannya terlebih dahulu. Karena bisa saja memiliki ukuran yang berbeda. Jadi pastikan segala spesifikasi produk sebelum memutuskan untuk membelinya.

Supaya lebih memahami material triplek dengan baik, maka sebaiknya Anda mengetahui kekurangan dan kelebihannya terlebih dahulu. Sehingga lebih tepat dalam mengambil keputusan, apakah akan menggunakan triplek untuk konstruksi bangunan, furnitur dan sebagainya.

Beberapa kelebihan dari triplek adalah cara penggunaan yang lebih mudah dan praktis untuk dibentuk, ketahanan yang bagus terhadap risiko penyusutan, tahan terhadap perubahan cuaca ekstrim, tersedia pilihan tingkat ketebalan, struktur yang kokoh dan lebih tahan terhadap paparan air.

Sedangkan untuk kekurangannya adalah kurang sesuai kalau dimanfaatkan sebagai bahan perabotan outdoor, harus ekstra hati-hati dalam pengangkutan ke lokasi pembangunan, harus cermat dalam memilih triplek agar terhindar dari tekstur bergelombang agar lebih presisi, dan harus teliti saat proses finishingnya.

Material ini cukup ideal untuk digunakan, karena harganya cukup terjangkau. Namun dengan kualitas dan daya tahan yang bisa diandalkan. Penampilan jenis kayu olahan ini memang tidak semenarik kayu solid. Tetapi tetap ada solusi untuk mengatasinya.

Penampilan kayu triplek bisa dipercantik dengan menggunakan pelapis HPL (High Pressure Laminate). Bahan finishing ini didesain khusus sebagai penunjang estetika furnitur. Sekaligus sebagai pelindungnya, karena dilengkapi dengan fitur anti air, tahan panas, anti jamur dan anti gores.

Tidak perlu khawatir dengan kebutuhan anggarannya, sebab harga pelapis triplek ini sangat ekonomis. Itulah kenapa semakin banyak pengguna furnitur dengan finishing HPL.

Tidak hanya itu, sebab pelapis ini juga bisa diaplikasikan pada elemen interior lainnya, seperti pintu, jendela, partisi dinding, pelapis lantai dan sebagainya.

Agar bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan selera penggunanya, pabrikan HPL meluncurkan beragam motif cantik, seperti motif warna solid, motif marmer, motif granit, motif kayu, motif metal dan sebagainya.

Inspirasi Cantik Pemasangan HPL

harga kitchen set HPLBerbagai inovasi dilakukan oleh pabrikan HPL, sehingga tidak hanya semakin cantik tampilannya, tetapi juga semakin bagus kualitasnya. Sangat banyak warna dan motif yang bisa diaplikasikan pada berbagai produk furnitur dan interior bahkan eksterior rumah. Berikut beberapa inspirasi cantik dalam penggunaan HPL.

  1. Skandinavian Kitchen

Skandinavian Kitchen merupakan salah satu kreasi cantik dari konsep dapur minimalis. Tampilan dari dapur model Eropa Utara ini sangatlah menarik. Meskipun nampak sederhana, tetapi memberikan kesan hangat dengan sentuhan kayunya. Anda dapat memberikan sentuhan finishing HPL bermotif kayu pada kitchen cabinet, countertop, island table sampai rak dapurnya.

  1. Countertop

Bagi orang Indonesia lebih familiar dengan sebutan meja racik. Karena memang meja ini biasanya berapa di dapur. Fungsi utama dari perabotan ini adalah untuk meracik bahan makanan sebelum dimasak. Agar bagian atas meja lebih kuat dari goresan benda tajam, biasanya akan dipasang batu marmer atau granit.

Sayangnya harga material batu alam tersebut relatif mahal. Salah satu cara lebih hemat sebagai pengganti marmer adalah HPL bermotif marmer atau granit. Tampilannya benar-benar sangat mirip, dan juga cukup tangguh karena sudah terlindungi lapisan anti gores. Sehingga tidak perlu khawatir meja cepat rusak, dan pastinya harga pelapis triplek ini lebih ekonomis.

  1. Kitchen Cabinet

Bahan finishing HPL juga sangat diandalkan sebagai pelapis permukaan kitchen cabinet atau kitchen set atau lemari dapur. Ada banyak pilihan warna dan motif HPL yang bisa diaplikasikan. Pelapis bermotif kayu biasanya menjadi favorit. Jangan lupa serasikan warna lemari dapur dengan dinding dan elemen interior lainnya.

  1. Coffee table

Anda seorang penggemar kopi? Kebiasaan minum kopi seakan sudah menjadi budaya bagi masyarakat Indonesia. Wajar saja bila semakin banyak bermunculan kedai kopi, yang biasanya ramai dikunjungi anak muda. Rutinitas itu pun terbawa hingga di rumah, bahkan memerlukan tempat atau perabotan khusus sebagai pendukungnya.

Oleh karena itu, kebutuhan akan meja kopi pun meningkat. Sekarang ini banyak bermunculan desain coffee table yang unik dan cantik. Tidak hanya berbahan kayu solid. Sebab banyak juga yang mengandalkan kayu olahan, namun dipercantik dengan pelapis HPL.

Nah, itulah beberapa perabotan yang sangat cantik dengan sentuhan HPL. Masih banyak lagi produk furnitur dan interior lain yang cocok dilapisi dengan bahan finishing tersebut. Seperti wardrobe atau lemari pakaian, rak buku, rak televisi, bahkan untuk bahan flooring, partisi dinding dan untuk dinding eksterior.

Harga pelapis triplek ini cukup hemat, tapi menawarkan motif cantik, terbukti kuat dan tahan lama. Anda bisa mendapatkan produk HPL berkualitas di IsiBangunan.com. Nikmati konsultasi gratis dan pelayanan prima, agar Anda bisa mendapatkan produk sesuai harapan.

Please rate this