Pelapis HPL semakin populer karena sering digunakan sebagai bahan finishing furnitur. Material ini mampu mengubah penampilan furnitur menjadi lebih cantik. Selain sebagai penunjang estetika, juga bermanfaat sebagai pelindung. Dapatkan produk inovatif ini melalui distributor atau penjual HPL terdekat. Pilihlah produknya dengan cermat untuk memastikan kualitasnya.

Pilihan Warna, Corak dan Tekstur HPL

Salah satu motif favoritnya adalah corak kayu. Sekilas penampilan HPL (High Pressure Laminate) tersebut sangat mirip dengan kayu solid atau kayu asli. Karena itu, material finishing ini sering diaplikasikan pada furnitur atau interior rumah dan perkantoran, seperti meja, kursi, kabinet, partisi dinding, pintu dan sebagainya.

Sebelum Anda membeli produk HPL, penting dipahami kalau material ini memiliki banyak varian tekstur, warna dan motif. Dengan pengetahuan ini, tentunya sangat membantu Anda untuk menentukan produk yang sesuai. Sehingga mampu memberikan keindahan pada furnitur dan interior bangunan secara optimal.

  1. Corak atau Motif HPL. Setiap pabrikan HPL biasanya meluncurkan kreasi motif tersendiri. Sehingga bisa menjadi pembeda atau ciri khas bagi setiap produknya. Namun, biasanya setiap produsen menawarkan aneka motif, seperti motif kayu, batu alam (marmer dan granit), metal dan warna solid.
  2. Warna HPL. Bahan finishing ini hadir dengan beragam warna cantik dan elegan. Jadi setiap motif bisa memiliki banyak warna sebagai pilihannya.
  3. Tekstur HPL. Produsen HPL juga membuat berbagai inovasi untuk permukaan atau teksturnya. Hal itu supaya pengguna bisa menyesuaikan dengan kebutuhan serta konsep desain interiornya. Setidaknya ada empat tekstur yang mudah dijumpai di pasaran, yaitu permukaan rata, glossy, doff atau matte dan tekstur.

HPL dengan tekstur permukaan rata biasanya dimanfaatkan sebagai pelapis produk furnitur atau interior. HPL glossy memiliki tampilan yang rata dan mengkilap. Sehingga media yang dilapisinya akan terlihat lebih mewah dan elegan. Tekstur ini bisa memantulkan objek atau cahaya yang berada di dekatnya.

Sedangkan kalau HPL doff atau matte tampil dengan permukaan rata, tetapi terasa agak kesat atau kasar. Akan tetapi tidak bisa memantulkan cahaya atau benda yang berada di dekatnya. Jadi kebalikan dari HPL bertekstur glossy.

Nah, kalau HPL tekstur menawarkan permukaan kasar saat diraba. Sehingga seakan memberikan kesan nyata. Sebagai contoh HPL bercorak kayu, maka serat kayunya dibuat timbul. Sehingga seperti tekstur serat kayu aslinya.

Saran Saat Membeli HPL

toko HPL termurahKehadiran produk finishing HPL disambut sangat bagus oleh masyarakat. Sehingga minat untuk menggunakan material tersebut sangat tinggi. Potensi bisnis yang luar biasanya ini memunculkan sangat banyak jenis dan merek HPL di pasaran.

Untuk itu, tidak boleh sembarangan dalam pemilihan produk pelapis kayu tersebut. Anda harus membekali diri dengan pengetahuan memadai. Sehingga sangat membantu dalam memilah manakah produk yang layak untuk dibeli atau digunakan.

Setidaknya terdapat dua macam HPL di pasaran. Kedua jenis tersebut adalah HPL original dan HPL recycle. Perbedaan tersebut sebenarnya bisa dikenali dari harga yang ditawarkan. Produk berkualitas terkadang belum tentu harganya paling mahal. Karena kalau Anda jeli, ada juga merek HPL berkualitas tapi tetap ditawarkan dengan harga lebih hemat.

Nah, lalu bagaimana cara yang bisa diterapkan dalam memilih produk HPL berkualitas. Beberapa hal berikut ini bisa dijadikan panduannya.

  1. Pilih HPL dengan tampilan lebih jelas dan tegas. Material pelapis kayu ini dilengkapi dengan lapisan decorative paper. Kalau produk yang bagus, maka tampilan decorative paper tersebut lebih tegas dan jelas. Jadi kalau tampilannya buram atau kurang jelas, bisa jadi hanya menjiplak dari merek HPL lain. Sehingga warna dan motifnya cepat memudar. Apalagi kalau sering terpapar sinar matahari.
  2. Cermati bagian belakang HPL atau lapisan Kraft Paper. Perlu dipahami kalau proses pengamplasan HPL berkualitas atau original lebih sempurna. Sedangkan kalau jenis recycle pasti terdapat kecacatan. Jika terdapat banyak sisa resin berupa noda hitam, maka dipastikan HPL tersebut tergolong jenis recycle. Sebaliknya, HPL original tidak akan meninggalkan resi dan permukaannya terasa lebih halus.
  3. Ketahui tingkat ketebalan produk HPL. Pabrikan HPL meluncurkan produk finishing ini dengan ketebalan yang bervariatif. Biasanya mulai dari 0,5 mm hingga 1,5 mm, sehingga Anda bisa sesuaikan produk tersebut sesuai kebutuhan. Jika akan digunakan untuk furnitur dan interior, maka pilih yang tebalnya sedang. Nah, kalau untuk aplikasi di luar ruangan, maka sebaiknya memilih yang agak tebal.
  4. Permukaan HPL tidak mudah retak bahkan patah. Produk HPL berkualitas sangat kuat, meskipun cukup tebal tetap tidak mudah getas, retak atau patah. Dengan begitu, sangat memudahkan saat pemasangan dan lebih awet setelah diaplikasikan. Kalau menemukan merek HPL yang gampang mengalami kerusakan tersebut, sudah pasti rendah mutunya atau termasuk jenis HPL recycle.

Nah, itulah beberapa saran yang bisa dijadikan acuan dalam pemilihan produk HPL. Secara kasat mata mungkin sulit dibedakan manakah yang merupakan HPL original dan HPL recycle. Namun, jika Anda sudah mengetahui beberapa tips di atas, apalagi bisa memegang produknya langsung, maka mudah untuk membedakannya.

Anda bisa langsung mendatangi penjual HPL terdekat di kota Anda. Agar bisa melihat dan memegang langsung produknya. Namun, kalau belum terdapat distributor atau agen resmi terdekat, Anda tetap bisa memesannya secara online. Tapi harus dipastikan sudah mengetahui kualitas dan spesifikasi produknya. Supaya memastikan produk yang dijual sangat berkualitas.

Rekomendasi Produk HPL Berkualitas

harga HPL updateAnda akan menemukan sangat banyak merek HPL di pasaran. Bagi yang masih awam atau tidak berpengalaman pastinya kerepotan dalam menentukan produk terbaik. Kondisi itu bisa diatasi dengan mencari pengetahuan sebanyak mungkin. Bisa juga langsung berkonsultasi dengan ahlinya. Dengan demikian, tidak kesulitan lagi dalam pemilihan produk atau mereknya.

Secara umum, HPL memiliki banyak keunggulan. Produk pelapis kayu ini terbukti lebih tahan paparan air, panas dan goresan. Semakin berkualitas produknya, maka semakin tangguh untuk melawan serangan minyak panas, terik matahari dan zat kimia berbahaya sekalipun.

HPL juga unggul dari segi desainnya. Pabrikannya menawarkan aneka warna dan motif sangat menawan. Beberapa yang menjadi favorit konsumen adalah motif kayu, batu marmer, baru granit, motif metal dan warna solid. Dengan begitu, dalam waktu singkat bisa menyulap penampilan furnitur menjadi lebih cantik. Sebab cara pemasangan HPL relatif praktis, mudah dan cepat.

Karena menggunakan bahan dasar yang handal, maka HPL menjadi sangat awet dan tahan lama. Itulah kenapa produk furnitur berlapis HPL bisa digunakan hingga bertahun-tahun. Sehingga material finishing ini sangat layak digunakan. Sebab sangat menghemat anggaran dalam memenuhi kebutuhan furnitur cantik dan tetap fungsional.

Ada banyak pilihan penjual HPL terdekat. Jika Anda tidak bisa datang ke gudangnya langsung, maka bisa memesan secara online. Salah satu yang terpercaya dan berkualitas produknya adalah IsiBangunan.com. Pilihan warna dan motifnya sangat melimpah. Kualitas sangat terjamin dengan daya tahan lama. Harganya pun sangat bersahabat.

Please rate this