Kesan sederhana dan natural disuguhkan konsep desain skandinavia. Sangat cocok diaplikasikan di setiap ruangan, salah satunya ruang tamu. Sebagai pendukung dekorasinya, Anda bisa mengandalkan material finishing HPL. Harga Taco HPL per meter cukup terjangkau. Sehingga layak dipilih untuk mempercantik dan melindungi furnitur dan interior.

Inspirasi Dekorasi Ruang Tamu Skandinavia

Gaya desain interior skandinavia sangat digemari di Indonesia. Berbagai inspirasi desainnya dengan mudah ditemukan di berbagai website atau media sosial. Jika Anda juga tertarik untuk mengaplikasikannya, berikut ini beberapa konsep yang bisa menjadi inspirasi Anda.

  1. Sertakan Elemen Kayu Khas Interior Skandinavia

Gaya skandinavia sangat kentl dengan unsur natural. Salah satunya ditunjukkan dari material furnitur atau perabotan yang digunakan. Karena itu, konsep interior ini tidak terlepas dari penggunaan furnitur kayu, lantai kayu dan dekorasi lainnya berbasis kayu. Sebagai contoh jam dinding kayu, rak buku kayu dan sebagainya.

Elemen kayu memang sangat mendominasi dekorasi interior skandinavia. Selain itu, bisa juga mengkombinasikan kayu dengan material lainnya, seperti besi atau baja. Tujuannya agar menciptakan variasi tampilan, dan memberikan kekuatan pada konstruksinya.

  1. Kombinasikan Aneka Warna Utama

Sentuhan warna dengan dominasi putih dan abu-abu muda menjadi ciri khas gaya desain skandinavia. Warna putih bisa ditorehkan pada bagian dinding atau lantai ruang tamu. Supaya ruangan lebih terlihat bersih dan terang.

Nah, untuk warna utama sofa atau kursi tamu bisa mengandalkan warna abu-abu muda. Perpaduan kedua warna tersebut mampu menampilkan kombinasi warna dinamis, ketika dipadukan bersama elemen dekorasi dengan warna pastel.

  1. Aplikasikan Bentuk Geometris

Seperti halnya konsep desain minimalis, gaya interior skandinavia juga hanya menggunakan furnitur yang sifatnya esensial atau paling diperlukan di sebuah ruangan. Selain itu, desain sederhana atau tidak rumit juga menjadi ciri khas dari furnitur untuk interior skandinavia.

Ciri khas lainnya dari konsep skandinavia adalah tampilan bentuk geometris untuk furniturnya. Seperti yang terlihat pada desain kaki-kaki kursi, lemari, meja televisi dan meja kabinet.

  1. Gunakan Furnitur Bertekstur

Furnitur yang digunakan dalam desain interior minimalis adalah yang permukaannya bertekstur mengkilap dan licin. Namun, konsep skandinavia tidak menganut prinsip seperti itu. Sebab furniturnya dirancang agar memiliki permukaan dengan tekstur yang kasar.

Hal tersebut terlihat pada penggunaan material logam, rotan, anyaman jerami dan kain untuk permukaan furniturnya. Contoh lainnya adalah pemakaian sofa berbahan linen. Model sofa ini sangat cocok ditempatkan di ruangan bergaya skandinavia.

desain ruang tamu cantik

  1. Jangan Lupakan Sentuhan Alam Agar Terasa Lebih Segar

Rasanya kurang lengkap kalau tidak menyertakan tanaman hias di dalam ruangan bergaya skandinavia. Tujuan penempatan tanaman ini untuk menyegarkan suasana dan melengkapi konsep desainnya. Karena memang desain interior skandinavia menganut konsep kembali ke alam.

Oleh karena itu, meletakkan tanaman hias diatas rak dinding dan berbagai sudut ruangan menjadikan ruang tamu tampil makin sempurna. Ada banyak ragam tanaman yang bisa digunakan. Tidak perlu yang harganya mahal. Apa saja tanaman hias yang bisa digunakan?

Beberapa pilihan tersebut antara lain kaktus mini, hydrangea, sansevieria, bougenville dan lavender. Kaktus mini bentuknya sangat cantik, sangat cocok sebagai penghias ruang tamu dan kamar mandi. Bokor atau hydrangea mempunyai ciri khas berupa bunga yang berkumpul mirip sayur brokoli. Tampilan warnanya mencolok dan cantik.

Sansevieria atau lidah mertua memiliki beragam ukuran. Sehingga bisa dimanfaatkan juga di area dalam ruangan. Sebagian orang percaya kalau bougenville bisa membawa keberuntungan. Selain tampilannya yang menawan. Nah, kalau lavender selain bentuk dan warnanya yang cantik, juga bermanfaat untuk mengusir nyamuk.

Nah, itulah beberapa ciri khas dari dekorasi ruang tamu skandinavian. Dengan penataan dan pemilihan furnitur yang tepat, dipastikan akan membuat tampilan ruang tamu semakin sempurna.

Sebagai pengganti perabotan kayu asli atau kayu solid, Anda bisa menggantinya dengan yang berbahan kayu olahan. Sekarang ini sangat mudah menemukan produk furnitur dengan bahan dasar kayu olahan, seperti multiplek, MDF, particle board dan sejenisnya di toko mebel.

Agar tampilan produk furnitur itu lebih cantik dan elegan, maka diaplikasikan material finishing khusus. Salah satu material pelapis yang paling sering digunakan adalah HPL (High Pressure Laminate). Harga Taco HPL per meter relatif terjangkau. Itulah kenapa harga produk furniturnya juga tetap ekonomis. Sangat ideal sebagai pendukung dekorasi ruang tamu skandinavia.

Produk HPL Berkualitas untuk Furnitur dan Interior Skandinavia

inspirasi ruang tamuUnsur kayu sangat lekat pada konsep dekorasi interior skandinavia. Material ini bisa diaplikasikan untuk furnitur dan elemen interior lainnya, seperti pintu, partisi dinding, lantai dan sebagainya. Tidak selamanya harus menggunakan material kayu solid. Apalagi kalau anggarannya cukup terbatas.

Solusi atas kendala tersebut sudah hadir, dengan menggunakan material kayu olahan. Tampilan material ini tetap menawan. Apalagi kalau sudah dipermanis dengan laminasi HPL. Salah satu motif favorit pelapis ini adalah kayu. Pilihan corak dan warnanya begitu melimpah. Ada ratusan varian motif kayu yang bisa menjadi pilihan terbaik bagi Anda.

Selain dapat digunakan pada papan kayu furnitur, pelapis HPL juga bisa diaplikasikan pada lantai bergaya skandinavia. Biasanya bagian lantai interior skandinavia menampilkan keindahan serat kayu. Maka Anda juga bisa melapisi lantainya dengan material pelapis HPL.

Tentunya ini semakin menghemat biaya, karena tidak harus menggunakan lantai kayu yang jauh lebih mahal Harganya. Dapatkan harga Taco HPL per meter terkini dari distributor resminya. Untuk memastikan kualitas dan daya tahannya.

Ada banyak alasan kenapa semakin banyak orang menggunakan furnitur kayu berlapis HPL. Pertama, karena tampilan motifnya yang unik dan cantik. Selain motif kayu, HPL juga hadir dengan beragam pilihan corak memikat lainnya, antara lain motif batuan alam, motif bunga, motif logam dan warna solid.

Banyaknya pilihan motif HPL tersebut, tentunya semakin memanjakan para penggunanya. Karena lebih leluasa dalam menentukan pilihan motifnya. Jadi, tidak selamanya harus menggunakan motif kayu, sebab ada juga pilihan corak lain yang tak kalah cantik.

Alasan kedua adalah HPL terbukti anti air, tahan panas, anti jamur, anti gores dan tidak mudah terbakar. Dengan berbagai kelebihan tersebut, maka menjadikan pelapis ini lebih awet dan tahan lama. Sebab tidak mudah rusak dengan berbagai ancaman paparan air, sengatan terik matahari, hawa panas kompor, serangan jamur dan sebagainya.

desain ruang tamuAlasan ketiga adalah cara pemasangan dan perawatan HPL relatif mudah serta murah. Anda tidak perlu menggunakan peralatan mahal. Karena cukup memakai kain lap untuk menyingkirkan noda dan kotoran. Agar lapisan dekoratifnya tidak mudah memudar, maka pastikan tidak menggunakan bahan atau cairan kimia berbahaya.

Alasan keempat adalah daya tahan yang mumpuni. Karena produk HPL dilengkapi beragam fitur handal di atas, maka membuat ketahanannya sangat bisa diandalkan. Dengan pemakaian produk HPL berkualitas, teknik pengerjaan yang tepat dan pengeleman yang kuat, maka pelapis ini bisa bertahan lama hingga belasan tahun.

Sedangkan alasan yang kelima adalah tentu tetap terjangkau dari segi harga Taco HPL per meter. Saat ini mudah dijumpai produk HPL dengan aneka merek dan spesifikasi. Harga yang ditawarkan sangat bervariatif. Jadi, jangan lupa untuk mencermati spesifikasi produknya, supaya mudah mengukur seberapa bagus mutunya. Sebagai rekomendasi produk HPL terbaik, Anda bisa langsung mengunjungi IsiBangunan.com.

Please rate this