Permintaan material kayu sebagai bahan baku pembuatan furnitur sangat besar. Sayangnya, kelangkaan pasokan membuat harganya semakin melambung tinggi. Sebagai solusinya telah hadir produk inovatif, dengan harga triplek HPL per meter jauh lebih terjangkau. Seberapa bagus produk laminasi HPL?

High Pressure Laminate atau yang familiar disebut dengan HPL sudah lama dikenal sebagai produk laminasi segala jenis kayu. Khususnya untuk jenis kayu olahan, yang kerap digunakan sebagai bahan baku pembuatan furnitur dan produk interior lainnya.

Material finishing ini memiliki karakteristik keras dan kaku. Oleh karena itu, memiliki ketahanan yang bagus. Produk pelapis ini sudah terbukti tahan benturan, tahan goresan, tahan kelembaban, tahan air, anti jamur dan tahan panas.

Keunggulan yang dimiliki HPL ini semakin dipercaya oleh produsen furnitur, desainer interior, arsitek dan developer perumahan. Karena sangat cocok dan tangguh untuk diaplikasikan di berbagai area, yang memerlukan ketahanan material lebih.

Sebagai contoh, permukaan atas meja agar lebih kuat, ruangan dengan kelembaban tinggi, pelapis untuk pelindung dinding, partisi dinding, bilik toilet, pelapis lantai, kitchen set dan masih banyak lagi.

Produk laminasi kayu ini diproduksi dari beberapa lapisan di bawah suhu dan tekanan sangat tinggi. Dengan begitu, bisa menghasilkan bahan finishing berkualitas tinggi dan tahan lama. Agar lebih yakin untuk menggunakan material ini, ketahui berbagai keunggulannya berikut ini.

harga HPL bermutu

  1. Bahan Finishing Kuat dan Tahan Gores

Produk inovatif ini dirancang agar memiliki ketahanan yang bagus. Supaya permukaannya tidak mudah rusak dan pudar tampilan motifnya. Untuk itu, pabrikannya memastikan kalau produk pelapis ini memiliki ketahanan yang baik terhadap air, benturan dan juga goresan.

Penggunaan plastik keras PVC menjadikan produk HPL bagus ketahanannya. Kelebihannya ini sangat layak dimanfaatkan sebagai pelapis produk furnitur. Terutama bagi perabotan yang berbahan kayu olahan, seperti MDF, multiplek dan sejenisnya.

Pelapisan permukaan kayu olahan ini menjadikan tampilan furnitur semakin memikat. Fungsi lainnya adalah bisa melindungi segala perabotan dari berbagai ancaman, seperti goresan, benturan, paparan sinar matahari, paparan air, serangan jamur dan serangga seperti rayap.

Papan kayu yang sudah terlapisi dengan HPL lebih terlindungi dari risiko kerusakan, termasuk keropos karena serangan rayap. Jamur juga tidak mudah tumbuh di permukaan pelapis sintetis ini.

Meskipun furniturnya tampil sangat menawan, tetapi tetap dijual dengan harga terjangkau. Sebab penggunaan HPL tidak akan membebani biaya produksi furniturnya. Hal itu dikarenakan harga triplek HPL per meter relatif ekonomis. Sangat ideal bagi produsen atau pengrajin mebel atau furnitur.

  1. Tahan Paparan Noda atau Kotoran

Pelapis HPL dirancang agar memiliki ketahanan yang baik terhadap paparan noda dan kotoran. Lapisan-lapisan penyusun HPL direndam di dalam resin, agar permukaannya lebih kedap air. Oleh karena itu, paparan air, noda dan kotoran tidak akan merusak pelapis ini. Pori-porinya yang sangat rapat tidak akan mudah ditembus oleh berbagai ancaman tersebut.

Hasil pengerjaan pemasangan HPL lebih bersih, jika dibandingkan dengan pengecatan dengan cat duco. Sebab pemasangan HPL dengan cara pengeleman di permukaan kayunya. Pengrajin mebel berbahan kayu olahan sangat diuntungkan dengan proses pengerjaan yang lebih praktis, tidak meninggalkan sampah, dan hemat waktu.

  1. HPL Terbukti Tahan Panas

Material finishing ini sering dimanfaatkan sebagai pelapis perabotan berisiko tinggi, seperti kitchen set. Hal itu karena terbukti memiliki ketahanan yang bagus dari kondisi atau paparan suhu tinggi. HPL tetap masih terjaga kualitasnya di bawah paparan suhu hingga 180 derajat celcius. Sangat handal bila dibandingkan dengan produk sejenis, seperti deco sheet dan taco sheet.

Oleh karena itu, produk pelapis ini juga bisa dimanfaatkan sebagai bahan finishing furnitur outdoor dan fasad bangunan. Pemakaian pelapis HPL sudah banyak diaplikasikan sebagai wall cladding. Dengan begitu, memberikan sentuhan berbeda pada tampilan fasad rumah atau bangunan.

harga meja HPL

  1. Material Finishing Kedap Udara

Produk laminasi tekanan tinggi ini memiliki kemampuan untuk kedap udara. Oleh karena bisa mencegah infiltrasi air dan cairan lainnya. Sehingga penyerapan terhadap air relatif rendah. Hal ini membuat produk pelapis ini lebih stabil terhadap perubahan kondisi lingkungan.

  1. Bahan Laminasi yang Higienis

HPL merupakan salah satu produk laminasi yang paling higienis. Bakteri bisa hidup dan berkembangbiak di permukaan furnitur. Apalagi kalau tingkat kelembabannya cukup tinggi, sudah pasti akan disenangi jamur dan bakteri. Namun, mikroorganisme tersebut tidak bisa bertahan hidup di permukaan laminasi HPL.

Hal itu disebabkan oleh ketahanan HPL yang sangat tinggi terhadap kondisi lembab. Sehingga produk pelapis ini layak diklaim sebagai bahan laminasi higienis atau anti bakteri dan anti jamur. Permukaan material finishing ini sangat padat, sehingga tidak mampu ditembus oleh cairan dan kotoran yang bisa membawa bakteri.

  1. Tahan Terhadap Paparan Sinar Ultraviolet

Stabilitasnya terhadap paparan cahaya dan sinar ultraviolet menjadikan HPL sangat tangguh. Dengan begitu, konsistensi tampilan warna dan coraknya tidak mudah terpengaruh. Inilah kenapa produk laminasi ini tidak mudah memudar tampilannya.

Sangat berbeda jauh dengan produk laminasi yang rendah kualitasnya. Sengatan terik matahari dengan mudah bisa membuat tampilannya pudar. Sehingga estetikanya menurun dan tidak menarik lagi. Karena itu, tidak cocok ditempatkan di area yang sering terpapar sinar matahari.

  1. HPL Adalah Laminasi yang Anti Statis

Apa maksud dari anti statis? Maksudnya adalah tidak menarik debu atau partikel kecil yang mudah menguap ke udara. Jadi Anda tidak perlu khawatir dengan paparan atau penumpukan debu di permukaan pelapis ini. Sangat ideal digunakan di rumah, apalagi ada anggota keluarga yang memiliki alergi terhadap debu.

  1. Produk Laminasi Ramah Lingkungan

Produk HPL berkualitas diproduksi dengan mengikuti kaidah yang benar. Dengan tidak menggunakan kandungan berbahaya sebagai bahan bakunya. Sehingga tidak menimbulkan pencemaran alam dan mengganggu kesehatan manusia.

Pada dasarnya, lembaran HPL dibuat dari inti serat kayu yang ditutupi lembaran kertas dan dibasahi dengan resin. Penggunaan tinta atau pigmen pembentuk warna dan motif juga tetap aman. Jadi bisa dibilang tanpa efek samping, sehingga terjamin keamanannya untuk penggunaan di rumah tinggal, perkantoran dan bangunan komersil lainnya.

HPL untuk ruang makan

  1. Bantu Tingkatkan Estetika

Selain kuat dan tahan lama, penggunaan pelapis HPL sangat efektif untuk meningkatkan estetika produk mebel, interior dan eksterior. Pilihan warna dan corak pelapis ini sangat melimpah. Tidak hanya puluhan tapi hingga ratusan motif kreatif.

Pengguna material finishing ini akan menemukan banyak desain cantik dan elegan. Sehingga bisa disesuaikan dengan selera atau gaya bangunan.

  1. Mudah Dipasang dan Dibersihkan

Salah satu keunggulan dari produk HPL adalah metode pemasangannya yang praktis dan hemat waktu. Dengan begitu, bisa sekaligus menghemat tenaga dan kebutuhan biayanya. Selain itu, pelapis furnitur ini juga mudah dalam perawatannya.

Untuk membersihkanya dari paparan noda dan kotoran cukup mengandalkan alat pembersih kaca dan kain lembut atau mikrofiber. Air bisa digunakan untuk menyingkir noda membandel. Kemudian keringkan dengan kain lap.

  1. Harga HPL Tetap Ekonomis

Dengan segala kelebihan di atas, harga triplek HPL per meter tetap bersahabat. Jadi Anda bisa menghemat anggaran untuk pemenuhan kebutuhan furnitur dan dekorasi interior. Pastikan Anda mendapatkan produk HPL berkualitas hanya di IsiBangunan.com!

Please rate this