Ada berbagai cara yang bisa dilakukan, agar hunian dengan lahan terbatas tetap terasa lapang. Penataan furnitur dan interiornya harus tepat. Selain terasa lega juga akan menciptakan kesan nyaman. Sebagai material pendukung bisa mengandalkan HPL. Karena harga HPL Eco cukup ekonomis, sehingga membantu menghemat anggaran dalam mendekorasi setiap ruangan.

Untuk mengaplikasikan dekorasi interior yang sesuai untuk rumah berukuran mungil, tentunya membutuhkan pengetahuan dan kreativitas tersendiri. Nah, setidaknya dengan panduan berikut ini bisa menambah wawasan untuk siapa saja yang ingin mendekor ulang hunian kesayangannya. Apa saja tips yang dapat diaplikasikan?

  1. Aplikasikan Warna Cerah dan Atraktif

Pemilihan dominasi warna untuk rumah sangat penting untuk dipertimbangkan. Jika ingin menampilkan warna yang menenangkan, bisa mengaplikasikan warna lavender, biru atau hijau. Anda juga bisa memilih warna yang terasa nyaman di mata, dengan mengaplikasikan warna putih dan netral.

Secara psikologis, warna yang diaplikasikan pada rumah tinggal bisa memberikan efek mendalam bagi kondisi emosional para penghuninya. Sebagai contoh kalau hunian didominasi warna biru, maka merasa lebih tenang. Sehingga kemungkinan bisa membantu menurunkan tekanan darah dan detak jantung.

kamar tidur minimalis

  1. Tempatkan Tanaman di Dalam Ruangan

Langkah ini tidak sekadar untuk menghijaukan ruangan saja. Akan tetapi juga sebagai filter udara alami serta pelembab udara. Secara alamiah terbukti kalau efek menenangkan dapat dirasakan, ketika berada di sekitar tanaman. Jadi, interaksi manusia dengan tanaman bisa mengurangi stres psikologis dan fisiologis.

Menempatkan tanaman di dalam ruangan sangat efektif untuk menciptakan perasaan tenang dan nyaman. Dengan catatan selama tanaman hias tersebut tidak memicu terjadinya alergi apapun. Lalu, jenis tanaman apa saja yang bisa disertakan di dalam ruangan?

Jenis tanaman hiasnya sangat banyak dan bisa diletakkan di setiap ruangan. Harganya dari yang murah sampai mahal, tergantung kesukaan dan ketersediaan budget-nya. Beberapa jenis tanaman hias tersebut adalah lidah mertua, kataka, philodenron, monstera, bunga mawar, lavender, geranium, anggrek, lily, english ivy dan sebagainya.

  1. Ciptakan Zona Bebas Teknologi

Kemajuan teknologi sangat membantu aktivitas dan kebutuhan manusia. Sayangnya, hal ini juga mendatangkan efek buruk. Karena itu, harus bisa mencegah dampak negatifnya agar tidak mengganggu kesehatan fisik dan psikis.

Aktivitas penggunaan gawai begitu besar sekarang ini. Kebiasaan memantau media sosial, email, berkomunikasi, bekerja di depan laptop dan sebagainya terjadi setiap hari. Karena itu, manusia seakan tidak bisa terpisahkan dengan perangkat dan teknologi.

Sayangnya, penggunaan gadget dalam keseharian juga mendatangkan pengaruh negatif. Pemakaian yang konstan ternyata bisa meningkatkan risiko stres. Oleh karena itu, sebisa mungkin untuk melepas ketergantungan tersebut. Dengan mengurangi durasi pemakaiannya, supaya bisa menekan dampak buruknya.

Setidaknya ketika berada di rumah bisa mengurangi penggunaan gadget, seperti smartphone dan laptop. Cara ini bisa mengurangi gangguan digital. Sehingga hunian bisa terbebas dari detoks atau racun akibat keseringan pemakaian gawai. Dengan begitu, bisa tercipta lingkungan yang lebih santai, nyaman dan menenangkan.

Ruangan yang sebaiknya bebas dari aktivitas gadget adalah kamar tidur. Sebab cahaya biru yang dipancarkan perangkat elektronik bisa mempengaruhi kualitas tidur. Oleh karena itu, ruangan privasi ini harus menjadi zona bebas teknologi.

Ruang makan juga sebaiknya menjadi zona bebas teknologi selanjutnya. Agar suasana makan terasa lebih santai, tanpa meletakkan gawai di meja makan. Anda akan lebih menikmati setiap hidangan di meja makan. Anda bisa menerapkan cara ini di setiap ruangan. Memang tidak bisa menghilangkan sama sekali, tetapi setidaknya bisa mengurangi ketergantungan atau aktivitasnya.

interior rumah minimalis

  1. Tata Perabotan Secara Tepat

Kebanyakan orang pastinya lebih merasa nyaman bersantai di rumah yang tertata dengan rapi, daripada yang berantakan. Siapa saja pastinya ingin memiliki hunian yang selalu bersih, rapi dan enak dipandang. Sayangnya, keinginan itu terkadang sulit terwujud. Apalagi bagi mereka yang masih memiliki anak kecil.

Lalu bagaimana cara mengatasi kekacauan di dalam rumah ini? Sampah kertas, bungkus makanan, mainan yang berserakan adalah beberapa contoh penyebab kekacauan di dalam rumah. Untuk mengatasinya, Anda bisa menempatkan tempat sampah dan kotak penyimpanan. Dengan cara ini bisa sekaligus mengajari anak-anak untuk menjaga kebersihan. Sekaligus bisa merapikan mainannya sendiri.

Kebersihan di dalam kamar mandi juga harus diperhatikan. Agar suasana ruangan ini juga tetap enak dipandang. Anda bisa memaksimalkan tempat penyimpanan keperluan mandi. Dengan cara menempatkan lemari atau rak sebagai tempat penyimpanannya.

Memang terkadang meskipun sudah menerapkan berbagai cara di atas, kebersihan dan kerapian tidak langsung tercipta. Oleh karena itu, tetap harus diimbangi dengan rutinitas bersih-bersih. Anda bisa membuat agenda khusus. Bisa setiap hari atau setiap minggu, agar tidak terasa berat.

  1. Gunakan Furnitur Fungsional

Perlu siasat khusus agar ruangan kecil tetap terasa lega dan nyaman. Salah satunya dengan menggunakan furnitur atau perabotan fungsional. Desain furnitur ini biasanya mengusung konsep minimalis modern. Dengan ukuran yang ideal bagi hunian mungil. Sehingga tidak memakan tempat, mudah dalam perawatan dan multifungsi.

Sudah banyak produk furnitur fungsional yang dijual di pasaran. Anda bisa membeli sesuai dengan kebutuhan. Harga jualnya pun masih terjangkau, sehingga tetap ramah di kantong. Perabotan ini biasanya berbahan kayu solid, kayu olahan atau dipadukan dengan elemen besi.

Desain furniturnya pun sangat cantik dan inovatif. Salah satu yang menjadi favoritnya adalah perabot kayu berlapis HPL (High Pressure Laminate). Produk pelapis ini sangat populer di dunia desain interior. Kualitasnya prima, daya tahannya tangguh, banyak kreasi desain cantik dan harga HPL Eco tetap ekonomis.

Keunggulan Furnitur Berlapis HPL

dekorasi interior minimalisHPL sudah terbukti sebagai bahan finishing dekoratif paling tahan lama. Sehingga menjadi favorit para pelaku usaha interior. Fungsi dari material ini adalah sebagai lapisan luar beragam produk interior. Sebagai contohnya adalah boot pameran, meja kafe, meja kantor, nakas, lemari pakaian, kitchen set, partisi ruangan dan sebagainya.

Pilihan motifnya sangat banyak, antara lain motif denim, flower, stone, metal, pattern, urat kayu, warna solid dan masih banyak lagi lainnya. Untuk pilihan laminasi permukaannya bisa memilih glossy, doff atau yang bertekstur.

Material finishing ini semakin digemari karena metode pemasangannya yang sangat praktis. Sehingga tidak memakan waktu, tenaga dan biaya besar. Selain itu, bahan pelapis kayu ini juga mudah dibersihkan, ramah lingkungan, terbukti anti air, anti jamur, anti gores dan tahan panas.

Varian warna dan motifnya sangat melimpah. Sangat ideal untuk menghias furnitur dan interior bergaya minimalis serta modern. Selain bisa memberikan sentuhan keindahan, sekaligus bisa memberikan perlindungan. Karena itu, furnitur tidak mudah rusak dan panjang usia pemakaiannya.

Yuk, cek langsung harga HPL Eco terbaru hanya di IsiBangunan.com! Dapatkan penawaran produk berkualitas dan banyak pilihan desain cantik dengan harga sangat bersaing.

Please rate this