Menyiapkan kamar tidur untuk ditempati dua buah hati sekaligus tentunya membutuhkan trik khusus. Supaya setiap anak merasa nyaman. Karena didukung dengan dekorasi cantik dan penataan yang tepat. Pastikan memilih perabotan yang sesuai. Harga HPL Taco Tiero yang ekonomis sangat ideal diandalkan sebagai pemanis interior.

Ada berbagai cara yang dapat diterapkan, agar kamar tidur anak lebih enak dipandang. Selain itu, kenyamanan juga sangat dirasakan buah hati. Sehingga menjadikannya tempat favorit untuk bermain, belajar dan beristirahat. Nah, apa saja kiat yang bisa dilakukan dalam menata kamar tidur anak? Khususnya yang ditempati dua anak.

  1. Gunakan Ranjang Susun yang Kuat

Ranjang atau tempat tidur adalah salah satu furnitur yang membutuhkan banyak ruang. Karena ukurannya yang cukup besar. Kalau area kamar tidurnya terbilang sempit, maka terlihat sumpek dan tidak bisa memasukkan perabot atau barang kebutuhan lainnya.

Apalagi kalau harus menempatkan dua ranjang di dalam kamar. Sudah pasti membuat tidak ada lagi sisa tempat untuk menaruh perabotan lain. Nah, sebagai solusi yang paling praktis untuk menyelesaikan permasalahan tersebut adalah dengan menempatkan ranjang susun atau bunk bed.

Karena memang model tempat tidur ini dirancang agar praktis dalam penggunaan dan tidak membutuhkan banyak ruang. Supaya perabot ini mendukung aktivitas tidur anak, pastikan kualitasnya sangat bagus. Materialnya harus berkualitas, agar mendukung kekuatan dan keamanan.

Kalau kalau kualitas bahan bakunya rendah, maka sangat berbahaya bagi buah hati. Ranjang bisa saja roboh dan berbahaya bagi anak-anak. Tempatkan juga kasur yang nyaman, supaya buah hati bisa menikmati aktivitas tidurnya.

Penting untuk untuk memperhatikan ketinggian ranjang susunnya. Tinggi ranjang jangan terlalu dekat dengan plafon atau langit-langit ruangan. Supaya sirkulasi udaranya tetap baik dan mendukung anak bisa tidur nyenyak.

dekorasi kamar anak

  1. Wajib Gunakan Furnitur Fungsional

Ukuran kamar tidur anak yang mungil memang memberikan tantangan tersendiri dalam penataannya. Karena sebisa mungkin bisa mengoptimalkan penataan ruang yang terbatas. Selain itu, tantangan lainnya adalah bagaimana agar kondisi kamar selalu rapi sehingga enak dilihat.

Memang kamar tidur anak identik dengan barang-barang yang berserakan. Namun tentunya hal itu tidak boleh menjadi kewajaran. Anak-anak harus dilatih untuk menata kamarnya secara mandiri. Untuk itu, berikan dukungan dengan menyediakan tempat atau ruang penyimpanan memadai.

Selain berfungsi sebagai tempat tidur, ranjang susun juga bisa dimanfaatkan sebagai ruang penyimpanan. Karena bisa dirancang agar memiliki beberapa bagian sebagai tempat menyimpan barang. Perabotan multifungsi ini pastinya sangat memudahkan dalam penataan kamar anak.

Bahkan berbagai kreasi ranjang susun juga semakin unik dan menarik. Selain menyediakan ruang penyimpanan, ada juga yang didesain sekaligus dilengkapi dengan meja belajar.

  1. Manfaatkan Setiap Sudut Ruangan

Wadah penyimpanan sangat diperlukan kamar tidur anak.  Apalagi kalau kamar ditempati oleh dua buah hati. Maka kebutuhan ruang penyimpanan barang lebih banyak. Sebagai alternatifnya, Anda bisa memanfaatkan setiap sudut ruang kamar tidur. Bahkan bagian belakang pintu pun bisa ditambahkan fungsi sebagai tempat penyimpanan.

Lemari-lemari sebagai tempat simpan bisa dibuat di bagian kanan dan kiri dari ranjang susun. Termasuk juga membuat atau menempatkan meja belajar. Cara ini sangat efektif agar tersisa lebih banyak ruang di kamar anak. Bagian belakang pintu bisa untuk menempatkan gantungan sepatu atau gantungan baju.

Bagaimana untuk kotak penyimpanan mainan anak. Anda bisa memanfaatkan sliding toy box atau lemari dengan baki. Bisa juga menyediakan kotak penyimpanan transparan, sehingga buah hari mudah dalam mencari mainan favoritnya. Sekaligus mengajarkan mereka untuk membereskan dan menyimpan mainannya kembali ke dalam kotak tersebut.

Cara lainnya dengan memasang kabinet dinding atau rak gantung di atas meja belajar. Fungsi dari perabot tersebut adalah untuk mengganti rak buku. Sehingga memudahkan dalam menaruh buku atau barang lainnya. Trik ini juga memudahkan dalam mendapatkan buku yang dibutuhkan.

  1. Kolaborasi Warna untuk Dua Karakter yang Berbed

Tempat tidur harus memberikan kenyamanan bagi dua buah hati. Karena mereka tinggal di ruangan yang sama, maka itu berarti menyatukan dua karakter yang berbeda. Apalagi kalau usia anak terpaut cukup jauh, dan berbeda jenis kelamin.

Jadi, warna ruangan ini tidak boleh terlalu maskulin atau feminim. Juga tidak terlihat terlalu kekanakan atau sebaliknya. Nah, bagaimana supaya desain kamar tidurnya bisa mewakili kepribadian kedua anak? Caranya dengan memadukan warna cat, agar sesuai dengan karakter buah hati.

Bagian dinding yang tidak tertutupi ranjang susun bisa dihias dengan kolaborasi warna cat tertentu. Kombinasi warna tersebut bisa dimanfaatkan sebagai pemisah area personal setiap anak. Karena tidak semua warna bisa dipadukan, maka biarkan buah hati memilih warna favoritnya. Lalu, tentukan satu warna utama dan mereka bisa menentukan warna lain sebagai kombinasinya.

kamar anak minimalis

  1. Ciptakan Ruang Personal Bagi Setiap Anak

Setiap anak bisa memiliki privasi, meskipun mereka berbagai kamar tidur. Sebagai contoh, Anda bisa menyediakan dua meja belajar dan biarkan mereka menghiasnya sendiri sesuai keinginan. Lengkapi juga dengan kursi yang nyaman.

Sekat ruangan juga bisa ditempatkan sebagai pembatas ruang personal anak. Cara lainnya dengan menggunakan lemari pakaian sebagai penyekat dan perbedaan warna cat pada bagian dindingnya.

Cara ini terbilang efektif agar anak-anak juga bisa merapikan tempat personalnya. Termasuk menyimpan semua barang pribadinya. Agar tidak tertukar atau tercampur. Sebagai penanda setiap barang bisa juga menempelkan label, agar bisa menuliskan nama sesuai pemiliknya.

Nha, itulah beberapa contoh tips yang dapat diterapkan dalam menata kamar anak. Khususnya kalau ditempati oleh dua buah hati. Tentunya masih banyak kiat lain yang dapat dilakukan. Supaya berfungsi sebagai tempat istirahat, bermain dan belajar yang nyaman bagi buah hati tercinta.

Keberadaan furnitur di kamar tidur sangat mendominasi. Oleh karenanya sangat penting dalam pemilihannya. Tentukan model, material, warna dan harga yang sesuai. Kualitas harus senantiasa menjadi prioritas. Agar semua perabot yang digunakan lebih awet dan panjang masa pakainya.

Salah satu material yang diandalkan dalam pembuatan furnitur adalah bahan pelapis HPL (High Pressure Laminate). Harga bahan finishing furnitur ini relatif terjangkau, banyak pilihan warna dan motif, serta sudah terjamin kehandalannya.

Dengan segala keunggulan tersebut, maka material HPL semakin diandalkan dalam pembuatan perabot rumah bahkan perkantoran. Umumnya, bahan pelapis ini diaplikasikan pada furnitur kayu olahan. Sehingga tampilannya cantik menyerupai kayu asli atau kayu solid.

Selain hadir dengan motif kayu eksotis, banyak juga pilihan corak lain yang menawan, seperti batu alam, bunga, metal, warna solid dan lain sebagainya. Jadi semakin banyak tampilan furnitur cantik yang bisa diciptakan.

Segera kunjungi IsiBangunan.com, bila Anda membutuhkan informasi harga HPL Taco Tiero terbaru! Dapatkan produk HPL berkualitas tinggi, banyak varian motif dan terbukti tahan lama. Sehingga tidak mudah rusak atau pudar warnanya.

Please rate this