Sentuhan dekoratif juga diperlukan untuk lantai rumah atau bangunan. Dengan pemilihan material berkualitas dan estetik akan hadirkan keindahan yang sempurna. HPL bisa dipilih sebagai material penutup lantai. Selain cantik tampilannya dan terbukti tahan lama, harga HPL untuk lantai juga relatif terjangkau.

Gunakan Motif HPL Sesuai Fungsi Ruangan

Penampilan lantai rumah terlihat sudah tidak menarik? Saatnya melakukan renovasi atau mendesain ulang dengan material yang lebih dekoratif. Salah satu material yang semakin banyak digunakan adalah HPL HPL (High Pressure Laminate). Tidak sekadar mengikuti tren, namun bahan finishing ini memang sangat ideal sebagai bahan dekorasi lantai.

Dengan pemilihan produk berkualitas, warna dan motif yang cantik, dan ketebalan yang sesuai, maka bisa menyulap tampilan lantai setiap ruangan lebih memikat. Selain pertimbangan tersebut, penting juga untuk memikirkan aspek kenyamanan dan keamanan.

Bahan laminasi HPL sudah terbukti aman digunakan, sehingga tidak mengganggu kesehatan manusia. Kenyamanan juga sangat diperhatikan, sehingga selain digunakan sebagai bahan pelapis furnitur kayu, juga bisa diandalkan sebagai material penutup lantai.

Dalam pemilihan warna dan corak HPL harus memerhatikan konsep atau tema ruangan, fungsi ruangan dan luasnya. Dengan begitu, penggunaan material tersebut tetap mendukung keindahan hunian. Bukan sebaliknya, karena pemilihan motif yang tidak tepat, maka hanya merusak keindahan ruangan.

Fungsi ruangan harus diperhatikan, sebab sangat mempengaruhi pilihan material atau finishing yang digunakan. Sebagai contoh, pelapis untuk lantai kamar mandi memang kurang ideal menggunakan laminasi HPL. Lebih cocok menggunakan ubin dengan tipe rustic atau kasar.

Penutup lantai tersebut digunakan pada area yang intensitas terkena airnya sangat tinggi. Tujuan penggunaannya supaya tidak mudah licin ketika diinjak kaki. Selain kamar mandi basah, lantai carport atau garasi mobil juga lebih cocok menggunakan penutup lantai tipe rustic.

Walaupun tidak menutup kemungkinan, jenis ubin kasar juga digunakan pada ruangan bagian dalam rumah, seperti kamar tidur dan ruang keluarga. Jadi pastikan pemilihan material pelapis kayunya disesuaikan dengan konsep yang akan diterapkan pada ruangan.

Nah, pada umumnya ruangan area kering, seperti ruang tamu, ruang keluarga, kamar tidur, ruang makan dan dapur bisa menggunakan penutup lantai jenis unpolished atau tidak mengkilap dan polished atau mengkilap. Kalau produk pelapis HPL menggunakan istilah glossy (mengkilap) dan matte atau doff (tidak mengkilap).

Jadi bisa disimpulkan kalau HPL bisa menghiasi sebagian besar lantai rumah. Termasuk area dapur yang cukup riskan, karena sering terpapar air, minyak panas dan sebagainya. Material penutup lantai ini terbukti bisa diandalkan. Sebab diperkuat dengan berbagai kelebihan, seperti anti air, tahan panas, anti jamur, anti gores, anti rayap dan tidak merambat api.

Dengan semua kelebihan tersebut, ternyata harga HPL untuk lantai masih ekonomis. Dengan begitu, lebih menghemat anggaran dalam mendekorasi lantai. Apalagi kalau lantainya terbilang luas. Karena relatif mudah dan praktis dalam pemasangannya, maka waktu pengerjaannya lebih singkat.

Proses pemasangan HPL yang cepat, sudah pasti semakin menghemat tenaga, waktu dan biaya.  Dengan demikian, dalam waktu tidak lama sudah bisa terlihat hasil pengerjaannya.

Sesuaikan Motif HPL dengan Luas Ruangan

harga pelapis HPL kayuSelain harus memerhatikan fungsi ruangan, perlu juga menyesuaikan pemilihan motif HPL berdasarkan luas ruangan. Sebagai contoh, Anda mengusung gaya industrial pada ruangan, maka pilihlah warna HPL monokrom, dengan tampilan motif semen atau batu.

Sedangkan untuk tipe ruangan minimalis bisa mengandalkan warna cerah. Supaya bisa menghadirkan kesan lapang di setiap ruangan. HPL diluncurkan dengan sangat banyak varian warna dan motif menawan. Jumlahnya mencapai ratusan, sehingga konsumen tidak akan kehabisan pilihan.

Ada banyak pilihan motif yang dapat diandalkan, antara lain motif bunga, motif batu alam, motif kayu, motif metal, warna solid dan masih banyak lagi. Semua kreasi desainnya sangat cantik dan elegan. Sehingga bisa diaplikasikan di seluruh gaya bangunan.

Sekarang ini merek HPL sangat banyak yang beredar di pasaran. Bahkan setiap merek mengeluarkan kreasi motif dan warna masing-masing. Apalagi dengan tawaran harga HPL untuk lantai yang semakin terjangkau, maka semakin tidak ada alasan lagi untuk tidak menggunakan material dekoratif ini.

Jangan Lupakan Aspek Kualitas HPL

jual HPL JakartaSeperti disinggung di atas, pasar HPL di Indonesia diramaikan banyak merek atau brand. Bahkan merek-merek HPL tersebut tidak hanya merupakan produk lokal saja. Sebab beberapa diantaranya merupakan produk asal luar negeri atau impor.

Apapun merek dan asal produk HPL, yang terpenting adalah mengenali kualitasnya. Boleh saja memilih yang harganya paling murah, namun harus dipastikan kualitasnya sesuai harapan. Jangan sampai menyesal membeli produk HPL harga murah, sayangnya rendah kualitasnya.

Lebih baik membeli pelapis HPL dengan harga sedikit lebih mahal, tetapi kualitasnya bisa diandalkan. Apalagi harapannya bahan dekoratif tersebut bisa bertahan lebih lama. Maka jangan sampai tergoda merek HPL bermutu buruk, meskipun ditawarkan dengan harga paling murah.

Jadi pastikan selalu mengutamakan segi kualitas produk HPL. Selalu mencermati spesifikasi produknya, ketebalan dan sertifikasi yang sudah didapatkan. Produk laminasi HPL yang bagus pastinya sudah mendapatkan pengakuan atau sertifikasi. Baik mengenai keamanan produk maupun kualitasnya.

Pabrikan yang memproduksi HPL semakin banyak. Setiap produsen bahkan bisa meluncurkan beberapa merek sekaligus. Dengan tujuan untuk menjaring seluruh target pasar. Jadi produk HPL tersebut diluncurkan dengan berbagai tingkatan kualitas.

Mencari banyak informasi atau berkonsultasi dengan tenaga ahli, sangat disarankan jika masih awam dengan produk HPL. Supaya bisa mendapatkan rekomendasi produk dan harga HPL untuk lantai terbaik.

Toko HPL Terpercaya

mendekor kamar tidurJaringan distribusi produk HPL semakin luas, sehingga mudah menemukannya di berbagai kota. Kondisi tersebut pastinya sangat memudahkan masyarakat untuk mendapatkan produk pelapis lantai tersebut. Namun, pastikan tempat membelinya sangat terpercaya.

Selain menyediakan produk, biasanya toko atau penjual HPL juga menawarkan jasa pemasangan. Layanan lengkap tersebut semakin memudahkan konsumen. Sehingga tidak perlu pusing memikirkan cara instalasinya. Pada umumnya jasa pemasangan HPL tersebut ditawarkan dengan hitungan per meter persegi. Kisaran biayanya sangat tergantung dari merek HPL yang digunakan.

Namun, bila Anda ingin memasang pelapis lantai tersebut secara mandiri tentunya lebih menghemat biaya. Anda cukup membeli lembaran HPL, perekat dan peralatan lain yang diperlukan. Dengan begitu, proses pemasangan berjalan lancar dan cepat selesai.

Selain bisa datang langsung ke toko atau distributor HPL, Anda juga bisa memesan produk tersebut secara online. Ada banyak penjual yang menawarkan produk ini. Pastikan penjualnya bisa dipercaya. Kalau menemukan produk dengan harga di luar kewajaran, sebaiknya segera ditinggalkan. Sebab dikhawatirkan merupakan aksi penipuan, yang sering terjadi di dunia maya.

Masih penasaran dengan produk dan harga HPL untuk lantai? Anda bisa langsung mengakses IsiBangunan.com. Importir bahan dekorasi bangunan ini sudah terbukti terpercaya. Produk yang disediakan juga sudah terjamin kualitas dan keamanannya. Bahkan sudah dilengkapi dengan berbagai sertifikasi.

 

Please rate this