Harga HPL (High Pressure Laminate) di pasaran sangat bervariatif, karena terkait dengan merek, ketebalan dan kualitasnya. Semakin tebal dan bagus mutunya pastinya akan dibanderol dengan harga lebih tinggi. Anda bisa mendatangi distributor resmi, untuk mengetahui harga HPL per meter 2021 terbaru.

HPL Tampil Lebih Gaya Dibandingkan Cat Duco

HPL merupakan laminasi yang dibuat dengan tekanan dan suhu sangat tinggi. Produk ini sudah sangat populer, karena lazim digunakan sebagai bahan finishing produk mebel dan permukaan interior bangunan. Khususnya untuk furnitur atau perabotan berbahan kayu olahan, seperti multipleks, MDF dan sebagainya.

Produk furnitur tersebut antara lain kitchen set, kabinet, lemari pakaian, rak buku, meja belajar anak dan masih banyak lagi. Sedangkan permukaan interior yang dimaksud, seperti pintu, jendela, meja, partisi dinding, pelapis plafon, pelapis lantai dan sebagainya.

Seiring peningkatan produk finishing yang ramah lingkungan, maka HPL bisa menjadi salah satu pilihannya. Penggunaan pelapis kayu ini secara otomatis akan mengurangi penggunaan kayu solid. Apalagi ketersediaan kayu berkualitas di alam semakin langka.

Pemakaian kayu olahan dan dipercantik dengan lapisan HPL, sangat ideal untuk digunakan saat ini. Sebab harga jual perabotan menjadi lebih murah. Akan tetapi dengan kualitas produk yang tetap bisa diandalkan. Walaupun dari segi harga lebih terjangkau, tetapi penampilannya tidak kalah cantik dengan furnitur kayu solid.

Kehadiran produk HPL juga semakin menggerus pemakaian cat semprot melamin atau cat duco, yang juga sudah lama digunakan sebagai bahan finishing mebel. Apalagi warna dan motif yang ditampilkan produk HPL lebih menawan dan bervariatif.

HPL tidak hanya menghadirkan keindahan serat kayu saja. Sebab sudah banyak pabrikan yang meluncurkan produk bermotif warna polos atau warna solid, motif metal, dan motif batu alam seperti marmer serta granit. Inilah salah satu alasannya kenapa penggunaan pelapis HPL semakin diminati masyarakat. Dengan segala keunikan dan kualitasnya, harga HPL per meter 2021 masih tetap terjangkau.

HPL Lebih Mudah Dipasang dan Tahan Lama

teknik pemasangan HPLProses pemasangan lembaran HPL relatif lebih mudah, daripada bahan finishing lainnya. Oleh karena itu, lebih hemat waktu, tenaga dan biaya. Cara memasang lapisan kayu ini cukup dengan mengoleskan lem atau perekat pada dasar lembaran HPL dan permukaan papan kayu.

Selanjut dilakukan penekanan agar kedua bidang bisa menempel dengan kuat. Pastikan tidak terdapat gelembung udara, karena bisa membuat pemasangan terlihat kurang rapi. Pemasangan lapisan HPL pada bidang datar sangat mudah dan cepat. Tantangan baru terasa saat pemasangan pada bidang lengkung atau sudut kecil.

Tekstur pelapis HPL identik dengan keras dan kaku, namun bukan berarti hanya bisa diaplikasikan pada bidang datar dan luas saja. Akan tetapi di bagian papan kayu dengan bentuk melengkung. Termasuk bisa dipasang pada bagian tepian furnitur. Karena sudah tersedia produk edging, yang memudahkan pemasangan pada bagian sudut.

Lembaran HPL sangat mudah dipotong bahkan dengan cutter. Nah, supaya tetap cantik setelah terpasang pada furnitur, maka pastikan pemotongan dikerjakan dengan rapi dan presisi. Pengeleman harus sangat kuat, agar lembaran HPL tidak gampang terlepas. Jika sampai terjadi pastinya mengurangi estetika furnitur.

Tingkat elastisitas produk HPL berbeda-beda setiap mereknya. Hal itu terkait dengan tingkat ketebalannya. Secara umum, produk berkualitas tidak mudah patah ketika dilengkungkan. Oleh sebab itu, harus selektif dalam pemilihan produknya.

Banyaknya pilihan warna dan corak HPL, sangat memudahkan Anda menemukan desain sesuai keinginan. Tampilan motifnya merata, jadi tidak terlihat belang-belang. Dengan begitu, setiap sisi furnitur bisa tampil cantik.

Jika permukaan kayu asli biasanya kurang tahan terhadap paparan air, panas, dan zat kimia, maka lapisan HPL sanggup melawan berbagai ancaman tersebut. Karena memang produk finishing ini sudah dilapisi dengan kekuatan khusus. Inilah kenapa lapisan furnitur tidak mudah pudar warnanya, dan lebih awet sehingga panjang masa pemakaiannya.

Nah, Anda tertarik untuk melapisi furnitur dan dekorasi interior menggunakan lapisan HPL? Kalau Anda kurang yakin untuk melakukan pemasangan secara mandiri, maka pastikan menggunakan jasa pasang profesional dan berpengalaman. Untuk memastikan hasil lebih memuaskan, kuat dan terlihat lebih estetik.

Pemilihan tukang pasang juga aspek yang penting diperhatikan, selain harga HPL per meter 2021. Penyedia produk dan jasa pasang sangat mudah ditemukan di internet. Pilihlah yang terdekat dengan lokasi Anda, namun dengan catatan sudah terpercaya.

Tips Merawat Furnitur dengan Finishing HPL

tips membersihkan pelapis HPLSecara umum perawatan perabotan berlapis HPL relatif mudah dan hemat. Sebab sangat mudah untuk dibersihkan, sehingga tidak memerlukan banyak tenaga, waktu dan biaya. Seperti apa cara pemeliharaan lapisan HPL, agar selalu tampil cantik?

  1. Cara tepat membersihkan noda bandel pada lapisan HPL

Paparan debu, noda dan kotoran tentunya tidak bisa dihindari. Oleh karena itu, furnitur juga membutuhkan perawatan tepat dan berkala, agar kotoran tidak menumpuk dan lebih sulit untuk dibersihkan. Jadi jangan sampai menunggu debu dan kotorannya menebal.

Apalagi kalau terlihat noda membandel menempel pada permukaan furnitur, pastinya harus segera disingkirkan. Anda bisa mengandalkan lap kering dengan bantuan air, agar lebih ringan dalam membersihkan kotoran tersebut.

Sangat tidak disarankan untuk memakai cairan alkohol atau thinner dalam proses pembersihan kotoran. Sebab cairan tersebut hanya akan merusak permukaan HPL. Lalu bagaimana kalau nodanya sangat bandel sehingga sangat sulit disingkirkan?

Anda bisa mengandalkan campuran air dan baking soda. Kemudian gunakan sikat berbulu halus untuk menggosok permukaan yang terdapat noda membandel. Sikat gigi bekas juga bisa dimanfaatkan untuk alat kebersihan tersebut. Jangan menggosok terlalu kuat, tetapi cukup dengan perlahan. Sebab kalau menyikat terlalu keras juga bisa merusak lapisan HPL. Apalagi untuk HPL dengan tampilan glossy.

  1. Cara meningkatkan keawetan lapisan HPL

Nah, selain rutin melakukan perawatan seperti yang dianjurkan di atas, Anda juga bisa mencegah kerusakan lebih cepat dengan berbagai cara mudah.

Sangat tidak disarankan untuk menaruh furnitur di tempat yang terpapar terik matahari secara langsung. Walaupun produk HPL berkualitas sudah dilengkapi fitur tahan panas, namun tetap lebih baik jika menghindari paparan panas tersebut. Jadi ketahui area dalam ruangan yang biasanya terkena sinar matahari, seperti dekat dengan jendela, sehingga lebih tepat dalam meletakkan perabotan berlapis HPL.

Selain itu, meskipun lapisan HPL sudah dilengkapi fitur tahan goresan, tetapi sebaiknya tidak menggunakan benda tajam langsung di atas permukaan HPL. Anda tetap disarankan untuk menggunakan papan potong atau talenan.

Jadi, pastikan berbagai perawatan di atas diterapkan dengan baik. Supaya penampilan permukaan HPL tidak mudah terlihat kusam dan mengalami kerusakan.

Bila Anda membutuhkan informasi lebih lanjut mengenai produk dan harga HPL per meter 2021, bisa langsung menghubungi distributor resmi melalui IsiBangunan.com. Sudah tersedia produk HPL berkualitas, banyak pilihan motif menarik, tahan lama dengan harga lebih ekonomis.

Please rate this