Sangat banyak pilihan bahan finishing furnitur dan interior. Salah satu yang terpopuler adalah HPL. Material ini hadir dengan beragam varian warna dan corak memikat. Kualitas dan daya tahannya juga sangat terjamin. Bahkan harga HPL murah, sehingga lebih ekonomis dan ideal sebagai bahan pemanis ruangan.

Perbedaan HPL, Taco Sheet dan Deco Sheet

Selain HPL HPL (High Pressure Laminate), mudah dijumpai juga jenis pelapis furnitur lainnya, seperti deco sheet dan taco sheet. Setiap produk laminasi tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Oleh karena itu, wajib untuk mengetahui spesifikasi dan kualitas produknya, agar tidak keliru dalam pemilihannya.

Produk laminasi sangat dibutuhkan sebagai pemanis produk furnitur. Apalagi jika bahan utamanya adalah kayu olahan, seperti triplek dan MDF. Selain sebagai penunjang estetika juga bisa melindungi furniturnya. Dengan begitu, lebih cantik tampilannya dan tidak gampang rusak.

Ketiga bahan laminasi yang sudah disebutkan di atas bisa menutupi keseluruhan permukaan furnitur. Sehingga tampilan asli kayunya akan tertutupi dengan sempurna. Bentuk dari bahan finishing tersebut adalah lembaran layaknya karpet. Hanya saja dibedakan dengan tingkat ketebalannya dan ketahanan terhadap bahan perusak. Lalu manakah bahan finishing yang lebih layak menjadi pilihannya?

toko jual HPL

  1. HPL

Produk pelapis ini tampil dengan aneka pilihan warna dan motif eksotis. Bagian permukaan material ini memiliki desain yang menawan, seperti motif serat kayu, batuan alam seperti marmer dan granit, bunga, metal dan warna solid.

Material finishing ini diproduksi dengan ketebalan yang lebih bagus, daripada produk deco sheet dan taco sheet. Meskipun cukup kaku dan tebal, namun masih tetap elastis atau lentur. Sehingga pelapis HPL juga tetap bisa diaplikasikan pada bidang melengkung atau sudut kecil.

Setiap lembar HPL memiliki ukuran standar dengan panjang 244 centimeter dan lebar 122 centimeter. Dimensinya sama dengan luas triplek atau multiplek. Harga HPL murah bisa Anda temukan dalam beragam pilihan merek di pasaran.

Pastikan Anda tidak terjebak dengan pilihan harga sangat murah tapi mutunya murahan. Karena biasanya ditawarkan dengan aneka pilihan tingkat ketebalan, maka harus mencermati spesifikasi produknya. Harga produk pelapis ini bisa saja sangat murah, karena terbilang sangat tipis. Sedangkan produk berharga lebih mahal, bisa jadi karena ketebalannya cukup memadai.

Kualitas dan tingkat ketahanan produk tentunya harus selalu menjadi prioritasnya. Supaya produk laminasi ini dapat digunakan dalam jangka waktu lebih panjang. Sehingga akan lebih menghemat banyak anggaran. Daripada memilih produk pelapis yang mutunya rendah, sehingga usia pemakaiannya lebih singkat.

Teknik pemasangan HPL juga terbilang praktis, sehingga tidak membutuhkan banyak tenaga, waktu dan anggaran. Begitu juga dengan cara perawatannya. Anda bisa singkirkan noda dan kotoran yang menempel di permukaannya dengan bantuan lap atau air.

  1. Deco Sheet

Bahan laminasi furnitur ini dibuat dari bahan plastik, sehingga tidak terlalu tebal. Cenderung lebih tipis daripada pelapis HPL. kelebihannya adalah lebih fleksibel dalam penggunaannya. Karena dapat mengikuti bentuk permukaan furnitur dengan baik, seperti bidang melengkung.

Pada dasarnya dengan penggunaan produk deco sheet dan lem berkualitas, maka daya rekatnya cukup bagus. Sehingga lapisan finishing ini tidak mudah terkelupas. Sayangnya, karena tidak tahan dengan paparan panas, minyak dan goresan, maka menjadikannya bisa lebih cepat rusak.

Material finishing ini umumnya diproduksi dalam bentuk lembaran dengan pengemasan berupa gulungan. Lebar setiap lembarannya adalah 120 centimeter dengan ketebalan kurang dari 1 milimeter. Sedangkan untuk panjang bisa mencapai 100 meter.

Pilihan warna dan motifnya juga cukup melimpah, sama dengan pelapis HPL. Namun, dari segi harga lebih terjangkau, karena memang dari aspek kualitasnya lebih rendah. Bahan laminasi ini sangat cocok jika ingin memiliki perabot rumah dengan tampilan glossy atau mengkilap.

  1. Taco Sheet

Istilah lain dari material laminasi furnitur ini adalah takon atau takosit. Berbeda dengan dekosit, takosit hadir dengan permukaan matte atau doff. Sehingga nampak semakin artistik dan elegan. Kalau dilihat dari segi ukuran, pilihan motif, ketebalan dan harganya tidak jauh berbeda dengan deco sheet. Karena perbedaan mencolok terlihat pada tekstur tampilannya.

Baik deco sheet maupun taco sheet memiliki kekurangan pada tampilan warna yang cepat pudar. Apalagi kalau sering terpapar hawa panas atau terik sinar matahari. Oleh karena itu, bahan finishing ini tidak cocok diaplikasikan untuk jenis furnitur luar ruangan. Agar tidak mudah memudar tampilannya dan tidak cepat rusak, maka harus dijauhkan dari sumber panas.

Jika dibandingkan dengan harga HPL murah, memang harga taco sheet lebih murah. Sebenarnya hal itu sebanding dengan kualitas dan ketahanan yang diberikannya.

Nah, selain bisa memilih jenis laminasi furnitur, penting juga untuk menggunakan lem atau perekat berkualitas tinggi. Sebab daya rekat laminasinya sangat tergantung juga dengan kekuatan lem yang digunakan.

Jangan sampai sudah memilih produk finishing terbaik, tapi sayang lem yang dipakai bermutu rendah. Maka ancaman terkelupas bisa terjadi lebih cepat, dan pastinya akan merepotkan dalam perbaikannya.

Jadi, manakah produk laminasi furnitur yang paling layak Anda gunakan? Keputusan tersebut sangat tergantung dari kebutuhan dan ketersediaan anggarannya. Pastikan selalu mengutamakan aspek kualitas, keindahan dan daya tahan produknya. Supaya furnitur tetap awet keindahan dan kualitasnya. Sehingga bisa dimanfaatkan lebih lama di hunian kesayangan Anda.

Importir HPL Berkualitas dengan Harga Bersaing

jual laminasi HPLSekarang ini pilihan produk HPL sangatlah banyak di pasaran. Setiap pabrikan menawarkan warna dan motif HPL menawan. Namun, biasanya dengan standar kualitas yang berbeda-beda. Harapannya bisa menyasar semua target pasar. Sehingga menciptakan beragam varian kualitas, agar harganya bisa menyesuaikan keinginan konsumen.

Oleh karena itu, jangan mudah terpikat dengan tawaran harga murah saja. Anda harus mencermati spesifikasi produknya. Pastikan hanya menggunakan produk HPL berkualitas, dan kalau bisa yang harganya lebih bersaing. Agar lebih hemat anggaran dan bisa mengalokasikan budget untuk keperluan lainnya.

Selain bisa menggunakan produk HPL lokal, banyak juga pilihan merek HPL impor. Tentunya dengan mutu dan daya tahan yang berbeda-beda. Untuk itu, harus dipastikan keunggulan produknya. Agar tidak tertipu dengan produk berkualitas rendah, meskipun dibanderol dengan harga lebih murah.

Sebagai rekomendasi HPL impor berkualitas tinggi, Anda bisa melihatnya langsung di IsiBangunan.com. Importir bahan dekorasi bangunan ini sudah terkenal berpengalaman dan terpercaya. Sehingga mendapatkan kepercayaan besar dari para pelanggan, baik perseorangan maupun korporasi.

Produk HPL yang disediakan sangat mengutamakan aspek kualitas. Oleh karena itu, terjamin tidak gampang rusak dan tahan lama. Pilihan warna dan motifnya juga sangat beragam. Sangat ideal untuk memenuhi selera setiap pelanggannya.

Pelayanan prima selalu diberikan kepada seluruh konsumen. Layanan konsultasi gratis juga dibuka untuk seluruh konsumen. Sehingga bisa mendapatkan penjelasan lebih akurat mengenai produk HPL. Informasi ini tentunya sangat berharga bagi yang masih awam dengan produk laminasi tersebut.

Yuk, cek katalog  Harga HPL murah di IsiBangunan. Konsultasikan keinginan Anda, pilih motif terfavorit dan dapatkan harga lebih bersahabat!

Please rate this