Sekarang ini semakin mudah menemukan produk dekorasi ruangan. Salah satu pilihan terbaiknya adalah HPL (High Pressure Laminate). Variasi warna dan coraknya sangat banyak, sehingga bisa disesuaikan dengan selera penggunanya. Harga HPL kayu masih sangat terjangkau, dengan kualitas dan daya tahan yang bagus.

HPL, Primadona Bahan Pelapis Produk Interior

Leo Baekeland adalah sosok penemu produk pelapis HPL. Produk ini pertama kali diciptakan pada tahun 1896. Kala itu maksud pembuatannya sebagai alternatif isolator untuk peralatan listrik dengan harga lebih murah. Formika adalah bentuk awal dari produk pelapis tersebut.

Tampilan HPL hanya warna putih dan cokelat saja pada awal kemunculannya. Nah, setelah tahun 1930-an, barulah produk ini dikreasi dengan tampilan aneka warna lebih banyak dan cantik. Mulai saat itulah, HPL sangat diandalkan sebagai pendukung dunia properti. Khususnya digunakan sebagai bahan dekoratif atau bahan pelapis interior hunian atau bangunan komersil.

Oleh karena itu, produk HPL menjadi bagian penting dalam finishing aneka produk interior bangunan, perkantoran, furnitur dan sebagainya. Banyaknya keunggulan yang dimilikinya membuat produk ini kian populer dan laris manis di pasaran.

Beberapa kelebihan dari HPL, antara lain tahan panas, tahan goresan, anti noda, anti air, banyak pilihan motif, pemasangan praktis, tetap ramah lingkungan, perawatan mudah dan Harga HPL kayu tetap ekonomis. Produk HPL relatif aman untuk digunakan, sebab bahan dasarnya dari resin dan bahan kertas atau selulosa.

Cara Mudah Pemasangan HPL

Harga HPL kayu murah dan bagusPelapis HPL biasanya diaplikasikan pada permukaan kayu olahan, seperti MDF (Medium Density Fiberboard), kayu lapis, particle board dan blockboard. Bagaimana metode pemasangan HPL pada suatu papan? Berikut ini cara ringkasnya.

  1. Permukaan papan harus dibersihkan terlebih dahulu. Anda bisa memanfaatkan ampelas, supaya permukaan papan lebih halus merata. Kemudian pastikan papan sudah terbebas dari debu dan kotoran.
  2. Memotong HPL sesuai dimensi papan. Berbagai cara bisa digunakan untuk memotong material pelapis kayu tersebut. Cara paling sederhana bisa mengandalkan HPL Cutter. Khususnya untuk bidang yang tidak terlalu lebar. Namun, jika ukurannya cukup besar dan agar hasil potongnya lebih rapi dan presisi, maka sebaiknya mengandalkan mesin potong.
  3. Mengoleskan atau menyemprotkan lem kuning secara merata pada permukaan papan dan bagian dalam lembaran HPL. Supaya daya rekat lemnya lebih bagus dan tidak mudah terkelupas.
  4. Merekatkan HPL pada papan dengan perlahan dan presisi. Jangan sampai terlihat ada gelembung, karena sudah pasti akan merusak keindahan tampilannya. Jadi, hasil pemasangan harus benar-benar merata.
  5. Merapikan tepian lembaran HPL yang terlihat kurang rata. Ampelas kasar atau alat potong bisa digunakan untuk merapikan bagian tersebut.
  6. Melakukan proses edging. Tahapan ini adalah memberikan finishing di pinggiran papan dengan HPL. Langkah ini bisa dilakukan secara manual. Akan tetapi lebih praktis dan rapi, kalau Anda mengandalkan mesin edging.
  7. Merapikan hasil proses edging menggunakan pisau cutter. Terutama kalau masih terlihat bagian yang kurang rapi. Kalau terdapat cacat minor, Anda bisa mengatasinya dengan menggunakan spidol khusus HPL. Sehingga catat tersebut bisa disamarkan atau tidak begitu terlihat. Namun trik ini hanya bisa diaplikasikan untuk warna spidol dan HPL yang senada.
  8. Membersihkan hasil pemasangan lapisan HPL. Anda bisa menggunakan kain atau lap, dan setelah itu, papan dengan tampilan baru sudah bisa dimanfaatkan di berbagai produk interior bangunan atau furnitur.

Inspirasi Memukau Pemakaian HPL

daftar Harga HPL Taco per lembarProduk HPL sangat bisa diandalkan sebagai sentuhan akhir beragam produk interior bahkan eksterior hunian. Nah, berikut ini beberapa penggunaan HPL yang bisa menjadi inspirasi Anda.

  1. Sebagai Bahan Flooring

Kalau ingin memiliki ruangan yang nyaman, hangat dan eksotis, sangat tepat bila menggunakan lantai kayu. Tetapi harganya terus melambung tinggi, sehingga memerlukan anggaran besar untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Nah sebagai alternatifnya, Anda bisa mengandalkan HPL sebagai bahan penutup lantainya.

  1. Pelapis Partisi Dinding

Fungsi utama partisi dinding adalah sebagai penyekat atau pemisah antar ruangan. Namun, agar tampilannya menawan maka diperlukan material khusus untuk menghiasnya. Anda bisa mengandalkan HPL sebagai pelapis atau finishing partisi dinding. Dijamin kesan cantik dan hangat terpancar dari pemasangan bahan pelapis tersebut. Biaya pembuatannya juga lebih ekonomis, jika dibandingkan menggunakan kayu solid.

  1. Pemanis Dinding Interior dan Eksterior

Jika Anda bosan dengan tampilan cat dinding, maka bisa melapisi tembok dengan produk HPL. Anda juga bisa mengubah tampilan fasad rumah atau kantor dengan mengandalkan pelapis HPL. Pilihan motif dan warna yang melimpah, menjadikan sangat banyak kreasi yang diciptakan. Jadi Anda tidak akan terpaku dengan tampilan warna yang monoton.

Anda juga bisa memanfaatkan HPL untuk menambah akses dinding. Kalau tampilan dinding terlalu membosankan karena hanya ada satu warna saja, maka sangat tepat bisa memberikan sentuhan bidang tertentu dengan lembaran HPL. Permainan aksen dinding ini, maka membuat suasana ruangan semakin hidup dan menarik.

  1. Pelapis Kitchen Set

Produk lemari dapur atau kitchen cabinet harus cantik penampilannya, tetapi juga harus tangguh. Maksudnya adalah bahan perabotan dapur ini harus kuat dari beragam ancaman, seperti paparan air panas, minyak panas, goresan benda tajam dan lain sebagainya.

Sangat tepat bila Anda menggunakan perangkat lemari dapur yang dilapisi dengan lembaran HPL. Sebab, selain bagus nilai estetikanya, tetapi juga sangat tangguh. Sebab terbukti anti air, tahan panas dan tahan terhadap goresan benda tajam. Bahan material pelapis ini tidak mudah terbakar. Sehingga tidak hanya membuat kitchen set lebih awet, tetapi juga tidak rentan memicu kebakaran.

  1. Pelapis Lemari Pakaian atau Wardrobe

Lemari pakaian kontemporer mengusung konsep terbuka. Penampilan garis-garisnya terlihat simpel namun tetap tegas. Nah, agar nampak kesan lebih kuat, biasanya diaplikasikan panel dengan tone warna berkarakter. Sangat cocok apabila setiap panel lemari tersebut mendapatkan sentuhan finishing menggunakan HPL. Kesan alami atau kontemporer begitu sangat terlihat.

  1. Pemanis Meja Kopi

Budaya atau kebiasaan minum kopi semakin populer bagi seluruh kalangan. Wajar saja kalau semakin banyak dijumpai kafe di setiap daerah. Membuat menikmati secangkir kopi menjadi aktivitas yang sangat seru dan menyenangkan. Nah, dengan maraknya budaya tersebut juga memunculkan kreasi aneka model coffee table. Beragam bentuk dan ukuran mudah ditemukan di pasaran. tentunya tampilannya dipercantik dengan pemasangan HPL.

  1. Pelapis Meja Racik atau Countertop

Perabotan ini disebut sebagai meja racik, karena digunakan untuk meracik bahan makanan sebelum dimasak. Karena beban kerja meja ini cukup berat, maka harus menggunakan material yang handal atau berkualitas tinggi. Biasanya permukaan meja ini dilapisi dengan marmer atau granit. Namun, Anda harus mengeluarkan anggaran cukup besar untuk membelinya.

Nah, sebagai solusi lebih hemat, Anda bisa menggunakan meja racik berbahan kayu olahan tetapi sudah dilapisi dengan produk HPL. Karena pelapis furnitur ini terbukti cukup hebat digunakan di area dapur. Sebab permukaannya lebih anti air, tahan panas dan tidak mudah tergores oleh benda tajam sekalipun. Itulah kenapa pelapis tersebut sangat diandalkan.

Nah, bagi Anda yang ingin mengetahui informasi terkini mengenai harga HPL kayu, bisa langsung mengakses IsiBangunan.com.

Please rate this