Agar ruangan terasa lebih lapang, biasanya sengaja dibuat tanpa sekat atau dinding pemisah permanen. Dengan begitu, bisa ditambahkan partisi dinding agar menciptakan fungsi ruangan baru. Material kayu biasanya digunakan dan dipercantik dengan finishing HPL. Tidak perlu mengeluarkan anggaran besar, karena harga decosit HPL tetap bersahabat.

Mengenal Ciri-Ciri Pembatas Ruangan

Penyekat dinding merupakan produk interior yang memiliki fungsi sebagai pemisah atau pembatas antar ruangan. Pembatas ruangan ini bisa dibuat dengan beragam material dan desain tersendiri. Sangat tergantung dari kebutuhan, konsep desain dan anggarannya.

Salah satu material yang sering digunakan adalah kayu olahan, seperti multipleks. Namun, agar tampilannya lebih cantik dan elegan, maka ditambahkan bahan laminasi. HLP (High Pressure Laminate) merupakan salah satu bahan yang populer dimanfaatkan sebagai pelapis kayu.

Partisi dinding ini tidak hanya bisa diaplikasikan di rumah tinggal atau apartemen saja. Sebab hampir bisa dibuat di seluruh jenis bangunan, seperti pertokoan, pusat perbelanjaan, gedung perkantoran, restoran, kafe, hotel, rumah sakit, sekolah dan tempat umum lainnya.

Pembatas ruangan ini bisa dibangun sesuai dengan kebutuhan dan keinginan. Untuk pemasangannya bisa dikerjakan sendiri atau dengan bantuan ahlinya. Sangat tergantung dari ketersediaan anggaran.

Sekarang ini, produk interior berupa pembatas ruangan mudah dijumpai di toko interior konvensional dan online. Tentunya pemilihan produk ini harus disesuaikan juga dengan tata letak dan luas ruangan. Agar kehadiran partisi dinding ini tetap cantik dan fungsional.

Anda akan menemukan produk partisi dinding ini dalam beragam tampilan desain, warna dan ukuran yang bervariatif. Nah, agar produk yang dibeli tetap mendukung kondisi ruangan, maka pastikan sudah melakukan pengukuran akurat. Supaya ukurannya lebih pas dan sesuaikan juga dengan konsep interior. Apa saja sebenarnya ciri-ciri dari pembatas ruangan?

penyekat kayu HPL

  1. Sebagai Pembatas Sebagian Ruangan

Partisi dinding ini sengaja dibuat hanya untuk membatasi atau menutupi sebagian ruangan. Ukurannya disesuaikan dengan besaran ruangan, supaya nampak modern dan minimalis. Ketinggian dari penyekat dinding ini juga sangat beragam. Ada produk yang dibuat relatif pendek, sedang, tinggi dan sangat tinggi. Walaupun tingginya berbeda-beda, tapi biasanya sisi sampingnya tidak tertutup secara keseluruhan.

  1. Varian Desain Inovatif

Pilihan desain produk pembatas ruangan sangat banyak di pasaran. Karena produsennya menawarkan pilihan bentuk, warna dan ukuran yang beragam. Kondisi ini sangat menguntungkan konsumen, sebab semakin banyak kreasi desain yang bisa menjadi pilihannya.

Supaya lebih fungsional, biasanya penyekat dinding ini dilengkapi dengan tempat untuk menaruh lukisan, buku, vas bunga dan sebagainya. Tidak hanya fungsional, keberadaan benda-benda tersebut juga bisa sekaligus berfungsi sebagai pemanis ruangan.

Berbagai aksesori lain juga bisa ditambahkan, supaya tampilan pembatas ruangan ini semakin cantik, elegan dan terlihat semakin modern. Ada banyak inspirasi desain partisi dinding di berbagai website atau media sosial, yang bisa Anda aplikasikan di hunian kesayangan.

Keunikan desain partisi dindingnya, sudah pasti akan menambah nilai estetika ruangan. Jadi tidak hanya berfungsi sebagai pemisah antar ruangan saja, namun mengubah pemandangan semakin menawan.

  1. Sifat Pembatas Ruangan Bisa Semi Permanen dan Permanen

Pembatas ruangan permanen umumnya dibuat dari material batu bata, sehingga sulit dipindah atau dibongkar. Selain itu, ada pula jenis partisi dinding non permanen. Produk interior ini memang secara khusus didesain agar mudah dipindah atau dibongkar pasang sesuai dengan keinginan.

Sebagai contoh Anda memisahkan satu ruangan menjadi ruang tamu dan ruang keluarga. Nah, kebetulan akan menggelar acara dengan mengundang tamu cukup banyak. Maka bisa melepas atau memindah partisi dindingnya. Agar tercipta ruangan yang lebih lapang dan memuat seluruh tamu undangan.

Material kayu biasanya digunakan karena lebih ringan dan mudah untuk dibongkar pasang. Sebagai pemanis tampilannya digunakan laminasi HPL. Material finishing ini sangat diminati, sebab menawarkan harga decosit HPL yang ekonomis. Namun, tidak melupakan aspek kualitas dan daya tahan yang prima.

Inspirasi Penggunaan Pembatas Ruangan

penyekat dinding HPLAda banyak ide atau gagasan yang bisa menjadi inspirasi dalam pembuatan produk pembatas ruangan. Jika masih belum menemukan desain yang sesuai, bisa meminta bantuan profesional untuk merancangnya. Supaya lebih sesuai dengan ukuran, kondisi dan gaya interior hunian Anda. Nah, berikut ini beberapa konsep penggunaan partisi dinding, yang mungkin bisa menjadi inspirasi bagi Anda.

  1. Partisi Dinding Sebagai Pemisah Ruang Tidur dan Ruang Kerja

Anda ingin menciptakan dua fungsi ruangan sekaligus? Semisal memisahkan ruang tidur dengan ruang kerja? Sangat mudah dengan menempatkan partisi dinding, agar memberikan suasana yang berbeda. Anda akan merasa lebih berkonsentrasi saat bekerja, dan bisa menikmati tidur berkualitas.

Penataan kedua fungsi ruangan tersebut juga akan lebih mudah, daripada menyatukan keduanya. Hal ini bisa diterapkan di rumah tinggal atau apartemen. Bagi para freelancer atau yang tengah menjalani WFH (Work from Home), tentunya konsep tersebut bisa diaplikasikan.

Partisi dindingnya bisa dibuat dari material kayu dan dipercantik dengan bahan finishing HPL. Pembuatan penyekat dinding ini termasuk dalam jenis non permanen. Artinya Anda masih leluasa untuk mengubah atau memindahkan sesuai dengan selera.

 

  1. Penyekat Dinding Untuk Ruang Tamu dan Ruang Televisi

Biasanya karena dirancang cukup lebar dan berat, maka partisi dinding tidak mudah dipindah. Oleh karena itu, termasuk dalam kategori pembatas ruangan permanen. Apalagi salah satu bagian dindingnya difungsikan untuk memasang televisi. Karena itu, membutuhkan struktur dan material yang kuat.

Walaupun termasuk jenis permanen, tapi bukan berarti desainnya kaku. Anda bisa menerapkan desain yang unik dan cantik. Bahkan bisa juga memiliki fungsi lain, sebab bisa untuk memajang aksesoris, seperti foto keluarga, lukisan dinding dan sebagainya. Dengan begitu, membuat ruangan terlihat semakin menyenangkan.

Selain itu, partisi dinding ini juga bisa didesain dengan memiliki tempat penyimpanan atau rak. Sehingga fungsional juga untuk menaruh atau menyimpan berbagai benda yang sering dibutuhkan, seperti ponsel, makanan, minuman, kunci kendaraan dan lain sebagainya.

Dengan cara sederhana di atas, Anda bisa menciptakan ruang menonton televisi yang nyaman. Sekaligus tetap bisa menyediakan ruang tamu yang cantik dan nyaman bagi para tamu. Dengan sedikit sentuhan dan biaya tidak terlalu besar, Anda bisa menata ruangan dengan sangat baik.

  1. Partisi Dinding dengan Model Sliding

Desain pembatas ruangan memang sangat inovatif. Salah satu yang bisa diaplikasikan adalah model sliding atau geser. Pastikan ukuran penyekat dinding sudah pas dengan lebar dan tinggi ruangannya. Penggunaan model partisi dinding ini sangat menghemat ruang. Dengan begitu, ruangan akan terasa lebih lapang.

Model pembatas ruangan ini juga bisa berfungsi sebagai pintu. Jadi kalau ingin masuk atau berpindah ruangan, tinggal menggeser penyekat dindingnya. Material kayu juga kerap diandalkan dalam pembuatan model pembatas ruangan ini. Demikian juga dengan bahan finishingnya yang tetap mengandalkan pelapis HPL.

Tentunya masih banyak lagi inspirasi desain pembatas ruangan yang bisa diaplikasikan. Jika ingin update harga decosit HPL bisa langsung mengakses IsiBangunan.com. Importir ini menyediakan produk HPL dengan aneka motif dan warna memikat.

Please rate this