Proses pembuatan furnitur biasanya akan diakhiri dengan tahapan finishing atau coating. Dengan tujuan agar tampilannya lebih indah. Sehingga furnitur tidak hanya menonjolkan fungsionalitasnya saja, tetapi juga nilai estetikanya. Salah satu material finishing yang terpopuler adalah HPL. Selain handal, pelapis ini juga ditawarkan dengan harga kayu HPL per meter kompetitif.

Kenapa Furnitur Perlu Difinishing? Inilah Tujuannya

Tahapan finishing sangat penting dalam proses pembuatan furnitur. Karena banyak fungsi atau keuntungan dari tahapan tersebut. Oleh karena itu, muncul banyak jenis material yang bisa dimanfaatkan sebagai finishing atau coating furnitur. Setidaknya ada dua fungsi atau tujuan penting dari proses finishing perabot atau mebel.

  1. Berfungsi Sebagai Material Dekoratif

Secara umum tampilan serat kayu solid sudah sangat cantik. Namun, keindahannya itu bisa ditingkatkan lagi dengan penggunaan material finishing. Apalagi untuk furnitur berbahan kayu olahan, maka kebutuhan akan bahan coating ini semakin penting.

Tujuan utama penggunaan material finishing ini adalah agar meningkatkan keindahan atau nilai estetikanya. Dengan begitu, tampilannya lebih mempesona dan sekaligus menambah keindahan interior bangunan. Sangat penting untuk memilih bahan finishing yang tepat, agar bisa dipadukan dengan konsep interiornya. Karena sentuhan warna dan motif tertentu, akan memberikan kesan tersendiri.

agen HPL terdekat

  1. Sebagai Pelindung atau Proteksi Furnitur

Selain memiliki fungsi dekoratif, aplikasi material finishing juga bertujuan untuk melindungi perabotan dari berbagai ancaman. Apa saja ancaman yang bisa merusak keindahan dan keawetan dari furnitur?

Pertama adalah perlindungan dari paparan air. Paparan air dan kondisi lembab adalah permasalahan serius yang bisa merusak penampilan dan ketahanan material kayu. Baik kayu solid maupun kayu olahan, seperti triplek, MDF, particle board, blockboard dan sebagainya.

Oleh karena itu, furnitur berbahan dasar kayu harus mendapatkan perlindungan memadai dari ancaman tersebut. Dengan begitu, bisa menekan risiko kerusakan. Paparan air dan kondisi lembab bisa menyebabkan deteriorasi atau pelapukan kayu, dan pengelupasan permukaan material finishing.

Kerusakan yang diakibatkan kondisi tersebut tentunya sangat merugikan. Sebab bisa menurunkan kekuatan material kayu, sehingga tidak layak lagi untuk digunakan.

Kedua adalah proteksi terhadap serangan rayap dan tumbuhnya jamur. Serangga seperti rayap adalah salah musuh terbesar bagi material kayu. Apalagi kayu tersebut memiliki tingkat kekuatan yang rendah, sehingga menjadi makanan empuk bagi rayap.

Serangga itu senang bersarang di dalam kayu. Meskipun kayu sudah melalui proses pengawetan, namun terkadang tidak selamanya aman dari serangan rayap. Memang tidak semua jenis kayu disukai atau mampu dirusak oleh rayap. Oleh karena itu, diperlukan bahan pelindung khusus supaya tidak mudah diserang rayap.

Kalau kayu sudah diserang oleh rayap, maka keropos tidak bisa dihindari. Jika kondisi itu sudah terjadi, maka lama kelamaan kayu mudah patah dan tidak dapat digunakan lagi. Inilah kenapa harus memilih bahan kayu berkualitas, dan melapisinya dengan bahan coating berkualitas.

Ketiga adalah memberikan perlindungan terhadap ancaman debu dan kotoran. Paparan debu, noda dan kotoran sangat mengganggu keindahan furnitur. Oleh karena itu, diperlukan material laminasi yang mudah dibersihkan dari bermacam ancaman tersebut.

Memang paparannya tidak dapat dihindari. Oleh sebab itu, perawatan rutin harus diterapkan. Supaya tidak terjadi penumpukan debu dan kotoran yang merusak keindahan perabotannya.

  1. Agar Meningkatkan Nilai Jual Furnitur

Ada lagi tujuan dari pemasangan lapisan laminasi pada furnitur, yaitu supaya harga jualnya lebih bagus. Pastinya kalau produk furniturnya tampil lebih cantik dan elegan, akan lebih tinggi nilai ekonomisnya, daripada yang dibiarkan tanpa sentuhan material finishing.

Untuk itu, harus sangat cermat dalam penentuan material finishingnya. Mengingat sangat banyak pilihannya di pasaran. Namun dari sekian banyak pilihan, HPL tetap menjadi pilihan utamanya. Karena sangat mendukung tujuan penggunaan bahan finishing pada furnitur.

HPL memiliki fungsi dekoratif. Karena menghadirkan banyak sekali kreasi warna dan motif menawan. Dengan demikian, pengguna memiliki banyak pilihan sebagai pelapis furniturnya. Tidak melulu menawarkan corak serat kayu saja. Tetapi juga motif keren lainnya, antara lain motif granit, motif marmer, motif bunga, motif metal, warna solid dan sebagainya.

Daripada melakukan pengecatan sebagai coatingnya, relatif lebih praktis menggunakan pelapis HPL. Karena Anda tinggal mengelem dasar pelapis dan permukaan kayu. Kemudian tempelkan dengan tepat, agar daya rekatnya sangat kuat dan tahan lama.

Proses pemasangannya tidak tergantung dengan kondisi cuaca. Sebab tidak memerlukan proses pengeringan, layaknya melakukan pengecatan. Pemasangan HPL juga tidak memerlukan pengulangan, karena cukup ditempel sekali saja.

Sedangkan kalau pengecatan harus dilakukan berulang-ulang. Supaya lapisannya lebih tebal dan terlihat cantik. Dengan begitu, prosesnya lebih cepat, tidak menguras tenaga, waktu dan biaya.

HPL juga mampu memberikan fungsi proteksi terhadap kayu sebagai bahan baku furniturnya. Sebab HPL dilengkapi dengan fitur anti air, tahan panas, anti gores, anti jamur dan anti rayap. Dengan demikian, pelapis ini terjamin kekuatannya. Sehingga permukaan furnitur tidak mudah rusak dan bisa dipakai dalam waktu lebih lama.

Dengan keindahan dan perlindungan memadai, maka sangat mungkin meningkatkan nilai jual furnitur. Itulah alasannya kenapa pelapis HPL semakin banyak digunakan. Pengrajin mebel atau furnitur juga sangat terbantu dengan adanya produk dekoratif ini.

Hebatnya lagi dengan segala keindahan dan kelebihan yang ditawarkan produk pelapis ini, harga kayu HPL per meter tetap ekonomis. Sehingga furnitur yang menggunakan laminasi ini juga tidak akan terlalu mahal harganya. Cukup terjangkau untuk semua kalangan.

Penggunaan material finishing ini sangat mudah dijumpai dalam produk furnitur, seperti meja rias, meja belajar, meja kantor, lemari pakaian, kitchen set (kabinet dapur) dan masih banyak lagi. Bahkan tidak hanya dimanfaatkan untuk dekorasi furnitur saja, karena juga bisa mempercantik tampilan elemen interior lainnya.

HPL juga semakin digemari sebagai bahan dekorasi untuk pelapis plafon, penutup dinding, pelapis lantai, partisi dinding, pintu dan sebagainya. Pabrikan juga memproduksi HPL khusus untuk pemasangan di area outdoor. Dengan lembaran yang lebih tebal, berkualitas dan tahan lama.

Distributor HPL berkualitas

keunggulan pelapis HPLRelatif mudah menemukan produk HPL berkualitas, dengan harga mahal. Sayangnya, cukup sulit menemukan produk bermutu bagus dengan harga bersaing. Namun, Anda sangat beruntung menyimak artikel ini sebab akan mendapatkan rekomendasi produk HPL berkualitas tapi harganya sangat kompetitif.

Anda bisa melihat katalog produk HPL tersebut di IsiBangunan.com. Distributor dan importir bahan dekorasi bangunan ini berkomitmen menyediakan produk unggulan. Salah satu yang sangat diminati konsumen adalah produk HPL. Variasi warna dan motifnya sangat melimpah. Kreasi desainnya sangat mewah dan elegan. Daya tahannya juga sangat prima, sehingga bisa digunakan dalam waktu panjang.

Anda tidak perlu khawatir dengan kebutuhan anggarannya, sebab harga kayu HPL per meter tetap ekonomis. Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, silakan untuk menghubungi tim marketing. Agar Anda mendapatkan penjelasan lebih detail.

Please rate this