Cara Mudah Merawat Lantai Vinyl Supaya Tetap Kinclong

Setiap orang pasti menginginkan rumah yang terlihat rapi, bersih, dan indah. Nah, salah satu aspek yang mendukung hal itu adalah kondisi lantainya. Lantai yang kotor dan penuh dengan noda pasti akan membuat tampilan sebuah ruangan menjadi tidak sempurna.

Bagi Anda yang menyukai nuansa alam, menggunakan bahan vinyl sebagai penutup lantai adalah pilihan yang menarik. Selain membuat ruangan terlihat lebih cantik, cara membersihkan dan merawatnya pun tidak terlalu sulit. Nah, perhatikanlah beberapa hal berikut agar lantai vinyl di rumah Anda tetap terlihat kinclong.

Cara Mudah Merawat Lantai Vinyl Supaya Tetap Kinclong

1. Hindari Bahan Kimia

Kandungan yang terdapat dalam bahan-bahan kimia ternyata bisa merusak lantai vinyl. Hasilnya, lantai akan berubah warna sehingga tidak enak lagi untuk dipandang. Bahkan, bahan kimia yang mengenai lantai juga bisa mengubah corak atau motif yang awalnya sempurna.

Oleh karena itu, sebisa mungkin hindari menjatuhkan bahan kimia di atas lantai vinyl, baik sengaja atau tidak sengaja. Untuk mencegah hal tersebut, Anda bisa menggunakan kain bekas, keset, atau alat penadah lainnya.

Read More :   Hal Yang Harus Dihindari Saat Perawatan Vinyl

Bagaimana jika lantai sudah terlanjur terkena tetesan bahan kimia tersebut? Satu-satunya cara yang bisa dilakukan adalah membersihkannya dengan segera dan teliti. Jangan menunda untuk membersihkannya karena bahan kimia tersebut dapat menempel pada lantai. Selain bisa merusak, bekasnya pun akan sulit dibersihkan.

2. Bersihkan Secara Rutin

Bukan hanya bahan-bahan kimia, debu atau kotoran biasa pun perlu dibersihkan dari lantai secara rutin. Caranya sederhana saja, yaitu dengan menyapunya secara teratur setiap hari. Jika perlu, agar hasilnya lebih maksimal, Anda juga bisa mengepel lantai seperti halnya lantai yang terbuat dari bahan keramik.

Namun, untuk pengepelan, jangan menggunakan sembarangan kain. Pilihlah kain atau bahan yang lembut sehingga lantai tidak tergores. Sebagai bahan pembersih, Anda pun harus menggunakan cairan khusus untuk lantai vinyl. Selain dapat menghilangkan noda, cairan ini juga berfungsi sebagai antiseptik.

3. Cara Membersihkan Noda yang Menempel pada Lantai

Tentu kurang enak melihat lantai yang terkena beragam noda, misalnya tumpahan bahan makanan, tinta, hingga bahan rias. Selain lantai terlihat kumuh, hal ini akan merusak bahan dasar lantai jika dibiarkan terus-menerus.

Read More :   Harga Vinyl Lantai Terbaru Di Tahun 2017

Nah, untuk membersihkannya, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Pertama, dengan menggunakan soda kue. Caranya, campurkan soda kue dengan air hingga berbentuk seperti pasta. Lalu, oleskan campuran tersebut pada noda. Dengan bantuan kain bertekstur lembut atau sikat gigi yang lembut, gosoklah noda tersebut secara perlahan-lahan hingga hilang.

Cara lainnya adalah menggunakan alkohol dengan kadar 90 %. Bahan alkohol cukup efektif membersihkan tinta atau bahan-bahan kosmetik yang jatuh ke lantai. Supaya prosesnya lebih mudah, Anda juga dapat menggunakan sikat gigi berbahan lembut.

4. Supaya Lantai Tidak Mudah Tergores

Perlu diperhatikan bahwa lantai vinyl memang rentan terkena goresan. Tentu saja, bekas goresan ini membuat tampilan interior rumah Anda menjadi tidak sempurna. Karena itu, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mencegahnya. Pertama, hindari memindahkan perabot dengan cara menggesernya. Supaya lebih aman, angkatlah perabot tersebut dan pindahkan dengan hati-hati.

Anda juga disarankan untuk tidak mengenakan alas kaki, terutama yang memiliki tekstur yang kasar dan tajam di dalam rumah. Selain itu, untuk mengurangi debu yang masuk ke rumah, selalu siapkan keset di depan pintu.

Read More :   Penggunaan Marmer Lantai yang Efektif Untuk Rumah

Nah, merawat lantai vinyl ternyata tidak terlalu sulit, bukan? Jika Anda ingin membelinya, carilah merek JT Vinyl, produk lantai vinyl impor yang berkualitas, di situs isibangunan.com.

Leave a Reply