Mengenal Bahan Wallpaper Dinding dan Keunggulannya untuk Dekorasi Apartemen

2018-10-02T11:08:35+00:00September 3rd, 2018|Categories: Blog|Tags: , , |

Salah satu komponen dekorasi ruangan yang sangat penting untuk bangunan apartemen adalah wallpaper dinding. Dengan menggunakan wallpaper dinding, Anda bisa dengan mudah menyesuaikan interior ruangan dengan eksterior lainnya. Selain itu, pencahayaan juga bisa dimaksimalkan dengan wallpaper yang digunakan.

Kalau Anda memiliki apartemen atau mengelola banyak ruangan di apartemen, coba pertimbangkan untuk memiliki wallpaper dinding. Untuk keunggulan, jenis, dan tips pemasangannya Anda bisa menyimak ulasannya di bawah ini.

Kelebihan Wallpaper Dinding

Kelebihan Wallpaper Dinding - Mengenal Bahan Wallpaper Dinding dan Keunggulannya untuk Dekorasi Apartemen - wallpaper dinding : burberry-outlets-online.org.uk

wallpaper dinding – image : burberry-outlets-online.org.uk

 

Sebelum memutuskan memasang wallpaper di apartemen yang Anda miliki atau kelola, ada baiknya mengetahui kelebihan dari wallpaper dinding terlebih dahulu. Secara umum, kelebihan dari pelapis dinding ini terdiri dari.

  1. Memiliki Banyak Jenis dan Bisa Disesuaikan dengan Selera

Salah satu kelebihan dar wallpaper dinding adalah memiliki banyak jenis motif. Beberapa jenis wallpaper terbuat dari kertas dalam bentuk roll. Anda bisa menyesuaikan desain atau gambar dari wallpaper agar senada dengan interior dan eksterior dari ruangan.

Di luaran sana ada banyak toko bangunan yang menyediakan wallpaper dengan berbagai motif dan ukuran. Kalau Anda tidak menemukan yang cocok bisa menggunakan desain sendiri lalau mencetaknya. Segala bentuk modifikasi bisa dilakukan untuk menciptakan ruang apartemen yang sesuai dengan kebutuhan.

  1. Menutup Bagian Tembok yang Retak

Selain memberikan warna pada ruangan dengan sempurna, fungsi lain dari wallpaper dinding ini adalah menutup bagian tembok yang retak. Terkadang Anda susah memperbaiki tembok yang mengalami kerusakan. Jadi, daripada mengeluarkan banyak tenaga untuk memperbaikinya lebih baik ditutup dengan wallpaper.

Untuk menutup bagian yang retak ini Anda bisa memilih wallpaper dengan bahan yang tepat. Bahan yang cukup kuat seperti dari kain atau kertas agar tebal bisa digunakan agar tidak lekukan yang terjadi. Pilih wallpaper yang senada dengan interior lain agar penyamaran ini berjalan dengan lancar.

  1. Bisa Memberikan Kesan Nyaman di Dalam Ruangan

Bisa Memberikan Kesan Nyaman di Dalam Ruangan - Mengenal Bahan Wallpaper Dinding dan Keunggulannya untuk Dekorasi Apartemen - interiorrommwallpaper.com

wallpaper dinding – image : interiorrommwallpaper.com

Wallpaper tidak hanya sekadar kertas atau kain yang dipasangkan di tembok agar terlihat indah daripada menggunakan tembok yang polos. Wallpaper juga memberikan kesan tertentu seperti nyaman. Wallpaper dengan warna atau motif tertentu akan membuat siapa saja yang ada di sekitarnya merasa kerasan.

Beberapa jenis wallpaper yang sering sekali digunakan di apartemen biasanya memiliki ornamen yang sederhana atau yang memberikan efek elegan. Motif garis-garis atau geometri sering digunakan. Untuk ruangan tertentu mungkin bisa disesuaikan dengan kebutuhan atau siapa yang akan mengisinya, misal kalau diisi anak-anak bisa dibuat lebih menarik.

  1. Tidak Perlu Cat Tembok

Salah satu kelebihan dari memasang wallpaper adalah tidak perlunya cat tembok yang cepat rusak. Cat untuk tembok mungkin cat dasar saja dengan warna yang netral. Dengan warna netral, Anda bisa dengan mudah memasang wallpaper dinding dengan berbagai bentuk motif.

Pemasangan wallpaper juga bisa dilakukan oleh siapa saja. Tidak seperti pengecatan yang membutuhkan teknik khusus, Anda bisa memasangnya sendiri. Setiap bahan dari wallpaper biasanya memiliki tingkat kesulitan sendiri-sendiri. Anda cukup memilih jenis yang mudah dipasang seperti kertas.

  1. Harganya Wallpaper Dinding Tidak Terlalu Mahal

Jika dibandingkan dengan cat dinding yang cukup susah dilakukan dan membutuhkan waktu untuk pengeringan, wallpaper lebih mudah dipasang. Selain itu secara harga, cat bisa lebih mahal dari bahan wallpaper. Oleh karena itu Anda lebih disarankan untuk menggunakan wallpaper dinding untuk ruangan apartemen.

  1. Mudah Diganti

Mudah Diganti - Mengenal Bahan Wallpaper Dinding dan Keunggulannya untuk Dekorasi Apartemen - angieslist.com

wallpaper dinding – image : angieslist.com

Kelebihan terakhir yang membuat Anda harus menggunakan wallpaper adalah mudahnya diganti dan tidak memakan banyak dana. Kalau dengan cat, Anda akan kebingungan untuk mengganti, bahkan salam satu hari saja tidak akan selesai.

Kita ambil contoh sederhana saja, anak-anak cenderung bosan dengan interior dari ruangan kamarnya. Kalau Anda menggunakan wallpaper mungkin akan lebih mudah untuk menyesuaikan dengan keinginan mereka. Kalau anak ingin menggantinya Anda bisa melakukannya dengan mudah saat itu juga tanpa perlu kerepotan mengecat.

Wallpaper dinding bisa didapatkan dengan mudah di berbagai toko bangunan. Anda bisa melihatnya di isibangunan.com untuk melihat detail jenis dan harganya.

Jenis Bahan Wallpaper Dinding

Jenis Bahan Wallpaper Dinding - Mengenal Bahan Wallpaper Dinding dan Keunggulannya untuk Dekorasi Apartemen - burberryoutletsonline.orgg.uk

wallpaper dinding – image : burberryoutletsonline.orgg.uk

Wallpaper dinding tidak hanya terdiri dari satu jenis saja. Ada banyak sekali bahan dari wallpaper dinding yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Berikut jenis bahan wallpaper dinding selengkapnya.

  1. Kertas

Kertas adalah salah satu bahan dari wallpaper dinding yang banyak sekali terdapat di pasaran dan digunakan oleh banyak orang. Kelebihan dari wallpaper kerta adalah jenisnya yang banyak. Motif bisa dicetak sesuai dengan selera. Selain itu, warna juga bisa menyesuaikan desain interior dan eksterior ruangan apartemen.

Kalau Anda memiliki desain khusus untuk wallpaper dinding bisa menyetak sendiri ke ke tempat khusus sebanyak beberapa roll. Barangkali kekurangan dari wallpaper kertas adalah mudah sekali rusak kalau terkena air dan noda. Selain itu saat memasangnya juga harus hati-hati agar tidak mudah robek.

Kertas yang digunakan untuk bahan wallpaper dinding ada beberapa jenis. Ada kertas yang tidak terlalu tebal dan ada yang sangat tebal. Harga kertas yang tebal biasanya lebih mahal karena lebih awet saat digunakan.

  1. Kain

Kain - Mengenal Bahan Wallpaper Dinding dan Keunggulannya untuk Dekorasi Apartemen - wallcoverings.en.made-in-china.com

wallpaper dinding – image : wallcoverings.en.made-in-china.com

Bahan untuk wallpaper kedua adalah kertas yang terbuat dari serat kain. Bahan ini biasanya lebih ulet sehingga tidak mudah rusak saat dipasangkan ke tembok. Saat kena air dan debu, wallpaper kain bisa dicuci hingga bersih. Kalau Anda ingin wallpaper yang awet, bahan ini sangat direkomendasikan.

Kekurangan dari wallpaper kain adalah jumlah desainnya yang terbatas. Karena susah mencetak serat menjadi bentuk tertentu, Anda akan kesulitan mendapatkan motif yang sesuai dengan kebutuhan. Selain itu, pemasangan ke tembok mungkin agak susah dan membutuhkan lem khusus. Terakhir, bahan kain masih mudah terbakar oleh panas dan api.

  1. Vinyl

Wallpaper dengan bahan vinyl atau serat plastik ini cukup banyak digunakan dan diproduksi. Bahan ini cukup awet dan mudah sekali dibersihkan. Kalau ada noda di wallpaper bisa segera dibersihkan dengan air atau cairan pembersih lainnya. Selanjutnya kalau ada bocor di dinding, wallpaper tidak akan kotor atau berjamur.

Bahan vinyl tidak memiliki banyak pola yang bisa disesuaikan dengan interior dari ruangan. Selai itu, pemasangannya juga memerlukan teknik khususnya agar bisa melekat sempurna pada tembok dan tidak memunculkan gelombang yang berisi udara dan tembok terlihat tidak rata.

  1. Serat Alami

Serat Alami - Mengenal Bahan Wallpaper Dinding dan Keunggulannya untuk Dekorasi Apartemen - AliExpress.com

wallpaper dinding – image : AliExpress.com

Wallpaper juga terbuat dari serat alami yang cukup kuat seperti serat dari bambu. Serat ini digunakan untuk memberikan kesan etnik. Bambu yang digunakan juga membuat ruangan apartemen terlihat lebih klasik sehingga cocok untuk lokasi relaksasi atau mungkin bekerja.

Sebelum menggunakan serat alami ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan. Serat alami agak susah didapatkan. Selain itu, kemungkinan rusaknya cukup tinggi meski harga cukup mahal.

  1. Foil

Foil adalah salah satu bahan wallpaper dinding yang cukup banyak digunakan karena memberikan efek kilap. Bahan logam tipis yang digunakan cocok untuk ruangan yang difungsikan untuk tempat bersantai atau bekerja. Bahan foil juga tahan dengan suhu, air, dan kotor sehingga bisa digunakan dalam jangka waktu lama.

Meski memberikan banyak sekali kelebihan, Ada beberapa hal membuta Anda harus berpikir dua kali sebelum membelinya. Foil mudah sekali robek saat dipasang. Agar mendapatkan hasil yang maksimal, pemasangan harus dilakukan dengan tingkat kehati-hatian yang tinggi. Selain itu, foil juga hanya cocok untuk dinding yang rata.

  1. Cair

Wallpaper juga bisa berbentuk cair. Wallpaper jenis ini biasanya bisa menyesuaikan berbagai bentuk dinding. Cara menggunakan wallpaper ini adalah dengan mencairkan bahannya lalu menyapukannya ke tembok. Warna dari wallpaper juga bisa disesuaikan dengan kebutuhan sehingga kreativitas pemasang sangat dibutuhkan.

Karena bentuknya cair atau semi padat yang ditempelkan pada dinding. Anda harus menunggunya kering terlebih dahulu untuk mendapatkan hasilnya. Biasanya satu hari satu malam adalah waktu untuk pengeringan wallpaper cair ini.

  1. Fiber Glass

Fiber Glass - Mengenal Bahan Wallpaper Dinding dan Keunggulannya untuk Dekorasi Apartemen - Decoracion.red

wallpaper dinding – image : Decoracion.red

Bahan fiber glass juga bisa digunakan untuk wallpaper karena memiliki banyak sekali kelebihan. Salah satu kelebihan dari wallpaper jenis ini adalah tahan dengan banyak hal mulai dari panas karena terbuat dari serat kaca yang kuat. Selanjutnya saat kena air, noda, dan minyak juga mudah sekali dibersihkan.

Bahan ini juga tahan dengan pengeroposan dan juga jamur. Meski dipasang di dinding yang cukup lembap, wallpaper akan tetap bertahan hingga bertahun-tahun. Kekurangan dari wallpaper ini adalah motifnya yang sederhana dan tentu saja mahal karena bahan fiber glass sangat awet.

Wallpaper Dinding 3D

Wallpaper Dinding 3D - Mengenal Bahan Wallpaper Dinding dan Keunggulannya untuk Dekorasi Apartemen - interior-wallpaper.com

wallpaper dinding – image : interior-wallpaper.com

Setelah membahas banyak sekali jenis dan bahan wallpaper dinding di atas, kita masih melupakan wallpaper 3D yang mulai banyak dipakai di berbagai apartemen atau gedung perkantoran lainnya.

Wallpaper dinding 3D sebagian besar terbuat dari bahan plastik yang tebal dan mudah sekali dibentuk. Motif dari wallpaper 3D ini juga banyak. Beberapa jenis yang sering digunakan terdiri dari.

  • Motif geometri yang mudah sekali diaplikasi dan mudah sekali didapatkan di pasaran. Anda bisa mendapatkannya di toko terdekat atau kalau mau yang lebih lengkap bisa ke isibangunan.com.
  • Motif abstrak. Motif ini bisa digunakan di mana saja karena memberikan kesan elegan yang cukup besar.
  • Motif batu bata. Dengan motif ini ruangan jadi terlihat lebih unik. Bangunan di apartemen bisa menggunakan wallpaper 3D bermotif batu bata di bagian ruang keluarga atau mungkin kamar mandi.
  • Motif kayu. Motif ini memberikan kesan sederhana dan menyatu dengan alam. Anda bisa menempatkan wallpaper ini di bagian ruang kerja agar bisa konsentrasi.

Selain motif yang telah disebutkan sebelumnya, Anda bisa memilih motif lain yang akan membuat apartemen jadi terlihat lebih indah. Memasang wallpaper 3D pada apartemen juga memberikan manfaat lain seperti:

  • Kesan unik dari ruangan. Wallpaper dalam bentuk kertas mungkin tidak memberikan efek apa-apa. Namun, wallpaper 3D memberikan efek unik yang lebih nyata. Terlebih kalau dipadukan dengan efek lampu.
  • Memberikan kesan nyaman sehingga siap saja yang berada di ruangan bisa merasa lebih nyaman.
  • Bisa diaplikasikan di semua ruangan. Anda bisa menempatkannya di ruang tamu atau di kamar mandi sekalipun.
  • Jenisnya ada banyak. Anda bisa mengeceknya sendiri di isibangunan.com.

Tips Memasang Wallpaper Dinding

Tips Memasang Wallpaper Dinding - Mengenal Bahan Wallpaper Dinding dan Keunggulannya untuk Dekorasi Apartemen - nestingwithgrace.com

wallpaper dinding – image : nestingwithgrace.com

Memasang wallpaper dinding tidak semudah memasang lampu hias atau membersihkan lantai. Ada beberapa hal yang harus Anda atau pekerja perhatikan agar wallpaper bisa dipasang dengan sempurna.

  1. Cek Kondisi Kelembapan Dinding

Sebelum memasang wallpaper dinding ada baiknya untuk mengecek kelembapan dari dinding. Kalau kelembapan dinding cukup tinggi sehingga sering berjamur, Anda akan kesulitan menempelkan wallpaper dengan bahan kertas. Bahan ini akan mudah rusak kalau terkena jamur dan air.

Pastikan tembok sudah kering terlebih dahulu sebelum memasang. Kalau kelembapan tidak bisa diturunkan ada baiknya Anda menggunakan bahan wallpaper yang selain kertas. Mungkin bahan vinyl bisa digunakan untuk menurunkan dampak kerusakan akibat tembok yang lembap. Selain itu bahan foil juga bisa digunakan.

  1. Cek Kondisi Permukaan Dinding

Permukaan dinding yang sangat direkomendasikan untuk pemasangan wallpaper adalah yang rata dan tidak memiliki gelombang atau retak. Kalau tembok memiliki bagian yang retak bisa diperbaiki dahulu dengan menambahkan semen atau bahan lainnya. Setelah rata barulah digunakan untuk memasang wallpaper agar sesuai dengan keinginan.

Kalau permukaan banyak yang tidak rata mungkin Anda kesulitan saat melakukan pemasangan. Yang bisa dilakukan adalah memasang wallpaper dengan bahan yang tepat. Bahan wallpaper yang tepat adalah serat tekstil atau fiber glass. Hindari bahan tipis seperti kertas atau mungkin foil karena saat dipasang bisa langsung rusak.

  1. Lakukan Pengeleman dengan Benar

Lakukan Pengeleman dengan Benar - Mengenal Bahan Wallpaper Dinding dan Keunggulannya untuk Dekorasi Apartemen - grup-pumsa.cat

wallpaper dinding – image : grup-pumsa.cat

Proses pengelaman adalah hal paling krusial saat memasang wallpaper dinding. Sebelum melakukan pengeleman ada baiknya Anda tahu bahan wallpaper yang digunakan, setiap bahan memiliki lem khusus agar bisa mereka dengan sempurna. Kalau Anda sampai salah saat melakukan pengeleman ada kemungkinan wallpaper terkelupas.

Sebelum melakukan pengeleman, ratakan cairan pada dinding dengan sempurna. Jangan sampai ada bagian yang memiliki lem tebal sehingga mengganggu proses perekatan dengan maksimal. Setelah melakukan penempelan, ratakan dengan alat dengan permukaan rata agar lem bisa menyebar dengan merata.

  1. Potong Wallpaper dengan Benar

Wallpaper memiliki ukuran yang cukup panjang dan lebar. Kalau Anda memasangnya begitu saja tanpa memakukan pemotongan terlebih dahulu, kemungkinan wallpaper robek akan besar. Oleh karena itu ukuran dahulu ruangan yang akan ditempeli dengan wallpaper. Selanjutnya ukur wallpaper yang akan dipasangkan.

Buat potongan yang benar dan urutannya tepat. Dengan melakukan ini Anda bisa memasang wallpaper sesuai dengan ukuran ruangan dan pola atau motif wallpaper tidak kacau karena dipotong menjadi beberapa bagian. Perhatikan baik-baik bagian ini agar wallpaper yang Anda pasang bisa sesuai dengan keinginan.

  1. Maksimalkan dengan Pencahayaan

Maksimalkan dengan Pencahayaan - Mengenal Bahan Wallpaper Dinding dan Keunggulannya untuk Dekorasi Apartemen - ebay.co.uk

wallpaper dinding – image : ebay.co.uk

Wallpaper memang memberikan efek yang cukup masif pada suasana ruangan. Kalau Anda berhasil memasang wallpaper yang sesuai dengan kebutuhan, ruangan akan terlihat lebih baik. Namun, kalau salah memasang wallpaper, ruangan bisa terlihat lebih gelap atau malah terlalu terang sehingga menyilaukan mata.

Kalau wallpaper yang dipilih memiliki warna yang cerah, pencahayaan lampu yang ada di ruangan diusahakan untuk tidak berlebihan. Dengan begitu, orang yang ada di dalamnya tidak akan terlalu silau sehingga pemandangan mereka jadi terganggu.

 

Baca Juga : Jual Wallpaper Dinding 3D untuk Dekorasi Rumah dengan Bujet Minim

 

Apabila Anda memasang wallpaper 3D, ada baiknya untuk menyesuaikan dengan interior ruangan dan lampu yang digunakan. Kadang wallpaper 3D memberikan efek khusus yang membuat orang yang ada di dekatnya jadi lebih nyaman atau malah tidak betah.

Semoga ulasan tentang wallpaper dinding di atas bisa Anda gunakan sebagai rujukan. Info lain terkait pembelian wallpaper dinding bisa Anda cek di isibangunan.com atau WhatsApp di http://bit.ly/62811158309.

Komentar

Leave A Comment