Menghias ruangan dengan wallpaper cantik kini semakin mudah dan murah. Sebab banyak wallpaper ditawarkan dengan harga terjangkau. Namun, tentunya hanya hanya fokus pada harganya saja, Anda pun harus memerhatikan segi kualitasnya. Supaya wallpaper dinding murah tetap terlihat menawan, dan juga tahan lama. 

Mengenal Produk Wallpaper 

Kertas dinding atau wallpaper ini merupakan hiasan dinding yang dijual dalam bentuk gulungan. Warna dan motifnya sangat variatif, sehingga setiap orang bisa menemukan produk sesuai seleranya. Perubahan sangat signifikan bisa terjadi pada penampilan sebuah ruangan bila mengaplikasikan wallpaper. Wajar saja bila semakin banyak orang yang menyukai dekorasi tersebut.

Penampilan yang semakin cantik, mewah dan elegan sangat terlihat. Sehingga sebuah ruangan memiliki nilai tambah yang signifikan. Proses pengerjaan untuk pemasangan kertas dinding pun relatif cepat. Dengan begitu, tidak memerlukan biaya besar dalam pemasangannya. Selain itu, tidak menimbulkan bau apapun, sehingga tidak merugikan kesehatan.

Wallpaper dinding murah

tidak hanya bisa digunakan pada hunian pribadi saja. Tapi juga sangat bagus diaplikasikan pada hotel, perkantoran, sekolah dan sebagainya. Warna wallpaper tidak mudah pudar, sehingga bisa lebih panjang masa pakainya. Material ini juga tidak gampang kotor. Kalaupun kotor bisa dengan mudah dan cepat untuk dibersihkan. Jadi sangat jelas kalau cara maintenance atau perawatannya sangat sederhana. 

Saat terdapat noda atau kotoran pada permukaan wallpaper, Anda bisa mengangkatnya dengan mudah menggunakan kanebo atau lap kain. Kanebo bisa dibasahi sedikit air untuk menyingkirkan noda dan kotorannya. Nah, agar tumpukan kotoran tidak terlalu tebal sangat disarankan untuk melakukan bersih-bersih wallpaper setidaknya sebulan sekali.

Mengenal Jenis Wallpaper

Wallpaper diproduksi dengan aneka ragam warna dan motif memikat. Selain itu, ada beberapa jenis bahan yang digunakan dalam pembuatan kertas dinding tersebut. Setidaknya ada empat macam yang berada luas di pasaran. Apa sajakah yang dimaksud?

Fabric Backing Wallpaper.

Bahan jenis fabric diandalkan dalam pembuatannya. Wallpaper ini dibuat dari bahan rajutan, sehingga memiliki tingkat ketebalan paling tinggi daripada jenis bahan lainnya. Sehingga bobotnya juga berat dan lebih rumit dalam pemasangannya. Anda harus memakai lem khusus agar wallpaper bisa melekat dengan kuat. Jenis wallpaper ini lebih sering diaplikasikan di istana kerajaan tempo dulu. Harga kertas dinding ini pun sangat tinggi, sehingga sangat jarang masyarakat yang menggunakannya. bahkan kini wallpaper ini hanya bisa dipesan dengan sistem made by order, jadi tidak ada stok di pasaran.

Non Woven Backing Wallpaper.

Bahan pembuatannya berjenis non woven. Jenis bahan wallpaper ini terbilang jarang dijumpai . Karena memang harganya terbilang tinggi, dengan cara pemasangan yang sangat kompleks dan rumit. Namun, di balik harganya yang mahal itu ada kelebihan lain yang bisa dirasakan, yakni kertas dindingnya bisa dipindah dengan mudah meskipun sudah lama dipasang pada dinding.

Pure Backing Wallpaper.

Dekorasi dinding ini dibuat dari bahan dasar kertas. Sayangnya kertas dinding ini terlalu tipis, makanya mudah sobek bahkan saat proses pemasangan. Dengan kelemahan ini maka wallpaper jenis ini paling dihindari penggunaannya.

Vinyl Backing Wallpaper.   

Sesuai namanya bahan wallpaper dinding murah ini berasal dari vinyl. Bisa dikatakan jenis ini paling mudah dijumpai di pasaran. Oleh karena daya tahannya lama tapi dibanderol dengan harga terjangkau. Setidaknya kertas dinding bisa bertahan sampai lima tahun, kalau pemasangannya bagus.

Harga Wallpaper di Pasaran

Secara umum produk wallpaper ditawarkan dalam hitungan per roll atau per meter. Sebenarnya harga kertas dinding sama saja. Hanya dibedakan dalam cara perhitungannya saja. Sebagian besar produk ini dibuat dengan luas lima meter persegi untuk satu rol kecil. Jadi kalau harga satu rollnya 100 ribu, maka harga per meternya dibanderol sebesar 20 ribu. 

Ada pula ukuran rol besar yang biasanya luasnya mencapai 15 meter persegi. Dengan varian ukuran ini tentunya akan memudahkan Anda menyiapkan wallpaper sesuai kebutuhan. Sangat disarankan untuk menghitung dengan cermat kebutuhannya, dan juga membeli dengan jumlah lebih. Apalagi kalau Anda menggunakan wallpaper dengan motif tertentu. 

Jangan buang sisa wallpapernya, karena bisa digunakan sebagai pengganti kalau ada bagian tertentu yang mengalami kerusakan. Sebab kadang kala tidak mudah menemukan wallpaper dengan motif yang sama, meskipun Anda mencarinya di toko atau penjual yang sama. Jadi lebihkan sedikit pembeliannya, sebagai jaga-jaga untuk perbaikan saat diperlukan.

Setiap orang memiliki selera tersendiri dalam menghias ruangannya. Ada orang yang ingin menampilkan gaya klasik, kontemporer, abstrak, minimalis dan sebagainya. Belum lagi untuk pemakaian khusus untuk ruangan anak-anak, maka akan berbeda pula motifnya. Jadi, sebelum dipasang di ruangan tertentu, pastikan dulu motifnya agar sesuai dengan keinginan pengguna ruangan tersebut.

Seperti disinggung di atas harga wallpaper sangat tergantung juga dengan bahannya. Selain itu, harga bisa sangat bervariasi terkait dengan mereknya. Jadi harga kertas dinding tidak bisa disamaratakan. Namun, secara umum semakin bagus kualitasnya maka akan dibarengi pula dengan harga yang tinggi. Akan tetapi, Anda bisa mendapatkan wallpaper dinding murah pada importir atau distributor terpercaya.

Pastikan Kualitas Wallpaper Bisa Diandalkan

Mencari  wallpaper dinding murah sangat mudah di pasaran, apalagi kalau mencarinya melalui internet. Sangat banyak penjual yang menawarkan produk ini dengan harga sangat terjangkau. Namun pertanyaannya apakah semuanya berkualitas? Tentunya belum ada jaminan, karena itu Anda harus cermat saat membelinya. Jangan mudah tergoda dengan barang mudah tapi mutunya rendah.

Kalau produk wallpaper dinding bisa melekat dengan baik pada dinding selama bertahun-tahun, dan warnanya pun tidak gampang pudar, maka bisa dikatakan sangat bagus kualitasnya. Memang kalau Anda belum pernah memakainya maka akan sulit membuktikannya sendiri. Tapi Anda bisa mencermati penjelasan dari produknya, seperti mudah dibersihkan memakai lap, tahan paparan matahari, tahan terhadap benturan dan sebagainya, maka bisa dikatakan kualitasnya memadai.

Beli Wallpaper pada Distributor Terpercaya

Produk wallpaper yang beredar luas di Indonesia sebagian besar buatan luar negeri. Sehingga untuk bisa digunakan masyarakat harus diimpor. Karena itu, pastikan Anda membeli produk wallpaper pada importir atau distributor terpercaya. Mereka akan selalu memberikan penjelasan terkait deskripsi produk yang sebenarnya. Sehingga konsumen bisa menimbang mutu yang ditawarkan.

Kalau distributornya bisa dipercaya, maka Anda pun tidak perlu ragu meskipun membelinya secara online. Semua produk dijamin sama dengan foto produknya, termasuk detail produk yang dijabarkan. Pengemasan paket pembelian pun dilakukan secara aman, sehingga menjaga gulungan wallpaper tetap dalam kondisi baik saat diterima konsumen. 
Nah, mudah bukan menemukan produk wallpaper dinding murah? Pastikan Anda membelinya pada distributor wallpaper terbaik. Dengan begitu, bisa mendapatkan produk bermutu tapi harganya tidak menguras kantong. Anda pun leluasa mendekorasi ruangan sesuai warna dan motif wallpaper sesuai selera. Pastikan pemasangannya juga tepat, agar mendukung daya tahan dan estetikanya.

Please rate this