Ingin melapisi dinding kamar mandi dengan wallpaper? Jangan ragu untuk mengaplikasikannya, karena sudah banyak pilihan bahan wallpaper yang cocok digunakan di kondisi lembab seperti kamar mandi. Apa sajakah pilihan wallpaper dinding kamar mandi?

Luapkan Ekspresi Melalui Wallpaper Kamar Mandi

Kamar mandi akan terlihat sangat berbeda dan tidak membosankan kalau didekorasi dengan khusus. Karena itulah muncul beragam konsep desain interior  dan desain lantai kamar mandi untuk ruang privat tersebut. Apabila mau mengusung konsep kamar mandi kering, maka bisa mengandalkan wallpaper sebagai pelapis atau penutup dindingnya. Cara ini diterapkan juga untuk pemisah area yang basah, seperti tempat pancuran air dengan tempat bercermin. Berbagai ide dekorasi bisa Anda aplikasikan, agar tampilannya semakin menawan. 

Tujuan pemasangan wallpaper di kamar mandi.   

Kalau Anda ingin menciptakan ilusi seakan ukuran kamar mandi lebih lapang, maka penting untuk mengusung wallpaper berpola kecil dengan warna cerah. Jenis wallpaper yang tahan paparan air wajib untuk dipilih. Bila perlu Anda mengaplikasikan lapisan pernis akrilik di permukaannya, supaya terhindar dari kondisi lembab.

Ciptakan dinding aksen

Kalau Anda belum ingin melapisi dinding kamar mandi menggunakan wallpaper, maka bisa menciptakan dinding akses. Cara ini sangat cocok sebagai solusi yang bagus. Anda bisa menentukan satu bagian dindingnya, lalu terapkan warna wallpaper yang solid.

Terapkan pola mencolok

Ruangan kamar mandi sangat minim keberadaan furnitur atau perabotan. Oleh karenanya, Anda bebas mengaplikasikan kertas dinding dengan motif atau corak yang ramai dan warna yang mencolok. Jangan khawatir, kamar mandi tidak akan terlihat sesak. Tapi justru semakin menambah kenyamanan dan estetikanya.

Aplikasikan wallpaper berwarna mengkilap

Langkah ini dilakukan dengan tujuan agar lebih banyak cahaya di dalam ruangan tersebut. Jadi meskipun kamar mandi tidak dilengkapi dengan jendela, akan terap terasa terang. Hal ini karena paparan cahaya lampu bisa dipantulkan ke seluruh sudut kamar mandi. 

Berani bereksperimen

Jangan takut untuk menerapkan beragam motif wallpaper. Anda tidak hanya bisa melapisi dinding dengan wallpaper saja. Tetapi juga bisa menghiasi bagian plafon dengan kertas dinding tersebut.

Jadi sangat jelas kalau aplikasi wallpaper dinding kamar mandi sangat ideal di tempat lembab sekalipun. Anda bisa menciptakan kreasi atau padu padan yang sempurna. Sehingga bisa menghadirkan keindahan yang berbeda. Bila masih bimbang dengan penerapannya, berkonsultasi dengan ahlinya sangat disarankan.

Jenis Bahan Wallpaper Untuk Kamar Mandi

Perkembangan teknologi di bidang produksi wallpaper semakin berkembang. Sehingga aneka produk tercipta, agar bisa digunakan untuk tujuan khusus. Seperti sebagai pelapis dinding di kamar mandi. Nah, bila Anda juga ingin mempercantik penampilan kamar mandi dengan wallpaper, penting untuk mengerti jenis bahannya. Supaya tepat dalam pemilihannya dengan hasil yang memuaskan. Apa saja bahan wallpaper yang bisa Anda pilih?

Wallpaper berbentuk cair.

Produk wallpaper ini bisa disesuaikan dengan bentuk dindingnya. Kalau jenis bahan lainnya harus dilekatkan dengan lem, maka variasi wallpaper ini sangat berbeda. Layaknya cat dinding, wallpaper ini bisa dicairkan kemudian mengoleskannya pada dinding. Aneka ragam warna juga tersedia, jadi bisa disesuaikan dengan selera penggunaannya. 

Wallpaper berbahan fiberglass.

Bahan fiberglass diterapkan agar tetap aman digunakan pada dinding kamar mandi yang lembab. Material ini memang tidak menyerap kelembaban, jadi sangat cocok diaplikasikan. Serat kaca terdapat pada gulungan wallpaper, sehingga membuatnya memiliki daya tahan pemakaian yang lama, tidak mudah berjamur, tidak mudah membusuk, dan bahkan tahan api.

Wallpaper self adhesive atau perekat.

Bahan wallpaper ini juga memiliki keunggulan, seperti tahan lama dan tahan air. Wallpaper dengan bahan ini sudah dilengkapi dengan lem khusus, sehingga memudahkan proses pemasangannya. Anda cukup membasahi bagian belakang wallpaper dengan air. Sayangnya, keberadaan produk wallpaper ini terbilang sulit di pasaran. Namun, Anda bisa memesannya pada distributor atau importir terpercaya. 

Wallpaper berbahan vinyl.

Wall covering dengan bahan vinyl adalah primadonanya. Oleh karena memiliki banyak kelebihan dibandingkan dengan bahan lainnya. Selain bisa dipasang di area kering, seperti kamar tidur, ruang tamu, atau ruang keluarga, cocok juga diaplikasikan di kamar mandi. Hebatnya lagi harga yang ditawarkan distributornya relatif terjangkau. Wajar saja kalau bahan wallpaper ini menjadi favorit masyarakat. Wallpaper ini terbuat dari bahan non woven yang dilapisi dengan polimer vinyl. Dengan begitu mendukung kekuatannya, menjadikan produknya semakin padat dan tahan terhadap paparan air. Jenis wallpaper ini merupakan yang paling murah di pasaran. Keunggulan lainnya adalah warnanya tidak mudah pudar meskipun sering terpapar air, dan tetap ramah terhadap lingkungan. Jadi Anda tetap nyaman dan aman saat berada di kamar mandi.

Nah, itulah beragam pilihan bahan wallpaper yang sudah teruji sangat cocok diaplikasikan di kamar mandi. Sekarang ini sangat mudah mendapatkan produk wallpaper. Baik dengan mendatangi toko wallpaper atau memesannya secara online. Penting untuk memahami pilihan bahan, warna dan motifnya agar sangat ideal menghiasi interior kamar mandi Anda.

Ketahui Kondisi Dinding Kamar Mandi

Wallpaper dinding kamar mandi

bisa melekat dengan sempurna tergantung dari cara pemasangan dan kondisi dindingnya. Jadi penting untuk memahaminya agar wallpaper bisa melekat sempurna, tidak mudah rusak dan mampu bertahan lebih lama. Nah, apa saja yang perlu diperhatikan?

Dinding baru.

Anda baru saja membangun rumah dan ingin mengaplikasikan wallpaper pada kamar mandinya? Dinding baru sangat ideal untuk dipasangi wallpaper. Sebab kondisinya pasti masih bagus, tanpa adanya retakan, lubang dan kondisi buruk lainnya. Anda tinggal mengoleskan lem pada bagian belakang wallpapernya, dan kemudian memasangnya dengan benar. Agar tidak ada bagian yang menggelembung karena adanya udara di dalamnya bisa mengusapkan papan akrilik. Sehingga permukaan wallpaper benar-benar rata.

Dinding basah atau lama.

Tentunya Anda harus mengamati kondisi permukaan dindingnya. Kalau terdapat permasalahan, maka harus segera memperbaikinya. Dengan begitu, permukaan dindingnya rata dan layak untuk dipasangi wallpaper. Bagian yang berlubang harus ditambal, cat yang terkelupas harus disingkirkan dan sebagainya. Sesudah itu barulah memasang wallpaper dengan cara yang benar.

Dinding plesteran atau tanpa cat.

Bila Anda ingin langsung memasang wallpaper pada dinding tanpa proses pengecatan, maka pastikan usia dinding sudah melebihi tiga bulan. Karena sebelum waktu tersebut biasanya kondisi dinding masih basah. Air cuka bisa digunakan dalam proses pembersihan permukaan dinding sebelum dilapisi dengan wallpaper. Sisa plesteran yang menonjol harus disingkirkan, agar permukaan dinding benar-benar rata. Kalau ada bagian yang retak, maka bisa menambalnya memakai lapisan lateks. 

Dinding kayu atau tripleks.


Kalau material ini sudah dilapisi oleh melamin, yang ditandai dengan permukaannya yang licin dan berwarna putih maka tidak dapat dipasangi wallpaper. Pastikan permukaan kayu sudah rata dan bersih. Jadi bila ada serabut kayu dan kotoran harus membersihkannya, sebelum diaplikasikan wallpaper dinding kamar mandi.

Please rate this