Apakah Anda ingin membuat anak anda nyaman saat berada di kamar? Desain Kamar Anak adalah salah satu point penting. Ada berbagai warna dan motif menarik yang bisa diaplikasikan. Sehingga aktivitas belajar di dalam kamar tidur pun menjadi kian seru dan menyenangkan. Nah, bagaimana cara tepat untuk mengaplikasikan wallpaper dinding anak?

Penting Sebelum Mendekorasi Kamar Anak dengan Wallpaper

Memisahkan kamar tidur anak dengan orang tua adalah salah satu cara mengajarinya mandiri. Sayangnya terkadang upaya tersebut tidaklah mudah. Perlu berbagai cara supaya buah hati dengan sendirinya mau tidur di kamarnya. Nah, untuk memudahkan keinginan tersebut caranya bisa dengan menciptakan dekorasi menarik di kamar tidurnya.

Wallpaper atau kertas dinding bisa membantu usaha tersebut. Tentunya tidak hanya asal pasang saja, tapi juga harus harus memerhatikan sejumlah faktor penting. Unsur penting tersebut terkait dengan jenis kelamin, usia dan kegemarannya. Dengan mengikuti apa yang disenanginya, maka mereka akan semakin menyukai kamar tidurnya.

Anak-anak biasanya memiliki rasa penasaran yang tinggi, atau suka mencorat-coret dinding. Oleh karena itu, bila ingin memasang wallpaper pastikan memilih yang bahannya berkualitas. Pada umumnya masyarakat lebih mengandalkan wallpaper yang terbuat dari bahan vinyl. Sebab bahan tersebut terbukti lebih tahan lama, kuat, mudah dipasang dan gampang dibersihkan dari paparan noda atau kotoran.

Kotoran mudah saja terlihat pada wallpaper, karena tumpahan makanan, minuman, coretan crayon, dan lain sebagainya. Untuk itu, Anda harus mendekorasi kamar menggunakan wallpaper berbahan bermutu. Dengan begitu, kertas dindingnya juga tidak mudah sobek atau mengalami kerusakan.

Jika buah hati Anda masih bayi, tapi menginginkan kamar tidur khusus maka harus memilihkan motif dan warna wallpaper yang sesuai. Anda bisa mengusung wallpaper dinding anak berwarna netral. Sebagai contoh warna cokelat, krem dan putih. Cara ini membuat bayi semakin nyaman dan tidak mudah rewel.

Kalau ingin mengaplikasikan motif tertentu sangat direkomendasikan untuk menyesuaikannya dengan warna perabotan di dalam kamar tidurnya. Cara tersebut dilakukan agar pemandangan dinding tetap selaras dengan keberadaan perabotannya. Dengan begitu, akan tercipta suasana yang cantik dan nyaman bagi bayi.

Usianya yang semakin bertambah maka anak-anak sudah mengenal bermacam warna dan tokoh kesenangannya. Jadi kalau Anda ingin mengubah wallpaper di dalam kamar tidurnya, pastikan sudah menanyakannya kepada buah hati. Pertanyaan tersebut terkait dengan warna kesukaan dan motif yang mereka inginkan.

Penting juga untuk memastikan pemasangan wallpaper sudah benar. Dengan demikian, pelapis dinding ini bisa melekat dengan sempurna dan enak dipandang. Kekuatan dan daya tahan pemakaiannya juga sangat dipengaruhi cara pemasangannya. Oleh karena itu, bila waktu dan pengetahuan Anda terbatas maka sangat tepat kalau menyerahkan tugas pemasangan kepada tenaga profesional.

Pilihan Motif Keren Wallpaper Kamar Anak 

Tren wallpaper tidak pernah lekang oleh perkembangan zaman, bahkan keberadaannya semakin digandrungi. Pemasangannya juga tidak hanya untuk ruangan tertentu saja. Akan tetapi juga bisa diaplikasikan untuk kamar tidur anak-anak. Ada banyak motif keren yang bisa diaplikasikan, sehingga buah hati merasa bangga dan nyaman di dalamnya. Nah, apa sajakah pilihan motif wallpaper dinding anak, yang mungkin bisa menjadi inspirasi Anda.

Motif bunga


Desain ini identik dengan anak perempuan, karena memang menawarkan kesan feminim di dalam kamar tidur. Walaupun sebenarnya motif bunga tidak hanya cocok untuk kamar anak-anak perempuan saja. Oleh karena sangat cocok juga kalau diterapkan di kamar tidur anak laki-laki. Biasanya motif bunga di kamar anak perempuan dirancang berupa lukisan bunga lembut. Warna yang diandalkan biasanya adalah kuning  dan merah jambu. Nah, bedanya dengan desain wallpaper untuk kamar anak laki-laki adalah motif bunganya berukuran besar dipadu dengan warna-warna terang, seperti biru, jingga dan hijau.

Desain Kamar Anak Motif pemandangan alam.

Panorama pegunungan dan hutan yang memancarkan rasa nyaman dan hawa yang sejuk bisa dihadirkan di kamar buah hati Anda. Wallpaper bertemakan alam ini sangat gampang dijumpai di pasaran. Ada banyak corak dan motif, seperti lukisan pepohonan, burung-burung yang sedang terbang, pemandangan alam pegunungan dan lain sebagainya. Dominasi warna kuning, putih dan hijau dari pemandangan alam dipercaya bisa memberikan kehangatan di dalam ruangan. Selain itu juga memberikan kesan segar di dalam kamar tidur.

Motif tradisional.

Suasana tenang dan teduh bisa dihadirkan di dalam kamar tidur anak. Caranya dengan melapisi dinding kamarnya menggunakan wallpaper bertemakan hal sederhana. Anda bisa memilih kertas dinding yang polanya tidak ramai. Sehingga tetap memberikan kenyamanan dan tidak menciptakan kesan sempit pada ruangannya. Salah satu motif tradisional yang hingga kini masih digemari adalah herringbone. Kesan simpel nan elegan sangat terpancar pada tema kertas dinding tersebut. 

Motif watercolor atau abstrak.

Setidaknya terdapat dua fungsi untuk wallpaper bermotif abstrak. Fungsi tersebut adalah memberikan sentuhan artistik dan menjadikan ruangan semakin hidup. Agar tidak merusak pemandangan, pastikan memilih perpaduan warna secara tepat. Jika akan diterapkan pada kamar tidur bayi, sangat disarankan untuk memadukan warna pastel. Sebaiknya menghindari pemasangan kertas dinding bertema abstrak di seluruh sisi dinding. Jadi lapisi satu bagian dinding dengan wallpaper. Sedangkan ketiga sisi lainnya biarkan tetap dilapisi cat dinding. Warna cat dinding yang direkomendasikan adalah yang berwarna teduh. Sebagai contoh warna coklat muda, abu-abu, putih dan biru langit. 

Motif monochrome.

Wallpaper berwarna monochrome kembali menjadi tren di tahun ini. Meskipun beberapa tahun sebelumnya sudah dianggap ketinggalan zaman. Warna wallpaper ini tidak hanya cocok diaplikasikan di kamar orang dewasa saja. Akan tetapi juga bagus diterapkan di kamar anak-anak. Kesan minimalis akan terpancar dari dekorasi kamar tersebut. Penampilan warna tersebut tidaklah mencolok, sehingga tidak menyebabkan gangguan penglihatan pada buah hati. Bahkan pemilihan warna wallpaper ini bisa sampai mereka berusia dewasa. 

Motif ceria berwarna terang.

Dunia anak-anak dipenuhi keceriaan, aktif bergerak dan gemar bermain baik sendiri maupun dengan teman-temannya. Nah, agar mereka betah di dalam kamarnya, Anda juga bisa mengusung wallpaper bertemakan keceriaan yang didominasi warna terang. Warna ini dipilih karena dipercaya bisa meningkatkan rasa percaya diri dan semangat anak. Motif penuh warna, kelucuan dan berbagai hal yang menyenangkan sangat cocok untuk mereka. Desain wallpaper dengan gambar tokoh animasi biasanya sangat digemari. Nah, Anda bisa memberikan motif yang paling disukai buah hati. Biasanya anak perempuan dan anak laki-laki memiliki tokoh kegemarannya masing-masing.

Nah, inilah berbagai hal penting yang harus diperhatikan ketika akan menghias kamar anak. Wallpaper dinding anak sangat banyak pilihannya, karenanya harus selektif. Komunikasi memang sangat penting saat pemilihannya. Hal ini sekaligus mengajari buah hati tentang pentingnya diskusi atau musyawarah. Dengan pilihan motif dan warna yang tepat, maka buah hati semakin menyukai kamarnya.

Please rate this