Vinyl click flooring merupakan elemen desain interior yang menjadikan tampilan lantai lebih menarik. Motif lantai vinyl beragam, yang paling populer ialah motif kayu, marmer, dan bebatuan.

Untuk vinyl motif kayu, tersedia beberapa variasi yaitu terang, sedang, hingga gelap. Ada juga jenis vinyl yang memiliki tekstur urat kayu sehingga seperti kayu asli pada umumnya.

Lantai vinyl memiliki tekstur yang halus dan elastis sehingga mudah dipasang. Sehingga banyak yang menggunakannya sebagai pelapis lantai, terutama untuk rumah bergaya minimalis.

Selain itu, lantai vinyl juga terbukti awet dan menjadikan tampilan bagian dalam rumah terlihat lebih elegan tanpa mengeluarkan banyak biaya.

Sebelum mengetahui harganya di pasaran, terlebih dulu simak jenis-jenis lantai vinyl yang tersedia.

Jenis-jenis Lantai Vinyl

Berdasarkan bentuknya, lantai vinyl terdiri dari beberapa jenis yaitu:

Vinyl click flooring
vinyl Klik mudah pesangannya – Vinyl click flooring

1. Vinyl Plank

Vinyl plank berbentuk persegi panjang dengan lebar antara 10 hingga 20 cm dan panjang antara 90 – 100 cm. Vinyl plank sering disebut lantai kayu karena bentuknya menyerupai papan kayu asli. Lantai vinyl plank motif kayu sangat cocok untuk dijadikan sebagai pelengkap interior bernuansa klasik atau natural.

Jual Lantai Vinyl Bandung
Jual Lantai Vinyl Bandung Murah Untuk Mewahkan Rumah Anda

2. Vinyl Tile

Vinyl tile atau ubin merupakan lantai vinyl yang dapat digunakan sebagai alternatif keramik. Anda dapat memilihnya jika menginginkan lantai yang hangat dan empuk di pijakan, tetapi tampak seperti ubin keramik. Ukuran vinyl tile juga bervariasi dan dapat dipilih sesuai kebutuhan.

Pemasangan lantai vinyl tile menggunakan perekat khusus yang dapat menyamarkan penyambungan setiap petaknya. Untuk pemasangan, sebaiknya Anda menggunakan jasa yang ditawarkan oleh toko dengan gaya sesuai selera. Baik vertikal, horizontal, ataupun diagonal.

Vinyl click flooring
Vinyl click flooring – harga vinyl roll

3. Vinyl Roll

Vinyl roll kerap disebut karpet vinyl, karena bentuknya yang menyerupai karpet. Karpet vinyl roll memiliki lebar 2 meter dengan panjang sekitar 25 meter. Dapat diaplikasikan pada ruangan tanpa sambungan, sehingga pemasangannya lebih mudah.

Dibandingkan karpet dari nilon, vinyl lebih mudah dibersihkan. Karpet vinyl juga tahan air dan tidak menimbulkan alergi karena tidak berbulu. Coraknya pun lebih beragam dan tersedia berbagai warna yang dapat disesuaikan dengan tema ruangan.

Untuk pembeliannya, ada toko yang membolehkan membeli beberapa meter, tetapi ada juga yang mengharuskan membeli dalam bentuk gulungan utuh.

Sementara itu, berdasarkan tekstur permukaannya, lantai vinyl terbagi atas dua jenis yaitu embossed dan non embossed. Lantai vinyl embossed memiliki tekstur urat kayu yang berfungsi menjadikan lantai tidak licin. Sementara non embossed bertekstur halus dan rata.

Vinyl Click Flooring
Harga Lantai Vinyl Click Flooring

Harga Lantai Vinyl Click Flooring

Harga lantai vinyl di pasaran berkisar antara Rp120.000 hingga Rp150.000 per kotak untuk jenis tile dan plank. Setiap satu kotak kira-kira dapat menutup area dengan luas lebih dari 3 meter persegi.

Sementara untuk vinyl luxury dengan kualitas terbaik, harganya sekitar Rp300.000 per kotak. Sementara harga lantai vinyl roll atau vinyl karpet berada di kisaran Rp50.000 hingga Rp300.000. Harga di atas berbeda menurut jenis, merek, kualitas, dan distributornya. (Cek harga vinyl terbaru Klik Disini)

Selain itu, harga tersebut belum termasuk dengan biaya pemasangan. Untuk pemasangan biasanya dihitung dalam satuan meter persegi. Pemasangan lantai vinyl bervariasi.

Contohnya di Jabodetabek, biaya pemasangannya antara Rp30.000 – Rp50.000. Di luar wilayah tersebut, harganya tentu berbeda. (Pemesanan atau cek harga klik Disini)

Tarif pemasangan pun berbeda menurut lokasi pemasangannya. Untuk pemasangan di lantai, ongkosnya antara Rp30.000 per meter persegi, sedangkan untuk tangga ditetapkan per trap seharga Rp55.000 dan untuk aksesori Rp10.000 per meter persegi.

Nah, itulah harga vinyl click flooring di pasaran yang dapat Anda jadikan sebagai rujukan awal sebelum membelinya. Semoga ulasan ini bermanfaat bagi Anda.

Please rate this