Jakarta – click vinyl plank flooring.Vinyl plank merupakan material pelapis lantai berbentuk lembaran seperti kayu tipis. Material ini berukuran panjang antara 90 hingga 100 cm dan lebar antara 10 hingga 20 cm.

Click vinyl plank flooring di pasaran tersedia dalam dua jenis ketebalan yaitu 2 mm dan 3 mm. Selain itu, lantai vinyl plank juga terdiri atas dua jenis permukaan yaitu embossed dan non embossed. (Klik disini untuk pemesanan vinyl klik)

Vinyl berjenis embossed memiliki tekstur permukaan serupa dengan urat kayu sehingga lantai tidak licin. Sementara untuk non embossed, teksturnya halus dan licin. Secara tampilan, jenis embossed tampak lebih mewah. Akan tetapi, jika Anda mencari pelapis lantai yang mudah dibersihkan, sebaiknya pilih vinyl jenis non embossed.

Lantai vinyl umumnya diterapkan pada rumah bergaya minimalis. Sebagai penutup lantai, vinyl plank tidak hanya menjadikan interior rumah tampak cantik, melainkan juga memberikan kenyamanan pada penghuni.

Sejumlah toko yang menjual vinyl biasanya juga menawarkan jasa pemasangan untuk hasil terbaik.

Namun, bagi Anda yang ingin lebih hemat, dapat menggunakan cara pemasangan sendiri sebagai berikut.

Click vinyl plank flooring
Mengukur Luas Ruangan Sebelum Memesan Click vinyl plank flooring

1. Mengukur Luas Ruangan Sebelum Memesan Click vinyl plank flooring

Untuk mengetahui berapa click vinyl plank yang diperlukan, Anda harus mengukur luas ruangan dengan teliti. Hal ini untuk mengantisipasi vinyl tidak mencukupi ketika diaplikasikan pada seluruh ruangan.

Lebih baik jika Anda memesan vinyl lebih luas dari ukuran ruangan untuk menghindari kekurangan. Anda juga dapat membawa sketsa ruangan yang akan dipasangi vinyl ke toko material untuk mendapatkan ukuran vinyl yang lebih akurat.

click vinyl plank flooring
Keluarkan Barang-barang dari Ruangan´╗┐ sebelum memasang click vinyl plank flooring

2. Keluarkan Barang-barang dari Ruangan

Sebelum melakukan click vinyl plank flooring, keluarkan barang-barang dari dalam ruangan supaya tidak mengganggu. Misalnya jika Anda akan memasang vinyl di ruang tamu, pindahkanlah sofa, meja, lemari, dan rak yang ada di sana ke ruangan lain. Begitu pula untuk dapur dan kamar tidur.

3. Pastikan Lantai Bersih dan Kering

Bersihkan lantai dari kotoran dan debu dengan cara menyapu dan mengepelnya. Kemudian biarkan hingga kering. Pastikan kondisi lantai benar-benar rata, tidak terdapat benjolan atau lubang yang nantinya dapat merusak vinyl.

Setelah itu, tentukan titik pusat dari empat sisi dinding pada ruangan. Buatlah garis yang menghubungkan titik di sudut ruangan ke titik pusat. Anda dapat menggunakan dua garis menyilang yang terbentuk sebagai acuan pemasangan vinyl.

click vinyl plank flooring
click vinyl plank flooring tanpa harus di lem – lantaikayu.blogspot.com

4. Merekatkan Vinyl dengan Lem

Siapkan lem kuning (solvent base adhesive) untuk perekat. Oleskan lem pada bagian bawah lantai vinyl dan permukaan lantai secara merata. Setelah lem disapukan, tempatkan vinyl sesuai garis yang sudah dibuat agar hasilnya rapi.

Namun untuk vinyl terbaru tidak memerlukan lem yaitu lantai vinyl klik hanya dengan menyambungkan seperti memasang permainan puzzle. (klik Disini untuk jenis vinil terbaru JT vinyl klik)

click vinyl plank flooring
Jual Vinyl lantai – Memotong Kelebihan Vinyl – click vinyl plank flooring

5. Memotong Kelebihan Vinyl

Pada beberapa bagian ruangan seperti sisi yang rapat ke dinding, biasanya terdapat kelebihan vinyl. Supaya tampak rapi, Anda perlu memotong bagian tersebut dengan pisau cutter yang tajam. Gunakan penggaris logam sebagai alat bantu supaya hasil potongan benar-benar lurus.

Cara memotongnya, letakkan lembaran vinyl yang belum dipasang di atas vinyl yang sudah terpasang. Tandai bagian yang berlebihan. Kemudian, potong sepanjang garis dengan pisau dan bantuan penggaris. Agar hasil pemasangan vinyl tampak lebih menarik dan rapi, gunakan aksesori tambahan seperti plin dan transisi.

Demikianlah cara mudah memasang click vinyl plank flooring yang dapat Anda praktikkan sendiri. Pastikan Anda memasang dengan teliti untuk menghindari hasil pengerjaan yang tidak memuaskan.

Semoga panduan ini dapat memberi inspirasi bagi Anda. (klik disini untuk pemesanan model terbaru dari vinyl click flooring)

Komentar
Summary
product image
Author Rating
1star1star1star1star1star
Aggregate Rating
no rating based on 0 votes
Brand Name
JT Vinyl
Product Name
Click Vinyl
Price
IDR 100000
Product Availability
Available in Stock