Bahan bangunan murah banyak dicari untuk pembuatan suatu kontruksi. Untuk menghasilkan hunian ataupun bangunan yang tahan banting dan awet digunakan, tentu materialnya tidak boleh sembarangan. Anda harus mencari material berkualitas di penjual yang terpercaya. Bahan bangunan sendiri memiliki banyak jenis serta kegunaannya masing-masing.
Ada beberapa bahan bangunan yang dibuat dengan sedikit campur tangan pabrik seperti halnya kayu dan kaca. Namun ada pula bahan bangunan yang hanya dapat diolah di pabrik seperti pipa dan juga semen.

Bahan Bangunan Murah dan Jenisnya

Ingin mencari bahan bangunan murah, cukup mudah untuk dilakukan. Sayangnya tidak semua penjual mampu menyediakan bahan berkualitas seperti yang diinginkan. Untuk itu anda perlu mencari referensi yang tepat untuk mencari tahu dimana seharusnya anda membeli bahan yang diperlukan. Namun sebelum itu, penting bagi anda untuk mengetahui jenis bahan bangunan yang sering digunakan, seperti yang berikut ini:

⦁ Semen

Bahan bangunan murah yang paling banyak digunakan yang pertama adalah semen. Bahan ini berguna untuk merekatkan batu bata sehingga dapat dibuat menjadi dinding yang kokoh. Semen juga berguna untuk melekatkan keramik yang diletakkan di lantai. Untuk menghasilkan campuran semen yang baik, anda harus membandingkan antara pengadukan air dan semen secara tepat.

⦁ Batu bata

Batu bata merupakan material yang banyak digunakan untuk membuat suatu bangunan. Ukuran dari batu bata sendiri cukup beragam. Ada yang berukuran kecil dan ada juga yang memiliki ukuran besar. Ingin batu bata yang kecil ataupun besar, anda bisa menyesuaikannya dengan model rumah yang akan anda bangun nantinya.

⦁ Besi beton

Selanjutnya ada juga batu beton. Material yang satu ini berfungsi sebagai bahan kontruksi untuk rumah. Besi beton memiliki ukuran yang cukup beragam mulai dari 10 mm hingga 12 mm. Ada besi beton yang dibuat dengan permukaan polos, berbentuk kanal hingga yang berbentuk ulir. Untuk membuat bangunan, kerangka besi beton selanjutnya akan diisi dengan adonan semen dan juga pasir.

⦁ Kayu

Bahan bangunan murah selanjutnya adalah kayu. Kayu untuk bangunan cukup beragam, namun yang paling banyak dipili untuk membangun sebuah rumah adalah kayu Kalimantan. Kayu Kalimantan yang banyak dipesan antara lain adalah kamper Samrinda dan kamper Rasamala.

Jikapun anda tidak menemukan kayu kalimantan, anda tetap dapat menggunakan jenis kayu yang lain. Kayu yang digunakan sebaiknya mengandung air tidak lebih dari 20 persen. Selain itu, pastikan jika kayu telah melewati proses pengovenan sehingga tidak mudah rusak ataupun lapuk.

⦁ Pasir

Pasir merupakan salah satu material yang sangat penting bagi pembangunan. Material ini biasanya dicampur dengan semen untuk menghasilkan adonan bagi kontruksi. Ciri pasir yang baik adalah pasir yang memiliki bentuk butiran tajam. Pasir yang demikian, bisa lebih kuat saat dijadikan sebagai campuran perekat bata ataupun dijadikan pondasi pada bangunan.

Untuk memastikan apakah pasir yang dipilih sudah tepat atau belum, anda bisa coba menggenggamnya. Jika pasirnya menggumpal maka pasir tersebut kurang berkualitas. Selain itu, hindari juga jenis pasir yang memiliki kandungan lumpur lebih dari 5 persen.

⦁ Triplek

Bahan bangunan murah selanjutnya adalah triplek. Bahan bangunan ini seringkali digunakan sebagai penutup langit-langit ataupun sebagai plafon rumah. Penggunaan triplek dapat digunakan untuk membuat langit-langit terlihat lebih rapi dengan bagian atap yang tidak terlihat.

Penggunaan triplek pada langit-langit juga bisa didekorasi ataupun di cat serta ditambahi ukuran yang cantik. Anda bisa melakukan modifikasi sesuai dengan keinginan.

⦁ Genteng

Selanjutnya ada juga genteng. Suatu bangunan tidak akan sempurna jika tidak ada atapnya. Di bagian atap tersebut, anda bisa memberi tambahan berupa genteng untuk melindungi penghuni dari panas dan hujan. Genteng sendiri dibuat dari tanah liat dan memiliki daya tahan yang kuat.

Genteng sangat tahan terhadap perubahan cuaca di luar. Dengan demikian, anda tidak perlu menggantinya hingga belasan atau bahkan puluhan tahun lamanya.

⦁ Pipa

Penggunaan pipa dalam suatu bangunan berguna untuk menyalurkan sir ke seluruh bagian rumah. Anda bisa menggunakan pipa terutama untuk pengairan di bagian wastafel, kamar mandi, kebun dan yang paling penting adalah dapur.

⦁ Paku

Tanpa adanya paku, suatu bangunan tidak akan mampu berdiri kokoh. Paku sendiri berguna untuk menyambungkan kayu ataupun triplek agar menjadi lebih kokoh saat digunakan. Paku juga sering dipadukan dengan penggunaan tali untuk pemasangan keramik. Bahan bangunan murah yang satu ini memiliki ukuran yang beragam sehingga bisa dibeli sesuai dengan keperluan.

⦁ Lantai

Pada bagian lantai, anda bisa melapisinya dengan keramik, vinyl ataupun kayu parlet. Beragam bahan pembuatan lantai tersebut tentu memiliki kelebihannya masing-masing. Harganya juga beragam mulai dari yang murah dan yang mahal tergantung motif serta jenis yang anda beli. keberadaan lantai di suatu bangunan sebaiknya dipilih yang paling nyaman terutama untuk pijakan.

Bahan bangunan di atas adalah material yang seringkali digunakan untuk keperluan kontruksi atau bangunan.

Tips Membeli Bahan Bangunan Murah

Ada beberapa tips yang bisa anda pertimbangkan dalam membeli bahan bangunan murah, seperti yang berikut ini:

⦁ Hitung kebutuhan dan lakukan pengukuran secara tepat. Tanpa perhitungan yang matang, bisa jadi anda malah melakukan pemborosan saat membeli material. Apalagi jika budget yang dimiliki terbatas, penghitungan yang matang membantu anda untuk lebih menghemat keuangan.

⦁ Lakukan riset dengan mencari penjual bahan bangunan yang anda perlukan. Jangan sampai anda sudah jauh-jauh datang ke toko namun penjual tidak menyediakan barang yang anda mau. Jika ingin membeli secara online, ada baiknya untuk memastikan jika produk yang anda inginkan dijual disana. Selain itu pastikan jika toko yang bersangkutan terpercaya dan berkualitas.

⦁ Tingkat keawetan merupakan hal yang penting diperhatikan saat anda membeli bahan bangunan. Semakin awet bahan bangunan yang anda beli tentu semakin baik juga untuk anda. Karena jika bahannya awet maka anda tidak perlu mengeluarkan biaya untuk bolak-balik melakukan penggantian dari material terkait.

⦁ Tips selanjutnya adalah dengan membeli bahan bangunan murah di toko yang tepat. Jika ingin mendapatkan bahan bangunan murah, anda bisa membandingkan antara satu toko dengan toko lainnya untuk mendapatkan bahan yang diinginkan.

Perhatikan tips-tips di atas sebelum anda membeli bahan bangunan murah. Jangan lupa untuk memastikan kualitas dari barang yang anda beli.

Bahan Bangunan Murah di Isibangunan.com

Bagi anda yang tengah mencari bahan bangunan murah, anda bisa langsung menuju ke situs isibangunan.com. Sebagai importir resmi, maka situs ini menyediakan harga lebih hemat sesuai budget Anda. Pemesanan dapat dilakukan baik lewat telepon maupun whatsapp di 0811-111-279. Jangan ragu untuk bertanya mengenai kebutuhan bahan bangunan maupun dekorasi rumah Anda. Karena kami akan membantu dalam mewujudkan hunian seperti yang Anda idamkan.

Komentar

Please rate this