Lantai parket Pekanbaru adalah lantai kayu yang seringkali digunakan pada dasaran untuk meningkatkan estetika dalam sebuah hunian. Lantai ini biasanya digunakan untuk keperluan interior suatu bangunan. Penggunaan lantai parket mampu memberikan kesan mewah serta nyaman bagi para penghuninya.
Lantai parket Pekanbaru yang terbuat dari kayu 100 persen asli juga disebut juga dengan lantai kayu solid. Sedangkan lantai parket yang terbuat dari campuran disebut juga dengan kayu enginer. Sedangkan yang terbuat dari serbuk kayu disebut juga dengan kayu laminated.

Cara Mudah Memelihara Lantai Parket Pekanbaru

Jenis rumah modern seringkali menggunakan pelapis parket untuk diterapkan pada bagian lantainya. Adapun alasannya adalah lantai parket Pekanbaru mampu menghadirkan kesan alami dan hangat pada rumah yang mereka huni.
Ada beberapa tips merawat lantai parket yang bisa anda terapkan jika menggunakan jenis lantai ini di rumah. Beberapa tips tersebut antara lain adalah sebagai berikut:

⦁ Hindari kelembapan

Anda tentu tahu jika kelembapan merupakan musuh utama bagi kayu. Inilah kenapa, ada baiknya untuk tidak membersihkan lantai parket anda dengan cara dipel. Akan lebih baik jika anda hanya menyapunya saja. Jika anda nekat mengepel lantainya, maka genangan air akan mengendap di lantai hingga menyebabkan terjadinya pelapukan.

Bukan hanya pelapukan, genangan air juga bisa menyebabkan terjadinya pengelupasan pada lapisan lantai anda. Alhasil, sendi-sendi parket bisa jadi lepas hingga menyebabkan lantai berdecit saat dipijak. Meski banyak produk pembersih lantai yang ditawarkan lewat televisi namun akan lebih baik jika anda menghindarinya.

Untuk menjaga keawetan dari lantai parket, anda juga bisa menggunakan bahan kimia anti rayap. Cara pemakaiannya bisa dilakukan dengan menyuntik bahan kimia tersebut pada beberapa potongan kayu di lantai anda. Lakukan perawatan dengan baik agar lantai parket anda tetap awet dan tahan lama.

⦁ Rutin dibersihkan

Tips selanjutnya untuk merawat lantai parket Pekanbaru anda adalah dengan cara rutin disapu. Seperti halnya jenis lantai yang lain, rutin menyapu membuat lantai anda terbebas dari debu. Dengan demikian, tidak akan ada penumpukan kotoran di permukaan lantai.

Untuk menyapu lantai parket, anda bisa menggunakan jenis sapu yang berbulu lembut. Anda juga dapat menggunakan vacum cleaner yang dilanjutkan dengan lap kering setelahnya.

Jika lantai anda adalah jenis parket solid atau kayu keras, maka sebaiknya dilakukan perawatan tambahan. Anda bisa melakukan proses waxing ataupun menyemir ulang lantai minimal sebulan sekali. Gunakan pengkilap kayu untuk hasil yang lebih baik.

⦁ Lapisi dengan karpet

Pada beberapa ruang tertentu terutama yang paling banyak digunakan untuk beraktivitas, anda bisa melapisinya dengan karpet. Penggunaan karpet membuat lantai parket Pekanbaru anda menjadi lebih awet dan terpelihara dengan baik. Karpet juga bisa digunakan untuk menjaga keamanan anggota keluarga yang ada di dalam rumah.

Jika memilih untuk menggunakan karpet, ada baiknya anda sering menjemurnya agar tidak menimbulkan kelembapan di parket anda. Karpet sendiri tersedia dalam berbagai ukuran yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan lantai rumah.

⦁ Pindahkan posisi perabot rumah anda

Tips merawat lantai parket Pekanbaru yang selanjutnya adalah dengan memindahkan posisi perabot rumah anda berkala. Bagi anda yang tinggal di negara tropis, anda membutuhkan perawatan ekstra bagi lantai anda. Hal ini dilakukan supaya lantai parket tidak mudah pudar warnanya akibat paparan sinar matahari.

Memindahkan posisi perabot membuat lantai parket rumah anda lebih terjaga warna serta kebersihannya. Anda bisa memindahkan perabot setiap 6 bulan sekali atau sesuaikan dengan kebutuhan. Pastikan jika lantai parket tidak tergores saat anda menggeser ataupun menganggkat perabotan tersebut.

⦁ Gunakan lap kering

Tips selanjutnya adalah dengan menggunakan lap kering saat ada noda menempel pada lantai parket anda. Penting bagi anda untuk segera membersihkan jika lantai terkena noda bekas makanan, minuman ataupun jenis noda yang lain. Jika noda yang berbekas adalah jenis noda bandel, anda bisa memanfaatkan perasan jeruk lemon untuk membersihkannya.

Selain menggunakan lemon, anda juga bisa menggunakan cuka putih untuk mengatasi noda yang muncul. Anda cukup menuangkan cuka putih di bagian yang ada nodanya lalu diamkan kurang lebih empat menit. Selanjutnya bersihkan dengan lap kering.

Penggunaan lemon dan cuka putih mampu secara efektif membuat noda terangkat. Kedua bahan tersebut juga bagus digunakan untuk membuat lantai parket anda kembali berkilau.

Melalui tips yang tepat, tentu lantai parket Pekanbaru anda akan lebih terawat dan pastinya nampak bersih dan enak dipandang.

Kelebihan Menggunakan Lantai Parket Pekanbaru

Ada beberapa kelebihan yang bisa anda dapatkan dalam menggunakan lantai parket Pekanbaru di hunian anda.

⦁ Memiliki motif yang beragam sehingga anda bisa menyesuaikan sendiri dengan nuansa yang ingin ditonjolkan.
⦁ Penggunaan lantai parket mampu memberi kesan alami dan damai bagi penghuni rumah. Dengan demikian, lantai parket cocok digunakan bagi anda yang menyukai suasana alami dan menyegarkan.
⦁ Penggunaan lantai parket nyaman dan empuk saat digunakan. Dibandingkan dengan keramik ataupun jenis lantai lainnya, lantai ini memiliki tekstur yang lebih empuk. Tidak heran jika lantai ini banyak digunakan untuk tempat atau sarana berolahraga.
⦁ Membuat hunian tidak terasa dingin. Hal ini dikarenakan sifat kayu yang akan menyimpan panas di siang hari untuk menghangatkan udara saat malam. Keunggulan yang satu ini tentu akan sangat menguntungkan bagi para penghuni di dalamnya.
⦁ Ramah terhadap terhadap kesehatan. Dibandingkan dengan jenis lantai lain yang terbuat dari batu dan PVC, lantai ini tidak dingin sehingga tidak berpotensi menimbulkan rematik. Lantai parket Pekanbaru juga terbuat dari bahan alami dan tidak mengandung bahan kimia di dalamnya sehingga lebih aman.
⦁ Menimbulkan kesan mewah. Penggunaan lantai parket selain menimbulkan kesan alami juga mampu menonjolkan kesan mewah di hunian anda. Apalagi jika proses finishing dilakukan dengan baik sehingga mampu menimbulkan kesan kilapan kayu yang elegan dan cantik.

Dengan beragam kelebihan yang ditawarkan, tidak heran jika lantai parket banyak dilirik untuk pembuatan lantai suatu bangunan. Lantai parket tersedia dalam berbagai produk dengan bahan pembuatan yang beragam. Ada parket jati, lantai parket Merbau, lantai parket Sonokeling dan lain sebagainya. Anda bisa memesannya sesuai dengan kebutuhan dan desain interior rumah anda.
Selain untuk lantai, anda juga bisa memasangnya di deck, plafon ataupun tangga kayu. Tinggal sesuaikan sendiri kebutuhan hunian anda dan jenis motif parket yang diinginkan.
Saat Anda ingin mendapatkan produk lantai parket Pekanbaru terbaik, maka langkah pertama adalah mengunjungi situs resmi isibangunan.com. Lakukan pemesanan di 0811-111-279. Jika ada yang ingin informasi lebih lanjut tentang informasi produk maupun harga maka customer servise isibangunan.com akan membantu dengan sepenuh hati. Harapannya, Anda mendapatkan yang terbaik baik dari sisi kualitas maupun harga.

Komentar