Lantai kayu Palembang banyak digunakan di segala jenis bangunan. Penggunaan lantai ini bukan hanya menambah kesan mewah namun juga menonjolkan sisi natural dari ruangan tersebut. Lantai kayu adalah produk dari kayu yang dibuat dengan beragam tipe, warna serta gaya yang berbeda-beda. Harga dari lantai ini cukup beragam tergantung pada jenis kayu yang digunakan.
Lantai kayu dibuat dari jenis kayu yang berkualitas dan pastinya kokoh dan aman untuk hunian. Beberapa jenis kayu yang sering digunakan antara lain adalah kayu jati, kayu Merbau, kayu Sonokeling, Sungkai dan lain sebagainya.

Kelebihan Lantai Kayu Palembang untuk Bangunan

Ada banyak sekali kelebihan yang ditawarkan oleh lantai kayu Palembang yang patut anda pertimbangkan. Beberapa kelebihan tersebut antara lain adalah sebagai berikut:

⦁ Membuat ruangan menjadi lebih hangat

Kelebihan menggunakan lantai kayu yang pertama adalah mampu membuat ruangan menjadi lebih hangat. Hal ini dikarenakan sifat alami kayu yang mampu menyimpan panas pada siang hari untuk menghangatkan ruangan di malam harinya. Sifat alami ini membuat kayu mampu menyesuaikan diri dengan suhu udara yang ada. Alhasil, anda tidak akan terlalu dingin atau merasa sangat kepanasan saat menggunakan jenis lantai ini.

⦁ Perawatan yang mudah

Kelebihan yang selanjutnya adalah perawatan yang mudah. Membersihkan jenis lantai ini cukup menggunakan vacuum cleaner ataupun bulu sapu yang halus. Sementara untuk membersihkan noda-noda ataupun benda yang cair yang tumpah di atasnya, anda bisa menggunakan lap untuk mengusapnya.

⦁ Memberi efek visual yang menarik

Berbeda dengan jenis lantai yang lain, lantai kayu Palembang memiliki bahan yang solid. Dengan demikian, anda bisa mendapatkan kesan estetik yang menarik dan bagus dari lantai ini. Uniknya lagi, anda juga bisa menampilkan kesan natural dari lantai kayu yang anda gunakan. Dengan kesan menarik yang ditonjolkan, sudah pasti anda dan keluarga akan menjadi lebih betah saat berada di rumah.

Lantai kayu memiliki banyak motif yang beragam. Anda bisa memilih jenis motif yang diinginkan dan pastinya pas untuk diterapkan di dalam hunian.

⦁ Awet digunakan

Keunggulan lain yang ditawarkan dari lantai kayu adalah awet dan tahan lama. Jika anda menggunakannya secara baik dan benar, maka lantai kayu tersebut bisa bertahan cukup lama bahkan sampai 20 tahun lamanya. Salah satu langkah perawatan yang disarankan adalah dengan melakukan re-coating. Anda juga bisa mengecatnya ulang setiap 3 bulan sekali atau sesuai dengan kebutuhan.

⦁ Bagus untuk kesehatan

Lantai kayu diyakini dapat mengurangi pengaruh dari VOC atau Volatile Organic Compounds yang terdapat di ruangan. VOC sendiri adalah sejenis senyawa organik yang memiliki tekanan uap sangat tinggi serta mudah menguap pada tekanan ruang. Dengan kemampuan kayu yang dapat menyesuaikan suhu ruang, hal ini mampu membuat penghuni bebas dari zat berbahaya yang satu ini.

⦁ Sebagai investasi jangka panjang

Penggunaan lantai kayu Palembang dapat meningkatkan nilai jual dari properti penghuni rumah. Dengan demikian, anda bisa menjadikan lantai ini sebagai investasi jangka panjang.

Dengan banyaknya kelebihan yang ditawarkan, anda bisa mempertimbangkan jenis lantai ini sebagai pelengkap interior hunian anda. Selain cantik, lantai kayu Palembang juga murah untuk dirawat.

Jenis Kayu untuk Pembuatan Material Lantai Kayu Palembang

Untuk membuat lantai kayu, jenis kayu yang digunakan haruslah yang kuat. Selain itu, kayu tersebut juga harus memiliki tingkat kekerasan yang tinggi serta tingkat keawetan yang bagus. Ada beberapa jenis kayu yang sering digunakan untuk pembuatan lantai kayu Palembang seperti yang berikut ini:

⦁ Bengkirai

Bahan pembuatan kayu yang pertama adalah kayu Bengkirai. Bahan dasar pembuatan lantai kayu ini sering digunakan untuk lantai bagian luar. Kayu Bengkirai juga sering disebut dengan Yellow Balau karena memiliki warna yang kuning agak kecoklatan. Di negara kita, Bengkirai banyak ditemukan di pulau Kalimantan yang juga dikenal sebagai pulau penghasil kayu yang berkualitas.

Selain digunakan untuk lantai bagian luar luar rumah, anda juga bisa menggunakan jenis kayu ini untuk bagian dalam ruangan.

⦁ Jati

Jati merupakan primadonanya kayu di Indonesia. Jenis kayu yang satu ini memiliki tingkat keawetan yang tinggi serta kekuatan yang bagus. Bukan hanya di Indonesia, anda juga bisa menemukan kayu jati di negara lain seperti Laos, Myanmar hingga Kamboja. Kayu jati banyak dipilih untuk pembuatan kayu indor seperti halnya parket, papan tangga dan juga plin.

⦁ Merbau

Selanjutnya ada juga kayu Merbau. Jenis kayu ini disebut-sebut sebagai saingannya kayu jati. Kayu Merbau memiliki warna merah agak kecoklatan. Selain itu, kayu ini memiliki serat yang agak menyerupai dengan serat kelapa. Uniknya lagi, kayu Merbau memiliki tingkat kekerasan yang bagus sehingga cocok mutu untuk dijadikan sebagai bahan bangunan.

Anda bisa menjumpai kayu Merbau banyak di Maluku dan Papua. Jenis kayu ini bisa digunakan untuk keperluan pembuatan lantai indor ataupun outdor. Sayangnya, kayu ini kurang tahan terhadap air dan akan mengeluarkan getah merah saat bersinggungan dengan air.

⦁ Sonokeling

Ada juga Sonokeling yang seringkali dijadikan sebagai bahan pembuatan lantai kayu Palembang. Jenis kayu yang satu ini, seringkali dikatakan sebagai kayu yang mewah lantaran corak dan motifnya yang menarik. Kayu Sonokeling banyak ditemukan di Jawa Timur dan Jawa Tengah dan sering dijadikan untuk pembuatan bahan dasar lantai.

⦁ Sungkai

Meski kurang populer jika dibandingkan dengan jenis kayu yang lain, namun Sungkai sendiri cukup banyak disukai. Hal ini dikarenakan, Sungkai memiliki tingkat kekerasan yang bagus dengan warna kayunya yang putih polos dan krem. Kayu ini bisa digunakan sebagai dasaran lantai untuk bagian indor.

Setiap bahan dasar kayu yang digunakan tentu memiliki kelebihannya masing-masing. Anda bisa memilih sendiri jenis kayu yang diinginkan sesuai dengan kebutuhan.

Cara Merawat Lantai Kayu

Untuk membuat lantai kayu Palembang anda lebih terawat, anda bisa melakukan beberapa cara merawat kayu yang berikut ini:

⦁ Jika ada noda, anda bisa segera mengusapkan dengan kain yang sedikit lembab
⦁ Hindari mengepel lantai dengan air. Penggunaan air serta uap bisa membuat kayu mudah rusak apalagi jika anda sering melakukannya
⦁ Jangan menggeser perabotan di atas lantai kayu rumah anda. Gesekan antara lantai dan perabotan bisa menimbulkan kerusakan pada lantai anda. Akan lebih baik jika anda mengangkat perabotan jika hendak memindahkannya

Beda jenis lantai tentu beda pula cara merawatnya. Lakukan perawatan dengan benar agar lantai kayu Palembang anda terhindar dari kerusakan dan awet saat digunakan.

Ada banyak tempat mendapatkan lantai kayu maupun vinyl dengan motif kayu sebagai alternatif. Namun diantara semua tempat, isibangunan.com bisa jadi rekomendasi bagi Anda. Selain kualitas, kami juga memberikan harga yang bersahabat. Untuk pemesanan produk bisa menghubungi 0811-111-279 baik lewat telepon maupun whatsapp.

Komentar