Maraknya merek produk HPL (High Pressure Laminate) di pasaran, maka harus selektif dalam pemilihannya. Sebab tidak semua produk memiliki kualitas dan daya tahan yang sama. Lalu, bagaimana cara memilih produk HPL berkualitas? Apakah HPL TACO harga tetap terjangkau layak menjadi pilihannya?

Tips Memilih Produk HPL Berkualitas

Salah satu keistimewaan pelapis kayu HPL adalah kreasi warna dan motifnya sangat menawan. Pilihan desainnya sangat melimpah, apalagi setiap merek menawarkan varian yang berbeda-beda. Banyaknya corak HPL tentunya semakin memanjakan para konsumennya.

Tidak hanya itu saja, bila Anda menggunakan pelapis HPL juga akan sangat diuntungkan dengan kehandalannya. Karena pelapis kayu ini terbukti tahan goresan dan anti air. Sehingga lapisannya tidak mudah rusak dan lebih awet. Selain itu juga sangat memudahkan dalam proses perawatannya.

Kenapa produk HPL bisa memiliki kekuatan tersebut? Karena sedikitnya terbuat dari tiga lapisan, yang memiliki fungsinya masing-masing. Lapisan-lapisan tersebut disatukan dengan mesin khusus bertekanan dan suhu sangat tinggi. Dengan begitu, setiap lapisan bisa menyatu dengan kuat dan sempurna.

Semakin banyaknya merek produk HPL di pasaran membuat sebagian konsumen bingung dalam pemilihannya. Galilah informasi memadai dalam memilih produk berkualitas. Bila tidak, bisa bertanya atau meminta rekomendasi langsung dari ahlinya.

Dengan begitu, dipastikan merek yang dipilih sudah teruji kehandalannya. Nah, sebagai panduannya beberapa tips berikut bisa Anda terapkan ketika akan membeli produk HPL.

informasi HPL TACO harga bersaing

  1. Pilih produk HPL dengan tampilan decorative paper yang jelas atau tegas

Material dengan kualitas bagus akan menampilkan motif yang jelas. Semisal Anda memilih HPL bermotif kayu, maka pastikan tampilan serat kayunya sangat jelas. Keindahan motifnya lebih bertahan lama, meskipun sering terpapar air dan sinar matahari.

Sangat berbeda dengan produk HPL berkualitas rendah. Tampilan coraknya mudah pudar, apalagi kalau sering terkena sinar matahari.

  1. Cermati lapisan kraft paper yang terletak di bagian belakang lembaran HPL

Cara lain yang harus dilakukan adalah mencermati sisi belakang lembaran produk HPL. Produk berkualitas ditandai dengan hasil pengamplasan lebih sempurna atau tidak terdapat kecacatan. Jadi untuk membedakan produk original dan recycle (daur ulang), dengan cara mengamplas bagian dasar lembaran HPL.

Kalau setelah diamplas terdapat banyak sisa resin dengan banyak noda hitam, maka sudah dipastikan merupakan produk daur ulang. Karena kalau produk original tidak akan meninggalkan noda, dan permukaannya lebih halus.

  1. Ketahui ketebalan lembaran HPL

Lebih disarankan untuk menggunakan produk HPL dengan ketebalan standar. Ketebalan HPL tersebut berkisar 0,7-0,8 milimeter. Kalau ketebalannya melebihi ukuran tersebut akan lebih sulit diaplikasikan pada bidang melengkung.

  1. Tidak mudah retak dan lebih lentur

Secara umum, karakteristik produk pelapis HPL adalah kaku dan kurang elastis. Dengan begitu, berisiko mudah patah atau retak. Namun, kekurangan tersebut sudah semakin diperbaiki oleh pabrikannya. Karena itu, tingkat elastisitasnya semakin membaik. Namun, tetap saja masih terdapat produk HPL yang permukaannya mudah retak.

Untuk itu, sebelum membeli merek HPL tertentu, pastikan memerhatikan kekuatan permukaannya. Produk yang berkualitas tentunya tidak mudah retak, jika lembaran pelapis kayu tersebut dilipat. Karena lembarannya lebih lentur, sehingga tidak mudah patah meskipun tekanan cukup kuat.

Nah, itulah setidaknya beberapa cara mudah untuk mendeteksi kualitas sebuah merek HPL. Jangan mudah terkecoh dengan penawaran HPL TACO harga sangat murah. Sebab bisa jadi merupakan produk tiruan atau daur ulang. Sehingga dipastikan kualitasnya sangat jauh dari standar. Sehingga sangat wajar kalau mudah rusak, dan tidak mampu bertahan lama pemakaiannya.

Tips Memilih Perekat Berkualitas Untuk HPL

Salah satu perlengkapan penting saat pemasangan lembaran HPL adalah lem atau perekat. Secara umum, jenis lem kayu bisa digunakan sebagai perekatnya. Namun, tentunya harus selektif dalam memilih mereknya. Karena diharapkan lem bisa menyatukan permukaan papan kayu dan HPL dengan sempurna. Dengan begitu, daya rekatnya bisa diandalkan untuk jangka waktu panjang.

Secara umum, memilih perekat harus memerhatikan kecocokan lem dengan media yang akan ditempelkan atau direkatkan.  Daya rekat lem harus bagus, mudah dibersihkan dan daya sebarnya merata. Sebagai tips dalam pemilihan lem HPL yang bagus, setidaknya ada enam hal yang harus diperhatikan.

  1. Memilih lem dengan daya rekat sangat kuat, sehingga dapat mempertahankan ikatan kimia dalam jangka waktu lebih lama.
  2. Memilih perekat yang dapat dimanfaatkan untuk furnitur outdoor atau bahkan produk dengan kategori heavy duty. Sebagai contoh lem yang digunakan untuk kaki meja kayu.
  3. Memilih lem yang cara pemakaiannya relatif mudah.
  4. Memilih lem yang lebih cepat kering, daya sebar tinggi dan mudah merata.
  5. Memilih lem yang aman bagi kesehatan dan ramah lingkungan.
  6. Memilih lem dengan harga bersaing. Saat ini sudah sangat banyak merek lem kayu di pasaran. Kualitas tetap harus menjadi prioritas, namun akan sangat menguntungkan bila harganya cukup bersaing.

Pemakaian lem atau perekat berkualitas tinggi sangat membantu daya rekat HPL pada permukaan kayu. Jika daya rekat lemnya sangat rendah, sudah pasti lembaran pelapis kayu tersebut mudah terlepas. Sehingga merusak estetika furnitur, sehingga tidak enak dipandang. Kalau tidak segera diperbaiki, maka bisa merusak fungsi dan kekuatan furniturnya.

Jadi, tepat dalam memilih merek HPL TACO harga ekonomis dan perekat adalah dua hal yang sangat penting diperhatikan.

Distributor HPL Berkualitas dengan Harga Lebih Ekonomis

daftar HPL TACO harga termurah berkualitasMembeli produk HPL berkualitas pastinya lebih menguntungkan, walaupun dari segi harga sedikit lebih mahal. Namun bisa memberikan motif yang tidak gampang pudar, tingkat elastisitas tinggi, lebih tahan goresan, awet dan tahan lama.

Banyak merek yang beredar di pasaran memang membuat bingung bagi yang masih awam dengan produk HPL. Namun, hal itu bisa diatasi dengan mencari informasi akurat seputar produk pelapis kayu tersebut. Bisa juga dengan berkonsultasi dengan ahlinya. Dengan begitu, dibantu menemukan produk berkualitas sesuai harapan.

Pastikan Anda hanya membeli produk HPL langsung dengan distributor resminya. Seperti IsiBangunan.com yang sudah berkiprah cukup lama sebagai importir dan distributor bahan dekorasi bangunan berkualitas. Produk HPL yang ditawarkan tampil dengan desain cantik dan elegan. Pilihan warna dan motifnya sangat beragam.

Kualitas produknya tidak perlu diragukan lagi, sebab sudah diakui secara global. Keamanan produk juga sudah teruji, tidak merugikan kesehatan. Keawetan dan daya tahannya juga sangat bagus. Dengan pemasangan yang sesuai dan perawatan tepat, usia pemakaiannya bisa mencapai belasan hingga puluhan tahun.

Anda juga bisa sekaligus memenuhi kebutuhan bahan dekorasi interior lainnya. Sebab distributor ini juga menyediakan banyak varian produk, seperti panel dinding PVC, plafon PVC, lantai vinyl dan sebagainya. Jangan khawatir dengan harga produknya, sebab dijamin sangat bersaing daripada merek lain di pasaran.

Yuk, kunjungi IsiBangunan.com sekarang juga! Simak informasi HPL TACO harga terkini. Anda juga bisa berkonsultasi langsung dengan tenaga ahli berpengalaman.

Please rate this