Anda ingin membuat kamar mandi yang enak dipandang, nyaman dan aman? Mendesain kamar mandi dengan tepat akan mewujudkan keinginan tersebut. Salah satu elemen penting yang tidak boleh dilupakan adalah material pelapis lantainya. Apa pilihan bahan flooring yang tepat untuk Lantai Kamar Mandi

 

  • Keramik Dianggap Ideal Sebagai Penutup Lantai Kamar Mandi

Tidak hanya wastafel, desain bathtub dan perangkat saniter saja yang perlu diperhatikan ketika merancang kamar mandi. Salah satu elemen yang harus diperhatikan juga adalah lantainya. Karena penerapan warna dan polanya akan berpengaruh besar terhadap pemandangan kamar mandi secara keseluruhan.

Oleh karena digunakan di dalam kamar mandi, maka pemilihan material lantainya harus tepat. Salah satu bahan flooring yang dimaksud adalah keramik. Keramik menjadi pilihan sebagian besar masyarakat, karena banyak jenis, motif, ukuran dan warnanya. Dengan begitu, bisa disesuaikan dengan selera dan fungsinya. 

Dengan penerapan keramik lantai yang tepat, maka suasana kamar mandi menjadi lebih menyenangkan. Unsur keamanan, kenyamanan dan keindahan harus bisa hadir bersamaan. Selain itu, juga lantainya harus mudah dibersihkan, yang tentunya agar ketiga unsur tersebut tetap hadir di kamar mandi.

Lantai yang kotor dan licin tentunya membuat tidak nyaman dan bisa berbahaya bagi keselamatan pengguna kamar mandinya. Sebab risiko terpeleset atau terjatuh semakin besar, kalau tekstur lantainya berubah menjadi sangat licin. Kondisi itu bisa diakibatkan oleh paparan air, busa sabun, cairan shampo dan lain sebagainya.

Kamar mandi sebagai area privat biasanya didesain sesuai selera atau kepribadian pemiliknya. Namun, jangan sampai melupakan ketiga unsur di atas.  

 

  • Memahami Kamar Mandi Basah dan Kering

Secara umum, jenis kamar mandi terbagi menjadi dua macam yakni kamar mandi basah dan kamar mandi kering. Oleh karenanya dalam pemilihan material lantainya, Anda juga harus memerhatikan kedua hal tersebut. 

Area shower termasuk dalam area basah. Keramik sebagai pelapis lantainya harus memiliki permukaan yang tepat. Keramik bertekstur kasar sangat disarankan. Tujuannya agar lantainya tidak mudah licin atau antiselip.

Penerapan Lantai Kamar Mandi dengan tekstur kasar adalah pilihan yang terbaik guna menutupi dan menghiasi lantainya. Dengan begitu, mendukung faktor keselamatan, karena pengguna kamar mandi tidak gampang terjatuh atau  terpeleset.

Bagaimana dengan ukuran keramik yang tepat? Pemilihan ukuran keramik idealnya tidak terlalu besar. khususnya keramik yang dipasang pada tempat bilas. Tujuannya supaya sistem drainase bisa berjalan degan efisien. Sehingga tidak terjadi genangan air terlalu lama di lantai kamar mandinya. Celah antar keramiknya juga dapat difungsikan sebagai saluran untuk mempercepat air mengalir menuju tempat pembuangan.

Bagaimana dengan area kering pada kamar mandi? Wastafel dan kloset termasuk sebagai area kering. Tekstur keramik yang sebaiknya dipasang pada area kering adalah yang permukaannya agak kesat atau matte. Sebab memang areal tersebut tidak terlalu basah.

 

  • Memilih Warna dan Motif Keramik Sesuai Selera

Memang tidak ada acuan baku terkait dengan warna dan motif keramik yang bisa diaplikasikan pada lantai Lantai Kamar Mandi. Pemasangan keramik bermotif tertentu pastinya akan menjadi daya tarik utama pada kamar mandi. 

Anda bisa mengaplikasikan keramik dengan warna sesuai keinginan. Pemilihan warna keramik juga bisa memberikan kesan tertentu pada kamar mandi, seperti kesan lapang atau bahkan sempit.

Kalau Anda ingin kamar mandi terlihat lebih lega, maka bisa mengaplikasikan keramik berwarna putih atau warna terang lainnya. Cara ini sangat tepat diterapkan pada kamar mandi yang luasnya terbatas. Sedangkan jika area kamar mandinya terbilang luas, maka bisa mengusung keramik berwarna gelap, seperti hitam. 

Keramik berwarna hitam memang menciptakan ilusi sempit pada ruangan. Akan tetapi warna hitam bisa menghadirkan kesan elegan pada kamar mandi. Itulah kenapa warna keramik tersebut hanya disarankan pada kamar mandi yang areanya terbilang luas. 

Sekarang ini memang motif tidak teratur, warna mencolok dan pola asimetris pada keramik kamar mandi sedang digandrungi masyarakat. Tetapi bukan berarti kalau warna keramik netral sudah kehilangan peminat. Sebab pada dasarnya hanya ingin memberikan sentuhan berbeda  pada elemen Lantai Kamar Mandi, yang kadangkala terlupakan.

 

  • Memilih Keramik Lantai Kamar Mandi Berkualitas Dengan Harga Lebih Murah

Nah, kalau Anda sudah menentukan ukuran, motif dan warna keramik yang dianggap paling ideal diaplikasikan pada kamar mandi, tahapan selanjutnya adalah membeli keramik tersebut. Sekarang ini sudah sangat banyak toko keramik bermunculan. Mereka tidak hanya memasarkannya secara konvensional saja, tapi juga sudah merambah ke dunia pemasaran digital atau online.

Sehingga semakin memudahkan siapa saja, bagi yang ingin membeli produk keramik. Namun, sayangnya kualitas keramik dan pelayanan setiap toko keramik tentunya berbeda-beda. Termasuk dengan harga yang ditawarkannya. Meskipun produknya memiliki merek dan tipe yang sama, bisa saja dibanderol dengan harga yang berbeda.

Untuk itu, selain memilih produk keramik yang  tepat, Anda juga harus memilih penjualnya secara cermat. Harapannya tentunya Anda bisa mendapatkan produk berkualitas dengan motif dan warna sesuai selera Anda. Namun, harganya lebih bersaing daripada produk yang ditawarkan toko keramik lainnya. 

 

  • Hanya Beli Lantai Kamar Mandi di Toko Terpercaya

Membeli material Lantai Kamar Mandi di sembarang toko bangunan tentunya sangat berisiko. Mulai dari kualitas produk yang rendah, hingga harga yang terlalu mahal. Untuk itu, pastikan tempat belanja keramiknya harus sudah terpercaya. Dengan begitu, memastikan Anda mendapatkan keramik bermutu tinggi tapi harganya sangat bersaing.

Sebelum membeli pastikan Anda memberikan informasi yang akurat, seperti merek, ukuran, warna, motifnya dan jumlahnya. Apalagi kalau Anda membelinya secara online. Penting pula untuk memberikan kenyamanan dalam berbelanja untuk meminta garansi produk. 

Karena keramik dikemas dalam kemasan kardus tidak mungkin untuk mengeceknya satu per satu. Sehingga dibutuhkan jaminan dari penjualnya. Jadi kalau terdapat kerusakan parah bisa mengembalikannya dan meminta ganti yang baru.

Di mana tempat beli keramik berkualitas? Anda bisa membelinya melalui IsiBangunan.com

IsiBangunan merupakan importir dan distributor resmi aneka bahan bangunan berkualitas. Banyak sekali merek, ukuran, warna dan motif yang disediakan. Sehingga bisa menemukan banyak koleksi produk yang sesuai dengan selera Anda. Stok produknya sangat melimpah sehingga bisa memenuhi kebutuhan para pelanggan di seluruh Indonesia.

Karena merupakan importir resmi maka harganya bisa lebih bersaing daripada toko keramik lainnya. Anda bisa mengecek koleksi, dan harga setiap produk keramiknya dengan mengakses langsung website penjualannya tersebut.

IsiBangunan tidak hanya sediakan produk dekorasi lantai saja, tapi juga menyediakan produk dekorasi dinding, plafon, sanitary dan masih banyak lainnya. Jadi sembari memenuhi kebutuhan akan Lantai Kamar Mandi, Anda bisa sekaligus membeli aneka produk bermutu lainnya. Tentunya dengan harga yang sangat bersahabat.

Nah, tunggu apalagi! Segera kunjungi IsiBangunan.com dan dapatkan semua produknya dengan harga sangat kompetitif, tapi dengan mutu terbaik di kelasnya.

Please rate this