Kamar mandi Anda kotor? Bau? Dan lengket ketika Anda injak? Mungkin hal tersebut terjadi karena Anda kurang memperhatikan kamar mandi Anda sehingga Anda mengalami hal tersebut.

 

Meski kamar mandi tidak terlihat begitumencolok pada setiap hunian. Namun, peran kamar mandi sangatlah penting dan harus selalu kita rawat secara rutin. Dengan memberikan pelumas atau bahan lainnya yang membuat kamar mandi menjadi bersih akan membuat Anda merasa nyaman saat berada di dalam kamar mandi.

 

Berikut kami akan memberikan tips yang bermanfaat untuk Anda agar Anda tidak mengalami hal-hal yang dituliskan di atas.

 

  1. Membersihkan kloset

 

Kloset yang kotor bisa saja menjadi sarang kuman dan bakteri atau bahkan hingga sarang virus. Maka dari itu, hal yang paling utama yang harus Anda perhatikan dari kamar mandi Anda adalah kloset. Membersihkan kloset harus dilakukan secara rutin misalnya satu kali dalam seminggu atau Anda bisa melakukannya beberapa kali dalam seminggu.

 

Kloset yang bersih akan membuat Anda serta keluarga terhindar dari penyakit-penyakit yang bersarang di sana. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan sabun pembersih kloset yang sudah banyak dijual di minimarket terdekat dengan harga yang terjangku murah. Gunakan juga sikat atau alat lain untuk membantu Anda membersihkan kloset.

 

  1. Membersihkan lantai

 

Sama halnya degan kloset, lantai kamar mandi pun harus dibersihkan secara menyeluruh. Karena, di setiap area kamar mandi pasti terdapat bakteri-bakteri jahat yang menempel.

 

Anda bisa membersihkan lantai kamar mandi dengan bantuan sabun dan juga kain atau alat yang mendukung lainnya.

 

Jangan lupa, selalu gunakan sarung tangan untuk menghindari bakteri menempel pada tangan Andaa.

 

  1. Membersihkan kolam

 

Bayangkan jika kolam Anda kotor? Airnya keruh dan semacamnya. Tentu saja itu membuat Anda tidak nyaman, bukan? Maka dari itu, Anda juga harus memperhatikan kondisi kolam Anda agar selalu terlihat bersih dan air terhindar dari kotoran. Karena air yang kotor dapat merusak kulit Anda dan membuat kulit Anda tampak lebih kusam.

 

Tidak perlu sulit-sulit untuk membersihkan kolam Anda. Anda cukup membersihkannya dengan sabun pembersih kamar mandi yang memiliki fungsi sama untuk menghilangkan kotoran. Setelah itu laukan pengurasan air kolam dan isi air kolam kembali dengan air yang baru.

 

  1. Membersihkan area pintu

 

Siapa bilang kalau di area pintu tidak terdapat bakteri dan tidak kotor? Anda salah. Justru, sering kali di pintu masuk kamar mandi juga menjadi tempat berkumpulnya bakteri-bakteri jahat.

 

Lalu, bagaimana cara membersihkannya?

 

Pertama Anda memerlukan sarung tangan.

 

Kedua Anda memerlukan kain lap.

 

Ketika Anda memerlukan sabun penghilang bakteri untuk kamar mandi.

 

Setelah itu, Anda tinggal melakukan pembersihan pada sekitaran pintu kamar mandi dengan cara menyemprotkan sabun tersebut lalu mengelapnya. Begitu terus hingga seluruh bagian pintu merata dan menurut Anda sudah bersih.

 

  1. Membersihkan keran air

 

Keran air juga merupakan area kamar mandi yang sangat penting untuk dibersihkan. Jika keran air kotor maka di sanalah bakteri berkumpul.

 

Hal yang harus dilakukan adalah membersihkannya dengan pelumas penghilang bakteri.

 

  1. Membersihkan dinding kamar mandi

 

Area keenam yang wajib dibersihkan adalah dinding. Tentunya Anda tidak menyadari bahwa di dinding kamar mandi Anda pun terdapat bakteri, bukan?

 

Untuk membersihkan dinding kamar mandi Anda memerlukan alat tambahan seperti yang Anda lakukan untuk membersihkan pintu kamar mandi.

 

Kami juga akan memberika rekomendasi sabun terbaik untuk membersihkan kamar mandi Anda.

Rekomendasi Pembersih Kamar Mandi

Selanjutnya bagian dinding dan lantai…

Mungkin ini bagian yang membutuhkan tenaga ekstra karena menjadi bagian yang paling luas, dengan kondisi paling kotor ditambah kerak membandel.

Yang diperlukan di sini adalah sabun pembersih khusus dan sikat. Karena itu Anda membutuhkan pembersih kamar mandi yang ampuh.

Berikut beberapa rekomendasinya untuk Anda:

  1. Porstex

photo: yurishop.co

Salah satu cairan pembersih kamar mandi yang bagus dan cukup populer adalah Porstex. Mengandung bahan hydrochloric acid yang dinilai ampuh untuk membersihkan noda membandel pada porselen.

 

Selain itu, produk ini juga diklaim bisa membasmi bakteri di lantai, dinding kamar mandi termasuk kloset.

 

Tersedia dalam kemasan 1 liter, Anda bisa mendapatkannya dengan harga terjangkau yakni mulai dari Rp17 ribu-an.

 

  1. Harpic

photo: harpic.co.in

Memiliki berbagai varian yang bisa dipilih sesuai kebutuhan, Harpic dikenal ampuh dalam mengatasi noda ringan hingga yang membandel.

 

Tersedia pula dengan aroma ‘citrus’ atau ‘fresh’ yang harum dan segar, sehingga membuatnya tidak terlalu menyengat dan mengganggu pernapasan

seperti pembersih kamar mandi lainnya.

 

Harpic pembersih kamar mandi ini bisa Anda beli seharga Rp16 ribu-an untuk ukuran 450 ml.

 

  1. WPC 

photo: wingscorp.com

 

Pembersih kamar mandi ampuh lainnya adalah WPC dengan formula active power-nya diklaim efektif membersihkan kuman, kotoran bahkan kerak pada porselen maupun kloset.

 

Selain di kamar mandi, produk yang juga memberikan keharuman pada ruangan ini bisa digunakan di dapur maupun ruangan dengan keramik. Produk ini dibanderol di pasaran dengan harga Rp16 ribu-an untuk ukuran 600 ml.

 

  1. Vixal

photo: unilever.co.id

 

Sama halnya dengan Porstex, Vixal pembersih kamar mandi juga salah satu produk yang cukup populer.

 

Mengandung bahan aktif asam yang efektif membuat toilet jadi bersih dan mengilap serta mengatasi aroma tak sedap sekaligus menghadirkan aroma wangi. Dikemas dalam kemasan botol yang didesain khusus untuk memudahkan Anda dalam menuang cairan tanpa perlu takut tumpah.  Produk ini tersedia dalam berbagai varian seperti ‘Ekstra Kuat’, ‘Kuat Harum’ dan “Anti-kerak’, dan dijual dengan harga yang juga bervariasi, mulai dari Rp16 ribu-an untuk ukuran 780 ml

 

  1. Muscle

photo: scjhonson.co.id

 

Pembersih kamar mandi Mr. Muscle juga salah satu yang direkomendasikan. Keunggulannya didesain untuk mudah diaplikasikan, hanya dengan menyemprotkan produk, bahkan tanpa perlu dibilas.

 

Mudah sekali bukan?

 

Keampuhannya juga tak perlu diragukan. Selain bisa membersihkan noda menguning dan semua kotoran di kamar mandi, juga bisa sekaligus membunuh kuman, serta mengilapkan semua permukaan. Selain itu juga dapat memberikan aroma yang segar.  Menariknya lagi produk ini juga tersedia dalam bentuk gel padat yang bisa mencegah kotoran menempel di dalam kloset.

Dilengkapi aplikator, cara menggunakannya pun mudah, karena cukup tempelkan gel pada bagian dalam kloset yang dilewati aliran air.  Sama dengan produk sebelumnya produk ini juga memiliki harga terjangkau yakni mulai dari Rp14 ribu-an untuk ukuran 500 ml.

 

  1. Domestos

photo: domestos.com

 

Pembersih kamar mandi ini diformulasikan khusus dengan active green formula yang efektif membersihkan permukaan toilet dan porselen sekaligus menghilangkan noda serta membunuh kuman dan bakteri.

 

Tidak hanya pada toilet, Anda bisa mengaplikasikan produk ini di lantai, dinding atau permukaan berbahan porselen lainnya.

 

Diklaim mengandung bahan anti-kerak, produk ini bisa digunakan untuk mengatasi noda membandel.

 

Khusus pada varian anti-kerak, produk ini memiliki tekstur 7 kali lebih kental

dari sabun pembersih kamar mandi lainnya.

 

Harga pasaran produk ini berkisar di Rp13 ribu untuk ukuran 450ml.

 

  1. Wipol

photo: wipol.co.id

 

Pembersih kamar mandi satu ini juga salah satu yang populer. Merupakan pembersih dengan pine action membuatnya efektif membunuh kuman dan memberikan keharuman yang menyegarkan.

 

Produk ini bisa diandalkan untuk menghilangkan bau dan bakteri di kamar mandi. Akan lebih efektif jika Anda menggunakan produk yang juga tersedia dalam kemasan isi ulang ini sebagai perawatan ringan saja. Harganya tergolong ekonomis, yakni kurang lebih sama dengan Domestos, Rp13 ribu-an untuk ukuran 450ml dalam kemasan botol dan 780 ml dalam kemasan isi ulang.

 

Demikian sedikit artikel penjelasan dari kami semoga membantu Anda dalam hal apa pun. Kami juga menyediakan bahan-bahan yang Anda butuhkan untuk mendekorasi ruang tertentu. Anda bisa mengunjungi website resmi kami di isibangunan.com.

 

silakan cek official website kami www.isibangunan.com

follow IG kami @isi_bangunan

Please rate this