Produk HPL (High Pressure Laminate) kian diminati masyarakat karena kaya warna, motif dan tekstur estetis. Penggunaan material laminasi ini tidak hanya untuk produk furnitur saja. Tetapi juga sebagai pelapis dinding, partisi atau sekadar aksen. Dapatkan produk berkualitas langsung dari distributor jual HPL lembaran di kota Anda.

Varian Motif dan Ukuran HPL

Sebelum memilih merek HPL tertentu, pastikan kualitasnya sudah terjamin. Setelah itu barulah pertimbangan aspek harganya. Jika selisihnya tidak begitu signifikan, tetapi menawarkan mutu lebih baik, maka lebih layak dipilih. Daripada produk yang dibanderol lebih murah, sayangnya kualitasnya sangat buruk.

Produk laminasi HPL diproduksi dari campuran resin dan kertas. Material finishing ini terdiri atas beberapa lapisan yang memiliki fungsinya tersendiri. Lapisan itu berupa inlay, deco paper dan craft paper. Pabrikan HPL mengandalkan mesin berteknologi canggih. Sehingga bisa menghasilkan produk laminasi dengan aneka tampilan cantik.

Berbagai motif alami sangat digemari konsumen, seperti corak marmer, granit, bambu, bunga dan kayu. Ada juga motif yang terkesan futuristik, seperti perunggu, perak, tembaga dan emas. Banyaknya corak yang ditawarkan diharapkan bisa memenuhi keinginan setiap penggunanya.

Bahan pelapis ini diproduksi dengan beragam tingkat ketebalan. Umumnya, mulai dari 0.5 mm hingga 1,5 mm. Khususnya untuk produk HPL yang digunakan di area dalam ruangan atau indoor. Sedangkan untuk pemakaian outdoor akan digunakan yang lebih tebal. Sebagai contoh dimanfaatkan sebagai bahan wall cladding.

Ukuran standar pelapis kayu ini adalah dengan panjang 2440 milimeter dan lebar 1220 milimeter. Ada pula pabrikan yang memproduksi varian ukuran lain yang lebih besar. Sehingga sangat ideal jika diaplikasikan di media pemasangan yang cukup luas.

Diandalkan Sebagai Pelapis Furnitur

desain furnitur HPLProduk HPL sudah lama diandalkan sebagai bahan laminasi furnitur atau mebel. Terutama untuk produk furnitur berbahan baku kayu olahan, seperti multiplek, MDF dan sejenisnya. Dengan tujuan agar furnitur kayu olahan bisa tampil lebih cantik dan elegan. Selain itu, berperan sebagai pelindung dari berbagai ancaman. Seperti paparan minyak, air, zat kimia, panas matahari, jamur dan serangan rayap.

Segala kelebihan tersebut pastinya sangat menguntungkan pengguna furnitur. Sebab menjadikan perabotan tidak mudah rusak, lebih awet dan tahan lama. Apalagi cara perawatan dan pemasangannya relatif praktis. Sehingga lebih hemat waktu, tenaga dan uang.

Metode pemasangan HPL yang cukup mudah sangat membantu pengrajin furnitur. Sehingga pengerjaannya lebih cepat dan mendatangkan keuntungan lebih memuaskan. Para desainer interior juga sangat terbantu dengan banyaknya pilihan desain dan keunggulan HPL. Karena semakin mudah dalam merancang desain yang senada untuk seluruh elemen interior. Seperti furnitur, dinding, lantai dan plafonnya.

Material finishing ini juga sangat cocok diaplikasikan di kamar anak. Apalagi bagi anak-anak yang masih senang corat-coret dinding. Jika masih menggunakan cat dinding, biasanya sangat sulit dibersihkan. Sehingga pemandangan dinding terlihat kurang menarik. Sedangkan kalau sudah dilapisi dengan HPL, maka lebih mudah untuk menghilangkan noda dan kotoran yang menempel di permukaannya.

Bahan finishing ini tidak hanya bisa diaplikasikan di ruang tamu, ruang keluarga dan kamar tidur saja. Sebab sangat ideal juga diandalkan sebagai pelapis furnitur dan dinding dapur. Anda bisa mengandalkan lembaran HPL sebagai pelapis permukaan kitchen set dan tabletop. Sebab, material ini terbukti tahan goresan dan benturan.

HPL Lebih Tahan Paparan Api

Salah satu keunggulan dari pelapis HPL adalah ketahanan yang bagus terhadap paparan api. Hal ini bukan berarti HPL tidak bisa terbakar. Material ini tetap bisa terbakar api, hanya saja akan lebih sulit. Sehingga jika terdapat percikan api atau kebakaran, maka pelapis ini tidak mudah menghantarkan api. Oleh karena itu, bisa mencegah kebakaran dalam skala lebih besar.

Karena lebih tahan api, maka penghuni rumah lebih terlindungi. Apalagi dalam kondisi berbahaya, seperti terjadi kebakaran. Kalau kondisi buruk tersebut sampai terjadi, setidaknya memiliki waktu lebih lama untuk menyelamatkan diri.

Jadi, sangat jelas kalau penggunaan pelapis HPL tidak semata-mata karena keindahan tampilannya saja. Akan tetapi juga memberikan perlindungan bagi hunian dan penghuninya. Oleh karenanya, jangan sembarangan dalam pemilihan produknya. Pastikan selalu mengutamakan kualitas produknya, daripada harga jual HPL lembaran.

Terapkan Metode Pemasangan HPL yang Benar

desain ruang kerja Selain memilih motif cantik dan kualitas yang baik, pemasangan HPL juga harus tepat. Jika pemahaman akan teknik pengerjaannya terbatas, sangat tepat bila diserahkan kepada ahlinya. Sekarang ini tidak sulit mendapatkan informasi penyedia jasa pemasangan HPL di berbagai kota.

Cara pemasangan HPL pada media kayu olahan dan dinding tentunya berbeda. Jika pemasangan pada papan kayu, cukup mengoleskan lem pada permukaan kayu dan HPL, maka berbeda saat akan diaplikasikan pada dinding.

Pada dasarnya tidak disarankan untuk memasang lembaran HPL langsung ke dinding semen. Sebab dikhawatirkan bisa memicu kelembaban, sehingga menurunkan daya rekat lemnya. Anda harus menggunakan rangka kayu atau hollow. Lalu tempelkan material lainnya, sebagai contoh multiplek atau MDF.

Jika HPL dipasang pada dinding yang lebar, lebih dianjurkan untuk memakai MDF dengan ketebalan 3 milimeter. Barulah ditempelkan pada tembok yang telah dilapisi dengan MDF atau multiplek.

Penting untuk memastikan cara pemotongannya sudah tepat. Agar hasilnya tetap presisi, rapi dan tidak terdapat retakan atau pecah. Selain itu, pastikan untuk hanya menggunakan produk perekat atau lem berkualitas. Supaya daya rekatnya bisa diandalkan, sehingga pelapis HPL tidak mudah terkelupas.

Distributor Jual HPL Lembaran Berkualitas

harga HPL motif kayuPastinya Anda ingin pemakaian pelapis HPL tahan lama, bukan? Salah satu syaratnya adalah hanya menggunakan produk berkualitas. Sekarang ini aneka mereka sudah beredar luas di pasaran. Bahkan tidak hanya tersedia produk lokal saja, tetapi juga produk HPL impor.

Setiap merek menawarkan aneka warna dan corak memikat. Namun, kalau ditinjau dari aspek kualitasnya berbeda-beda. Pada umumnya, produk yang bermutu rendah akan ditawarkan dengan harga sangat murah. Sedangkan yang bagus kualitasnya akan dibanderol dengan harga lebih tinggi.

Tetapi jika mengunjungi IsiBangunan.com, Anda akan menemukan produk HPL berkualitas dengan harga lebih bersaing. Varian warna dan motifnya sangat inovatif. Sedangkan kualitas, keamanan dan daya tahannya sudah teruji handal.

Produk HPL berkualitas setidaknya memiliki ketebalan minimal 0,3 milimeter. Sebab terbukti lebih tahan gores dan benturan. Tampilan warna dan motifnya juga stabil, sehingga terlihat lebih sempurna. Pastikan produk HPL-nya sudah mengantongi sertifikasi Greenguard. Sebagai jaminan kalau material tersebut terbebas dari paparan VOCs (Volatile Organic Compounds), yang dapat merugikan kesehatan manusia.

Selektif dalam memilih produk HPL sangat penting, agar produknya tampil cantik, awet dan tidak mengganggu kesehatan. Dengan begitu, hunian tidak hanya semakin cantik, tetapi juga nyaman dan ramah lingkungan.

Butuh informasi lebih detail terkait produk dan harga jual HPL lembaran? Silakan mengakses IsiBangunan.com dan konsultasikan segala harapan Anda dalam penggunaan HPL. Tim ahli berpengalaman akan membantu mewujudkan keinginan Anda.

Please rate this