Aktivitas memasak bisa menimbulkan kotoran dan noda yang mengganggu. Oleh karena itu, area ini harus didesain secara tepat dan juga harus rajin dibersihkan. Salah satu bagian dapur yang harus diperhatikan adalah pelapis lantainya. Dari sekian banyak pilihan lantai keramik memang masih menjadi idolanya. Oleh karena tahan air, kuat, mudah dibersihkan, desain variatif dan harganya terjangkau. Lalu bagaimana cara terbaik untuk pemilihan lantai keramik dapur

Selektif Memilih Lantai Keramik Dapur 

Pemilihan lantai keramik memang tidak boleh sembarang. Anda harus mempertimbangkan fungsionalitas ruangannya. Tentunya pemasangan lantai keramik di dapur juga harus memerhatikan aktivitas yang dilakukan di ruangan tersebut. Apabila penggunaannya tepat maka ruangan akan enak dipandang, terjaga kebersihannya dan menambah kenyamanan. Nah, apa saja yang penting diperhatikan saat memilih lantai keramik untuk dapur? 

Pilih lantai keramik berwarna terang Sebagian orang melapisi lantai dapur dengan nuansa warna gelap. Padahal cara ini kurang tepat, sebab kotoran yang melekat seringkali tidak terlihat. Sangat berbeda bila mengaplikasikan lantai keramik berwarna terang. Sisa bahan makanan, noda minyak dan sebagainya bisa lebih terlihat sehingga memudahkan Anda saat membersihkannya. 

Permukaan lantai keramik harus kesat Tumpahan minyak, sabun dan cairan lainnya rentan terjadi di dalam dapur. Cairan tersebut bisa memicu orang terpeleset, karena permukaan lantai menjadi licin. Risiko ini akan semakin besar kalau lantainya bertekstur licin atau glossy. Untuk itu sangat dianjurkan menggunakan lantai keramik yang kesat teksturnya. Sehingga menekan risiko terpeleset, yang bisa saja sangat berbahaya bagi keselamatan. 

Ukuran dan warna keramik harus sesuai dengan konsep dapur Lantai keramik berwarna terang untuk dapur lebih menarik, sekaligus menciptakan visualisasi lebih lapang. Cara ini sangat cocok diaplikasikan, kalau posisi ruangan dapur berada di sudut rumah bahan tidak berjendela. Dengan demikian, cahaya matahari atau lampu bisa dipancarkan ke setiap sudut ruangan. Kesan lega juga hadir dengan penggunaan lantai keramik berdimensi lebar. Untuk dapur berukuran terbatas juga cocok mengaplikasikan lantai keramik dengan bentuk diagonal. 

Percantik interior dapur dengan pemilihan lantai keramik yang tepat Keramik bisa semakin mempertegas gaya atau desain interior yang akan diciptakan. Sebagai contoh Anda ingin menghadirkan suasana alami di dapur, maka pilihannya bisa dengan menggunakan keramik bermotif kayu. Penampilan serat-serat kayu memberikan kesan natural dan mewah. Namun, bagi Anda yang ingin menonjolkan gaya minimalis harus meninggalkan keramik dengan motif terlalu ramai. 

Lantai keramik dapur harus kuat Aktivitas berat biasa dilakukan di dalam dapur, sehingga lantainya harus dilapisi dengan material yang kuat. Percikan minyak panas, air panas, terpapar peralatan masak yang masih panas, terbentur benda keras, dan sebagainya adalah beberapa risiko yang kerap terjadi pada lantai keramiknya. 

Kondisi itu akan memicu terjadinya kerusakan pada lantai keramiknya. Oleh karena itu sangat penting untuk mengetahui ketahanan keramiknya sebelum membelinya. Supaya berbagai risiko tersebut tidak begitu berpengaruh terhadap kondisi lantai keramik di dapur. 

Lantai keramik dapur harus mudah dibersihkan Biasanya aplikasi keramik tidak hanya pada lantainya saja, tapi juga bagian dindingnya. Nah, apapun penggunaannya pastikan keramik tersebut harus gampang dibersihkan. Untuk itu, sebaiknya Anda menghindari pemakaian keramik yang terlalu banyak detail. Sehingga segala noda dan kotoran yang melekat pada permukaannya bisa cepat dibersihkan. Supaya tidak terjadi penumpukan kotoran, pastikan aktivitas bersih-bersih dilakukan secara rutin. Cara ini akan meringankan proses pembersihan, ketimbang sudah terlalu banyak dan membandel nodanya. 

Dapatkan harga keramik termudah di distributor terpercaya Adakah lantai keramik berkualitas tapi dibanderol dengan harga murah? Jawabannya pasti ada. Caranya dengan mendatangi distributor yang kredibel. Produk bermutu tinggi tapi harganya ekonomis bisa didapatkan. Jadi jangan hanya terpikat dengan harga murahnya saja, tapi tetap harus mencermati kualitasnya. 

Inspirasi Motif Lantai Keramik Dapur 

Anda sedang mencari inspirasi lantai keramik dapur? Sehingga ruangan dapur terlihat semakin artistik, dan menggugah selera memasak? Berikut ini sejumlah pilihan motif lantai keramik untuk dapur, yang bisa saja sesuai dengan impian Anda. 

Motif polos. Elemen penting ini sangat cocok diaplikasikan pada ruangan dapur bertema minimalis. Ide dekorasi ini sangat menarik, khususnya bagi yang ingin menampilkan kesan sederhana tapi tetap elegan. Wajar saja dengan konsepnya yang simpel, motif ini masih digandrungi masyarakat.

Motif batu alam. Bila Anda ingin menempatkan kabinet stainless steel di dapur, maka keramik dengan motif batu alam sangat cocok menghiasi lantainya. Kesan natural dan cantik sangat terpancar dari pemasangan motif keramik tersebut. Motif ini banyak penggemarnya juga karena sangat cocok bila dipadukan dengan aneka model kitchen set. Unsur estetikanya memang sangat tinggi, membuat penampilan dapur semakin manis.

Motif marble putih. Suasana lega dan ringan bisa tercipta dengan pemakaian lantai keramik bermotif marble putih. Kesan artistiknya sudah pasti menambah keunikan dan kenyamanannya. Penampilan garis-garis halusnya memancarkan nuansa semangat, sehingga tidak membosankan bila dipandang. Agar suasananya makin menawan, Anda bisa menambahkan aksen tirai minimalis dan kursi bar dengan nuansa warna yang senada.

Motif papan catur atau hitam putih. Kesan modern bisa Anda hadirkan di ruangan dapur. Caranya dengan menggunakan lantai keramik bermotif hitam putih. Ide menarik ini sangat cocok diaplikasikan bagi yang ingin tampil beda. Perpaduan warna tersebut adalah simbolisasi modern dalam dekorasi rumah. Tidak hanya mengandalkan sisi keindahannya saja, dengan motif keramik ini juga membuat dapur terlihat bersih. Nah, supaya kesan elegan dan modern kian terpancar, Anda bisa menempatkan beragam furnitur berwarna putih.

Motif sarang lebah. Kalau luas dapurnya tidak begitu luas, maka bisa juga mengusung motif sarang lebah. Dengan begitu, kesan lapang sangat terlihat. Motifnya yang berbentuk segi lima tersebut nampak sangat unik. Apalagi dengan kombinasi aneka warna monokromatisnya, dan penataannya yang rapi membuat dapur semakin menawan. 

Nah, itulah sedikit inspirasi dari berbagai motif lantai keramik untuk dapur. Tentunya masih banyak kreasi unik yang bisa dipadukan dengan desain interior dapur. Seperti motif keramik abu-abu, motif gradasi warna, motif bunga, motif kayu, motif diagonal, motif tiga dimensi, motif aneka warna dan lain sebagainya. Semua motif bisa diaplikasikan sesuai selera, dan tampil selaras dengan konsep dekorasi dapur. 

Dapatkan Aneka Motif Keramik Dapur di Isibangunan.Com

Anda masih mencari tempat membeli lantai keramik yang sesuai untuk dapur? Saat ini Anda bisa mendapatkan berbagai kebutuhan material dekorasi rumah di isibangunan.com. Banyak informasi dan pilihan produk bermutu tinggi di website tersebut. Sehingga bisa menambah wawasan sekaligus mendapatkan produk sesuai keinginan. Salah satunya informasi terkait lantai keramik dapur. Beragam motif, warna, ukuran dan harga lantai keramik bisa didapatkan. Persediaan setiap produknya sangat melimpah, sehingga bisa langsung dikirim ketika Anda memesannya. Layanan customer support juga bisa membantu mencari rekomendasi terbaik atas kebutuhan Anda.

Please rate this