Nilai estetika yang tinggi sangat terlihat dari penggunaan lantai kayu. Penampilan yang unik dengan beragam tekstur nampak begitu menawan. Namun, harga lantai kayu yang relatif tinggi memupuskan banyak orang untuk mengaplikasikannya. Untunglah ada pengganti yang tidak kalah berkualitas dan cantik penampilannya. Ya, Anda bisa menggunakan lantai keramik kayu sebagai alternatifnya. 

Cegah Lantai Keramik Kusam dengan Cara Ini 

 

Setidaknya ada dua macam penutup lantai yang kerap diaplikasikan, yakni buatan dan alami. Kayu sekarang ini semakin populer sebagai material lantai alami. Tapi sayangnya harga yang tinggi dan perawatan yang lebih sulit menjadikan banyak orang lebih memilih lantai buatan seperti lantai keramik. 

Lantai keramik juga sudah lama digunakan sejak ratusan tahun silam. Harganya yang kian terjangkau, motifnya yang beragam dan cantik menjadikan material ini paling populer untuk diaplikasikan sebagai pelapis lantai. Baik hunian pribadi, fasilitas umum maupun bangunan komersil banyak yang mengandalkan lantai keramik. Salah satu yang menjadi favorit adalah lantai keramik bermotif kayu. 

Berbagai kelebihan pun bisa dirasakan dengan memakai lantai keramik. Beberapa keunggulan itu adalah motif cantik, daya tahan lama, anti air, tidak gampang terbakar, mudah dalam perawatan, dan tetap ramah lingkungan karena dibuat dari tanah liat. Selain itu, keramik juga tidak hanya bisa diaplikasikan pada lantai saja, tapi juga untuk dinding. Nah, potensi lantai keramik bisa terjadi baik yang berada di area eksterior maupun interior. Agar tidak mudah kusam warnanya, berikut ini cara pencegahannya. 

Supaya lantai keramik tidak cepat kusam, maka perlu berbagai cara untuk mengatasinya. Anda harus melakukannya secara rutin, agar kondisinya tetap terjaga dengan baik. Sebab kalau sudah terlanjur terdapat noda berat, pastinya akan lebih merepotkan untuk mengatasinya. Nah, apa sajakah yang perlu diperhatikan agar penampilan lantai keramik kayu selalu mengkilap? 

Segera singkirkan noda Biasanya karena kesibukan lain, Anda tidak sempat membersihkan noda dan kotoran yang melekat pada lantai keramik. Padahal kondisi tersebut bisa mengakibatkan kotoran semakin mengering dan bisa meninggalkan noda membandel. Meskipun ada cara untuk mengatasinya tetapi butuh tenaga ekstra dan bahan yang tepat untuk mengatasinya. Sebagai pencegahannya sebaiknya segera bersihkan lantai keramik ketika terdapat noda. 

Bersihkan lantai keramik setiap hari 

Meskipun tidak terlihat kotoran tetap dianjurkan untuk melakukan pembersihan pada lantai keramik. Anda bisa menyapu atau mengepel lantai tersebut. Meskipun terlihat bersih, sebenarnya ada partikel debu yang melekat di permukaannya. Bila jarang dibersihkan maka kotoran tersebut bisa menebal. Selain bisa memperburuk penampilan lantai juga bisa mengganggu kesehatan. 

Cara Efektif Singkirkan Noda Membandel pada Lantai Keramik 

Perawatan lantai keramik memang lebih sederhana, daripada lantai berbahan kayu. Dengan cara perawatan yang benar dan rutin, maka lantai keramik akan tetap terjaga unsur glazurnya, kecerahannya dan tetap terlihat mengkilap. Dengan begitu, kesan hangat dan natural tetap bisa dirasakan di dalam ruangan. Nah, berikut ini beberapa cara yang direkomendasikan dalam perawatan lantai keramik. Khususnya untuk melenyapkan berbagai noda membandel. 

Jangan pernah memakai wax Cairan pembersih lantai berbahan aman sangat disarankan untuk pembersihan lantai keramik. Tapi pastikan produknya tidak mengandung wax atau lilin. Oleh karena bahan tersebut justru bisa mengakibatkan warna keramik terlihat cepat memudar. Sehingga permukaan keramik tidak nampak mengkilap lagi. Sudah pasti kondisi tersebut akan memperburuk penampilan lantai keramiknya. 

Pakai baking soda guna singkirkan noda membandel Kotoran dan noda membandel sangat mengganggu penampilan lantai keramik kayu. Bahkan menimbulkan rasa tidak nyaman dan bau tidak sedap. Nah, agar mudah dan cepat untuk menyingkirkan kotoran tersebut bisa mengandalkan baking soda. 

Namun, pemakaian zat ini bisa mengakibatkan glazurnya mudah hilang dan warna keramik menjadi pudar. Untuk itu, jangan berlebihan dalam pemakaiannya. Cukup mengoleskannya saja pada bagian keramik yang terdapat noda. Jadi, jangan pernah mengaplikasikannya pada bagian keramik yang masih bersih. 

Gunakan campuran deterjen dan air panas Tumpahan minuman kopi dan teh bisa menimbulkan noda yang merugikan bagi lantai keramik. Kalau dibiarkan saja bekas nodanya menjadi sulit dibersihkan. Sebagai cara mengatasinya, Anda bisa mengandalkan campuran air panas dan deterjen. Campuran kedua bahan tersebut bisa digunakan saat mengepel lantai. Sesudah menggunakannya, pastikan membilasnya dengan air biasa. Guna menghilangkan busa dan agar lantai keramik tidak terasa lengket. 

Hilangkan noda dengan tepung Lantai keramik yang terkena tumpahan atau cipratan minyak tentunya berbahaya, karena menjadi sangat licin dan berisiko membuat orang terpeleset. Supaya lebih efektif dalam mengangkat noda minyak tersebut bisa mengandalkan tepung. Caranya dengan menuangkan tepung di atas noda minyak tersebut. Nah, jangan langsung dibersihkan tapi tunggu beberapa saat. Biarkan tepung menyerap tumpahan minyaknya dengan sempurna. Sesudah itu Anda bisa mengangkat tepungnya, dan bersihkan lantai keramik memakai kain basah. 

Singkirkan noda berat dengan air lemon Noda atau kotoran membandel akibat cipratan minyak, makanan dan sebagainya bisa dengan mudah disingkirkan dengan menggunakan air lemon. Cara penggunaannya sangat mudah dengan mencampurkan air hangat dengan air perasan lemon. Gunakan campuran kedua bahan tersebut untuk mengelap lantai keramiknya. Usapkan beberapa kali hingga noda bisa disingkirkan. 

Bersihkan lantai keramik memakai kaporit Kaporit biasanya diandalkan untuk menjernihkan air. Tapi ternyata tidak hanya itu saja fungsinya. Karena bisa juga diandalkan sebagai zat pembersih lantai keramik kayu. Supaya lantainya tidak terlihat kusam dan senantiasa mengkilap permukaannya. 

Caranya sangat mudah dengan menaburkan bubuk kaporit di lantai keramik. Sesudah itu biarkan dan tunggu setidaknya selama 30 menit. Kalau sudah tinggal membilasnya memakai air bersih. Kalau ternyata masih ada noda yang tertinggal, bisa memanfaatkan sikat untuk menghilangkan kotorannya. Kemudian kembali dibilas memakai air bersih. 

Hilangkan kusam dengan menggunakan belimbing wuluh Sebagai bahan penyedap masakan ternyata belimbung wuluh juga bisa membantu Anda merawat lantai keramik. Rasanya yang asam karena kandungan zat asam alami, yang terbukti bisa menghilangkan kotoran penyebab lantai keramik terlihat kusam. Penggunaan bahan ini pun relatif aman, sebab tidak akan mengakibatkan kerusakan pada lantai keramiknya. 

Cara pemakaiannya juga sangat mudah dengan mengupas belimbing wuluh. Kemudian gunakan untuk menggosok permukaan lantai keramik. Sesudah itu harus didiamkan selama kurang lebih 10 menit. Selanjutnya tinggal membersihkannya memakai kain lap basah. Memang efek pembersihannya tidak secepat kalau Anda menggunakan bahan kimia. Tetapi kalau Anda rajin mengaplikasikannya, maka noda membandel pun bisa disingkirkan. Sehingga lantai keramik tidak nampak kusam lagi, tapi semakin kinclong. Nah, semoga berbagai tips di atas bisa berguna bagi Anda. Sebagai informasi penting lainnya bila Anda membutuhkan lantai keramik kayu berkualitas dengan harga miring bisa membelinya melalui situs isibangunan.com. Segera hubungi customer support-nya untuk mendapatkan pelayanan terbaik.

Please rate this