Anda ingin menghiasi ruangan dengan 3D wallpaper, tapi bingung saat pemasangannya? Sebenarnya caranya relatif mudah. Jadi tidak selamanya harus bergantung dengan tenaga jasa pasang wallpaper. Anda bisa mempelajarinya step by step sambil mempraktekkannya. Nah, bagaimana persiapan dan cara pemasangan wallpaper tiga dimensi secara tepat?

Ukur Luas Ruangan untuk Mengetahui Kebutuhan 3D Wallpaper

Jangan hanya mengira-mengira ukuran ruangan, bila akan diaplikasikan wallpaper. Sangat tepat kalau Anda menghitungnya dengan presisi. Sehingga akan lebih pasti ukuran tinggi dan lebar dari dinding. Selain itu, anda juga bisa memastikan berapa lembar yang dibutuhkan. 

Sebagai panduan dalam pemasangannya, Anda bisa membuat garis tipis menggunakan pensil. Bisa juga dengan mengandalkan benang dengan pemberat. Cara ini diterapkan agar memiliki garis petunjuk lurus untuk pemasangannya wallpapernya. Langkah ini sekaligus untuk mencegah terjadinya kesalahan atau kondisi pemasangan wallpaper yang miring. 

Sediakan Peralatan untuk Pemasangan 3D Wallpaper

Sejumlah perlengkapan harus disiapkan agar memudahkan proses pemasangan kertas dinding. Perlengkapan itu seperti tangga A, kapi atau kape guna membersihkan dinding, amplas, kuas lem, spon, bak guna mengaduk lem, plastik besar untuk alas, meteran dan benang dilengkapi pemberat yang fungsinya untuk mengukur lurus tidaknya hasil pemasangan wallpapernya.

Pastikan Dinding Sudah dalam Keadaan Bersih

Ada baiknya untuk mengeluarkan seluruh perabotan yang ada di dalam ruangan. Tujuannya agar Anda lebih nyaman saat pemasangan wallpaper. Proses pemasangan juga akan berlangsung lebih mudah dan cepat. Oleh karena Anda lebih leluasa untuk bergerak. 

Kemudian cermati kondisi dinding atau temboknya. Bila ada retakan, lubang paku, kotoran dan kondisi buruk lainnya harus segera dibersihkan atau diperbaiki. Bila tidak, maka hasil pemasangan wallpaper tidak akan sempurna. Kerapiannya akan terganggu, karena ada berbagai permasalahan di baliknya. Bahkan bisa merusak kondisi wallpaper, yang pastinya akan menurunkan masa pakai dan keindahannya.

Pastikan juga kondisi dinding tidak lembab atau sering dilalui rembesan air hujan. Keadaan tersebut tidak bagus untuk keindahan dan daya tahan wallpaper. Wajar saja kalau kertas dinding yang sudah dipasang akan lebih mudah rusak dan mengelupas. Jangan lupa juga untuk memindahkan semua aksesoris yang melekat pada dinding, seperti gantungan baju, foto, lukisan, jam dinding, dan hiasan lainnya.

Bacalah Cara Pemotongan dan Pemasangan 3D Wallpaper

Biasanya bagian ini terlupakan seakan tidak diperlukan. Padahal hal ini sangatlah penting, agar hasil pemotongan dan pemasangannya lebih memuaskan. Jadi Anda harus sudah memahami cara memotong wallpaper dengan benar. Sekaligus hingga tahapan pemasangannya. 

Anda harus mengikuti setiap tahapan atau instruksinya. Bila memang masih ragu atau bingung bisa menanyakannya kepada pihak penjual atau distributor 3D wallpaper. Penting pula dipahami cara menyambung wallpaper, agar hasilnya lebih serasi. Kalau takut tidak maksimal hasilnya, maka menggunakan jasa pemasangan wallpaper adalah pilihan alternatifnya.

Potong Wallpaper Sesuai Kebutuhan 

Anda bisa menyesuaikan tinggi dan lebar wallpaper dengan dindingnya. Kalau ukurannya lebih kecil, maka bisa dipotong sesuai kebutuhan. Nah, kalau nanti diperlukan penyambungan maka sisakan beberapa centimeter untuk sambungannya. Agar tumpukan setiap sambungan terlihat lebih rapi dan serasi. 

Guna memudahkan pemasangan, Anda bisa membubuhkan angka di balik wallpapernya. Sehingga wallpaper yang sudah dipotong bisa terpasang dengan serasi sesuai urutannya. Ketika proses pemotongannya, jangan lupa untuk mencermati adakah bagian wallpaper yang sobek atau cacat. Dengan begitu, setiap hasil potongnya sangat sempurna. 

Ketika pemotongan wallpaper juga tidak bisa sembarangan. Agar motifnya bisa tetap menyatu meskipun merupakan sambungan. Jadi penting untuk memerhatikan polanya, agar bisa tersambung dengan tepat. Nah, untuk memastikan setiap potongan sudah tersambung dengan benar, maka harus menyejajarkan antara satu potongan dengan lainnya. 

Siapkan Lem untuk Merekatkan Wallpaper

Pada umumnya diperlukan dua adonan lem untuk memasang wallpaper. Lem yang pertama guna meratakan permukaan dari wallpapernya. Sedangkan lem kedua difungsikan untuk menyambung antar potongan wallpaper. Lem untuk penyambungan ini memiliki tekstur yang lebih kental, sehingga tidak memerlukan tambahan air dalam jumlah besar.

Lem bertekstur kental tersebut biasanya juga dimanfaatkan untuk bagian tepian dinding. Tujuannya supaya hasil pemasangan wallpapernya lebih merekat kuat dan awet daya tahannya. Anda bisa melarutkan lem di tempat yang telah disiapkan. Lalu bisa mendiamkannya selama beberapa waktu hingga siap untuk digunakan. 

Oleskan Lem Pada Wallpaper

Kalau wallpaper sudah dibuat dalam potongan khusus, Anda bisa menaruhnya di atas meja atau lantai. Tempat menaruh wallpaper harus terjaga kebersihannya. Karena itu disarankan untuk melapisinya dengan plastik bersih. Tahapan selanjutnya dengan menyapukan lem pada permukaan wallpaper. 

Pastikan tidak mengoleskan lem terlalu banyak, sehingga wallpaper terlihat basah. Tindakan ini justru menciptakan gelembung, sehingga permukaan kertas dindingnya menjadi tidak rata. Saat menyapukan lem harus dengan perlahan dan teliti. 

Untuk bagian tepi atau pinggir yang berbatasan dengan sudut tembok bisa mengoleskan lem dengan tekstur kental. Peralatan seperti roller lebih disarankan untuk digunakan dalam pemulasan lem tersebut. Namun, kalau sulit ditemukan sebagai alternatifnya bisa memakai kuas. Tapi Anda harus memastikan lemnya bisa menempel secara merata. 

Lekatkan Wallpaper Pada Dinding

Supaya bisa menjangkau ketinggian tertentu, maka alat bantu seperti tangga A sangat diperlukan. Anda bisa menaruhnya dekat dengan dinding. Kemudian bisa merekatkan wallpaper pada dinding dengan benar. Supaya pemasangannya tidak melenceng atau miring, maka harus mengikuti panduan atau coretan pensil yang sudah dibuat sebelumnya. Kemudian menempelkan wallpaper secara perlahan sembari meratakan dan merekatkannya memakai penggaris.

Cara Menyambung Wallpaper

Bila memerlukan sambungan atau beberapa potongan wallpaper, maka Anda harus memahami teknik penyambungan yang benar. Potongan kertas dinding bisa dilebihi sekitar 1,5 centimeter dari kebutuhan sebenarnya. Hal ini sangat penting guna hasil pemasangan yang lebih rapi dan tetap menonjolkan sisi artistiknya.  

Kalau potongan pertama sudah terpasang, tinggal menyapukan lem di potongan 3D wallpaper selanjutnya. Perlu diingat lagi untuk bagian sambungan harus memakai lem bertekstur kental. Seterusnya bisa menempelkan wallpaper ke dinding secara perlahan. Penggaris mika bisa digunakan untuk meratakan permukaan wallpaper. 

Cermati Kerapihan Pemasangan Wallpaper

Bila semua bagian dinding sudah ditutupi wallpaper, maka langkah selanjutnya adalah dengan mengecek tingkat kerapian pemasangannya. Anda bisa mengecek adakah kerutan, dan gelombang di permukaannya. Cek juga bila terlihat ada lem pada sambungannya. 

Semua permasalahan itu harus dibereskan dengan segera. Sehingga tidak mengurangi estetika dari wallpaper yang sudah terpasang. Kalau masih terdapat bagian tersisa di bagian bawah, samping atau atasnya bisa memotong bagian tersebut. Dengan begitu, hasil pemasangan wallpaper nampak begitu sempurna. 
Nah, itulah beberapa tahapan penting saat Anda akan memasang 3D wallpaper. Sangat mudah, bukan? Yang terpenting adalah mengikuti setiap petunjuk yang disarankan. Dengan kecermatan maka hasil pemasangannya bisa sangat sempurna. Dalam waktu yang tidak terlalu lama, ruangan Anda akan nampak istimewa. Sangat indah dipandang dan membuat siapa saja betah berlama-lama di dalam ruangan.

Please rate this