Wallpaper 3D foam bisa menjadi pilihan untuk tampilan interior yang cantik dan mewah. Beragam warna dan motif juga sudah diluncurkan produsennya. Anda bisa memadukan dengan konsep interior ruangan. Karena dirancang secara tiga dimensi, maka terlihat sangat menarik. Apa saja kelebihan dan cara pemasangannya?

Kelebihan dari Wallpaper 3D Foam

Motif batu bata sangat banyak variasinya di pasaran. Tampilannya sangat mirip dengan benda aslinya, karena didesain dengan tekstur yang sama dan terlihat timbul. Motif lain juga banyak  dijumpai, seperti motif kayu bergaris, batik, karakter animasi dan lain sebagainya. Anda bisa mengusung motif dan warna sesuai selera, agar tampilan ruangan semakin ciamik. Nah, apa saja keunggulan dari jenis wall covering ini?  

  • Mudah dibersihkan. Cukup dengan menggunakan kain basah, Anda bisa mengusap noda dan kotoran yang melekat pada wallpaper. 
  • Setiap produk dilengkapi dengan perekat. Fasilitas ini sangat memudahkan dalam proses pemasangan. Bahkan bagi yang pertama kali menggunakan wallpaper foam. Sehingga Anda bisa memasangnya sendiri, tanpa menggunakan jasa pasang wallpaper.
  • Terbuat dari bahan kedap suara. Dengan begitu, sangat efektif mengurangi suara bising yang datang dari luar ruangan. Sehingga saat berada di dalam ruangan terasa semakin nyaman. Sangat mendukung kebutuhan tempat yang nyaman untuk beristirahat atau bekerja.
  • Memiliki ketebalan memadai. Sebagian besar wallpaper foam memiliki tebal hingga 8,5 hingga 10 milimeter. Dengan ketebalan ini maka sangat efektif untuk menahan bila terjadi benturan. Tingkat ketebalan akan berpengaruh terhadap efek tiga dimensi pada wallpaper. 
  • Wallpaper yang ramah lingkungan. Produk wallpaper foam terbuat dari bahan alami atau organik, sehingga sangat aman bagi anak-anak. 
  • Daya tahan pemakaian yang lama. Produk kertas dinding ini setidaknya bisa bertahan hingga enam tahun. Waktu pakainya ini terbilang panjang, sehingga bisa menghemat pengeluaran sebelum menggantinya dengan komponen baru.

Penting Diperhatikan Sebelum Memasang Wallpaper 3D Foam

Agar wallpaper 3D Foam menempel dengan sempurna pada dinding, maka sangat penting untuk memerhatikan kondisi dindingnya. Sesudah itu, barulah mengaplikasikan wallpaper sesuai dengan warna dan motif yang sudah ditentukan. Nah, apa saja poin-poin penting sebelum Anda memasang kertas dinding tersebut?

  • Dinding harus bersih

Supaya wallpaper melekat dengan baik, maka kondisi dinding harus bersih. Nah, kalau ternyata dindingnya masih kotor maka beberapa cara bisa dilakukan. Anda bisa membersihkannya menggunakan lap kering supaya bisa menyingkirkan debu dan kotorannya. Lap kain basah juga bisa digunakan, dengan tujuan agar kotoran bisa melekat atau mudah dibersihkan. 

Jika masih terdapat kerak, maka harus dikerok hingga kotorannya terlepas. Sehingga permukaan dindingnya terlihat rata tanpa adanya kerak. Sebelum memasang wallpaper, pastikan kondisi dinding sudah kering. Jadi kalau masih basah karena pengelapan dengan kain, maka harus menunggu beberapa waktu.

  • Permukaan dinding harus rata

Agar hasil pemasangan wallpaper foam nampak cantik, maka Anda harus memastikan permukaan dinding dalam kondisi rata. Sebab bila masih terdapat lekukan atau gelembung, bisa mempersulit pemasangan dan kalau dipaksakan maka hasilnya kurang sempurna. Untuk menghilangkan gelembung pada dinding berbahan tripleks atau kayu, maka bisa menggunakan amplas untuk meratakan permukaannya.

  • Dinding dalam kondisi kering

Ini adalah syarat mutlak bila ingin memasang wallpaper foam pada dinding. Sebab jika kondisi dinding masih lembab, maka wallpaper tidak bisa melekat dengan kuat dan sempurna. Nah, bagaimana kalau kondisi dinding selalu lembab. Anda bisa mencari penyebabnya, lalu lakukan cara agar kondisi lembab tidak terjadi lagi. 

  • Dinding bebas dari retakan

Memang salah satu fungsi dari pemasangan wallpaper bisa memanipulasi kerusakan dinding, salah satunya adalah kondisi retak. Namun, sebelum pemasangan pastikan dinding tidak memiliki keretakan. Oleh karena bisa saja mengurangi daya lekatnya. Untuk mengatasi dinding yang retak bisa mengandalkan dempul. Dengan begitu, permukaan dinding menjadi lebih kokoh dan rata.  

  • Usia dinding mencukupi untuk dipasang wallpaper foam

Setidaknya dinding yang usianya minimal tiga bulan setelah diplester sudah boleh dilapisi dengan wallpaper foam. Tujuan dari langkah tersebut adalah guna memastikan dinding sudah dalam keadaan kering. Bila kurang dari jangka waktu tersebut, dinding bisa menghasilkan uap semen. Sehingga membuat permukaan dinding terasa lembab. Akan tetapi dengan berjalannya waktu, kelembaban dinding bisa menghilang atau dindingnya sudah dalam kondisi kering dan siap diaplikasikan wallpaper.

  • Jangan aplikasikan wallpaper pada dinding kaca

Dinding kaca tidak bisa diaplikasikan wallpaper 3D Foam. Oleh karena, lem atau perekat pada wallpaper tidak mampu menempel dengan kuat pada media kaca. Makanya untuk dinding kaca biasanya dihias dengan cutting stiker. Sehingga tampilannya menjadi semakin cantik.

  • Dinding dalam kondisi sehat

Dinding dikatakan sehat kalau tidak terdapat sarang rayap, retakan, jamur dan kotoran lainnya. Kalau berbagai pengganggu tersebut tidak disingkirkan, maka akan sangat berpengaruh terhadap keawetan dan tampilan wallpapernya. Kertas dinding ini bisa gampang rusak, bergelembung, terdapat bercak noda karena aktivitas bintang di belakangnya, dimakan rayap dan sebagainya. Jadi pastikan semua permasalahan tersebut teratasi, agar dinding layak untuk dipercantik dengan wallpaper foam tiga dimensi.

Cara Pemasangan Wallpaper 3D Foam

Nah, jadi sangat jelas kalau kondisi dinding sangat berpengaruh besar terhadap usia pakai dan penampilan wallpaper. Untuk itu, jangan pernah mengabaikannya. Cermati dan pastikan kondisi dinding sangat layak untuk diaplikasikan wallpaper. 

Untuk hasil terbaik sangat disarankan untuk berkonsultasi dengan desain interior sebelum pemasangan wallpaper foam. Dengan begitu, tenaga ahli ini bisa memberikan rekomendasi terbaik terkait produk, warna dan motif wallpaper yang sesuai dengan impian Anda. Dengan begitu, keindahan dan kemewahan interior bisa terpadu dengan selaras.

Sebagai tips sebelum mengaplikasikan wallpaper foam pada ruangan, penting untuk mengukur luas dari ruang tersebut. Harapannya agar tidak sampai kurang atau berlebihan. Sehingga akan menghemat anggaran pembelian wallpapernya. Sesudah ditentukan kebutuhan wallpaper  yang sesuai, Anda bisa memotong foamnya berdasarkan ukurannya. Selanjutnya bisa membuka lapisan pembungkusnya, dan memasang wallpaper di area yang diinginkan.

Bila Anda ragu untuk memasang sendiri atau keterbatasan waktu, tidak ada salahnya untuk menggunakan penyedia jasa pemasangan wallpaper. Meskipun harus mengeluarkan dana ekstra, tapi akan lebih puas dengan hasil pemasangannya. Tenaga profesional dan berpengalaman akan memberikan sentuhan sempurna pada hasil pemasangan wallpaper foamnya.

Penting juga untuk diperhatikan, karena banyaknya produk dan distributor wallpaper maka pastikan membeli pada vendor yang terpercaya. Harga produk ini sangat bervariatif, karena tergantung dari nilai estetika dan kualitas yang ditawarkan. Sebaiknya jangan hanya terpikat dengan harga murahnya saja, tapi juga harus memerhatikan mutunya.

Pastikan Anda hanya memesan wallpaper 3D Foam pada importir atau distributor terbaik. Karena Anda akan mendapatkan produk unggulan dan pelayanan prima. Dengan begitu, Anda akan merasa puas dan impian memiliki desain interior yang menawan akan terwujud. 

Please rate this